Kenikmatan Kopi Kelelawar Bermanfaat Bagi Kesehatan

Indonesia merupakan salah satu negara penghasil kopi terbesar didunia. Banyak sekali jenis kopi dari Indonesia yang cukup mendunia, dan bahkan menjadi primadona di negara-negara luar. Kopi ini merupakan salah satu minuman yang sangat diminati oleh masyarakat Indonesia itu sendiri. Kopi hadir dengan beragam aroma dan cita rasa yang sangat khas dan juga menggoda. Beberapa daerah bagian Indonesia ini menghasilkan kopi dengan keunikannya masing-masing. Sehingga tidak jarang industri kopi negara luar pun memasok kopi dari Indonesia untuk kebutuhan industri kopinya. Kopi kelelawar merupakan salah satu jenis kopi yang cukup familiar dan sudah dikenal di Indonesia.

Kelelawar merupakan hewan yang mencari makan di malam hari dan hanya dengan mengandalkan indera penciumannya untuk mendeteksi makanan. Kelelawar ini merupakan hewan yang memakan buah-buahan, termasuk memakan buah kopi. Kelelawar memakan buah kopi yang sudah masak, namun tidak dengan bijinya. Biji dari buah kopi tersebut dimuntahkan, dan hanya memakan daging buah saja. Biji kopi yang dimuntahkan kelelawar inilah yang kemudian diolah menjadi bubuk kopi untuk dikonsumsi. Sehingga akhirnya disebut dengan kopi batman atau kelelawar. Seperti halnya kopi luwak yang disebut demikian karena mengalami proses masuk ke dalam pencernaan luwak kemudian keluar bersama kotoran. Begitupun dengan kopi yang satu ini.

Asal Mula Kopi Kelelawar

Kopi kelelawar ini merupakan kopi yang berasal dari Dusun Talang Genteng, Kecamatan Pagar Alam Utara, Sumatera Selatan. Kopi ini merupakan hasil dari petani yang ada di dusun Talang Genteng tersebut. Daerah ini merupakan salah satu daerah penghasil kopi terbesar. Awalnya petani di daerah tersebut mengolah kopi luwak, yang kini sudah banyak beredar dan tersebar di pasaran. Hal ini membuat persaingan yang sangat ketat mengingat semakin banyaknya produksi kopi luwak. Karena alasan ini lah kemudian muncul jenis kopi yang lain, yaitu kopi yang berasal dari hewan kelelawar ini. Jenis kopi terbaru ini yang kemudian dikembangkan dan diharapkan akan bisa menyaingi perkembangan dari kopi luwak.

Salah satu petani yang merupakan pelaku usaha atas kopi yang berasal dari kelelawar ini adalah Mardoyo. Mardoyo mengolah kopi luwak dan juga kopi super pada awalnya, namun semakin lama kopi luwak ini semakin banyak diproduksi dan beredar di hampir seluruh pasaran kopi. Persaingan yang semakin ketat ini yang kemudian mendorong Mardoyo untuk membuat inovasi kopi terbaru. Dengan memanfaatkan kelelawar yang merupakan binatang pemakan buah termasuk buah kopi ini, dan menyisakan biji kopinya. Hal ini dijadikan sebagai celah untuk membuat kopi yang kini disebut sebagai kopi yang berasal dari kelelawar ini. Kopi inovasi dari Mardoyo ini pun mulai dikenal banyak orang dan perkembangannya pun kini sudah sangat pesat.

Manfaat dari kopi Kelelawar

Selain manfaat yang disebut-sebut sebagai obat asma ini. Kopi kelelawar ini juga memiliki manfaat yang lainnya. Kopi ini sangat berguna untuk mengontrol gula darah serta kolesterol yang ada pada tubuh. Hal ini karena dalam kopi satu ini memiliki kandungan asam asetat dan asam laktat yang sangat menonjol. Asam asetat itu sendiri berfungsi untuk melarutkan lemak serta berperan penting dalam mengontrol kadar gula yang ada dalam darah. Sedangkan untuk asam laktat itu sendiri berfungsi untuk membantu proses pencernaan. Sehingga jelas sudah bahwa kopi batman ini memiliki fungsi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Sebagai kopi yang biasanya merupakan salah satu minuman yang tidak boleh dikonsumsi terlalu sering apalagi dalam kadar yang terlalu banyak. Kopi yang satu ini tentu sangat aman untuk dikonsumsi karena memiliki manfaat bagi kesehatan. Sehingga tidak perlu khawatir jika dikonsumsi dalam intensitas yang cukup sering. Karena kopi kelelawar ini tidak akan memberi dampak yang buruk bagi tubuh anda. Bahkan jika anda merupakan seseorang yang mengalami masalah seperti yang disebutkan diatas, anda bisa menjadikan kopi ini sebagai obat untuk mengatasi masalah kolesterol, gula darah ataupun asma yang anda miliki.

Kenapa Harga Kopi Kelelawar Lebih Murah dari Kopi Luwak?

Kopi yang satu ini memang memiliki harga yang relatif lebih murah. Hal ini karena petani tidak perlu memelihara kelelawar secara khusus, sebab kelelawar ini sering berkeliaran di sekitaran perkebunan kopi dan membuang kotorannya sembarangan. Sehingga hal ini tentu memudahkan para petani untuk mendapatkan biji kopi yang didapatkan dari sisa-sisa kotoran kelelawar ini. Selain itu juga para petani tidak perlu mengeluarkan biaya operasional untuk bisa mendapatkan biji kopi yang digunakan untuk membuat kopi yang satu ini.

Berbeda dengan kopi luwak, para petani harus memelihara luwak untuk bisa memanfaatkan biji kopi yang ada dalam sisa-sisa kotoran luwak. Sehingga para petani memerlukan biaya yang cukup tinggi untuk membesarkan luwak dengan jumlah yang tidak sedikit. Hal ini yang membuat kopi luwak ini dihargai dengan nominal yang lebih tinggi dibanding dengan kopi yang berasal dari kelelawar. Hal ini dipengaruhi oleh tingkat kemudahan dan kesulitan dalam mendapatkan biji kopi yang merupakan bahan baku dalam pembuatan kopi tersebut.

Teknologi terbaru dalam pembuatan Kopi Kelelawar

Sekarang ini kopi kelelawar tidak lagi dibuat dengan mengandalkan kelelawar yang hidup untuk memakan buah kopi ini lebih dulu. Namun, ada teknologi baru yang ternyata lebih mudah dan juga cepat untuk menghasilkan kopi yang satu ini. Suprio Guntoro, seorang peneliti Badan pengkajian Teknologi Pertanian di provinsi Bali ini menciptakan teknologi baru dengan memanfaatkan jenis mikroba yang ada pada kelenjar ludah yang dikandung oleh air liur kelelawar untuk membuat fermentasi pada biji kopi yang sudah masak. Teknologi ini ternyata justru memakan biaya yang relatif murah serta dibuat sesuai untuk menciptakan kopi dari kelelawar ini dengan cita rasa yang sedikit asam dan lebih manis serta rasa pahit yang ringan serta nyaman untuk dikonsumsi.

Teknologi ini merupakan salah satu sarana yang dibuat untuk mempermudah pembuatan dari kopi yang berasal dari kelelawar ini. Hal ini karena kopi jenis ini kini telah cukup banyak dicari dan diminati. Terlebih lagi dengan manfaatnya bagi kesehatan dan mengobati beberapa masalah kesehatan, sehingga membuat permintaan kopi ini pun semakin banyak dan meningkat cukup pesat. Dengan adanya teknologi ini, pembuatan kopi tidak perlu menggunakan kelelawar hidup, karena proses dari teknologi ini mampu menghasilkan kopi dengan cita rasa yang sama seperti biji kopi yang dihasilkan dari sisa makanan kelelawar yang telah dimuntahkan.

Kopi kelelawar merupakan salah satu jenis kopi yang kini sudah mulai banyak beredar di pasaran. Perkembangannya pun mengalami peningkatan yang cukup pesat dan banyaknya permintaan atas kopi batman ini membuat kopi yang satu ini kini cukup banyak dicari. Kopi yang berasal dari kelelawar ini kini menjadi salah satu kopi terbaik yang ada di Indonesia. Cita rasanya pun unik dan juga terdapat rasa asam didalamnya. Cita rasa dan manfaat dari kopi ini yang menjadi salah satu daya tariknya. Jadi untuk anda yang belum pernah sama sekali mencoba kopi luwak, kopi dari kelelawar ini bisa menjadi alternatif untuk anda karena cita rasa yang dimiliki seperti khas dari kopi luwak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *