Fakta Mengejutkan Dibalik Kuatnya Rasa Kopi Americano

Berbicara masalah kopi dimasa dahulu, yang terpintas adalah kopi hitam yang sering diminum para orang tua. Dan dapat dikatakan pula bahwa mengkonsumsi kopi hitam ini adalah bagian dari warisan budaya, para orang tua mengkonsumsinya karena kakek dan nenek terdahulu juga mengkonsumsi kopi. Namun seiring berkembangnya teknologi dan ilmu pengetahuan, kopi kini hadir dalam berbagai macam. Setiap daerah memiliki kopi andalan daerah mereka masing-masing. Meskipun terlihat sederhana tapi pada kenyataannya kopi memiliki berasal dari berbagai daerah dengan cita rasa tersendiri, seperti halnya kopi Americano.

Filosofi Kopi Americano

Ketika mendengar sepintas dari namanya, tentu banyak yang beranggapan bahwa kopi ini berasal dari Amerika. Padahal dari filosofi kopi Americano merupakan resep asli dari Italia. Americano sendiri diambil dari kata ‘American’ sebutan dari orang Spanyol untuk orang Amerika yang berada di Italia. Kopinya orang Amerika ini mulai populer pada saat perang dunia II sekitar tahun 1970-an. Minuman ini populer ketika tentara Amerika yang berada di Italia disuguhi dengan espresso, namun mereka merasa tidak kuat karena rasanya yang begitu kuat.

Akhirnya merekapun mencampurkan espresso dengan air panas, sehingga mendapatkan rasa kopi yang biasa mereka minum. Sehingga muncullah istilah kopi Americano atau kopinya orang Amerika. Banyak yang mengatakan bahwa Americano ini sama dengan kopi Long Black dan juga kopi tubruk, padahal ketiganya sangatlah berbeda. Memang perbedaan ini tidak dapat dilihat secara langsung, namun setelah merasakannya perbedaan ketiga kopi ini barulah terasa. Berikut inilah perbedaan kopi long black, americano dan kopi tubruk.

–        Long black

Jenis kopi ini memang masuk dalam jenis kopi hitam, long black merupakan kopi hitam yang berasal dari Australia dan Selandia Baru. Oleh karena itu cara penyajiannya juga harus sama seperti negara asalnya agar menghasilkan kopi yang sempurna. Cara penyeduhan kopi ini sangatlah mudah dengan cara mencampurkan air panas dengan espresso, sehingga ketika espresso dinikmati akan terasa krema dari espresso tersebut.

–        Americano

Kopi Americano juga termasuk dalam keluarga kopi hitam, namun tetap berbeda dengan long black. Sebenarnya yang menjadi pembeda dari kedua kopi tersebut adalah cara penyajiannya. Dimana cara penyajiannya adalah menyiapkan espresso terlebih dahulu kemudian menambahkan air panas setelahnya. Espresso yang terguyur air panas ini membuat krema espresso akan pecah. Jadi jangan heran apabila hasil dari Americano tidak meninggalkan krema dipermukaan cangkir. Inilah yang menjadikan perbedaan dari Americano dengan long black.

–        Kopi tubruk

Kopi tubruk adalah kopi yang sudah tidak asing lagi ditelinga kita, kopi tubruk juga masuk dalam keluarga kopi hitam. Cara penyajian serta ketradisionalannya yang menjadikan perbedaan kopi ini dengan kopi long black ataupun Americano. Cara penyeduhannya sangat mudah, hanya perlu menyiapkan kopi bubuk kemudian disiram dengan air panas. Masyarakat penggemar kopi tubruk ini memiliki cara yang berbeda dalam meminumnya, ada yang menyukai cara meminum sekaligus ampas kopinya, adapula yang mendiamkan sebentar kopi agar ampas kopi mengendap terlebih dahulu. Kedua cara tersebut pastinya memberikan sensasi tersendiri bagi penikmat kopi.

Cita Rasa Kopi Americano

Para pecinta kopi memang menyukai kopi ini, tapi bagi yang masih awam dengan kopi mungkin kurang menyukainya. Sebab kopi ini memiliki teksture yang begitu hitam pekat dan kental meskipun hanya memberikan espresso sedikit namun tetap akan terasa. Sebab espresso yang dipilih memanglah espresso yang berkualitas terbaik. Aroma kopi ini juga begitu harum dan semerbak, amat menggugah selera meskipun anda bukan penikmat kopi.

Ketika merasakannya rasa khas kopi Americano akan langsung terasa begitu kuat dan tajam, tapi bagi orang awam yang kurang menyukai kopi akan terasa begitu tajam dan begitu pahit. Padahal bila dirasa dengan seksama, akan muncul rasa kopi yang agak manis meskipun tidak ditambahkan gula diadalamnya. Kandungan kafein kopi ini tergolong tinggi, dengan kadar asam yang juga tinggi. Sehingga akan membuat mata anda sulit terpejam, bagi pemilik asam lambung sebaiknya memperhitungkan terlebih dahulu bila ingin mengkonsumsinya. Seperti yang kita ulas tadi, sisa krema tidak akan anda temukan di kopi ini.

Cara Mudah Membuat Kopi Americano

Seperti yang telah kita ulas tadi bahwa cara menyeduh kopi Americano yang enak dan nikmat sangatlah mudah, hanya memerlukan espresso dan air panas. Namun agar memberikan cita rasa yang lebih nikmat, memerlukan coffee maker agar memiliki hasil akhir yang sempurna. Selain coffee maker, penyajian akan semakin sempurna bila disajikan dalam cangkir kopi keramik. Sebab penyajian menggunakan cangkir keramik dapat menyimpan panas lebih lama dibandingkan gelas biasa. Yang perlu anda siapkan sebelum menyajikan kopi Americano yang sempurna adalah beberapa bahan sebagai berikut.

–        14 sampai 17 gram kopi hitam bubuk berkualitas agar hasilnya lebih nikmat.

–        50 mili air panas

–        Mesin Espresso

–        1 buah cangkir kramik

Bila bahan bahan telah tersedia, saatnya proses penyeduhan.

  1. Siapkan mesin espresso dan juga cangkir, nyalakan mesin espresso hingga lampu indikator berhenti berkedip yang menandakan mesin siap digunakan.
  2. Bersihkan tempat portafilter mesin kopi espresso.
  3. Kemudian masukkan kopi bubuk sesuai dengan berat yang telah kita ukur sebelumnya 14 hingga 17 gram kopi bubuk. Ratakan menggunakan alat perata mesin espresso.
  4. Pasang portafilter dimesin espresso dengan tepat, lalu tempatkan cangkir dengan benar agar kopi yang keluar tidak berceceran ditempat pembuangan mesin espresso.
  5. Nyalakan mesin espresso ke pilihan seduh espresso, (pilihlah yang gambar 2 cangkir) dan tunggu hingga kopi keluar sekitar 40 ml.
  6. Setelah itu tambahkan 50 ml air panas yang telah kita sediakan tadi kedalam cangkir yang telah terisi espresso.
  7. Kopi Americano siap disajikan, dapat anda tambahkan gula sesuai selera.

Manfaat Kopi Bagi Kesehatan

Membicarakan masalah kopi, ternyata minuman penggugah selera ini memiliki manfaat bagi tubuh kita. Akan tetapi manfaat kopi ini dapat terasa bila kita mengkonsumsinya sesuai dengan porsi yang tidak berlebih serta memilih kopi yang berkualitas. Ada beberapa manfaat dari kopi diantaranya adalah sebagai pencegah depresi. Stres atau depresi adalah hal yang membahayakan, meminum kopi saat bersantai akan membuat pikiran kita menjadi rileks dan terhindar dari depresi. Selain dapat membuat rileks pikiran kita, kopi juga dapat mempertajam ingatan seseorang. Kafein yang terdapat pada kopi dapat memperkuat daya ingat pada otak, untuk ingatan jangka pendek ataupun jangka panjang.

Ternyata kopi yang dahulunya terlihat sederhana memiliki berbagai fakta menarik didalamnya bukan? Kopi hitam ternyata juga ada bermacam macam selain kopi tubruk ada kopi long black dan juga Americano. Kopi Americano merupakan kopi yang memiliki cita rasa kuat dan tajam, meskipun terlihat sama, namun rasanya begitu khas dan berbeda. Bersiap membuat Americano sendiri di rumah? Semoga dapat menambah wawasan serta informasi anda mengenai kopi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *