Dampak Yang Ditimbulkan Dari Rokok Dan Kopi Pada Jaringan Sel Tubuh

Budaya orang Indonesia seperti minum kopi sambil merokok memang sudah menjadi salah satu kebiasaan yang tidak bisa dihindari lagi. Budaya ini hampir dilakukan oleh setiap pria di suatu daerah. Walaupun memang tak ada yang lebih nikmat dari merokok ditemani dengan secangkir kopi, namun banyak orang yang tidak mengetahui apakah hal itu bisa berefek buruk pada kesehatan mereka ataupun tidak. Rokok dan kopi adalah dua hal yang tidak dipisahkan bagi orang Indonesia karena keduanya memiliki nikmat yang seimbang. Mayoritas bagi para perokok pasti setuju dengan pernyataan tersebut yang memang akan selalu menjadi kebiasaan orang Indonesia khususnya. Namun, apakah kalian mengetahui efek dari kedua hal tersebut?

Sebelum kita melangkah ke efek yang akan ditimbulkan dari penggunaan rokok diiringi dengan kopi, akan lebih baik mengetahui terlebih dahulu apa itu minuman kopi dan juga rokok itu sendiri. Ketika kita mengetahui berbagai macam informasi tentang rokok dan juga kopi maka kita bisa menyimpulkan sendiri apakah memang lebih baik menghentikan kebiasaan tersebut ataukah melanjutkannya. Kebiasaan ini memang banyak dianut oleh orang-orang sekarang ini memang tidak didasarkan dari pengetahuan yang mereka temukan. Hanya saja, kebiasaan ini menjadikan salah satu trend yang tidak bisa dihilangkan dari masyarakat Indonesia.

  1. Kopi

Kopi adalah salah satu minuman yang dihasilkan dari seduhan biji kopi yang sudah diproses menjadi bubuk. Proses dari pembuatan minuman sendiri bisa bermacam-macam karena setiap kopi memiliki karakter yang berbeda-beda. Namun sejak jaman dahulu proses pembuatan kopi sebelum menjadi bubuk kopi memang harus dilakukan proses sangrai sehingga bisa dihaluskan dan dijadikan minuman. Tidak hanya itu saja, ada juga yang tidak melewati proses sangrai dan rasa dari biji kopi tersebut juga sama dengan kopi pada umumnya yaitu biji kopi hijau. Bahkan banyak sekali manfaat yang diberikan kopi bagi kulit yang mana bisa membantu kulit terlihat lebih sehat dan juga semakin cerah.

  1. Rokok

Rokok adalah jenis dari tembakau cacah yang digulung dengan kertas. Roko dijadikan adalah satu bahan yang setara dengan makanan bagi para perokok aktif. Walaupun banyak orang mengetahui bahaya dari rokok itu sendiri, tidak banyak orang yang berhenti merokok malahan menjadikan rokok sebagai menu utama sebelum makan atau sesudah makan. Bagi sebagian orang yang terbiasa merokok beranggapan bahwa tidak ada rokok maka hidup pun tak enak. Istilah itu malahan menjadi salah kaprah karena bahaya efek samping merokok lebih berbahaya dibanding dengan kopi. Beberapa peneliti menyatakan bahwa rokok bisa menyebabkan kanker, penyakit jantung dan banyak lainnya. Efek negative yang ditimbulkan dari rokok inilah yang menjadi salah satu penyebab banyaknya orang Indonesia yang mengalami penyakit mematikan.

Itu adalah beberapa informasi tentang kopi dan juga rokok. Walaupun keduanya sangat bersebrangan tetapi masih ada beberapa manfaat yang bisa diambil untuk kita. Kopi yang menjadi salah satu minuman dengan citarasa unik dan juga kenikmatan rokok yang tiada bandingannya ini bisa menjadi salah satu boomerang bagi pecandunya. Walaupun terlihat sangat sepele namun dari beberapa penelitian yang dihasilkan banyak sekali menunjukkan efek negative yang didapat. Bagi kalian yang penasaran apakah meminum kopi dibarengi dengan merokok adalah hal yang baik atau buruk, maka kalian perlu menyimak beberapa informasi yang bersangkutan dengan hal tersebut. Berikut ulasannya.

Dampak kopi dan rokok

Dari beberapa penelitian yang dilakukan oleh para ahli kesehatan yang salah satunya berasal dari University of Bristol ini menemukan jawaban dari pertanyaan apakah merokok dan meminum kopi secara bersamaan akan menimbulkan dampak positif atau negative bagi kesehatan? Penelitian ini dimulai dari kebiasaan merokok oleh orang Denmark, Norwegia, dan juga Inggris yang menjadi salah satu perokok aktif dan juga minum kopi. Partisipan yang diambil untuk penelitian yaitu sekitar 250.00 orang perokok aktif dan peminum kopi. Dari rekam medis yang dilakukan, peneliti akhirnya memilah-milah partisipan yang hanya memiliki genetik peminum kopi dan rokok aktif. Hasil yang ditemukan adalah bahwa rokok dan kopi sangat berdampak buruk bagi kesehatan yang mana bisa merusak beberapa jaringan sel didalam tubuh.

Tidak hanya itu saja, dari sebuah studi yang dihasilkan oleh Charalambos Vlachopoulus, MD, bersama rekan-rekannya menyatakan bahwa rokok dan kopi saling berinteraksi satu sama lain dan menghasilkan efek yang sangat berbahaya bagi kesehatan jantung. Hal ini disebabkan adanya asupan kafein yang terdapat pada kopi yang menyebabkan fungsi arteri memiliki implikasi penting bagi kesehatan tubuh. Jantung yang menjadi salah satu organ tubuh yang harus dijaga ini seharusnya mendapatkan perlakuan khusus bagi pemiliknya sehingga terhindar dari penyakit jantung yang bisa menyebabkan kematian. Sehingga dari hasil penelitian tersebut bisa disimpulkan bahwa Kedua kombinasi tersebut sangatlah buruk bagi tubuh dan juga bisa menyebabkan dampak negative lain bagi kesehatan tubuh.

Tidak hanya itu saja, untuk membuktikan kasus ini dilakukanlah penelitian lain yang bertujuan untuk menemukan dampak lain yang ditimbulkan terhadap tubuh. Salah satu penelitian yang menjadi salah satu studi paling bermanfaat untuk dunia kesehatan ini menunjukkan bahwa kopi dan juga rokok ini bisa mengangkat arteri pada jantung. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa kekakuan arteri dan juga aliran darah dalam tubuh yaitu abnormal. Selain itu, efek yang ditimbulkan dari perorangan produk rokok dan kopi lebih rendah daripada efek gabungan kedua komponen tersebut.

Tidak hanya berhenti pada hal itu saja. Dalam penelitian selanjutnya terhadap rokok dan juga kopi yang meneliti dampak gabungan kedua komponen tersebut dihasilkan bahwa keduanya bisa menyebabkan plak pada arteri yang akan terus berkembang dan bisa menyebabkan kekakuan dan juga hilangnya elastisitas pada arteri. Hal ini dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah yang selanjutnya akan diteruskan menjadi tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi ini yang akan menimbulkan berbagai macam penyakit yang sangat mematikan seperti strok dan juga serangan jantung. Tekanan darah tinggi yang memang memiliki proses pemaksaan jantung untuk memenuhi kebutuhan tubuh darah akan oksigen yang akan terus memompa dan semakin kencang sehingga tekanan darah menjadi naik dan tidak terkontrol. Resiko serangan jantung ini lebih tinggi dibandingkan store. Karena memang store sendiri disebabkan penyempitan pembuluh darah pada otak dan menyebabkan ketegangan pada beberapa organ tubuh.

Kedua resiko yang disebabkan oleh rokok dengan kopi ini sebagai salah satu dari sekian banyak dampak buruk yang dihasilkan. Sebagai faktor resiko serangan jantung, rokok bahkan lebih mematikan lagi dan juga berbahaya untuk kesehatan tubuh. Penelitian yang menyatakan bahwa rokok lebih buruk dari kopi memang sudah terbukti. Hal ini karena dalam jangka panjang, perokok aktif akan lebih tinggi resikonya untuk terserang penyakit jantung, stroke, dan juga diabetes. Walaupun dampak negative banyak ditemukan dari gabungan rokok dan kopi tersebut, masih banyak orang yang mengkonsumsi keduanya secara bersamaan.

Meskipun hal yang perlu dilakukan untuk mendapatkan tubuh yang sehat adalah dengan menghindari kebiasaan merokok diiringin dengan meminum kopi, namun kedua kebiasaan in tidak bisa dihentikan begitu saja. Bagi para perokok aktif pastinya tidak bisa meninggalkan rokok mereka karena rokok memiliki kandungan nikotin didalamnya. Namun bagi pecinta kopi, kopi sangatlah bermanfaat karena banyak kandungan yang dihasilkan dan bisa dimanfaatkan untuk kesehatan tubuh. Bahkan minuman kopi adalah minuman yang menghilangkan stress dan bisa mengatahui beberapa macam penyakit. Namun apabila kalian mengkonsumsi kopi dalam jangka waktu yang panjang, hal ini juga tidak baik karena banyak kandungan seperti kafein dalam jumlah banyak bisa menimbulkan berbagai macam penyakit.

Rokok dan kopi memang bukanlah perpaduan yang pas untuk kesehatan tubuh. Namun keduanya juga tidak bisa dipisahkan karena kebiasaan yang tidak bisa dihilangkan. Suatu kebiasaan akan bisa hilang apabila memiliki kebiasaan lain yang menghindari kedua kombinasi tersebut. Apabila memang menjadi salah satu penikmat rokok dan juga kopi, akan lebih baik melakukan olahraga untuk mendapatkan tubuh yang sehat. Dengan berolahraga akan mengurangi berbagai macam resiko yang akan terjadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *