Jenis-Jenis Alat Kopi Manual Yang Popular

Ada dua jenis pengolahan kopi, ada yang manual dan otomatis. Kedua cara ini bisa menghasilkan taste kopi yang berbeda, walaupun memakai jenis kopi yang sama. Saat ini banyak pecinta kopi yang suka memakai cara yang manual. Hal ini dikarenakan hasilnya akan lebih enak dan rasa dari kopi akan lebih terasa. Lalu apa sebenarnya manual brewing? Manual brewing merupakan teknik menyeduh kopi dengan memakai alat yang dioperasikan secara manual. Sehingga hasilnya juga tergantung dengan orang yang mengoperasikan alat tersebut. alat untuk menyeduh kopi secara manual pun begitu banyak jenisnya. Tidak seperti cara otomatis yang hanya ada satu mesin saja. inilah jenis alat kopi manual yang paling popular.

Filtron Cold Brew

Filtron cold brew merupakan teknik penyeduhan kopi manual dengan memakai air dingin. Jadi tidak diseduh dengan memakai air panas. Awalnya banyak yang meragukan teknik ini, tapi sekarang termasuk teknik yang sangat popular. harga alatnya memang cukup mahal, jadi masih sedikit coffe shop di di indonesia yang memakai alat ini, Dalam alat ini ada yang namanya filtron brewer, filtron pad, coffee guard, coffee bowl. Lalu ada butuh air, stopper dan bubuk kopi. Proses pembuatannya cukup. Masukan stopper ke dalam coffe bowl. Pasang filter filtron, giling biji kopi menjadi kasar. Tuang airny dan proses penyeduhan membutuhkan waktu 18 sampai 48 jam. Nantinya kopi akan jatuh ke tempat penampungan di bawah. Jadi untuk bisa menikmatinya, anda memang butuh waktu yang lama.

Vietnam Drip

Drip merupakan salah satu teknik yang banyak digunakan. Salah satunya vietnam drip. Untuk bisa menikmati kopi teknik ini, anda membutuhkan waktu sekitar 15 menit. Pada saat membuat kopi dengan teknik vietnam drip, banyak yang dicampurkan dengan susu kental manis. Hal inilah yang sering dilakukan oleh orang vietnan. Harga alat ini cukup murah, hanya sekitar 90 ribu rupiah. Anda bisa membelinya dan membuat sendiri di rumah. Untuk membuat kopi ini, anda membutuhkan alat vietnam drip brewer, grider, biji kopi, air panas dengan suhu 91-96 derajat celcius. Kopi dan airnya memakai rasio 8 : 150 ml.

Rok presso

Alat kopi manual selanjutnya adalah rok presso. Alat ini bisa dibilang versi manual dari mesin espresso. Harganya lebih murah dan proses pembuatannya lebih mudah. tapi untuk hasilnya tidak kalah dengan kopi yang dihasilkan dari mesin espresso. Anda membutuhkan rok presso brewer, gridner, biji kopi, ari panas dengan suhu 91 derajat sampai 96 derajat celcius. Untuk bubuk kopi dan airnya memiliki rasio 14 : 140 ml. Langkah pertama adalah melakukan pre heart pada chamber. Tekan tuas untuk membuang air. jika alat sudah panas, lakukan penggilingan pada biji kopinya. Masukan kpi ke portafilter lalu pasang pada group head rok presso. Masukan air panas sedikit semi sedikit. Ketika anda menarik tuas, air akan mulai keluar sedikit demi sedikit ke gelas penyajian.

Bialetti (Moka Pot)

Bialetti atau lebih dikenal dengan moka pot ini pertama kali ditemukan oleh Alfonso Bialetti, sekitar tahun 1933. Dulu alat ini menjadi alat penyeduh kopi favorit di italia. Banyak orang yang suka dengan hasil seduhan dari kopi moka pot ini. proses kerjanya memakai tekanan uap dan melalui proses pemanasan. Alat ini harganya cukup terjangkau. Hanya sekitar Rp 250 ribuan saja. alat yang dibutuhkan antara lain moka pot, grinder, kompor, air panas dengan suhu 91-96 derajat delcius. Dan biji kopi, rasio air dan kopinya sekitar 15 gram : 250 ml air.

 

Chemex

Chemex juga termasuk alat kopi manual yang sangat popular. bentuknya sangat cantik dan sudah ada sejak tahun 1941. Alat penyeduh kopi manual ini, memakai metode seduh drip. Sehingga hasil cita rasa kopinya tetap menjaga rasa dan body dari kopi itu sendiri. dalam sekali seduh bisa menghasilkan 8 gelas kopi. Harganya alatnya juga tak begitu mahal, hanya sekitar 700 ribu rupiah saja. Untuk membuat kopi dengan alat ini, anda membutuhkan chemex, chemex paper filter, grinder, biji kopi, air panas dan rasionya memakai rasio 30 gram : 500 ml. Proses pembuatannya hampir sama dengan metode drip pada umumnya.

Syphon

Sypoon biasa disebut juga dengan manual brewing vacuum pot. Bentuk alatnya begitu unik dan akan menghasilkan cita rasa kopi yang khas. Harga alat ini diatasi 1 juta rupiah. Banyak digunakan di negara jerman, sekitar abad ke 19. Penggunannya cukup rumit. Untuk pemula biasanya akan sedikit mengalami kesulit. Tapi walaupun sulit, hasilnya kopinya bikin nagih terus menerus, untuk memakai alat ini, anda membutuhkan syphon coffee maker set, kain filter, kompor kecil, grinder, biji kopo dan air panas. Untuk rasio pembuatannya memakai rasio 16 gram : 250 ml. Untuk hasil yang maksimal, anda harus bisa menjaga panas dari penyeduhannya.

Kalita Wave

Alat kopi manual ini juga banyak penggemarnya. Alat ini mengadopsi dari metode pour over, jadi cara kerjanya hampir mirip dengan alat hario V60. Cuma berbeda pada bentuknya saja. untuk kalita wave ini memiliki bentuk bagian bawah yang rata dan atasnya agak trapesium. Lalu ada tiga buah lubang yang berada di bawah brewer. Untuk harganya bervariasi, tergantung dengan kualitas dari bahannya itu sendiri. yang paling murah sekitar Rp 500.000. alat yang dibutuhkan cukup banyak. ada kalita waver brewer, kalita wave filter, kettle, grinder, biji kopi dan air panas, untuk rasionya sekitar 20 gram : 300 ml.

French Press

Untuk para pemula yang baru saja belajar menyeduh kopi. Bisa mencoba untuk memakai french press. Alat untuk menyeduh kopi ini cukup mudah untuk digunakan. Dalam satu seduhan, juga bisa menghasilkan beberapa gelas kopi. Apalagi harganya juga sangat terjangkau. Mulai dari Rp 100.000. untuk membuat kopi dengan teknik ini, anda butuh french press, grinder, biji kopi dan air panas. Untuk rasionya memakai rasio 20 gram : 360 ml. Bisa juga disesuaikan dengan selera anda masing-masing.

Hario V60

Hario V60 inilah yang dijadikan adobsi oleh kalita wave. Alat kopi manual ini banyak yang menyebutnya sebagai alat seduh kopi ajaib. Biji kopi yang diseduh dengan alat ini, akan menghasilkan cita rasa kopi yang benar-benar enak dan berbeda. Cita rasa yang benar terbaik dan beda dari alat seduh kopi lainnya. bentuk alatnya memiliki sudut kemiringan sekitar 60 derajat. Dibuat oleh perusahaan asal jepang. Apalagi dengan harga yang cukup murah. Hanya sekitar Rp 100.000 saja. tapi itu untuk alat yang memakai bahan plastik. Untuk yang kualitas bahannya lebih bagus. memiliki harga yang lebih mahal. alat yang dibutuhkan ada hario v60 brewer, kertas filter V60, grinder, biji kopi, air panas, timer, kettel, dan server, untuk rasionya memakai rasio 20 gram : 300 ml.

Aero Press

Alat ini pertama kali dikenalkan pada tahun 2005 oleh alan adler, saat ini aero press menjadi alat manual yang paling disukai oleh banyak baritas. Memiliki desain yang unik dan menghasilkan cita rasa kopi yang benar-benar enak. Alatnya kecil dan bisa dibawa kemana saja. inilah yang membuat banyak orang semakin menyukainya. Harganya pun terjangkau, sekitar 500 ribu rupiah. Untuk menyeduh kopi, anda membutuhkan aero press, biji kopi, air panas. Dan kertas filter. Rasio seduhnya memakai 15 gram : 225 ml.

Sebenarnya masih banyak sekali alat kopi manual. Setiap jenis alat memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Setiap jenis alat juga menghasilkan cita rasa yang berbeda-beda. Untuk pecinta kopi cobalah untuk membuat kopi dengan semua alat diatas. Sehingga tahu mana cita rasa kopi yang paling enak. Jika ingin menikmati rasa dan kopi yang masih utuh, teknik manual memang yang paling tepat. Sekian artikel kali ini, semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat buat anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *