Kelebihan Kopi Vietnam Yang Tidak Banyak Diketahui

Kopi adalah salah satu minuman yang banyak digemari hampir diseluruh penjuru dunia yang memang dengan rasanya yang khas dan juga aromanya yang bisa memberikan efek rilek kepada siapa saja yang menciumnya. Salah satu kopi yang sangat disukai adalah kopi Vietnam. Kopi yang satu ini memiliki cita rasa yang sangat unik. Ketika mendengar kopi Vietnam, pastinya beberapa orang menganggap bahwa kopi ini berasal dari Negara di Vietnam. Selain itu juga pastinya anda akan teringat kasus yang baru-baru ini terjadi di negara Indonesia tentang kematian seorang perempuan yang diakibatkan keracunan kopi ini. Padahal menurut beberapa sumber mengatakan bahwa kopi ini adalah jenis kopi yang aman dikonsumsi dan memiliki banyak sekali kandungan.

Anda bahkan bisa mengkonsumsi kopi ini bersama keluarga anda, teman, bahkan pasangan anda dirumah. Kopi ini akan menambah kenikmatan saat berkumpul dan anda tidak perlu lagi membeli kopi mahal di café elit. Saat ini banyak sekali situs yang memberikan berbagai macam resep untuk membuat kopi yang lezat dan aman dikonsumsi dirumah. Hal ini tidak akan merepotkan kita untuk datang ke café dimana banyak kopi yang dijual disana. Kita hanya perlu mengikuti beberapa langkah yang disebutkan pada situs yang kita baca untuk membuat kopi ini. Jenis kopi ini memang sangatlah unik dengan cita rasa yang kuat dan juga aroma masam yang lebih kuat dibanding kopi lainnya. Kopi jenis Arabica Vietnam ini juga mengandung banyak manfaat yang baik untuk dikonsumsi oleh kita.

  1. Keunikan kopi Vietnam

Kopi yang berasal dari Negara Vietnam ini memang banyak disukai oleh penggemar kopi. Mereka mengetahui benar tentang jenis kopi yang satu ini karena memang berbeda dari yang lainnya. Salah satu keunikan dari kopi ini adalah cara pembuatannya. Biasanya kopi-kopi lain disajikan dalam keadaan panas maupun hangat. Selain itu banyak juga yang mencampuri dengan cream agar terasa lebih nikmat. Untuk jenis kopi yang satu ini, anda hanya bisa mencampurnya dengan es batu yang mana anda akan mendapatkan sensasi yang berbeda dari kopi lainnya.

Gilingan biji kopi Vietnam ini berwarna hitam pekat yang mana proses pembuatannya pun sangat lama dibanding kopi lainnya. Kopi Vietnam juga diseduh dengan alat khusus yang bisa menjadikan citarasanya semakin nikmat. Citarasa yang kuat dan juga aroma yang khas membuat para penikmatnya menjadi semakin tertarik untuk mencoba berbagai macam varian kopi yang dipadukan dengan kopi dari negara Vietnam ini. Bagi kalian yang memang suka mencicipi berbagai macam jenis kopi, anda bisa mencoba kopi ini dengan campuran es batu dan campuran susu kental yang bisa membuat anda lebih fresh.

  1. Manfaat Kopi Vietnam

Hampir semua jenis kopi pastinya memiliki banyak sekali manfaat. Kopi Vietnam adalah salah satu jenis kopi yang memberikan banyak sekali manfaat yang sangat baik untuk kesehatan. Manfaat inilah yang membuat para pecinta kopi semakin menyukai untuk mengkonsumsi jenis kopi yang satu ini. Sebelum mengetahui lebih lanjut tentang kegunaan dari kopi untuk kesehatan tubuh, kalian perlu mengetahui bahwa kopi jenis ini sangatlah baik untuk menjaga kesehatan mental anda semua. Karena memang kopi tidak hanya untuk mengusir rasa kantuk melainkan merupakan salah satu jenis minuman yang bisa mencegah penyakit jantung dan juga stroke.

Hal ini sudah dibuktikan oleh beberapa penelitian bahwa dengan mengkonsumsi kopi Vietnam ini akan membantu mencegah serangan penyakit jantung yang sudah banyak terjadi akhir-akhir ini. Tidak hanya itu saja, kopi ini juga sangat cocok bagi perempuan yang berumur 24 tahun yang mana bisa menjaga jantung mereka agar tetap sehat. Resiko terhadap penyakit jantung ini akan semakin rendah yang memang dipengaruhi oleh kandungan dari kafein dari kopi ini.

Selain penyakit jantung, Kopi yang berasal dari negara Vietnam ini sangat ampuh untuk meringankan sakit kepala ringan. Kopi yang bersifat anti bakteri ini bisa menyembuhkan beberapa persoalan gangguan tubuh khususnya pada daerah mulut. Karena memang daerah mulut ini rawan untuk terserang penyakit, maka dengan adanya kandungan yang terdapat pada kopi Vietnam ini mampu menyembuhkan persoalan mulut seperti gig bercelah, dan juga infeksi yang terjadi pada mulut. Selain dari itu, Kopi jenis ini juga bisa merubah suasana hati menjadi lebih baik dan pikiran lebih rileks. Kopi yang memang dikonsumsi untuk mengurangi rasa stress ini bisa menangkal kerusakan pada sel otak dan juga menolong jaringan saraf agar bekerja lebih maksimal.

  1. Penyajian Kopi Vietnam

Selain berbagai macam manfaat yang bisa didapatkan, adapula hal-hal yang perlu diperhatikan dalam penyajian kopi Vietnam ini agar lebih nikmat. Penyajian ini akan berpengaruh pada aroma dan juga rasanya. Jenis kopi yang satu ini akan lebih baik apabila disajikan dalam cawan alumunium yang memiliki beberapa celah kecil dibawahnya. Hal ini untuk menampung tetesan kopi dari cawan pertama sehingga tidak menciptakan buih seperti kopi tarik pada umumnya. Setelah tetesan tersebut jatuh kebawah secara sempurna, maka anda baru bisa menikmati nikmatnya kopi ini.

Penyajian yang unik ini membutuhkan waktu yang cukup lama karena memang harus menunggu tetesan demi tetesan untuk kopi yang akan dikonsumsi. Hal ini membuat orang-orang atau barista yang membuat menjuluki kopi Vietnam ini dengan julukan Kopi kesabaran. Kopi yang disajikan dengan waktu yang lama ini akan menghasilkan aroma yang kuat serta rasa yang lebih nikmat dari kopi lainnya. Bagi sebagian barista pastinya mengetahui bahwa jenis kopi yang satu ini memang memiliki perhatian khusus dalam pembuatannya.

Alat yang digunakan tersebut biasa disebut dengan istilah Dripper. Dripper inilah yang akan membuat kopi menjadi semakin unik dan rasanya semakin kuat. Bukan hanya proses penyajiannya yang cukup lama, bahkan untuk proses menikmatinya pun juga butuh waktu yang cukup lama. Bagi penikmat kopi Vietnam ini pasti mengetahui bagaimana cara menikmati kopi ini. Cara menikmati yang baik bisa menghasilkan rasa kopi yang lebih pahit ketimbang rasa kopi yang lainnya. Hal ini dikarenakan dari efek roasting biji kopi yang memang memakan waktu yang cukup lama dan bisa memang dibuat gosong sehingga kopinya berasa lebih pahit.

Informasi tentang Kopi Vietnam memang sudah banyak sekali yang memposting. Bahkan cara membuatnya pun sudah banyak sekali ada di situs-situs. Walaupun memang banyak yang memilih untuk menikmati kopi ini di café ketimbang membuatnya sendiri. Apabila anda penasaran dengan jenis kopi yang satu ini, akan lebih baik mencobanya di tempat yang memang mengetahui benar cara membuatnya. Anda akan mendapatkan sensasi yang sangat luar biasa dibanding dengan kopi yang lainnya. Semoga informasi ini bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *