Komposisi, Manfaat, Bahaya Serta Cara Menyeduh Kopi Ala Cafe Lengkap, Wajib Dibaca!

Kopi, si hitam yang tak ada matinya, selalu dinikmati dari masa kemasa. Berbicara masalah kopi selalu menjadi topik menarik dan ada saja yang dibicarakan. Dulunya kopi hitam selalu identik dengan minuman orang tua, tapi kemajuan teknologi dan zaman saat ini budaya ngopi bukan hanya milik orang tua saja, kini anak muda juga semakin menikmati kopi. Hal ini ditandai dengan ramainya cafe serta menjamurnya coffee shop. Banyak yang bertanya mengapa si hitam ini begitu nikmat dan mampu diolah menjadi berbagai minuman nikmat lainnya? komposisi kopi pastinya menjadi pertanyaan mendasar bagi setiap penikmatnya termasuk anda, lebih lengkapnya mari kita ulas bersama.

Kandungan Dalam Kopi

Selain mempunyai jenis yang beragam, ternyata kandungan dalam kopi juga banyak. Kandungan kimiawi pada kopi inilah yang membuat kopi terasa nikmat dan ketagihan para penikmatnya. Kandungan dalam kopi ini antara lain sebagai berikut.

–        Kafein

Kafein selalu ditemukan pada kopi, kafein pada kopi inilah yang memberikan rasa pahit dalam kopi. Semakin pahit kopi, maka kandungan kafein semakin tinggi. Kafein bila dikonsumsi secara berlebih dapat menyebabkan ketergantungan, namun tetap aman dalam dosis tertentu. Meskipun memberikan kenikmatan rasa pahit pada kopi, kita harus berhati – hati mengkonsumsi kafein secara lama dan sudah menaun akan menyebabkan timbulnya penyakit pada tubuh.

–        Air

Meskipun sering tidak dipergunakan, namun kopi memiliki kandungan air didalamnya walaupun dalam kadar yang sangat sedikit.

–        Acetylmethycarbinol

Kopi terkadang terasa gurih dilidah mengapa? Karena kopi mengandung zat kimia tersebut yang membuat kopi terasa lebih gurih.

–        Ethyphenol

Meskipun sedikit asing, namun senyawa kimia inilah yang menjadi komposisi kopi dan memberikan aroma harum serta khas kopi. Zat ini mirip dengan tar dan mengandung pheromone.

–        Quinic acid

Kuat tidaknya keasaman pada kopi akan ditentukan dari kadar senyawa kimia ini. Kadar quinic acid setiap kopi berbeda – beda, tak heran bila ada kopi yang memiliki keasaman tinggi dan rendah.

–        Dicaffeoylquinic acid

Banyak yang mengatakan bahwa kopi merupakan minuman berantioksidan, dan ini bukan isapan jempol belaka. Senyawa ini merupakan salah satu zat antioksidan yang diklaim mampu menangkal radikal bebas, mencerahkan kulit, mencegah berbagai macam penyakit dan masih banyak lagi manfaat dari antioksidan dalam kopi.

–        Niacin

Senyawa yang satu ini adalah senyawa kimia yang kurang baik bagi tubuh kita. Sebab senyawa ini dapat menyerap vitamin, mineral atau zat berguna lainnya dalam tubuh para peminum kopi. Agar senyawa ini tidak berbahaya bagi tubuh, setiap harinya kita dianjurkan hanya meminum paling banyak 2 hingga 3 kali sehari.

Dari senyawa kimia yang terdapat didalam kopi dapat kita lihat bahwa komposisi kopi serta kandungan dalamnya sangat beragam. Ada yang bermanfaat dan adapula yang berbahaya bagi tubuh, oleh sebab itu kita harus membatasi konsumsi kopi setiap harinya.

Manfaat Kopi

Dari kandungan tersebut, terdapat beberapa senyawa kimia yang bermanfaat bagi tubuh dan juga berbahaya bagi tubuh. Terdapat beberapa manfaat minum kopi, seperti kandungan antioksidan tadi. Antioksidan sangat baik bagi kulit, membuat sel – sel kulit mati segera terangkat dan peremajaan kulit lebih cepat. Tak heran bila terdapat banyak produk kosmetik yang berbahan dasar kopi. Ampas kopi juga dapat dipakai sebagai masker wajah.

Selain antioksidan, kafein sangat cocok dikonsumsi sebagai teman lembur kerja. Kafein merupakan senyawa yang membuat rasa kantuk menjadi berkurang ataupun menghilang, bahkan juga akan membakar semangat, mengembalikan mood, memunculkan perasaan gembira dan tenaga ekstra. Aroma dari kopi juga dapat membuat seseorang merasa rileks dan menenangkan. Pastinya manfaat tersebut dapat diperoleh bagi tubuh bila kita mengkonsumsinya dengan komposisi kopi yang pas dan tidak berlebihan.

Bahaya Kopi

Kopi akan memberikan manfaat bila dikonsumsi secara pas dan tidak berlebihan. Bila berlebihan justru dapat menjadi pemicu berbagai penyakit. Seperti kafein tadi, dia dapat memiliki manfaat tapi bila terlalu banyak kafein dapat mengakibatkan bahaya seperti insomnia. Kafein juga dapat membuat jantung berdetak lebih cepat, sehingga sangat berbahaya bagi penderita penyakit jantung. Tekanan darah akan mudah naik bila mengkonsumsi kopi dalam jumlah berlebih, mengakibatkan penyakit seperti hipertensi hingga stroke. Tingkat keasaman yang tinggi membuat kopi kurang baik diminum penderita asam lambung dan penderita magh.

Bahaya kopi juga dapat melemahkan daya tahan tubuh, hal ini disebabkan karena adanya senyawa niacin yang dapat menyerap mineral, vitamin atau senyawa baik dalam tubuh. Sehingga membuat daya tahan tubuh melemah dan mudah terserang penyakit. Kopi juga dapat meningkatkan kadar kolesterol serta trigliserida dalam tubuh, yang mengakibatkan penyempitan pembuluh darah sehingga dapat menimbulkan serangan jantung ataupun stroke. Bagi ibu hamil juga sangat dilarang mengkonsumsi kafein, sebab dapat memicu keguguran pada janin. Sekali lagi kita garis bawahi bahwa bahaya kopi ini dapat timbul akibat kita terlalu banyak atau terlalu sering mengkonsumsi kopi. Oleh sebab itu sebaiknya batasi konsumsi kopi anda agar terhindar dari berbagai bahaya dari kopi tersebut.

Cara Mengolah Kopi

Setelah mengetahui bahayanya bukan berarti anda tidak dapat mengkonsumsi kopi sama sekali. Tetap dapat meminumnya hanya dalam porsi terbatas. Meminum kopi hitam rasanya sudah biasa dan kurang dilirik para kalangan muda, seperti yang kita singgung sebelumnya bahwa kopi dapat diolah menjadi berbagai macam minuman bercita rasa berbeda. Hadirnya coffee maker membuat rasa setiap kopi berbeda dan penuh cita rasa. Seperti espresso, americano, frapuccino, cappucino dan masih banyak lagi lainnya. Kali ini kita akan membahas bagaimana cara mudah membuat cappucino ala cafe di rumah.

Bukan dengan kopi cappucino instan melainkan meracik dengan resep tertentu, terdapat beberapa kunci utama agar hasilnya enak, yang pertama pemilihan kopi berkualitas, menggunakan cangkir keramik sebagai penyajian cappucino panas, serta komposisi kopi yang seimbang. Mengapa harus memilih cangkir keramik? Sebab cangkir keramik memiliki daya simpan panas lebih lama dibandingkan cangkir dari kaca atau cangkir lainnya. Cappucino memang nikmat diminum dengan dua cara panas dan juga dingin, semua tetap memiliki kenikmatan berbeda. Untuk yang dingin tempat saji tidak begitu mempengaruhi rasa dari kopi. Berikut ini bahan yang diperlukan.

–        1 sdm kopi bubuk berkualitas

–        ½ sdt bubuk coklat

–        1 sdt gula aren iris tipis

–        2 sdm gula pasir

–        250 ml air

–        50 ml whipped cream

Cara membuat :

–        Pertama yang harus dilakukan adalah didihkan air dalam panci dan masukkan kopi lalu tambahkan coklat bubuk kedalam panci, sambil diaduk hingga mendidih dan keduanya tercampur secara merata.

–        Tambahkan gula pasir beserta gula aren kedalam panci dan aduk kembali hingga gula tercampur merata. Sebagai opsional gula pasir dapat diganti dengan susu kental manis dengan ukuran sesuai selera.

–        Sediakan cangkir keramik yang telah disediakan sebelumnya dan tuang kopi kedalam cangkir. Sebagai sentuhan akhir tambahkan whipped cream diatasnya.

–        Tunggu hingga terasa hangat dan cappucino siap dinikmati.

Resep cappucino dingin

Bahan yang diperlukan :

–        2 sdm kopi bubuk berkualitas

–        250 ml air panas

–        1 sdm gula pasir

–        2 sdm susu kental manis

–        Krim hias secukupnya

–        Es batu secukupnya

Cara membuat :

–        Pertama seduh kopi dengan air panas dan saring ampas kopi, tunggu hingga mendingin.

–        Siapkan blender, masukkan gula, susu, es batu beserta kopi yang telah dingin tadi. Blender hingga kopi berbuih. Sedikit tambahan info bila ingin menghilangkan gula pasir dapat menambahkan takaran susu kental manis.

–        Setelah kopi berbuih, matikan blender dan siapkan gelas saji. Tuang kedalam gelas saji, tambahkan krim hias secukupnya dan sajikan. Bila ingin lebih variatif anda dapat menambahkan coklat bubuk, meses ataupun topping lainnya diatas krim.

Setelah mengetahui berbagai komposisi kopi, manfaat, bahaya dan resep membuat cappucino nikmat ala cafe di rumah, pasti kini anda sudah tidak sabar untuk menikmati secangkir kopi bukan? Dan ternyata membuat kopi ala cafe tidak sulit seperti yang dibayangkan, dapat dibuat tanpa menggunakan coffee maker. Asalkan takaran membuatnya pas dan sesuai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *