Fakta Dibalik Nikmatnya Primadonanya Kopi, Kopi Cappuccino

Menikmati kopi saat ini memang menjadi hoby dan gaya hidup seseorang, dahulu kopi memang lebih dinikmati para orang tua saja, tapi kini anak muda juga suka akan kopi. Awalnya kopi hanya kopi hitam saja atau kopi sachet, seiring perkembangan zaman, kopi menjadi semakin bervariasi dan banyak digemari anak muda. Kopi memiliki berbagai jenis, dengan adanya coffee maker pula kopi semakin mudah dikreasikan agar menghasilkan kopi bercita rasa berbeda. Satu diantara beragam variasi kopi ini terdapat kopi Cappuccino yang telah melegenda dan selalu menjadi idola banyak penikmat kopi. Kopi yang berasal dari Italia tersebut kini memang menjadi primadona pada kaula muda penikmat kopi. Agar lebih mengenalnya mari kita ungkap lebih jauh tentang cappuccino ini.

Filosofi Kopi Cappuccino

Cappuccino ialah minuman khas negara Italia yang dibuat dari espresso dan juga susu. Umumnya komposisi dari Cappuccino ini terdiri dari 1/3 espresso, 1/3 susu yang dipanaskan dan 1/3 susu yang dikocok hingga berbusa. Adapula yang meraciknya dengan 1/3 espresso dan 2/3 mikrofoam. Racikan ini tentu berbeda dengan latte macchiato atau cappuccino kering yang mengandung lebih sedikit susu dan sedikit busa. Cappuccino yang sempurna memang harus dibuat dengan presisi dan tekanan yang pas. Boil kopi juga tidak boleh lebih dari 70 derajat celcius dan tidak boleh kurang dari 65 derajat celcius.

Filosofi kopi Cappuccino merupakan kopi yang melambangkan sebuah kesempurnaan, kelas, penampilan serta integritas, oleh karena itu dalam pembuatannya pun harus sesuai dengan presisi dan takaran. Di tempat asalnya yakni Italia, cappuccino menjadi minuman wajib dipagi hari sebagai penyempurna sarapan pagi. Ada pula beberapa negara lainnya yang menjadikan cappuccino ini sebagai minuman sepanjang hari atau setelah makan malam. Ada orang yang berpendapat bahwa Cappuccino ini muncul berawal dari biji biji kopi tentara Turki yang tertinggal setelah peperangan yang dipimpin oleh Kara Mustapha Pasha di Wina.

Dimana Austria melawan tentara gabungan Polandia dan Germania. Tertinggalnya biji kopi setelah peperangan inilah yang menjadi awal mula munculnya cappuccino di Italia. Hingga tahun 1990-an cappuccino ini hanya dapat dinikmati di Eropa dan beberapa kota besar di Amerika Utara saja. Namun kini cappuccino telah mendunia dan menjadi primadona kopi. Kitapun tak kesulitan lagi untuk menemukan kopi cappuccino ini setelah adanya waralaba warung kopi mewah seperti starbucks. Saat ini pula banyak cafe cafe dan menjamurnya barista kopi, dimana mereka mampu menyajikan cappuccino yang sempurna.

Camera 360

Proses Pembuatan Cappuccino

Seperti yang telah kita ulas tadi, bahwasanya cappuccino ini melambangkan kesempurnaan sehingga harus dibuat secara presisi dan tekanan yang pas. Seorang Barista handal pasti akan memperhatikan setiap komponen dalam proses pembuatan kopi cappuccino terbaik, mulai dari boil kopi, susu, espresso hingga tempat menyajikan cappuccino. Espresso yang dipergunakan untuk membuat cappuccino haruslah dari biji atau kopi terbaik, teksture dan temperatur susu-pun harus diperhatikan. Seorang Barista yang terlatih memanaskan susu akan mampu menciptakan microfoam dengan memasukkan busa busa udara yang sangat halus kedalam susu. Hal ini membuat susu semakin halus dan lembut serta terasa manis.

Kopi Cappuccino memang lebih ideal disajikan disebuah cangkir kopi keramik, sebab cangkir ini mampu menyimpan panas lebih lama bila dibandingkan dengan gelas. Awalnya cappuccino hanya tersaji dengan busa lembut diatasnya saja. Namun seiring majunya perkembangan zaman saat ini banyak barista yang begitu cakap dalam menciptakan seni latte ketika menuangkan susu yang telah dipanaskan kedalam espresso. Sehingga dapat tercipta desain desain tertentu diatas cappuccino kita nantinya. Cappuccino berdesain seperti daun, hati, dan masih banyak lagi. Bahkan kini ada barista kopi yang mampu melukis diatas busa cappuccino kita. Proses penyajian cappuccino semacam ini tentunya membuat para penikmat kopi semakin menikmati kopi mereka.

Cara Membuat Cappuccino

Saat ini memang telah banyak kopi cappuccino dalam bentuk sachet yang sangat mudah kita jumpai. Namun tentunya ada harga ada rasa, rasa akan sangat berbeda dengan cappuccino yang dijual diberbagai cafe. Harga satu cangkir cappuccino di cafe yang dirasa berbeda jauh dengan cappuccino instan pasti membuat kita berfikir ulang untuk ke cafe setiap saat ketika ingin ngopi. Dapat anda bayangkan bila harga cappuccino di cafe yang berkisar 50K anda minum setiap hari.

Anda harus mengeluarkan budget 300K hingga 600K hanya untuk ngopi saja. Pastinya akan menguras kantong gajian kita bukan? Membuat cappuccino nikmat seperti di cafe sebenarnya sangat mudah, kita juga tidak memerlukan coffee maker untuk membuatnya. Nah pasti penasaran bukan bagaimana cara membuat kopi cappuccino spesial di rumah? Pertama yang harus anda siapkan adalah bahan bahan untuk membuat cappuccino ini.

  1. Kopi bubuk berkualitas baik atau kopi bubuk instan biasa, larutkan dalam air 125 cc.
  2. 125 cc susu cair
  3. 150 gram milk cooking chocolate, lelehkan
  4. 100 gram gula pasir, dapat pula diganti gula aren atau gula Jawa.
  5. 40 gram gelatin putih yang dilarutkan dengan 60 cc air panas.
  6. 200 cc whipping cream
  7. 3 butir telur ayam pisahkan antara kuning dan putihnya.
  8. Cangkir kopi keramik

Langkah pembuatan kopi cappuccino

–        Pertama siapkan wadah untuk mengocok kuning telur, masukkan kuning telur dan kocok bersama gula pasir atau gula jawa hingga larut dan mengembang. Kemudian tambahkan susu cair kedalam adonan tersebut, kocok kembali hingga tercampur sempurna.

–        Siapkan panci berukuran sedang dan tuangkan adonan kuning telur, gula dan susu yang telah tercampur tadi. Panaskan hingga mendidih, bila sudah mendidih matikan api dan diamkan sejenak hingga uap panas dalam panci menghilang.

–        Kemudian siapkan milk cooking chocolate, larutan gelatin, whipping cream dan kopi instan kedalam larutan tersebut, aduk hingga tercampur merata.

–        Selanjutnya kocok putih telur hingga mengembang, setelah mengembang masukkan kedalam campuran yang telah kita buat tadi hingga merata.

Nah cappuccino spesial telah jadi dan kita tinggal menuangkannya kedalam cangkir kopi keramik yang telah dipersiapkan sebelumnya. Sajikan dalam keadaan hangat atau dingin sesuai selera anda. Seperti ulasan kita sebelumnya bahwa menyajikan cappuccino sebaiknya memang memilih cangkir kramik yang mampu menyimpan panas lebih lama. Jangan lupa agar mendapatkan hasil yang sempurna harus dibuat dengan presisi dan ukuran yang pas.

Selesai sudah ulasan kita mengenai kopi cappuccino yang melegenda dari Italia ini. Setelah membaca filosofi, proses pembuatan serta cara membuatnya pasti anda lebih mengenal jauh tentang cappuccino. Sebuah kopi yang dibuat dengan presisi dan tekanan yang pas, serta ukuran yang sesuai, karena kopi ini melambangkan sebuah kesempurnaan. Bersiap ingin menjadi barista di rumah anda? mengapa tidak mencoba resepnya daripada harus pergi ke cafe. Semoga berhasil menjadi barista di rumah dan dapat menambah wawasan serta informasi bagi anda, terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *