Cara Menanam Kopi Yang Benar Untuk Mendapat Biji Kopi Berkualitas

Indonesia dengan keadaan alamnya yang subur dan iklim tropisnya menjadikan negara ini kaya akan hasil bumi yang melimpah. Hasil bumi tersebut berupa pertanian, dan perkebunan. Begitu banyak hasil pertanian dan perkebunan yang menjadi komoditi ekspor. Salah satu hasil perkebunan yang menjadi komoditi ekspor tersebut adalah kopi. Hampir di setiap daerah di Indonesia, tanaman ini dapat tumbuh subur, meskipun sebenarnya tanaman kopi akan dapat tumbuh secara optimal pada lahan ketinggian di atas 1000 meter dan suhu berkisar antara 16 derajat sampai 28 derajat celcius. Biasanya kopi digunakan sebagai bahan dasar minuman. Aromanya dan rasanya yang khas menjadikan kopi ini sangat digemari oleh masyarakat Indonesia bahkan dunia. Oleh karena prospek kopi yang semakin hari semakin bagus dengan ditandai semakin banyaknya penikmat kopi, maka banyak orang yang tertarik untuk memiliki tanaman kopi tersebut di kebun sendiri. Bahkan ada juga yang ingin membudidayakan tanaman kopi sebagai lahan penghasilan. Untuk mendapatkan hasil panen yang berkualitas baik dan melimpah maka harus memperhatikan cara menanam kopi yang baik dan benar.

Manfaat kopi bagi kesehatan tubuh

Tanaman jenis perdu ini memang semakin hari semakin bertambah saja penikmatnya. Aromanya yang khas dengan citarasa yang nikmat memang sangat menggoda selera untuk segera menyeruputnya. Di samping rasanya yang sangat nikmat, manfaat kopi ini ternyata sangat besar bagi kesehatan tubuh, yaitu antara lain :

  1. Menghilangkan rasa kantuk

Manfaat kopi yang satu ini pasti bukan rahasia umum lagi, yaitu kopi dapat menghilangkan rasa kantuk. Hal ini karena di dalam kopi terdapat kafein yang sangat efektif mencegah rasa kantuk. Dosis kafein yang normal pada minuman kopi agar dapat menemani anda dalam mengerjakan tugas di malam hari adalah sebesar 200-300 mg perharinya. Dengan dosis kafein yang standar ini maka kafein ini akan dapat membuat anda lebih konsentrasi, hilang rasa kantuk, dan meningkatkan stamina.

  1. Meningkatkan daya ingat otak

Ternyata selain dapat meningkatkan kosentrasi, kopi juga dapat meningkatkan daya ingat otak. Dengan minum kopi secara rutin dua gelas atau lebih maka para orang yang telah lanjut usia menjadi tidak cepat pikun dan meningkatkan daya serap ketika menanggapi orang lain berbicara.

  1. Menurunkan kolesterol tinggi

Kafein yang terkandung dalam kopi merupakan zat yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh sehingga dapat membakar kelebihan lemak. Sedangkan lemak yang berlebih akan mengakibatkan seseorang terserang penyakit kolesterol. Maka ketika seseorang meminum kopi berkafein, lemak pun terbakar sehingga dapat mencegah atau mengurangi kolesterol tinggi.

  1. Sebagai bahan kosmetik

Kopi tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan tubuh saja, tetapi ternyata kopi juga sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit. Dengan banyaknya manfaat yang diperoleh dari kopi membuat banyak orang yang ingin mengetahui cara menanam kopi di kebun sendiri guna dapat menikmati manfaat kopi tersebut. Kopi bermanfaat untuk kulit adalah sebagai bahan kosmetika. Saat ini banyak sekali produk kosmetik yang menggunakan bahan dasar kopi, diantaranya adalah masker wajah, manicure, pedicure dan untuk bahan scrub body.

  1. Menjaga kebersihan mulut

Di dalam kopi terdapat sebuah zat yang merupakan anti bakteri yang fungsinya untuk menjaga kebersihan mulut. Selain itu, anti bakteri ini juga dapat membantu proses penyembuhan sakit gigi berlubang, infeksi pada gusi dan mengurangi resiko terkena kanker mulut.

Syarat Kondisi Alam Agar Tanaman Kopi Tumbuh Dengan Baik

Manfaat dari kopi yang sangat banyak bagi kesehatan tubuh dan juga kecantikan menjadikan banyak orang yang tertarik untuk membudidayakan tanaman kopi atau hanya sekedar untuk diproduksi dan dikonsumsi sendiri. Hasil kopi yang berkualitas baik dan melimpah hanya akan didapat apabila dalam penanamannya memperhatikan cara menanam kopi yang benar. Namun sebelum menanam kopi, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu syarat kondisi alam agar kopi dapat tumbuh dengan baik. Berikut adalah beberapa syarat atau faktor agar tanaman kopi dapat tumbuh dengan baik dan hasilnya melimpah :

  1. Suhu atau temperatur

Hampir semua pohon dari perkebunan memiliki syarat tumbuh yang berupa suhu. Begitu juga dengan tanaman kopi. Kopi akan dapat tumbuh dengan baik pada suhu tertentu yaitu apabila kopi jenis robusta, maka tanaman kopi ini akan tumbuh pada suhu antara 20 sampai 28 derajat celcius. Namun apabila kopi jenis arabika maka kopi ini hanya akan tumbuh pada suhu 16 sampai 22 derajat celcius.

  1. Iklim

Beruntunglah negara Indonesia yang memiliki iklim tropis sehingga berbagai tanaman pun dapat tumbuh dengan subur di tanah Indonesia ini. Salah satu tanaman tersebut adalah tanaman kopi. Iklim tropis menyebabkan tanaman kopi dapat tumbuh dan berkembang dengan sangat baik di negara Indonesia ini.

  1. Kondisi tanah

Ketinggian tanah dan derajat keasaman tanah juga sangat mempengaruhi tingkat kesuburan tanaman kopi. Setiap tanaman kopi membutuhkan ketinggian tanah yang berbeda-beda. Sebagai contoh untuk kopi jenis robusta akan dapat tumbuh dengan baik apabila ditanam pada ketinggian tanah berkisar 400 sampai 800 meter di atas permukaan laut. Lain lagi dengan kopi jenis arabika yang dapat tumbuh pada tanah dengan ketinggian sekitar 800 sampai 1.500 meter di atas permukaan laut. Untuk derajat keasaman tanah, pada umumnya tanaman kopi akan tumbuh dengan optimal pada derajat keasaman atau PH sekitar 5,5 sampai 6,5.

Tehnik Cara Menanam Kopi yang Baik dan Benar

Bagi anda yang tertarik untuk budidaya tanaman kopi atau hanya sekedar untuk konsumsi sendiri, maka anda harus memperhatikan cara menanam kopi yang baik dan benar agar tanaman kopi dapat tumbuh dengan baik dan hasilnya melimpah. Namun pada kenyataannya banyak pemula pembudidaya tanaman kopi yang belum mengetahui tehnik bertanam kopi. Oleh karena itu, di sini akan diulas teknik menanam kopi bagi pemula yang benar :

  1. Menyiapkan bibit kopi yang unggul

Cara menanam kopi yang pertama adalah menyiapkan bibit kopi yang unggul. Bibit kopi unggul ini dapat anda buat dengan cara taruhlah biji kopi yang bagus kualitasnya di kotak dengan dilapisi tanah dan pasir setebal 5 centimeter. Siramilah bibit tersebut dengan rutin dan apabila telah berumur 2- 3 bulan maka anda harus memindahkan bibit tersebut ke dalam tempat yang lebih besar seperti polybag. Lakukan perawatan dengan penyiraman yang teratur dan pemberian pupuk. Anda bisa menggunakan pupuk NPK sebagai pupuk dasar dan pupuk SUPERNASA sebagai pupuk perawatan. Tunggulah bibit kopi sampai berumur 1 tahun sehingga siap untuk ditanam.

  1. Persiapan lahan

Sambil menunggu bibit kopi siap tanam, maka anda sebaiknya juga harus menyiapkan lahan. Lahan yang bagus untuk penanaman kopi adalah lahan yang telah diberi pupuk kandang 25-50 kilogram. Selain itu anda juga harus memberikan Natural GLIO pada lahan. Sebelum ditanami bibit kopi, lahan ini didiamkan dulu selama 2 bulan. Jangan lupa untuk membuat lubang berukuran 60 x 60 centimeter yang berjarak 2,5 x 2,5 meter.

  1. Penanaman bibit

Cara menanam kopi yang selanjutnya adalah proses penanaman bibit kopi. Apabila bibit kopi telah siap ditanam, maka tanamlah bibit tersebut ke dalam lubang lahan yang telah disiapkan. Gunakan pupuk kandang yang telah dicampur dengan tanah sebagai penutup lubang yang untuk menaruh atau menanam bibit kopi tersebut. Proses terakhir dari penanaman bibit kopi tersebut adalah penyiraman bibit setelah selesai ditanam.

  1. Perawatan tanaman kopi

Apabila tanaman kopi telah tertanam sempurna, maka anda tinggal merawat tanaman kopi tersebut sampai tanaman tersebut memasuki masa panen. Anda harus melakukan pengecekan terhadap bibit tanaman kopi tersebut, sehingga apabila ada bibit tanaman yang mati, layu, ataupun cacat, anda akan segera mengambilnya untuk diganti bibit yang baru yang lebih baik. Selain itu anda juga harus memperhatikan penyiraman dan pemupukan tanaman kopi ini agar diperoleh hasil yang maksimal. Kemudian setelah masa panen berakhir maka anda harus segera melakukan pemangkasan tangkai tanaman kopi agar tanaman kopi dapat berproduksi lagi.

Dengan anda mengetahui dan memperhatikan cara menanam kopi yang benar, maka tanaman kopi yang anda budidayakan dapat menghasilkan kopi yang berkualitas bagus dan hasilnya melimpah. Sehingga anda akan benar-benar merasakan manfaat dari hasil budidaya tanaman kopi tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *