Kopi Aceh

Menikmati kopi adalah salah satu kebiasaan yang sudah sangat umum bagi masyarakat Indonesia. Hal tersebut dikarenakan kopi adalah salah satu minuman khas yang keberadaannya sudah ada sejak jaman dulu namun di era yang modern ini minuman yang satu ini tidak dapat di singkirkan oleh jenis minuman modern. Dan bahkan dari tahun ke tahun justru penikmat kopi akan terus bertambah hingga permintaan akan kopi semakin meningkat pesat. Kopi dapat di konsumsi sembari menemani waktu santai, dapat juga di suguhkan untuk para tamu, dapat juga di jadikan sebagai minuman untuk berkumpul bersama dengan rekan rekan dan bahkan kopi juga dapat di jadikan sebagai teman di saat aktifitas padat sekalipun. Minuman kopi juga dapat di sandingkan dengan berbagai macam jenis camilan. Di Indonesia sendiri terdapat berbagai macam jenis kopi yang memiliki cita rasa berbeda beda. Salah satunya adalah kopi aceh yang dikenal dengan cita rasanya yang sangat nikmat. Bagi anda yang sudah mulai penasaran dengan kopi asal aceh tersebut maka langsung saja simak ulasannya dibawah ini.

Mempertahankan Nilai Khas Kopi Aceh

Salah satu orang yaitu Q Grader sempat memberikan ungkapan kepada para generasi muda penikmat kopi untuk tidak meninggalkan kopi saring atau kopi aceh tersebut. Bahkan dirinya juga mengungkapkan rahasia kenikmatan yang di temukan pada kopi aceh tersebut. Kopi saring adalah sajian dari kopi tradisional asal aceh yang kemudian di suguhkan secara klasik. Para generasi muda pada umumnya memang sudah banyak yang terlena dengan espresso sehingga tidak tahu bagaimana cara tradisional untuk membuat kopi. Di akuinya bahwa semua kopi memang terasa nikmat namun untuk mempertahankan nilai khas dari kopi tersebut juga sangat penting. Kadangkala memang penikmat kopi bukan hanya sekedar menikmati rasa dari kopi tersebut namun juga tertarik mengenai bagaimana kopi tersebut di suguhkan. Dan oleh sebab itulah kopi asal aceh ini memang harus di pertahankan.

Kopi Tubruk Khas Aceh

Kemudian selain kopi saring juga terdapat jenis kopi aceh lainnya yaitu kopi tubruk. Kopi ini justru di sajikan secara unik yaitu tidak di saring melainkan di konsumsi dengan gelas yang terbalik. Ada sebagian orang yang memang takut untuk mengonsumsi kopi namun perlu anda ketahui bahwa tidak perlu takut untuk mengonsumsi kopi. Ketakutan tersebut berasal dari efek samping yang diberikan akibat mengonsumsi kopi. Yang harus di waspadai adalah kopi palsu atau kopi dengan biji berlubang sebab ulat yang memakannya saja bisa mati apalagi jika di konsumsi oleh manusia. namun untuk kopi asli yang berasal dari aceh seperti jenis kopi arabika dan juga kopi robusta tersebut sangat aman dikonsumsi dan juga baik untuk kesehatan.

Oleh sebab itu juga masyarakat sebaiknya juga jangan sampai terkecoh dengan harga kopi yang murah. Mengonsumsi kopi memang tidak perlu di takuti namun mengonsumsi kopi secara berlebihan juga tidak di sarankan. Cara mengonsumsi kopi yang sehat yaitu dengan takaran 120 hingga 150 kafein saja untuk setiap harinya. Adapula yang mengatakan bahwa jika mengonsumsi kopi maka akan mengalami sulit tidur. Hal tersebut sebenarnya tidak benar sebab efek yang diberikan oleh kopi tersebut akan terjadi setelah 3 atau 3,5 jam kemudian. Untuk para pecinta kopi maka anda wajib untuk mencicipi kopi nikmat dan aman di konsumsi yaitu kopi aceh.

Kopi Ulee Kareng

Kemudian untuk jenis kopi aceh lainnya yaitu ada kopi ulee kareng yang merupakan kopi khas aceh. Ulee kareng ini sendiri adalah nama dari salah satu kecamatan yang terletak di banda aceh, ibu kota provinsi naggroe aceh darussalam. Jika anda berkunjung ke kota aceh maka belum lengkap apabila anda tidak mencicipi kenikmatan kopi ulee kareng tersebut. Salah satu yang menjadi karakteristik dari kopi tersebut yaitu warna kopinya yang sangat pekat. Biji dari kopi ulee kareng ini sendiri dihasilkan dari bibit kopi yang sangat berkualitas yaitu berasal dari lamno kabupaten aceh jaya.

Biji biji kopi aceh ini di produksi oleh usaha kecil menengah yaitu oleh penduduk setempat. Kemudian bubuk kopi yang memiliki kualitas tinggi ini kemudian akan di proses dengan cara yang sangat unik. Oleh sebab itulah kopi aceh khususnya kopi ulee kareng ini menjadi icon aceh yang mampu memikat para pecinta kopi. Aroma yang di berikan oleh kopi ini telah melegenda di Indonesia dan saat ini juga sudah mendunia sehingga juga banyak para penikmat kopi yang berasal dari mancanegara.

Kopi Gayo Khas Aceh

Kemudian untuk jenis kopi aceh yang lainnya yaitu ada kopi gayo khas aceh. Kopi gayo ini berasal dari dataran tinggi gayo yang kemudian di beri nama yang sama dengan nama suku yang ada di daerah tersebut. Mayoritas dari masyarakat yang ada di daerah gayo tersebut bekerja sebagai petani kopi dan bahkan menjadikan kopi gayo sebagai komoditi unggulan yang ada di dataran tinggi tersebut. Kebun kopi gayo ini sendiri sudah ada pada tahun 1908 dan kemudian di kembangkan hingga pada akhirnya tumbuh subur dan juga tersebar di beberapa daerah seperti di kabupaten bener meriah serta di aceh tengah. Daerah daerah tersebut memiliki ketinggian hingga mencapai 1200 meter dari permukaan laut. Dan perkebunan kopi tersebut adalah kebun terluas yaitu 81000 hektar yang saat ini juga telah menjadi sentra produksi sebagai kopi arabika terbesar yang ada di asia.

Kopi gayo yang merupakan kopi aceh ini telah menjadi salah satu kopi khas nusantara aceh yang paling banyak di gemari oleh kalangan penikmat kopi dunia. Hal tersebut di karenakan kopi gayo ini memiliki cita rasa yang sangat berbeda jika di bandingkan dengan jenis kopi lainnya. aroma yang dimiliki oleh kopi ini sangat khas dan kopi ini juga meninggalkan rasa pahit yang tersisa di lidah. Aroma kopi sangat harum dan juga memiliki rasa gurih yang juga berkombinasi dengan rasa pahit. Dan bahkan kopi asal aceh ini juga telah mendapatkan banyak sertifikat resmi sebagai kopi terbaik yang ada di dunia dan juga mampu menembus pasar internasional.

Pengolahan kopi aceh ini benar benar dilakukan dengan cara yang sangat tradisional yaitu di saring hingga berulah ulang kali dan saringan yang digunakan juga merupakan saringan kain. Kemudian kopi yang telah di saring tersebut akan di tuangkan pada satu ceret hingga ke ceret yang lainnya. kemudian kopi akan menghasilkan minuman yang sangat pekat serta memiliki aroma yang begitu harum serta bersih dan tanpa mengandung bubuk kopi. Itulah sebabnya kopi aceh memiliki cita rasa yang berbeda dengan jenis kopi lainnya.

Aceh sendiri memiliki kondisi alam yang begitu subur dan juga di tambah dengan adanya cuaca yang begitu mendukung sehingga sangat pas jika terdapat budidaya tanaman kopi di daerah yang sangat bermutu dan juga sangat menguntungkan tersebut. Indonesia sendiri merupakan pengekspor kopi terbesar di antara keempat dunia dan wilayah aceh adalah salah satu penghasil kopi terbesar yaitu dapat menghasilkan kopi dengan jumlah 40%. Oleh sebab itu kopi aceh memang sangat tepat di berikan apresiasi dan patut untuk di banggakan. Itulah beberapa informasi yang dapat anda ketahui dari kopi aceh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *