Kopi Arabika Kalosi, Kopi Langka Yang Sangat Nikmat

Indonesia adalah Negara yang memiliki tanah dengan tingkat kesuburan yang tinggi. Hal ini bisa dibuktikan betapa banyak jenis tumbuhan yang bisa bertahan hidup di Indonesia. Tidak terhitung, bahkan sampai jutaan jenis tumbuhan yang telah diketahui namanya. Dan ternyata masih banyak tanaman yang belum diketahui namanya juga hidup di Indonesia. Dari tumbuhan tingkat rendah hingga tumbuhan tingkat tinggi. Salah satu contoh tanaman yang mudah diperoleh di Negara ini adalah tanaman kopi. Hampir di setiap daerah tanaman kopi dapat dijumpai. Baik yang sudah dibudidayakan ataupun yang belum. Jenis kopi yang tumbuh di Negara Indonesia diantaranya adalah jenis kopi arabika dan jenis kopi robusta. Sedang saat ini salah satu kopi yang berasal dari Negara Indonesia yang paling banyak diminati di pasaran Internasional adalah kopi Arabika kalosi.

Pengertian kopi Arabika Kalosi

Kopi arabika tipika atau kalau di Negara Indonesia lebih dikenal dengan nama kopi arabika kalosi adalah jenis kopi langka. Hal ini disebabkan karena tumbuhan kopi jenis arabika ini hanya dapat dijumpai pada dua Negara yaitu Indonesia dan Brazil. Kopi Arabika tipika atau Kalosi memang hanya akan dapat tumbuh pada tempat yang memiliki kondisi udara dengan suhu 4 derajat celcius namun kering. Kopi Arabika Kalosi ini merupakan salah satu tanaman kopi yang terancam punah. Karena pohon induk kopi Arabika Kalosi telah berumur hampir 250 tahun.

Kopi Arabika Tipika, di Negara Indonesia dapat ditemukan di propinsi Sulawesi. Lebih tepatnya di kelurahan Kalosi, Kecamatan Alla, Kabupaten Enrekang, Sulawesi.daerah tersebut merupakan daerah yang sangat dingin. Dari nama daerah inilah kopi arabika tipika oleh orang Indonesia disebut sebagai kopi arabika kalosi. Namun, hal ini bukan berarti bahwa kopi arabika tipika ditanam di daerah Kalosi saja. Karena Kalosi adalah nama sebuah tempat yang pada zaman dulu merupakan tempat pertemuan antara penjual dan pembeli kopi. Jadi kopi arabika kalosi adalah kopi yang diperjual belikan oleh penjual kopi di pasar Kalosi yang kopinya bisa berasal dari daerah kalosi itu sendiri atau luar daerah Kalosi. Misal kopi dari daerah Barada, Sudu, bahkan ada juga kopi dari daerah Toraja.

Kopi Toraja Arabika Kalosi

Kopi Arabika Kalosi adalah kopi yang dijual belikan di daerah Kalosi, Sulawesi. Kopi ini bisa berasal dari kopi pribumi Kalosi atau juga berasal dari luar daerah Kalosi. Kopi Kalosi yang terkenal bahkan sampai penjuru dunia adalah kopi Toraja Arabika Kalosi. Daerah Toraja adalah sebuah kabupaten dengan struktur tanahnya berupa dataran tinggi yang terletak di propinsi Sulawesi Selatan. Kondisi geografisnya sangat cocok sekali untuk budidaya kopi.

Keistimewaan kopi Toraja Arabika Kalosi

Kopi Toraja arabika Kalosi sudah sangat terkenal kenikmatannya tidak hanya di Indonesia saja tetapi juga di dunia. Negara Jerman, Amerika Serikat, dan Jepang adalah Negara Negara yang sangat menyukai kopi Toraja Arabika Kalosi. Bahkan hampir empat puluh persen dari kopi yang diperjual belikan di Negara jepang adalah kopi Toraja Arabika Kalosi. Kopi ini dijadikan seperti barang mewah oleh masyarakat Jepang. Mereka harus rela mengeluarkan tidak sedikit uang untuk dapat menikmati secangkir kopi Toraja ini.

Dengan aroma yang khas rempah rempah seperti adanya kayu manis dipadu dengan rasa jahe menjadikan kopi Toraja arabika Kalosi terasa istimewa. Keistimewaan kopi arabika kalosi ini, selain adanya unsur unsur rempah rempah, juga memiliki tingkat keasaman yang rendah. Sehingga ketika diminum tidak begitu terasa pahitnya. Di samping itu, kopi ini juga memiliki tekstur yang lebih halus dari kopi lainnya. Hal ini mengakibatkan ketika bubuk kopi diseduh maka kopi akan langsung mengendap di dasar cangkir sehingga tidak mengapung di permukaan. Lebih istimewanya lagi kopi ini apabila dinikmati tanpa gula, maka kopi ini terasa gurih, tidak pahit. Rasa yang jarang ditemukan pada kopi lainnya.

Pada tahun 2008, ketika Jepang menggelar pameran ECO Product, kopi Arabika Kalosi dari Toraja ini ikut dipamerkan. Dan hasilnya cukup mengejutkan. Minat para pengunjung pada kopi ini sangat besar. Mereka harus rela antri untuk dapat menikmati secangkir kopi ini.

Pada tahun yang sama, yaitu tahun 2008, Negara Indonesia mengadakan kontes kopi specialty Indonesia, dan kopi arabika Kalosi ini pun ditetapkan sebagai kopi terbaik jenis arabika nasional. Pada tahun 2014, kopi ini pun kembali berhasil mengalahkan 34 jenis kopi yang diikutsertakan dalam Indonesian coffee Festival. Acara ini berlangsung di Bali.

Harga Kopi Arabika Kalosi

Dengan berbagai macam keistimewaan yang dimiliki, serta langkanya tanaman kopi arabika Kalosi menyebabkan kopi ini dipatok dengan harga yang sangat tinggi. Kopi arabika lebih banyak yang diekspor ke luar negeri. Harga kopi arabika Kalosi sekitar 200-300ribuan perkiogramnya. Akan tetapi, harga tergantung juga dari jenis produk yang dijual belikan apabila membeli kopi arabika kalosi dalam bentuk biji maka akan semakin murah. Namun, apabila membeli produk kopi yang siap seduh, harga bisa mencapai di atas 300ribu perkilogramnya. Meskipun demikian, peminat kopi ini semakin meningkat setiap harinya.

Manfaat kopi arabika Kalosi

Selain memberi rasa hangat pada tubuh dan menghilangkan kantuk, ternyata kopi arabika Kalosi memberi manfaat yang besar bagi kesehatan tubuh. Manfaat tersebut antara lain adalah memperlancar peredaran darah, meminum kopi arabika Kalosi menjadikan tubuh bertambah energinya. Rasa hangat dan aroma yang khas dari kopi ini memberi efek pada otak yaitu otak menjadi lebih tenang dan fresh. Meminum kopi arabika kalosi sebelum olah raga mampu mengurangi rasa nyeri pada tubuh setelah olah raga selesai. Selain itu, manfaat kopi ini yang lain adalah mencegah kanker mulut serta melindungi gigi, hal ini disebabkan karena kopi ini memiliki zat antioksidan dan anti bakteri yang sangat baik untuk kesehatan mulut. Kopi Arabika ini juga membantu mengurangi resiko terkena penyakit diabetes, karena kopi mampu menahan gula untuk masuk ke dalam tubuh. Apalagi kopi arabika Kalosi ini tetap nikmat dikonsumsi tanpa pemanis atau gula.

Upaya pelestarian kopi arabika Kalosi

Tanaman kopi arabika kalosi merupakan tumbuhan yang keberadaannya hanya di dua Negara yaitu Indonesia dan Brazil. Oleh karena itu, apabila tidak dilestarikan tumbuhan ini dapat mengalami kepunahan, padahal kopi jenis ini sangat disukai oleh masyarakat dunia. Dalam mengatasi hal ini,pemerintah Indonesia pun berusaha untuk tetap melestarikan tumbuhan kopi ini.

Pemerintah kabupaten Enrekang bekerjasama dengan Universitas Hassanudin melakukan upaya pemurnian kopi arabika kalosi. Pada tahun 2010 disediakan lahan seluas 30 hektar sebagai tempat pembibitan dan budidaya tanaman kopi arabika Kalosi. Berbagai upaya terus dilakukan baik usaha pembibitan secara insitu maupun eksitu. Pada tahun 2011 juga telah dilakukan sebuah teknik dengan cara teknologi kultur jaringan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *