10 Cara Membuat Kopi Enak

Menikmati minuman kopi adalah tradisi yang memang sudah lama dilakukan hampir seluruh manusia yang ada di dunia termasuk di Indonesia dimana kopi ini sendiri tumbuh subur di beberapa wilayah Indonesia. Kopi ini sendiri di olah menjadi berbagai macam aneka olahan seperti kopi hitam, kopi susu, kopi luwak, kopi instan, kopi coklat, kopi tubruk, kopi robusta, kopi arab, kopi arabica, kopi khas raditya dika, kopi tarik, kopi barista, kopi ala sahur, kopi mang saswi, kopitam, kopi gayo medan, kopi gayo aceh, kopi hijau, es kopi, kopi cincau, es krim kopi, float kopi dan lain sebagainya. Namun untuk anda yang ingin tahu bagaimana tips membuat kopi dengan nikmat dan lezat maka langsung saja simak ulasan di bawah ini yang akan membahas tentang cara membuat kopi enak. Bagi anda yang sudah penasaran maka langsung saja simak ulasannya dibawah ini.

Kopi Latte Panas

Cara mengolah kopi yang pertama yaitu menyajikan kopi latte panas. Pertama sediakan beberapa bahan seperti kopi instan sebanyak 6 sendok makan, susu cair panas sebanyak 1000ml, krim kental sebanyak 250ml, dan gula pasir sebanyak 100 gr. Jika sudah tersedia maka langsung saja larutkan kopi instan dengan tambahan sedikit susu panas lalu aduk hingga larut. Kemudian masukkan sisa susu dan aduk kembali hingga merata. Jika sudah maka kocoklah krim kental dan gula pasir hingga teksturnya menjadi lembut dan juga sedikit kaki. Setelah itu tuangkan kopi hangat ke dalam cangkir dan tambahkan dengan krim kental secukupnya. Lalu sajikan kopi latte selagi panas.

Kopi Latte Dingin

Cara membuat kopi enak selanjutnya yaitu membuat kopi latte dingin. Pertama sediakan kopi instan sebanyak 2 sendok makan, susu hangat 300ml, krim kental 125ml, gula pasir 3 sendok makan, es batu secukupnya, coklat keping secukupnya di potong tipis dan coklat bubuk sebagai taburannya. Setelah itu larutkan kopi instan ke dalam susu dan sisihkan hingga menjadi dingin. Jika sudah maka masukkan krim kental dan juga gula beserta es batu ke dalam blender. Setelah itu biarkan gula menjadi larut baru dapat ditambahkan dengan kopi susu dan coklat keping ke dalam blender. Jika teksturnya sudah berbuih maka minuman dapat dituangkan ke dalam gelas lalu di tabur dengan bubuk coklat dan dapat langsung disajikan.

Kopi Espresso Chill

Cara membuat kopi nikmat berikutnya yaitu menyajikan kopi espresso chill. Pertama sediakan bahan seperti kopi instan sebanyak 2 sendok teh, gula pasir 2 sendok makan, air dingin 150ml, dan es batu secukupnya. Jika sudah tersedia maka langsung saja masukkan air dingin dan juga kopi ke dalam blender. Kemudian beri es dan gula hingga teksturnya menjadi halus dan larut. Setelah itu dapat langsung disajikan.

Kopi Cappucino Panas

Cara membuat kopi enak selanjutnya yaitu menyajikan kopi cappucino panas. Pertama sediakan beberapa bahan seperti kopi instan sebanyak 1 sendok teh, coklat bubuk ½ sendok teh, gula palem 1 sendok teh, gula pasir 1 sendok makan, air 250ml, dan whipping cream 50ml. Jika sudah maka langsung saja campurkan kopi dengan coklat bubuk dan gula pasir ke dalam satu buah cangkir. Setelah itu panaskan air dan jika sudah mendidih maka masukkan ke dalam kopi. Setelah itu aduk hingga merata lalu kocoklah whipping cream kemudian semprotkan diatas kopi.

Kopi Cappucino Dingin

Cara menyajikan kopi lezat berikutnya adalah kopi cappucino dingin. Pertama sediakan beberapa bahan seperti kopi sebanyak 100 gram, air 250ml, gula pasir secukupnya, krim kental 200ml, krim hias semprot secukupnya dan es batu secukupnya. Jika sudah maka langsung saja didihkan air kemudian buat kopi tubruk yang lebih pekat dan setelah itu di saring. Jika sudah maka siapkan blender kemudian isi blender dengan kopi krim kental, gula, dan juga es batu. Setelah itu biarkan hingga berbuih lalu tuangkan ke dalam gelas dan hias dengan menggunakan krim hias semprot. Setelah itu dapat disajikan sebagai minuman dingin.

Kopi Hitam

Cara membuat kopi enak berikutnya yaitu menyajikan kopi hitam. Pertama sediakan bubuk kopi hitam secukupnya yaitu di sesuaikan dengan kekentalan yang dikehendaki atau dapat juga dengan menggunakan takaran 1 sendok makan saja. Setelah itu sediakan gula secukupnya dan juga coklat bubuk sebanyak ½ sendok teh. Jika sudah maka panaskan air sebanyak 2 cangkir dengan menggunakan api sedang. Jika sudah maka masukkan bubuk kopi hitam ke dalam air dan aduk hingga air mulai mendidih. Jika sudah maka masukkan bubuk coklat. Setelah itu saring kopi dengan menggunakan saringan kain halus dan masukkan ke dalam mug berukuran sedang. Penyaringan ini dilakukan berkali-kali hingga kemudian kopi mengeluarkan busa. Setelah itu masukkan gula dan dapat langsung dinikmati.

Kopi Tubruk

Cara membuat kopi enak selanjutnya yaitu menyajikan kopi tubruk. Pertama sediakan air mineral amidis guna menyeduh kopi. Air mineral ini sangat berpengaruh untuk mengeluarkan karakter kopi yang sesungguhnya. Kemudian panaskan air hingga 90 derajat celcius atau dengan waktu rebus selama 2 menit. Setelah itu sediakan biji kopi yang baru saja digiling atau masih fresh berasal dari tempat sangrai. Kemudian takar 20 gram kopi dengan 300 ml air. Setelah itu diamkan selama 4 menit dan kopi tubruk siap untuk disajikan.

Kopi Vietnam

Cara membuat kopi enak berikutnya yaitu menyajikan kopi vietnam. Kopi ini dapat dibuat dengan menggunakan alat kopi yaitu vietnam drip. Alat kopi asal vietnam ini dapat digunakan dengan mudah yaitu memasukkan bubuk kopi ke dalam dasar drip lalu ratakan bubuk kopi dengan menggunakan saringan drip dan setelah itu tuangkan air panas dan biarkan air kopi menetes ke dalam gelas yang berada di bawah drip. Setelah itu aduk dan kopi vietnam dapat langsung dinikmati.

Kopi Turkish

Cara membuat kopi enak selanjutnya yaitu menyediakan kopi turkish. Kopi ini dibuat dengan menggunakan metode arab hingga menimbulkan adanya rasa kopi yang sangat pekat dan kuat. Pertama giling biji kopi dengan cara manual yaitu dengan menggunakan lesung atau alu atau juga dengan mesin penggiling kopi. Setelah itu bubuk kopi dapat diletakkan di dalam bejana beserta dengan gula dan air. Jika sudah maka dapat diaduk lalu disajikan.

Kopi Moka

Cara membuat kopi enak selanjutnya yaitu menyajikan kopi moka. Kopi ini dibuat dengan menggunakan alat seduh kopi yaitu moka pot asal italia. Pertama masukkan bubuk kopi ke dalam wadah pot dan letakkan diatas wadah air pot kemudian nyalakan kompor. Kopi siap dinikmati apabila air dalam teko akan naik ke atas permukaan. Itulah beberapa informasi yang dapat anda ketahui dari cara membuat kopi enak.

Deskripsi : cara membuat kopi enak dapat dilakukan dengan sangat mudah yaitu terdapat banyak resep pembuatan kopi yang tentu saja tidak kalah nikmat dari resep yang biasanya ada di kopi shop atau kopi ala cafe.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *