Kelebihan Kopi Espresso Dibanding Kopi Lainnya

Kopi Espresso adalah salah satu minuman yang berasal dari biji kopi dan menghasilkan minuman sedikit rasa pahit ketika diminum. Biji kopi yang diekstrak melalui berbagai macam proses yang cukup lama ini membuat minuman yang satu ini menjadi semakin popular bagi semua kalangan. Kopi yang sekarang ini tidak hanya diminum secara original membuat para pecinta kopi semakin ingin menjajal citarasa dari seduhan kopi ini dengan berbagai macam cara dan juga berbagai macam campuran. Sekarang ini dalam meracik kopi tidak hanya diracik secara original bahkan campuran dari kopi tersebut juga mampu menghasilkan rasa unik yang membuat lidah semakin bergoyang.

Kopi yang dihasilkan dari ekstrak biji kopi dari negara Italia espresso ini merupakan salah satu jenis kopi yang sangat umum diminum oleh semua orang dibelahan penjuru dunia. Kopi ini sudah sejak lama dikonsumsi dan memang sudah terbukti kualitasnya yang tiada tandingannya. Kata “Espresso” sendiri memiliki arti express atau cepat dalam bahasa Italia. Hal ini bersangkutan dengan penyajiannya yang cukup cepat sehingga babi mereka yang memiliki jam sibuk dan ingin menikmati kopi akan dengan mudah memesan kopi espresso ini.

Sejarah Kopi Espresso

Awal terbuatnya kopi espresso ini dimulai di suatu negara di Italia yaitu Milan. Pembuatan dari kopi ini dikembangkan pada awal abad ke-20 dengan sistem brewing. Pada mulanya, pembuatan kopi di daerah Milan ini seiring dengan penemuan mesin pembuat kopi yang bisa menghasilkan uap dari campuran air yang mendidih dan juga dengan campuran kopi bubuk oleh penemu Luigi Bazzera. Penemuan alat inilah yang menjadi cikal bakal dari mesin pembuatan kopi yang dibuat dan digunakan saat ini. Bazzera sendiri pada saat itu menciptakan mesin kopi ini untuk menjawab berbagai macam persoalan yang pada waktu itu proses pembuatan kopi itu sendiri memakan waktu yang cukup lama. Sehingga orang-orang yang ingin menikmati kopi tidak dengan cepat mendapatkan kenikmatan kopi yang mereka inginkan.

Pada saat itu banyak sekali proses yang terjadi hanya untuk membuat secangkir kopi. Dalam membuat kopi, mereka harus menunggu waktu sekitar 5 menit. Itu adalah waktu yang cukup lama untuk menikmati kopi bagi orang Milan yang memang sibuk dengan pekerjaan mereka. Setelah Baaera berhasil menciptakan mesin kopi cepat, kemudian mesin kopi espresso tersebut diambil alih atau diambil hak patennya oleh Desiderio Pavoni. Perusahaan yang dipegang oleh Pavoni inilah yang memproduksi mesin kopi dalam jumlah besar sehingga sampai sekarang mesin kopi tersebut masih berlanjut dan semakin dikembangkan.

Akan tetapi, dalam produksi tersebut masih ada kekurangan yang mana menimbulkan rasa kopi menjadi pahit. Mesin yang memang menggunakan uap dan juga air mendidih ini membuat kopi tersebut menjadi gosong. Sehingga pada tahun 1938 seorang ilmuwan bernama Cremonesi ini menciptakan mesin kopi dengan tuas piston. Mesin yang diciptakan oleh Cremonesi ini tidak menggunakan air mendidih melainkan hanya air panas. Air panas inilah yang menghasilkan rasanya menjadi lebih baik dan rasa pahit tersebut adalah rasa dari kopi itu sendiri. Sehingga kopi espresso ini juga dibuat melalui mesin tersebut dan terkenal instan saat membuatnya. Kita tidak perlu repot lagi apabila ingin mengkonsumsi kopi dengan rasa yang unik ini.

Kandungan Kopi Espresso

Kopi sendiri memiliki berbagai macam kandungan yang baik untuk tubuh. Walaupun memang tidak seharusnya dikonsumsi setiap hari dan secara berlebih maka kandungan yang terdapat dalam kopi tersebut bisa sangat bermanfaat. Bahkan bagi yang mengetahui cara meracik kopi ini bisa dijadikan untuk lulur. Lulur inilah yang sangat baik untuk tubuh. Komponen inilah yang akan membantu tubuh menjadi lebih sehat. Untuk kopi espresso ini pada dasarnya memiliki kandungan hampir 600 komponen yang baik. Komponen tersebut yang biasa dimanfaatkan adalah zat kimia dari gula, kafein, protein, emulsi dari minyak kopi, koloid, dan juga berbagai macam partikel kopi yang berasal dari suspensi dengan gelembung gas kecil.

Gelembung-gelembung kecil ini dihasilkan dari campuran air panas yang bisa menghasilkan tekanan yang baik. Pada setiap komponen yang terdapat pada setiap espresso ini terdapat komponen yang biasa disebut dengan sebutan crema. Crema merupakan busa keemasan yang dihasilkan dari penyeduhan dengan air panas. Busa ini mengandung minyak, protein, dan juga gula yang biasanya mengambang dipermukaan. Crema ini secara teknis melalui beberapa tahapan yang dihasilkan ketika 45 ml air disemburkan kedalam 7 hingga 9 gram bubuk kopi. Temperaturnya pun juga dijaga dengan baik yaitu sekitar 90 derajat celcius dengan tekanan 9 atmosfer.

KONICA MINOLTA DIGITAL CAMERA

Macam-macam Kopi Espresso

Bagi kalian pecinta kopi pastinya mengetahui banyak tentang berbagai macam varian kopi yang dicampur dengan kopi jenis espresso ini. Hampir di setiap tempat kopi pastinya memiliki kopi ini yang mana banyak sekali dicampur dengan berbagai macam bahan yang bisa disajikan untuk menambah cita rasa dari kopi itu sendiri. Sama halnya dengan kopi lainnya, kopi dari espresso ini disajikan dengan berbagai macam campuran yang bisa menambah rasa unik dan cocok dikonsumsi oleh pelanggan yang datang memesan.

Biasanya campuran kopi yang biasa digunakan adalah campuran susu kental maupun krim susu. Sehingga rasa pahitnya akan tercampur dengan susu dan rasanya menjadi semakin unik. Varian dari kopi ini memang lebih dominan dengan campurannya tetapi rasa pahit dari kopinya masih tertinggal di dalamnya.

Ada beberapa jenis kopi dari espresso yang menjadi salah satu kopi yang digemari dan cocok untuk setiap orang yaitu cappuccino dan juga caffe latte. Cappucino maupun Caffe latte ini memiliki bahan dasar espresso yang memang popular digunakan. Dari berbagai macam campuran juga masih banyak jenis campuran lainnya. Untuk penjelasan lebih lanjut bisa disimak berikut ini.

      Espresso Macchiato adalah kopi espresso yang diberi kocokan krim diatasnya.

      Espresso Con Panna adalah espresso yang ditambah campuran susu dan berbuih diatasnya.

      Americano adalah jenis espresso yang tanpa dicampur dengan bahan apapun melainkan hanya air panas saja.

      Cappuccino adalah espresso yang diberikan susu yang sudah diuapkan dan juga susu berbuih.

      Caffe Latte juga jenis espresso favorite dengan susu yang diuapkan.

Basgi kalian yang suka dengan minuman kopi dari bahan espresso ini bisa memilih berbagai macam varian yang bisa dinikmati bersama keluarga, pasangan dan juga teman anda. Kopi espresso ini sangat popular diseluruh kalangan dan menjadi kopi paling banyak varian dibanding dengan kopi lainnya. Kelebihan kopi inilah yang membuat para pecinta kopi menjadi semakin ingin mencoba berbagai macam varian kopi dari seluruh kopi yang ada. Mereka menciptakan kreasi dari kopi yang bisa bermanfaat untuk tubuh dan menjadi pengalaman baru dalam mencicipi rasa kopi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *