Fakta Unik, Manfaat Dan Bahaya Dari Kopi Lengkap

Kopi menjadi minuman yang digemari baik pria ataupun wanita serta berbagai golongan lainnya. Dahulu kopi dianggap sebagai minuman orang tua, tapi seiring berjalannya waktu kini kopi banyak digemari kalangan muda. Sebab kopi kini hadir dengan kemasan berbeda dan rasa bervariasi. Minuman penghilang rasa kantuk tersebut kini semakin digemari semua golongan masyarakat. sehingga semakin menjamurnya coffee shop dibanyak tempat. Ternyata si hitam ini menyimpan manfaat dan bahaya kopi, jadi bagi para coffee adict atau pecinta kopi perhatikan ulasan berikut ini.

Manfaat Dari Kopi

Setiap kopi mempunyai kafein didalamnya, dalam dunia kedokteran kafein tersebut sering dipergunakan sebagai perangsang kerja jantung dan meningkatkan produksi urin. Bahkan kafein juga berguna sebagai pembangkit semangat serta penghilang rasa sakit, namun dalam catatan dalam dosis yang rendah. Dalam tubuh manusia terdapat adenosin, dimana adenosin tersebut berfungsi sebagai salah satu senyawa dalam sel otak yang membuat orang bisa tertidur.

Mekanisme kafein akan berlawanan dengan adenosin tersebut, mengkonsumsi kafein akan membuat rasa kantuk berkurang atau menghilang. Dilihat dari manfaat dan bahaya kopi cara kerja kafein tersebut tidak memperlambat gerak sel – sel tubuh, namun membalikkan semua kerja adenosin. Bukan sekedar membuat rasa kantuk berkurang atau menghilang, juga memunculkan perasaan gembira, bersemangat, tubuh lebih segar, dan hati akan melepaskan gula ke aliran darah sehingga terbentuk tenaga ekstra. Bukan hanya kopi, beberapa minuman pembangkit stamina juga mengandung kafein.

Selain itu terdapat jenis kopi yang memiliki manfaat khusus bagi pria. Seperti kopi lanang, lanang dalam bahasa Jawa berarti pria. Sesuai dengan namanya kopi lanang dikenal berkhasiat untuk membangkitkan stamina para pria. Manfaat kopi lanang ini banyak dicoba para pria, meskipun belum dibuktikan secara medis. Bukan hanya kandungan kafein saja, kopi juga memiliki kandungan antioksidan yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Antioksidan ini berkhasiat untuk mencegah penuaan dini, menangkal radikal bebas, dan juga baik bagi kulit. Bahkan kandungan antioksidan tersebut dapat mencegah beberapa penyakit seperti penyakit kanker.

Bukan hanya manfaat dan bahaya kopi bagi kesehatan saja, kopi juga bermanfaat bagi kecantikan para wanita. Banyak salon kecantikan atau produk kecantikan lainnya yang menggunakan kopi sebagai bahan dasar pembuatan masker. Kopi mampu memaksimalkan pelepasan sel – sel kulit mati pada kulit, sehingga peremajaan kulit lebih cepat. Dapat pula memanfaatkan ampas kopi, cukup membuat ampas kopi sebagai masker dapat mengencangkan kulit. Ternyata manfaat antioksidan pada kopi belum berakhir, antioksidan mampu dipakai sebagai perawatan kulit kepala untuk mencegah kerontokan rambut.

Bahaya Dari Kopi

Selain mempunyai manfaat didalamnya, kopi juga mempunyai bahaya, salah satu bahaya kopi yang muncul adalah efek ketergantungan. Tak heran bila para pecinta kopi sulit menghentikan tradisi minum kopi. Terlalu banyak minum kopi juga dapat meningkatkan resiko stroke. Sebuah penelitian dalam journal of neorology, neurosurgry and psychiatry tahun 2002 menyebutkan bahwa manfaat dan bahaya kopi yang diminum lebih dari 5 gelas perhari akan meningkatkan resiko terjadinya kerusakan pada dinding pembulu darah dan beresiko terserang penyakit stroke. Kafein pada kopi dapat meningkatkan tekanan darah yang juga menjadi salah satu penyebab stroke dan penyakit hipertensi.

Kafein juga dapat menyebabkan insomnia, mudah gugup, cepat marah, merasa tegang dan sakit kepala. Cepat marah tersebut akan berimbas pada naiknya tekanan darah dan beresiko terserang stroke. Wanita hamil tidak disarankan mengkonsumsi kopi, atau makanan yang mengandung kafein lainnya. Sebab dapat berdampak pada janin, denyut jantung yang meningkat dapat menyerang plasenta hingga masuk kesirkulasi darah janin. Dampak terburuknya juga dapat menyebabkan keguguran. Seperti yang sempat disinggung sebelumnya, kopi akan meningkatkan kinerja jantung.

Tentu detak jantung yang meningkat dapat berbahaya terlebih lagi para pemilik riwayat sakit jantung. Kafein ini juga mampu melemahkan daya tahan tubuh, karena kafein bersifat menyerap mineral, vitamin dan cairan dalam tubuh lainnya. Tidak hanya kafein, setiap kopi memiliki kadar keasaman yang berbeda. Dimana sangat beresiko bagi para penderita asam lambung atau penderita sakit magh. Terlalu sering minum kopi juga akan membuat gigi rusak seperti gigi berlubang dan menimbulkan karang gigi dimana menjadi penyebab gigi menguning.

Fakta Unik Tentang Kopi

Setelah puas akan manfaat dan bahaya kopi, ternyata ada beberapa fakta unik tentang kopi.

  1. Manfaat kafein pada kopi pertama kali disadari oleh para penggembala kambing di Ethiopia, dimana mereka melihat kambing – kambing mereka bergerak lincah setelah memakan biji – biji kopi.
  2. Sebagian dari kita pasti menikmati kopi dengan diminum, padahal kebiasaan asli mengkonsumsi kopi adalah memakan biji kopi. Suku – suku di Afrika sering mencampurkan biji kopi dengan lemak seperti mentega kemudian dimakan sebagai cemilan. Cemilan biji kopi tersebut dikenal sangat bermanfaat untuk menambah energi.
  3. Kepopuleran kopi ternyata berkaitan dengan masa kebangkitan agama Islam. Dalam agama Islam minum alkohol diharamkan, dan mereka menggantinya dengan kopi sebagai minuman yang dapat diterima.
  4. Fakta uniknya lagi ternyata tanaman kopi di bumi ini tumbuh dalam satu garis lintang yang dinamakan ‘the bean belt’ atau ‘the coffee belt’. Area tersebut terbentang dari garis bentang utara dan garis balik selatan. Hawaii sendiri menjadi satu – satunya negara di bagian Amerika yang ditumbuhi tanaman kopi.
  5. Selama yang kita tahu tanaman kopi dapat tumbuh mencapai tinggi 6 meter, tapi beberapa jenis tanaman kopi lainnya mampu tumbuh tinggi hingga 30 kaki atau sekitar 9 meter. Tapi kebanyakan tanaman kopi sebelum meninggi dipangkas untuk mempermudah proses pemetikan.
  6. Di Inggris pada tahun 1675, Raja Inggris mengeluarkan perintah larangan tentang kopi. Raja melarang segala aktifitas berbentuk kedai kopi, karena dia mencurigai bahwa kedai – kedai kopi menjadi sarang orang – orang berkumpul dan berkonspirasi untuk melawan Raja.
  7. Tahukah anda ternyata komoditas terbesar kedua yang diperdagangkan didunia adalah kopi? Menyusul urutan pertamanya adalah minyak.
  8. Kopi instan pertama kali ditemukan pada tahun 1906 oleh seorang warga Belgia yang tinggal di Guatemala bernama George Washington.
  9. Hampir 70% penikmat kopi diseluruh dunia lebih memilih mengkonsumsi kopi jenis Arabika yang mempunyai rasa lebih lembut, nikmat dan aromatik. Sementara lainnya berkisar 30% memilih Robusta yang lebih pahit karena memiliki kafein yang lebih banyak daripada Arabika.
  10. Pasti anda pernah mendengar nama kopi americano, ternyata nama ini lahir saat masa perang dunia kedua. Saat itu tentara – tentara Amerika yang berada di Italia biasa memesan espresso dengan campuran sedikit air untuk meringankan rasanya yang kuat. Kebiasaan memesan pesanan yang sama tersebut membuat kopi ini disebut americano.

Membicarakan kopi memang tidak ada haibisnya. Setelah mengetahui fakta, manfaat dan bahaya kopi anda pasti lebih paham tentang si hitam ini bukan? Agar kita dapat merasakan manfaat dari kopi sebaiknya mengkonsumsinya dalam jumlah yang tidak berlebih, bila berlebihan dapat berbahaya dan beresiko bagi kesehatan tubuh. Selain menyimpan manfaat dan bahaya didalamnya, kopi juga memiliki fakta – fakta unik yang jarang diketahui sebelumnya. sudah minum kopi hari ini? Mari ngopi!

Deskripsi : manfaat dan bahaya kopi dapat berdampak bagi tubuh, lebih baik kita tidak mengkonsumsinya secara berlebihan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *