Cara Membuat Kopi Espresso

Kopi adalah salah satu minuman yang memberikan citarasa tersendiri yang unik dan juga banyak disukai oleh banyak orang. Kopi yang tidak hanya enak untuk dirasakan sebenarnya memiliki banyak sekali khasiat yang bisa didapatkan. Salah satu kopi yang banyak diminum dan mudah dibuat adalah kopi espresso. Walaupun memang perkembangan teknologi saat ini sangat canggih dan bisa dimanfaatkan untuk membuat kopi, namun cara membuat kopi espresso dengan mesin tidaklah semudah yang dibayangkan. Berbagai hal juga perlu diperhatikan untuk membuat citarasa kopi menjadi lebih nikmat. Oleh karena itu para pembuat kopi atau barista memiliki takarannya masing-masing dalam membuat kopi bagi para pelanggan setia mereka.

Kopi espresso yang memang merupakan minuman kopi yang dibuat secara express ini membutuhkan ketepatan yang begitu rinci sehingga menghasilkan rasa yang sangat nikmat. Walaupun banyak sekali jenis kopi yang ada di seluruh dunia ini, jenis kopi espresso menjadi salah satu minuman favorit para pecinta kopi. Kopi yang diperkenalkan oleh Angelo Morindo pertama kali pada tahun 1884 ini menjadi salah satu minuman yang masih tetap digemari oleh pecinta kopi karena memang ada banyak sekali keajaiban yang didapat dari meminum kopi espresso pada pagi hari.

Akhir-akhir ini semakin banyak jenis kopi yang beredar di dunia dengan citarasa yang unik dan juga menggugah selera para pecinta kopi, namun masih banyak pula yang bertahan pada kopi espresso yang memang masih banyak dibuat di café sebagai salah satu minuman kopi yang paling umum disediakan. Tidak hanya itu saja, kopi jenis espresso ini juga disukai oleh pemula dan yang belum pernah meminum kopi sebelumnya karena memang kopi jenis espresso ini terbilang cocok untuk semua umur. Khususnya bagi para pekerja kantoran yang hanya memiliki waktu luang sedikit dan ingin membuat kopi jenis espresso, cara pembuatan kopi espresso ini terbilang sangat cepat dan praktis. Kita tidak perlu menunggu lama untuk meminum secangkir kopi yang akan membuat pikiran lebih fresh kembali. Untuk menciptakan hasil kopi yang sempurna maka diperlukan beberapa faktor yang perlu diperhatikan apalagi untuk kopi espresso.

  1. Air

Air adalah bahan komponen utama pembuatan kopi yang bisa menjadikan rasa menjadi lebih nikmat dan hasil yang didapatkan akan lebih maksimal. Bagaimanapun juga kopi yang nikmat juga dihasilkan dari air yang baik pula. Air yang mengandung berbagai jenis elemen seperti endapan, kerak dan juga mineral yang tidak baik juga akan berpengaruh terhadap citarasa. Tidak hanya merusak citarasa bahkan juga alat yang digunakan untuk pembuatan kopi. Kualitas air menjadi salah satu hal yang memang harus diperhatikan karena memang air sangat penting dan menjadi salah satu kebutuhan pokok dalam membuat kopi. Namun saat ini sudah banyak jenis air yang digunakan seperti water test kits yang saat ini banyak dijual di toko-toko dan cocok digunakan sebagai bahan utama cara pembuatan minuman kopi espresso.

  1. Gilingan

Untuk komponen yang kedua yaitu gilingan kopi. Biasanya disetiap tempat yang menjual kopi pastinya kopi tersebut masih dalam bentuk biji dan digiling menggunakan alat tertentu. Gilingan inilah yang akan menentukan rasa dari minuman kopi itu sendiri. Untuk membuat espresso biasanya dibutuhkan gilingian dengan level yang bisa menggiling kopi lebih halus dibandingkan gilingan seduhan pada umumnya. Untuk membandingkan seberapa halus kopi yang harus digiling bisa dibandingkan dengan garam dapur yang memiliki tekstur yang sangat halus dibanding yang lainnya. Cara membuat kopi espresso yang didasarkan dari teksturnya ini akan menghasilkan bubuk espresso yang sangat baik. Apabila bubuk kopi yang dihaluskan menghasilkan tekstur yang sedikit bergumpal maka menunjukkan bahwa level dari kehalusannya cukup maksimal.

  1. Takaran

Setiap takaran suatu kopi memiliki takaran yang berbeda-beda. Misal saja minuman kopi espresso doubleshot biasanya digunakan standar timbangan sekitar 18 sampai 21 gram bubuk kopi. Takaran espresso yang pas juga akan menghasilkan minuman yang nikmat. Namun bagi sebagian orang mengatakan bahwa semakin banyak bubuk kopi yang dituangkan maka akan menghasilkan citarasa yang lebih kuat dan juga intensitas yang semakin tinggi. Tidak hanya itu saja cara membuat minuman kopi espresso dengan takaran yang lebih banyak maka akan menghasilkan aroma yang sangat harum.

  1. Tamping

Tidak hanya tekstur saja yang menjadi salah satu faktor penentu dari minuman kopi saja, tetapi kepadatan kopi saat sedang dibuat juga menjadi salah satu yang mempengaruhi citarasa dari kopi. Salah salat bernama tamper merupakan alat untuk memadatkan bubuk kopi yang akan menjadi batasan aliran air yang masuk kedalam bubuk kopi dan menghasilkan minuman kopi. Fungsi dari tamping ini yang akan memegang erat peranan dan proses pembuatan kopi. Proses tamping yang cukup kuat dan juga merata akan menghasilkan ekstraksi yang merata pula sehingga rasa dari kopi akan lebih terasa.

  1. Suhu

Saat membuat kopi, kita juga perlu memperhatikan suhu dari air yang ideal digunakan untuk menyeduh kopi. Suhu yang baik dan dianggap ideal yaitu sekitar 90 sampai 96 derajat celcius. Mesin kopi saat ini juga sudah memiliki sistem pengatur suhu sehingga kita tidak perlu menunggu sampai pada puncak suhu yang ideal. Biasanya mesin akan bekerja dengan sendirinya yang biasa disebut dengan PID Controller. Fitur ini akan memberikan kamu kesempatan dalam menghasilkan karya kopimu sendiri. Cara membuat kopi espresso inilah yang akan memberikan pengalaman yang sangat seru dan juga hasil kopi sesuai dengan keinginan. Untuk suhu rendah akan menghasilkan rasa yang lebih ringan dan juga kekentalan yang pada tingkat medium.

  1. Hasil akhir

Pada hasil akhir dari cara membuat kopi espresso yang dibuat secara brewing biasanya ada dua faktor yang sangat berpengaruh dan cukup esensial yaitu takaran kopi dan juga air. Namun untuk kopi jenis ekspreso sangatlah berbeda karena yang sangat berpengaruh adalah coffee input dan juga beverage input. Keidealan kopi akan terlihat jika ditimbang lagi dan mendapatkan hasil sekitar 30 gram. Hal ini menunjukkan rasa yang akan dihasilkan sangat pas dan sesuai. Namun bagi para pecinta kopi yang hanya menikmati kopi pastinya belum banyak mengetahui hal ini.

  1. Durasi waktu

Tidak hanya pada hasil akhir saja namun durasi waktu pembuatan kopi juga sangat berpengaruh. Dengan takaran air dan juga kopi yang sesuai, waktu yang dibutuhkan untuk membuat minuman kopi yang enak dan unik yaitu sekitar 25 detik sampai 30 detik. Proses ini diawali dari tahapan ekstraksi awal sampai dengan gelas terisi penuh. Waktu ini yang membuat rasa lebih nikmat.

Cara membuat kopi espresso memang terbilang sedikit rumit namun bagi para barista ini adalah suatu keahlian yang memang harus mereka miliki sebelum menyajikan minuman berkelas dengan cita rasa sesuai dengan karakter masing-masing jenis kopi. Karena banyaknya jenis kopi maka cara pembuatannya pun sangat berbeda. Hal ini dikarenakan setiap rasa dan harum dari setiap jenis kopi memiliki karakter yang berbeda. Bahkan kopi dengan jenis espresso disetiap daerah memiliki keasaman yang berbeda dan juga aroma yang berbeda. Namun hal ini tidak menyurutkan para barista untuk terus membuat minuman kopi yang nikmat dan bisa disajikan dengan citarasa yang unik dan berbeda dari yang lain.

Itu adalah beberapa cara membuat kopi espresso yang tepat. Semua variable penting yang disebutkan tersebut merupakan salah satu penentu dari hasil akhir suatu kopi dan akan menjadi penentu apakah kopi espresso masih menjadi minuman favorit atau tidak. Karena memang setiap barista akan memiliki cara yang berbeda dalam membuat kopi serta karakter yang berbeda. Namun rasanya tidak akan jauh berbeda karena jenis espresso adalah minuman kopi yang dibuat sangat cepat untuk orang-orang yang tidak memiliki banyak waktu berlama-lama menikmati kopi. Semoga semua informasi tentang minuman kopi jenis espresso ini bisa menambah pengetahuan kalian dan bagi pecinta kopi akan lebih menghargai kopi yang ada di daerah kita masing-masing. Karena jenis kopi espresso di Indonesia ini memiliki citarasa yang lebih unik dibanding di daerah lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *