Cara Membuat Kopi Susu Spesial Dan Nikmat

Cara membuat kopi susu yang nikmat sebenarnya mudah. Kopi sering dinikmati saat pagi hari ketika mau berangkat kerja, santai-santai di rumah, atau untuk menemani begadang. Penggemar kopi di Indonesia sangat banyak. Mereka rata-rata suka menikmati kopi manis yang ditambah gula atau creamer. Berbagai racikan kopi pun dibuat untuk memanjakan lidah para penikmat kopi. Walaupun sebenarnya minum kopi tanpa gula, susu, atau creamer lebih baik untuk kesehatan, namun tidak ada salahnya jika sekali-kali memanjakan indera perasa kita dengan kopi susu yang mantap.

Kopi adalah sejenis biji-bijian yang memiliki kandungan kafein dan dapat dimanfaatkan untuk perawatan kulit dan kesehatan tubuh. Kafein dalam kopi selain dapat menghilangkan rasa kantuk, juga bisa dimanfaatkan untuk mengecilkan pembuluh darah dan mengencangkan kulit. Selain kandungan kafein, kopi juga mengandung asam organik, potassium, mineral, zat besi, dan magnesium yang berfungsi untuk merawat kulit.

Kopi mempunyai banyak manfaat. Manfaat itu di antaranya selain untuk menemani begadang ketika banyak tugas menumpuk, juga bisa bermanfaat bagi kesehatan. Kopi mengandung senyawa antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas, mencegah serangan jantung dan stroke, serta dapat meningkatkan stamina tubuh. Kopi mengandung senyawa polifenol dan flavonoid yang bagus bagi tubuh.

Kopi yang rasa aslinya pahit akan terasa lebih nikmat jika ditambah susu yang rasanya manis. Rasa pahit dan manis akan menimbulkan rasa gurih dan membuat kopi susu ini nikmat untuk disantap, baik di pagi maupun malam hari. Kopi susu juga dapat meningkatkan mood kita agar dapat menjalani hari dengan sebaik mungkin. Mood yang baik akan menentukan kualitas pekerjaan sehari-hari kita.

Cara Membuat Kopi Susu Coklat Plain

Bahan-bahan untuk membuat kopi susu coklat plain diantaranya: susu kental manis, bubuk kopi hitam, creamer, bubuk coklat plain, gula pasir, dan air panas. Ada beberapa resep kopi susu dengan beberapa bahan di atas. Yang membedakan adalah takaran dan cara membuatnya. Anda bisa memilih resepnya sesuai selera.

Resep Kopi Susu Coklat Plain Pertama:

Untuk resep pertama ini bahan dan takarannya: 1 sachet susu kental manis, 1 sendok makan kopi bubuk hitam, 1 sendok makan creamer, 1/2 sendok teh bubuk coklat plain, 3 sendok teh gula pasir, dan air panas secukupnya. Coklat bubuk yang dimaksud adalah coklat murni rasa plain yang dapat dibeli di toko yang menjual bahan-bahan pembuat kue.

Cara Membuat:

Siapkan satu buah gelas. Tuang kopi bubuk hitam, gula pasir, dan bubuk coklat plain ke dalam gelas yang sudah disiapkan. Tuangkan air panas secukupnya. Lalu, tambah susu kental manis sedikit demi sedikit sambil diaduk rata. Terakhir, sebagai penikmat rasa, tambahkan creamer di atasnya. Kopi susu coklat plain (resep pertama) pun siap dinikmati.

Resep Kopi Susu Coklat Plain Kedua:

Untuk resep kedua ini, bahan dan takarannya adalah sebagai berikut: 1 sendok makan kopi bubuk, 2 sendok makan gula pasir, 3 sendok makan susu kental manis, 1 sendok teh bubuk coklat plain, 160 ml air panas, dan creamer. Coklat bubuk yang dimaksud adalah coklat murni rasa plain yang dapat dibeli di toko yang menjual bahan-bahan pembuat kue.

Cara Membuat:

Siapkan semua bahan-bahan pembuat kopi susu coklat plain. Siapkan satu buah cangkir. Tuang kopi bubuk, gula pasir, dan bubuk coklat plain ke dalam cangkir yang sudah disiapkan. Tuangkan air panas, aduk rata. Lalu, tuang susu kental manis, dan aduk hingga rata. Setelah itu, tambahkan creamer di atasnya sebagai penikmat rasa. Kopi susu coklat plain pun siap dihidangkan.

Cara Membuat Kopi Susu dengan Kayu Manis

Cara membuat kopi susu dengan kayu manis sangat mudah. Kayu manis merupakan tanaman herbal yang biasanya dipakai sebagai campuran makanan atau minuman. Suatu penelitian menunjukkan kayu manis bisa menurunkan kolesterol, gula darah, dan trigliserida. Hal ini juga menunjukkan bahwa kayu manis dapat mencegah resiko diabetes dan sakit jantung. Selain baik untuk kesehatan, kayu manis juga rasanya nikmat. Cocok dijadikan sebagai perasa makanan dan minuman.

Ada beberapa manfaat lain kayu manis. Kayu manis dapat memicu kreativitas. Hal ini berdasarkan penelitian dari Universitas Wheeling Jesuit, mereka mengungkapkan bahwa aroma kayu manis dapat memicu kemampuan otak agar tetap fokus. Rempah ini juga bermanfaat untuk menyembuhkan demam dan meningkatkan energi tubuh. Satu sendok teh kayu manis ternyata mengandung 4 gram serat, 4 persen zat besi, 3 persen vitamin K, dan 68 persen mangan.

Ada beberapa bahan untuk membuat kopi susu dengan kayu manis ini. Bahan mudah didapat resepnya mudah dibuat. Cocok untuk menghangatkan hari-hari Anda. Berikut bahan untuk membuat kopi susu dengan campuran kayu manis: 300 ml susu cair coklat hangat, 2 sendok teh kopi, 3 cm kayu manis, 75 gram gula pasir, 1/2 sendok teh spekuk, dan 200 ml air.

Cara membuat kopi susu dengan campuran kayu manis: (1) campur bahan-bahan seperti gula pasir, kayu manis, air, dan spekuk. Masak hingga mendidih dan harum.(2) campur bahan rebusan tadi ke dalam kopi. Aduk hingga tercampur. (3) tambahkan susu cair coklat hangat. Aduk hingga tercampur rata. Kopi susu kayu manis pun siap dihidangkan.

Cara Membuat Kopi Susu Rendah Lemak

Kopi hitam pahit tanpa gula, creamer, maupun susu sebenarnya sangat baik untuk dikonsumsi karena baik untuk kesehatan tubuh. Kandungan yang terdapat dalam kopi hitam ini dapat menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan penyakit kanker, penyakit Parkinson, Alzheimer, dan penyakit lainnya. Namun, jika kita tidak suka rasa pahit dari kopi, tak selamanya kita dapat bertahan dengan gaya hidup sehat seperti ini jika tidak diselingi dengan rasa manis yang sangat disukai sebagian besar orang.

Ada alternatif bagi Anda yang ingin menikmati kopi dengan sedikit rasa manis. Rasa manis ini berasal dari susu. Susu yang dimaksud bukan susu biasa dengan kadar gula tinggi, tapi ini adalah susu rendah lemak yang berasal dari susu kedelai. Tidak ada salahnya mencoba kopi dicampur susu kedelai untuk menambah cita rasa manis untuk Anda yang ingin konsisten dengan gaya hidup sehat.

Susu kedelai sangat baik untuk kesehatan dari pada susu biasa untuk Anda yang sedang diet. Susu kedelai mengandung sedikit kalori dari pada susu sapi. Jadi mencampur kopi dengan susu kedelai sangat cocok untuk Anda yang sedang melakukan gaya hidup sehat atau sedang melakukan program diet. Rasa kopi masih tetap nikmat walaupun mengganti campuran susu sapi dengan susu kedelai.

Jika ingin kopi susu buatan Anda tidak terlalu manis agar kadar kalori tetap rendah, jangan ditambah dengan gula atau creamer. Dengan ditambah gula atau creamer akan membuat kadar kalori naik. Sebaiknya jika ingin menikmati kopi dengan sedikit rasa manis, bisa ditambah dengan gula rendah kalori Tropicana Slim. Gula rendah kalori sangat cocok untuk diet dan melawan penyakit diabetes.

Mengonsumsi kopi hitam pahit tanpa gula, susu, maupun creamer memang sangat baik untuk kesehatan. Namun tidak ada salahnya juga mencoba kopi dengan dicampur gula atau susu sekali-kali. Jika jadwal diet benar-benar diatur dengan memasukkan jadwal sekali dalam beberapa periode memakan makanan enak yang dipantang, nampaknya tidak akan merusak diet Anda. Asalkan pelaksanaan diet benar-benar diatur dan dilaksanakan dengan baik, kesehatan Anda tidak akan terganggu.

Mengonsumsi kopi dicampur susu sebenarnya ada dampak bagi kesehatan tubuh kita, diantaranya dapat menyebabkan diabetes dan membuat kesehatan gigi terganggu. Kandungan laktosa pada susu dapat menyebabkan bakteri dalam mulut berkembang biak dengan lebih cepat. Untuk itu, setelah minum kopi susu diharap segera menggosok gigi agar tidak ada sisa minuman yang tertinggal di dalam mulut dan gigi.

Cara membuat kopi susu sangat mudah, menikmatinya juga sangat mudah, tetapi efek dan dampak bagi tubuh itulah yang tidak mudah untuk dihilangkan. Setetes atau seteguk kopi susu tetap dicerna oleh tubuh dan meninggalkan manfaat maupun dampak buruk di dalam tubuh. Kita perlu membiasakan diri untuk memperhatikan makanan maupun minuman yang kita konsumsi sehari-harinya agar kesehatan tubuh tetap terjaga sampai tua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *