Daerah Penghasil Kopi Di Indonesia Yang Terkenal Di Seluruh Dunia

Minuman kopi memang salah satu minuman yang banyak disukai oleh orang diseluruh dunia. Kopi dengan rasa yang berbeda-beda di setiap daerah ini memberikan ragam citarasa yang sangat unik dari setiap jenis kopi. Para pecinta kopi serta barista yang memang ingin menciptakan rasa kopi yang lebih nikmat ini mengenal banyak sekali kopi dari mancanegara dan khususnya Indonesia. Asal kalian tahu bahwa kopi yang banyak ditemukan di daerah Indonesia ini adalah kopi terbaik di seluruh dunia yang memiliki citarasa tiada bandingannya. Ada beberapa daerah penghasil kopi di Indonesia yang terkenal di mancanegara karena rasa kopinya yang unik dan berbeda dari kopi pada umumnya.

  1. Arabika Bajawa

Kopi yang sudah banyak orang tahu bahkan mancanegara mengenalnya yaitu kopi arabika Bajawa. Daerah penghasil kopi terkenal di Indonesia yang pertama adalah kopi Bajawa. Jenis kopi arabika ini berasal dari dataran tinggi Ngada, Flores. Kopi dengan kadar asam yang cukup tinggi ini memberikan cita rasa yang berbeda dari kopi arabika lainnya. Untuk jenis kopi bajawa ini menjadi salah satu idola yang memang memberikan kenikmatan yang unik serta menawan. Dari beberapa sumber mengatakan bahwa kopi jenis arabika ini dibudidayakan langsung oleh penduduk Ngada yang secara turun temurun diwariskan sebagai salah satu sumber penghasilan mereka. Dan yang perlu dicatat bahwa jenis kopi ini ditanam murni dan tidak menggunakan pestisida.

  1. Kopi Toraja

Daerah penghasil kopi di Indonesia selanjutnya adalah kopi Toraja. Kopi Toraja yang terkenal sampai ke mancanegara bahkan sampai ke negeri sakura ini menjadi salah satu ikon penting di Indonesia. Bahkan orang membuat paket tour untuk jalan-jalan ke daerah perkebunan kopi di Toraja agar anak cucu mereka mengenal budaya Indonesia dan juga berbagai macam produk Indonesia yaitu kopi. Bagi orang Jepang, kopi adalah minuman yang memiliki banyak sekali khasiat baik untuk kesehatan tubuh. Kopi Toraja memang tidak kalah dengan kopi Arabika Bajawa yang sudah terkenal di seluruh dunia.

  1. Kopi Arabika Gayo

Jenis kopi arabika lainnya yang ada di Indonesia adalah Kopi Arabika Gayo. Munurut sumber yang ada mengatakan bahwa kopi yang berasal dari daerah Aceh ini adalah kopi yang paling nikmat yang pernah ada. Tidak hanya itu saja, lahan produksi yang dimiliki oleh Kabupaten Aceh Tengah dan juga Bener Meriah ini adalah lahan produksi yang terbesar se-Asia. Jadi sudah tidak diragukan lagi bahwa kopi jenis ini sudah banyak yang mencobanya dan terkenal di dunia. Daerah penghasil kopi di Indonesia seperti Aceh ini memang patut dibanggakan dan terus dilestarikan.

  1. Robusta Sidikalang

Robusta Sidikalang merupakan salah satu tempat penghasil kopi yang sebagian besar menguasai industry kopi sekitar 30% diseluruh dunia. Daerah Sumatera Utara, Indonesia yang menghasilkan kopi ini ternyata memiliki kontur tanah yang sangat baik untuk menanam kopi, sehingga kopi yang tumbuh di area ini adalah kualitas terbaik. Tidak hanya itu saja, kopi ini memiliki rasa yang sangat enak sehingga bisa menjadi salah satu kopi yang terkenal diseluruh mancanegara. Rasa kopi Sidikalang ini manis yang hampir mirip dengan rasa coklat, serta warna yang sangat bervariasi sesuai dengan proses pengolahannya masing-masing. Tidak hanya itu saja, tekstur dari kopi ini lebih kasar yang berasal dari arabika.

  1. Kopi Lampung

Salah satu jenis kopi robusta yang memiliki aroma kopi paling khas adalah kopi yang berasal dari Lampung. Lampung merupakan salah satu daerah penghasil kopi di Indonesia yang masuk kedalam daerah kebun kopi. Hampir semua kebun di daerah Lampung adalah kawasan perkebunan kopi. Hal ini dikarenakan daerah Lampung adalah dataran tinggi yang sangat cocok digunakan sebagai perkebunan kopi. Kopi robusta ini ditanam diatas permukaan air laut yang mana hasil kopinya memiliki tekstur yang kasar dan juga mengandung kafein yang sangat tinggi. Banyak penikmat kopi yang jarang mengkonsumsi kopi robusta ini tetapi kopi ini terkenal di luar Indonesia.

  1. Kopi Garut

Tidak hanya di Sumatra saja yang memiliki perkebunan kopi yang sangat luas, di daerah Jawa barat juga merupakan salah satu daerah Indonesia penghasil kopi yang terkenal di seluruh dunia yaitu Garut. Kopi jenis Arabica ini disebut-sebut sebagai kopi berkualitas internasional yang memang sudah di ekspor ke negara Australia. Kopi jenis ini ditanam di daerah perkebunan tatar Sunda yang memiliki sensasi mild. Kopi yang ditanam di ketinggian 1000 mdpl ini berpotensi sebagai kopi yang bisa merajai dunia karena sistem pengolahannya sudah memenuhi syarat standar internasional. Tidak hanya itu saja, kopi jenis ini juga menjadi salah satu kopi favorit di daerahnya dan juga di negara asalnya yaitu Indonesia.

  1. Kopi Banaran Ambarawa

Di daerah jawa tengah juga memiliki kopi yang sangat terkenal diantara kopi lainnya yaitu kopi Banaran. Kopi banaran adalah kopi yang dihasilkan dari perkebunan di Banaran, Ambarawa. Salah satu perkebunan kopi yang juga dijadikan tempat wisata ini memiliki karakteristik yang tidak jauh berbeda dengan kopI lainnya. Uniknya, kopi jenis robusta dan arabika ini ditanam bersamaan ditanah Banaran yang memang sangat cocok untuk perkebunan kopi. Walaupun memang tempat ini dijadikan salah satu tempat wisata, tetapi kopi banaran ini tidak kalah dengan citarasa kopi lain yang terkenal di luar negeri.

  1. Kopi Wamena

Daerah penghasil kopi di Indonesia selanjutnya adalah Wamena. Salah satu daerah yang terletak di Papua tepatnya di Lembah Baliem dan juga Dataran tinggi Jayawijaya ini juga daerah penghasil biji kopi di Indonesia. Kedua daerah ini menghasilkan kopi dengan kualitas tinggi yang berjenis kopi robusta. Daerah yang memiliki ketinggian 1600 mdpl sangat cocok dengan tanaman kopi yang banyak tumbuh subur tanpa menggunakan pupuk kimia. Pasalnya kopi wamena ini termasuk kopi organic yang rendah asam dan juga aman diminum oleh siapa saja.

  1. Kopi Bangli, Kintamani

Salah satu daerah pemasok kopi paling terkenal di Indonesia yaitu daerah Kintamani, Kabupaten Bangli. Salah satu daerah di Indonesia penghasil kopi ini tidak banyak yang tahu bahwa kopi kintamani ini sudah diekspor ke Amerika sejak tahun 1825. Kopi jenis ini memang sedikit orang yang mengetahui karena harga jualnya sangat mahal.

Banyak sekali daerah penghasil kopi di Indonesia yang patut kota lestarikan dan juga jaga, sehingga kekayaan alam yang ada di Indonesia ini akan tetap hidup dan bertahan. Tidak hanya itu saja, dengan adanya jenis kopi yang sangat beragam ini bisa menambah citarasa yang berbeda di setiap lidah kita saat menikmati seteguk minuman pahit yang kaya rasa ini. Kopi selalu memberikan banyak manfaat kepada kita yang tanpa kita sadari secara langsung. Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa dijadikan referensi yang baik untuk anda.

Deskripsi : daerah penghasil kopi di Indonesia memiliki ragam karakteristik yang satu sama lain berbeda-beda. Daerah Indonesia yang sangat subur ini patut dijaga dan dilestarikan dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *