Jangan Mengaku Coffee Adict Jika Belum Mencoba Minuman Kopi Anti Mainstream Ini

Menikmati me time, akan semakin nikmat dengan meneguk secangkir kopi. Terlebih lagi para coffee adict, setiap saat harus menikmati kopi. Belakangan ini ngopi memang menjadi trend, padahal budaya ngopi memang telah ada sejak jaman dahulu. Kini trend ngopi identik dengan nongkrong di coffee shop dan menikmati beragam kopi luar negeri seperti espresso, cafe latte, Americano atau kopi lainnya. Cobalah keluar dari jalur aman dan mencoba menikmati macam-macam minuman kopi yang berbeda dan masih asing ditelinga kita. Banyak sekali minuman kopi yang belum tereksplore oleh lidah kita yang mengaku sebagai coffee adict. Para pecinta kopi, yuk nikmati sederet minuman kopi berikut ini.

Minuman Kopi Paling Recommended

  1. Flat white

Banyak yang mengira flat white ini sama dengan cafe latte, padahal keduanya berbeda. meskipun bahan bakunya sama dengan cafe latte ataupun cappuccino yakni kopi dan susu tapi segi rasa berbeda. Flat white pertama diperkenalkan pada tahun 1980 di Australia dan Selandia Baru, semakin berkembang hingga ke Amerika dan tetap eksis hingga sekarang. Komposisi susu pada flat white lebih banyak dibandingkan cafe latte dan disajikan tanpa foam. Terdapat sedikit krema dibagian atas kopi dengan sedikit sekali foam, rasanya lebih kuat dari cafe latte dan lebih lembut dibandingkan cappuccino.

  1. Cafe cubano

Para pecinta kopi manis yang menggunakan gula, rasanya cafe cubano menjadi pilihan tepat untuk anda. Masyarakat Kuba umumnya menyajikan kopi asli Kuba ini dengan menyiapkan gula terlebih dahulu baru kemudian menuangkan espresso kedalamnya. Memang terbilang sederhana, namun dari segi rasa sangat juara dan berbeda dengan kopi manis lainnya.

  1. Ristretto

Jika anda pecinta espresso, dari sekian banyaknya macam-macam minuman kopi cobalah menikmati ristretto. Ristretto merupakan minuman yang kurang lebih mirip dengan espresso, hanya saja menggunakan air yang lebih sedikit. Nama Ristretto diambil dari bahasa Italia yang memiliki arti ‘terbatas’ atau sering pula dikenal dengan ‘half espresso’. Karena airnya dibatasi dari volume kopi, membuat espresso ini lebih pekat dan terasa manis.

  1. Red eye

Red eye menjadi pilihan minuman kopi paling recommended bagi anda yang ingin memompa energi. Meskipun namanya sedikit mengerikan, namun rasanya tak bisa dibohongi. Minuman ini sebenarnya adalah campuran dari espresso dengan kopi hitam. Campuran ini membuat red eye juga sering disebut dengan coffee with espresso, atau nama lainnya seperti black eye, eye opener dan a shot in the dark. Campuran kopi dengan espresso ini sudah past menambah kadar kafein yang ada, pastinya membuat mata anda akan langsung terbuka lebar setelah mencoba red eye. Sangat pas sebagai teman lembur skripsi atau lembur kerja.

  1. Guillermo

Namanya sangat unik, sama seperti rasanya, satu atau dua shots espresso akan dituangkan dalam cangkir dengan ditambahkan potongan jeruk nipis diatasnya. Rasa pahit kopi bersama asamnya jeruk nipis mampu memberikan rasa unik dan berbeda. Terkadang sajian kopi guillermo ini juga disajikan dengan es ataupun susu untuk menyeimbangkan rasa kopi.

  1. Affogato

Anda sangat wajib menikmati affogato, sebuah perkawinan kopi yang mampu membuai lidah penikmatnya. Affogatto tersebut adalah percampuran espresso dengan es krim vanilla, rasa pahit espresso berpadu dengan lembut dan manisnya es krim vanilla. Satu diantara macam-macam minuman kopi ini akan menghasilkan perpaduan rasa yang sangat nikmat dan sempurna.

  1. Cafe can hielo

Terik panas matahari di siang bolong membuat kita semakin loyo dan lemas, untuk membangkitkan semangat pastinya kita membutuhkan minuman segar dan berenergi. Pilihan paling tepat adalah menikmati cafe can hielo, secangkir kopi yang diberi es batu. Rasa dingin es batu akan menyegarkan tubuh dan hari anda disiang hari, pahit dari espresso juga mampu membuat mata langsung segar dan tidak mengantuk.

  1. Libbylou

Ingin menikmati sajian moka? Mencoba menikmati secangkir kopi bercampur dengan moka akan anda temukan dari libbylou. One shot espresso bercampur dengan moka serta white mocha dibagian atas, menghasilkan menu minuman kopi paling enak di coffee shop bercita rasa moka yang berbeda dari menu minuman kopi lainnya.

  1. Espresso con panna

Espresso con panna merupakan hasil ciptaan baru sebuah espresso pahit yang segera dinetralisir dengan krim whipped nan enak dan lezat. Perpaduan ini akhirnya dikenal dengan espresso con panna, bila merasa bosan dengan beragam minuman kopi, cobalah espresso con panna tersebut.

  1. Yuanyang

Ingin mencoba macam-macam minuman kopi unik dan lezat? Minuman asal China ini adalah jawabannya, sebuah kopi yang menggambarkan dua hal berbeda seperti laki-laki dan perempuan. Inilah mengapa kopi ini tergolong unik, sebab perpaduan dari kopi dan teh bercampur secara sempurna. Yuanyang memang unik, takaran teh dan kopi pun juga sama. keunikan ini mampu menarik para pecinta kopi, sebab rasanya tidak aneh justru kenikmatan yang luar biasa. Banyak yang mengatakan racikan kopi ini disebut juga dengan ‘kopi romantis’, karena memadukan dua hal yang berbeda.

  1. Cortado

Tertarik mencoba kopi berbau Spanyol? Bersiaplah mencoba ‘cortado’ dalam bahasa Spanyol cortado memiliki arti ‘memotong’. Komposisi pembuatan cortado adalah espresso dengan susu hangat, komposisi ini mirip dengan macchiatto. Rasanya pun juga hampir sama dengan macchiato, dengan perbandingan 1:1 atau 1:2.

  1. Frappe

Selain nikmat tersaji dalam sajian panas, kopi juga nikmat diminum secara dingin, frappe misalnya. Minuman es kopi paling enak seperti Frappe, terbuat dari kopi, air, gula dan es batu, terkadang dibeberapa coffee shop diatasnya diberikan krim yang lezat dan lembut penyempurna kopi. Jenis minuman kopi ini awalnya dikenalkan oleh Dimitrios Vakondios pada bulan September tahun 1957.

  1. Long black

Racikan kopi long black sangat terkenal di Australia. Racikannya berbeda dengan kopi lainnya, dimana dalam cangkir terlebih dahulu diberikan air panas, barulah dituang espresso yang dibuat encer kedalam cangkir. Urutan pembuatan harus benar agar menghasilkan long black yang sempurna. Sekedar tambahan info, biji kopi untuk espresso juga biji kopi terpilih seperti kopi Ethiopia dan Sumatera.

  1. Kopi tubruk

Kopi tubruk sering dikaitkan dengan kopi orang tua, padahal kenikmatan rasanya tak kalah dengan macam-macam minuman kopi di berbagai coffee shop lainnya. Selain itu kopi ini juga sangat mencerminkan Indonesia banget. Kopi diberikan didalam cangkir dan disiram menggunakan air mendidih, terkadang sering pula ditambah gula. Biji kopi yang ditumbuk kasar menghasilkan ampas kopi mengendap dibawah cangkir dan memberikan rasa nikmat tiada tara.

  1. Kopi joss

Racikan kopi yang satu ini unik namun sangat populer, terlebih lagi dikawasan Yogyakarta. Bila anda pergi ke angkringan Jogja, akan mudah menemukan kopi joss. Kopi hitam yang diberi arang panas didalamnya hingga terdengar suara ‘joss’. Sedikit aneh, tapi rasanya nikmat dan lezat.

Itulah sederet macam-macam minuman kopi yang enak, lezat dan harus dicoba. Bukan kopi racikan luar saja, kopi racikan tradisional tak kalah nikmatnya. Jangan mengaku coffee adict bila belum mencoba kopi-kopi tadi ya. Yuk ngopi!

Deskripsi : macam-macam minuman kopi memiliki racikan yang berbeda dan menghasilkan rasa berbeda pula.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *