Daerah-Daerah Penghasil Kopi Di Indonesia

Negara Indonesia adalah negara agraris yang banyak menghasilkan komoditas pertanian bagi masyarakat. Ada banyak bahan pangan yang dihasilkan dari tanah Indonesia. Seperti beras, teh, kopi, gula dan berbagai makanan lainnya yang tentu sudah dikenal oleh masyarakat Indonesia. Salah satu komoditas yang paling terkenal hingga diluar negeri salah satunya adalah kopi. Siapa yang tidak mengenal kopi? Yap, minuman berwarna hitam ini sudah dikenal dengan oleh masyarakat baik dalam maupun luar negeri. Minuman kopi Indonesia banyak menjadi favorit orang luar negeri karena kopi dari Indonesia memiliki rasa dan aroma yang khas. Bahkan ekspor kopi di Indonesia sangat tinggi mengingat banyaknya negara yang mengakui kenikmatan kopi asli Indonesia ini. Berikut beberapa penghasil kopi terbesar di indonesia yang harus anda ketahui.

5 daerah penghasil kopi terbaik di Indonesia

Kopi memang bukan tanaman asli Indonesia. Tanaman ini dibawa oleh bangsa Belanda pada tahun 1696 pada saat negara Belanda masih menjajah negara Indonesia. Meskipun demikian, seiring perkembangan waktu banyak inovasi yang muncul dengan mencampurkan beberapa varian kopi dan menghasilkan tanaman kopi yang menghasilkan kopi berkualitas. Hal tersebut didukung dengan tanah yang subur dan cocok untuk tanaman kopi sehingga tidak mengherankan jika Indonesia berhasil menghasilkan tanaman kopi yang unggul dan berkualitas, bahkan sudah terkenal diseluruh dunia. Ada beberapa daerah di Indonesia yang memiliki kopi terbaik. Berikut beberapa penghasil kopi terbesar di indonesia.

  1. Kopi gayo

Kopi pertama yang harus anda coba adalah kopi gayo. Kopi gayo atau yang sering dikenal dengan kopi aceh ini memang sudah memiliki tempat tersendiri dihati penggemarnya. Kopi gayo memang dapat ditemui dengan mudah di kota Aceh. Disana memang dikenal dengan daerah penghasil kopi gayo. Adapun kelebihan yang dimiliki oleh kopi yang satu ini adalah kopi ini memiliki tingkat kekentalan yang ringan dan juga memiliki tingkat keasaman yang seimbang. Tidak mengherankan memang karena kopi khas gayo ini ditanam di daerah pegunungan di gayo, aceh tengah. Bahkan pada tahun 2010 lalu, kopi ini masuk kedalam nominasi kopi terbaik didunia. Hal ini tidak mengherankan jika negara asing seperti amerika dan negara eropa lainnya mengekspor kopi ini dan dijual kembali dengan harga yang cukup tinggi bahkan menjadi harga termahal.

Bagi masyarakat aceh sendiri, kopi gayo sudah menjadi identitas bagi masyarakat. Bahkan masyarakat aceh sendiri memiliki trik cara menikmati kopi yang berbeda dengan masyarakat lainnya. Kopi aceh biasa disajikan dengan cara menyeduh terlebih dahulu kopi yang sudah diseduh didalam panci yang sedang mendidih. Selanjutnya siapkan gelas dan isi dengan susu atau gula sesuai selera anda. Selanjutnya tuangkan kopi yang sudah diseduh di air mendidih ke dalam gelas yang sudah terisi dengan susu dan gula tersebut. Kopi gayo siap untuk dinikmati.

  1. Kopi toraja

Kopi selanjutnya yang juga mendunia dan menjadi salah satu daerah penghasil kopi terbesar di indonesia adalah daerah toraja utara di sulawesi selatan. Bagi masyarakat Indonesia tentu sudah sering mendengar kopi khas toraja yang nikmat dan bahkan menjadi salah satu penggemar dari kopi yang satu ini. Hal ini tidak mengherankan karena kopi ini memiliki kenikmatan yang berbeda dari kopi yang lainnya. Jika pada kopi lainnya akan meninggalkan rasa pahit sesaat sesudah meneguknya, maka kopi ini tidak. Ya, salah satu kelebihan dari kopi ini adalah tidak meninggalkan rasa pahit sedikitpun setelah kita meminumnya. Bahkan rasa pahit yang biasa anda dapatkan saat meminum kopi, pada kopi toraja ini akan hilang pada tegukan pertama. Kopi ini unik dan memiliki ciri khasnya tersendiri. Tak hanya itu, kopi ini juga memiliki kandungan asam yang rendah sehingga aman bagi anda yang memiliki sakit maag atau lambung.

Kopi toraja memiliki kualitas tersendiri. Kopi ini juga dapat dengan mudah ditemukan di pegunungan toraja karena penanaman terbesar memang didaerah pegunungan toraja. Kopi ini juga memiliki rasa khas tanah dan hutan yang masih alami. Tak hanya itu, pemetikan kopi ini juga dilakukan dengan beberapa teknik khusus sehingga mampu menghasilkan kopi yang berkualitas dan memiliki ciri khas. Kopi ini juga sudah banyak di ekspor ke negara Eropa seperti negara AS dan juga negara jepang yang paling banyak menjadi tujuan ekspor kopi yang satu ini. Adapun cara penyeduhannya cukup dengan mencampurkan kopi beserta air panas dan tambahkan gula atau susu sesuai dengan keinginan anda dan kopi siap untuk dinikmati.

  1. Kopi flores

Kopi flores adalah salah satu kopi yang memiliki kelebihan berbeda dari kopi-kopi lainnya. Kelebihan kopi yang satu ini adalah dari kekentalannya. Ya, kekentalan yang dimiliki kopi yang satu ini cukup tinggi. Namun meskipun kekentalannya cukup tinggi, kopi ini tetap memiliki tingkat keasaman yang cukup rendah. Kopi flores sendiri termasuk kedalam penghasil kopi terbesar di indonesia. Kopi ini dihasilkan dari daerah pegunungan flores, nusa tenggara timur tepatnya didaerah bajawa. Kopi flores ini sendiri memiliki dua varian rasa yakni rasa coklat dan juga rasa vanili dengan karamel alamiah. Bagi anda yang belum mencicipi kopi yang satu ini anda perlu mencobanya karena kopi ini memiliki rasa yang berbeda dan khas yang tidak dapat nada temui dikopi lainnya.

  1. Kopi jawa

Kopi selanjutnya yang layak untuk dicoba adalah kopi jawa. Kopi jawa sendiri memiliki 2 varian yang berbeda yakni kopi arabica dan juga kopi robusta. Kopi jawa dapat ditemukan didaerah jawa. Sesuai dengan namanya, kopi ini dapat dengan mudah anda temukan didaerah jawa tengah. Di jawa tengah anda akan sangat mudah menemukan kopi arabica karena memang kopi arabica banyak ditanam di wilayah tersebut. Selanjutnya varian kopi yang berbeda yakni kopi robusta, dapat anda temukan dengan mudah didaerah jawa timur. Daerah jawa timur yang menghasilkan kopi ini adalah daerah kayu mas, daerah blewan, dan juga daerah jampit. Sedangkan bagi anda yang ingin menemukan kedua varian kopi ini di satu wilayah, maka anda dapat mengunjungi daerah pegunungan jember. Disana anda mudah menemui perkebunan kopi robusta dan juga kopi arabica didaerah jember hingga banyuwangi.

Kelebihan dari kopi jawa ini yakni mulai dari aromanya yang cukup bagus. Selanjutnya untuk kekentalan dan keasamannya, kopi ini memiliki tingkat medium. Kopi jawa merupakan kopi yang memiliki cita rasa yang seimbang. Sehingga bagi anda yang menyukai rasa yang seimbang, maka anda dapat mencicipi kopi jawa yang satu ini, kopi ini juga banyak diekspor ke negara eropa dan juga negara amerika serikat.

  1. Kopi kintamani atau kopi bali

Kopi selanjutnya yang merupakan penghasil kopi terbesar di indonesia adalah kopi kintamani atau biasa dikenal dengan kopi bali. Perkebunan kopi bali ini dapat anda temukan didaerah pegunungan kintamani. Kopi ini memiliki ukuran biji yang besar. Kelebihan dari kopi ini adalah tingkat kekentalan dan juga keasamannya yang sedang. Kopi ini memiliki dua varian rasa yang berbeda dari kopi lainnya. Varian kopi ini adalah kopi dengan rasa jeruk dan juga kopi rasa floral. Kopi ini cukup membuat masyarakat begitu menikmatinya. Jika saat ini kita hanya mencicipi kopi original, maka kopi ini memberikan sedikit sentuhan yang berbeda dan tentu saja tidak menghilangkan rasa utama dari kopi tersebut. Perpaduan dari kopi ini sangat nikmat dan perlu anda cicipi. Kopi ini juga memiliki produksi yang baik karena kopi ini ditanam didaerah yang memiliki iklim, air dan cuaca yang mendukung. Bahkan kopi yang dihasilkan didaerah ini mampu memproduksi antara 2000 hingga 3000 ton setiap tahunnya.

Hal tersebut tidak mengherankan karena permintaan kopi ini sendiri cukup tinggi. Banyak negara eropa dan juga asia yang tertarik dengan kopi bali ini. Negara-negara tersebut seperti negara jepang, beberapa negara eropa, negara didaerah arab dan juga negara austaralia. Tak mengherankan karena kualitasnya unggul membuat banyak orang menikmatinya.

Demikian sedikit ulasan mengenai daerah penghasil kopi terbesar di indonesia yang dapat anda kunjungi dan rasakan kelezatan dari kopi tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *