Aroma Khas Kopi Robusta Pinogu

Kopi merupakan salah satu minuman yang sangat familiar bagi semua kalangan. Kopi dikenal sebagai minuman yang mampu menghilangkan rasa ngantuk. Kebanyakan orang menyeduh kopi ini pada waktu malam hari untuk begadang. Namun tidak jarang juga yang menikmatinya pada pagi hari atau siang hari. Kopi kini sudah menjadi minuman yang dikonsumsi oleh hampir semua orang dipenjuru dunia. Bahkan beberapa daerah menjadi penghasil kopi dan memiliki kopi dengan khas tersendiri. Salah satunya Gorontalo. Kopi dari daerah Gorontalo ini disebut sebagai kopi Pinogu. Kopi pinogu ini terdiri dari dua jenis, yaitu kopi Robusta Pinogu dan kopi Liberica Pinogu.

Daerah penghasil kopi pinogu ini ada di dataran tinggi Kecamatan Pinogu, Kabupaten Bone Bolango. Kopi Pinogu ini sangat digandrungi oleh masyarakat Gorontalo dan juga para pecinta kopi. Daya tarik kopi ini ada pada aromanya yang khas. Kopi Pinogu ini memiliki aroma yang harum serta cita rasa yang sangat unik dan khas. Kopi Pinogu ini memiliki rasa dan aroma seperti buah nangka dan tingkat keasamannya tidak tinggi. Sehingga selain menghasilkan rasa yang tidak begitu pahit namun juga menyeduh kopi ini tidak akan membahayakan lambung anda. Kebanyakan yang kita tahu, untuk kalangan orang yang memiliki masalah dengan lambung atau maag, tidak boleh mengkonsumsi kopi.

Sejarah Kopi Robusta Pinogu

Pada tahun 1970, kopi jenis robusta dibudidayakan oleh pemerintah daerah hingga mencapai 225 hektare dan tersebar di beberapa desa diantaranya Pinogu, Bangiyo, Dataran Hijau dan Pinogu Permai. Sarana yang belum memadai membuat pemasaran dari kopi pinogu ini memiliki kendala. Kopi pinogu merupakan kopi organik yang tidak menggunakan bahan kimia dalam proses penanamannya. Hal ini dikarenakan sulitnya medan untuk menuju lokasi. Sehingga akhirnya pengembangan dari kopi pinogu ini dilakukan dengan cara yang alami dan tanpa menggunakan bahan kimia. Namun hal ini lah yang justru membuat kopi pinogu menghasilkan kopi yang bagus dan istimewa.

Pinogu ini dibagi menjadi dua jenis yaitu kopi liberica pinogu dan kopi robusta pinogu. Awalnya jenis kopi liberica yang lebih dulu masuk ke daerah Pinogu dan dibawa oleh Belanda pada saat itu. Namun ternyata kopi jenis liberica ini kurang berhasil karena pada masa itu terserang penyakit karat daun. Dan kopi liberica ini akhirnya tidak dapat bertahan dan tidak berkembang. Hal ini yang kemudian menjadi salah satu alasan masuknya kopi jenis robusta. Pada masa itu jenis robusta ini tahan penyakit dibandingkan liberica sehingga akhirnya dapat dibudidayakan dengan baik oleh masyarakat. Selain itu harga robusta yang relatif murah ini membuat jenis ini kemudian banyak diminati dan memenuhi tempat di pasaran.

Hal ini lah yang mengawali pengembangan kopi pinogu jenis robusta yang kini sudah sangat familiar di kalangan masyarakat. Kopi robusta pinogu ini mengalami perkembangan yang sangat baik dan pesat hingga kini. Sedangkan jenis liberica sangat sulit berkembang dan tumbuh di Pinogu. Hal ini dikarenakan liberica memiliki syarat tumbuh di ketinggian 750-1000 Mdpl, berbeda dengan robusta yang hanya 300-500 Mdpl. Pinogu sendiri hanya mencapai ketinggian 310 Mdpl sehingga robusta dapat berkembang dengan baik di Pinogu, sedangkan liberica tidak.

Proses Pembuatan Kopi Robusta Pinogu

Kopi Robusta Pinogu ini dalam proses pembuatannya diawali dengan memisahkan biji kopi yang masih hijau dan yang sudah memerah, kemudian direndam. Biji yang baik akan tenggelam, dan biji yang tidak sempurna akan terlihat mengapung. Setelah itu biji kopi dimasukkan ke dalam mesin untuk mengupas biji kopi tersebut dan biji yang sudah terkelupas kemudian dijemur. Setelah dijemur hingga kering, biji kopi ini kemudian direndam. Ini dilakukan untuk mengetahui biji kopi yang terbaik. Kemudian biji kopi tersebut dikeringkan dan disangrai dengan menggunakan wajan dan juga tungku. Hal ini dilakukan untuk memperoleh aroma dan cita rasa yang khas pada kopi. Sehingga proses sangrai ini merupakan proses penting sebelum kopi menjadi kemasan yang siap diseduh.

Kopi pinogu jenis robusta ini mengalami proses yang cukup panjang dalam pembuatannya hingga menjadi kemasan kopi yang siap diseduh. Mulai dari pemetikan bibit kopi hingga pengeringan dan pengolahannya hingga menghasilkan kopi yang sempurna. Selain itu juga mendapatkan kopi yang sempurna juga diawali dengan proses pemilihan jenis kopi yang tepat, cuaca yang mendukung, pertumbuhan dari bibit kopi itu sendiri sampai pada pengawasan yang benar. Sehingga bibit kopi ini berkembang dengan baik.

Bagian yang paling penting dan menjadi salah satu penentu hasil kopi yang sempurna dalam pembuatan kopi ini terletak pada saat proses pengeringan setelah dipetik. Dari proses pengeringan tersebut akan dilihat biji kopi dari tingkat kematangannya serta ukurannya. Baru kemudian mengalami proses hingga jadilah bubuk kopi yang siap diseduh. Proses ini juga menentukan hasil kopi yang sempurna dengan aroma serta cita rasa yang nikmat. Apalagi jika proses pembuatannya dilakukan oleh yang memang ahlinya, maka hasilnya pun akan sempurna dan istimewa.

Keistimewaan Kopi Robusta Pinogu

Dalam dunia bisnis, kopi pinogu ini memiliki nilai jual yang mahal dan cukup menjanjikan. Proses pembuatan kopi yang alami dan tanpa bahan kimia ini menghasilkan kopi pinogu yang bagus dan sangat aman untuk dikonsumsi. Proses alami ini membuat kopi pinogu tidak memberi dampak buruk bagi tubuh. Dan juga tingkat keasamannya yang tidak tinggi atau sedang membuat kopi pinogu aman untuk lambung. Sehingga bagi yang sering memiliki masalah dengan asam lambung, kopi ini tidak akan memberikan dampak buruk atau memperburuk masalah asam lambung anda. Justru kopi pinogu ini sangat aman untuk dikonsumsi.

Rasa dari kopi pinogu ini juga tidak terlalu pahit dan juga ringan. Selain itu juga tidak terlalu asam, seperti yang sudah dijelaskan bahwa kopi ini akan aman dikonsumsi bagi yang memiliki masalah lambung. Kopi pinogu ini juga memiliki aroma serta cita rasa yang sangat khas. Sebagian orang mengatakan kopi pinogu ini memiliki rasa dan aroma seperti buah nangka. Hal ini yang membuat kopi pinogu ini tidak terlalu pahit dan juga memiliki rasa serta aroma yang nikmat. Ini yang menjadi salah satu alasan kenapa kopi pinogu ini sangat diminati oleh masyarakat setempat maupun oleh orang-orang yang berkunjung ke Gorontalo.

Proses yang sangat panjang serta pembuatan yang alami ini menghasilkan kopi robusta pinogu yang nikmat dan istimewa. Kini kopi pinogu ini pun sudah banyak beredar di pasaran dan memiliki banyak peminat. Bagi pecinta kopi, kopi pinogu ini adalah salah satu kopi yang wajib dicoba. Aroma dari kopi robusta ini pun memiliki aroma yang lebih harum daripada kopi lainnya. Hal ini lah yang juga menjadi daya tarik dari kopi pinogu ini. Rasanya yang khas dan tidak terlalu pahit sangat pas untuk anda yang sedang mencoba menjadi pecinta kopi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *