Kopi Arabika Kalosi: Kopi Nikmat Yang Harus Dilestarikan

Saat ini, ada banyak sekali pecinta kopi. Faktanya, kopi memang memiliki rasa yang sangat nikmat. Ada banyak sekali jenis dan macam kopi di dunia ini. Di Indonesia saja, kita bisa menjumpai banyak sekali jenisnya. Salah satu yang paling digemari oleh para pecinta kopi adalah kopi Arabika. Ada satu kopi Arabika yang sangat nikmat rasanya, yaitu kopi Arabika Kalosi. Selain nikmat, kopi ini juga pernah sangat popular bukan hanya di Indonesia namun juga di dunia. Jadi, jangan mengaku sebagai pecinta kopi jika belum pernah mencoba kopi yang satu ini.

Di Manakah Ada Kopi Arabika Kalosi?

Meskipun nikmat, sayangnya kopi Arabika ini tergolong langka, salah satu yang paling langka di Indonesia dan dunia. Bahkan, bisa dikatakan bahwa kopi ini hampir punah. Padahal, dulunya kopi ini sangat terkenal di seluruh penjuru dunia. Namun, faktanya kopi ini hanya ada di 2 negara di dunia. Selain di Brazil, Indonesia juga punya kopi ini di Sulawesi Selatan, tepatnya di Enrekang. Itulah kenapa kopi ini juga sering disebut kopi Arabika Kalosi Enrekang. Namun, yang pasti kopi ini pernah memiliki masa kejayaannya hingga dikenal bukan hanya di Asia tapi juga di Eropa, Amerika, Australia dan Afrika.

Kenapa di Indonesia kopi ini hanya ada di Enrekang, Sulawesi Selatan? Faktanya, tanaman kopi jenis ini hanya bisa tumbuh di dataran tinggi yang lebih tinggi dari 1500 meter di atas permukaan air laut. Di Enrekang sendiri, ketinggian tanahnya mencapai lebih dari 1700 meter. Jadi, kopi Arabika Kalosi ini bisa tumbuh subur di sana. Seperti halnya di Enrekang, kopi ini juga bisa tumbuh subur di suatu daerah di Brazil sana. Lalu, apakah kopi ini bisa ditemukan selain di Enrekang, Sulawesi Selatan? Jika bicara masalah produksi dan penjualannya, kopi ini bisa kita dapatkan di mana saja dengan mudah. Namun, tanaman kopinya hanya tumbuh di Enrekang.

Kelangkaan Kopi Arabika Kalosi

Kenapa kopi Kalosi Arabika menjadi langka? Memang sangat disayangkan hal ini terjadi mengingat kopi ini memiliki rasa yang sangat nikmat dan juga aroma yang begitu menggoda. Namun, produksinya yang sangat rendah menjadi factor kopi ini semakin langka. Bukan hanya di Sulawesi Selatan, produksi kopi Kalosi di Brazil pun juga sama. Rendahnya produksi kopi ini bukan disebabkan karena kurang lakunya penjualan ataupun kecilnya minat masyarakat akan kopi ini. Justru kopi ini tergolong laris dan memiliki banyak peminat. Jadi, ada hal lain yang membuat produksi kopi Kalosi semakin mengecil.

Ternyata, factor yang membuat rendahnya produksi kopi Arabika Kalosi adalah sulitnya dalam membudidaya tanaman kopi jenis Kalosi ini. Jadi, hasil panen nya juga sangat rendah yang tentu saja mengakibatkan rendahnya produksi. Faktanya, kopi Kalosi ini hanya bisa diproduksi sekitar 300 kg per hektarnya. Maksimal, produksi kopi Kalosi ini hanya mencapai 500 kg untuk satu hektarnya. Tentu saja, produksi kopi ini sangat kecil jika dibandingkan dengan kopi biasa lainnya. Umumnya, tanaman kopi biasanya bisa memproduksi hingga 2 ton untuk setiap hektarnya. Inilah kenapa kopi yang sebenarnya sangat nikmat ini lama kelamaan semakin langka dan terancam punah.

Merk-merk Kopi Arabika Kalosi

Saat ini, ada banyak sekali kopi yang dijual di toko, supermarket, ataupun oleh penjual eceran, bahkan online. Kopi yang dijual juga bermacam-macam kemasannya, seperti saset, botol, dan lain-lain. Tentu saja, ada banyak sekali perusahaan yang memproduksi kopi sehingga merknya pun bermacam-macam. Lalu, apa sajakah merk-merk yang menyediakan kopi Kalosi ini? Salah satunya adalah Kopi Torabika. Itulah kenapa ada yang menyebutnya Kopi Torabika Kalosi. Hal ini sempat menimbulkan pro dan kontra di kalangan masyarakat Indonesia. Selain Kopi Torabika, ada beberapa merk yang juga tercatat menawarkan kopi Kalosi ini. Misalnya saja ada Lorek Coffee, Amstirdam Coffee, Singa Coffee, Rung Coffee, dan masih ada beberapa merk lain lagi. Jadi, pilihlah sesuai keinginan kalian.

Rekomendasi Produk Kopi Arabika Kalosi

Setelah mengetahui bahwa kopi Arabika Kalosi sangat nikmat, mungkin kalian tertarik untuk mencobanya. Meskipun saat ini kopi Kalosi sudah langka, namun sebenarnya belum bisa dikatakan kalau kopi Kalosi hampir punah. Pasalnya, masih banyak ditemukan penjual kopi Kalosi saat ini. Bukan hanya di toko-toko kopi namun kalian juga bisa membelinya secara online. Sehingga, pembayaran dan proses pembelian lebih mudah. Lalu, manakah kopi Kalosi yang paling bagus? JIka kalian bingung, kalian bisa memilih salah satu dari beberapa rekomendasi kami berikut ini:

  1. Kopi Arabika Kalosi “Rung Coffee”

Salah satu produk yang bisa kalian coba adalah kopi Kalosi yang diproduksi oleh Karurung Shop ini. Produk ini menjaga keaslian kopi Kalosi sehingga kenikmatannya maksimal. Kalian bisa langsung membuatnya dalam segelas cangkir atau gelas maupun meraciknya sendiri jika mau. Sehingga, kopi Kalosi ini akan sesuai dengan selera masing-masing. Produk ini menawarkan kopi Kalsoi dalam kemasan karton yang berisi 175 gram. Harganyapun sangat terjangkau, tidak lebih dari 25 ribu. Jadi, jangan ragu-ragu untuk membelinya.

  1. Kopi Arabika Kalosi Enrekang benteng Alla

Produk ini juga sangat direkomendasikan karena keasliannya. Langsung dari wilayah Enrekang, produk ini menawarkan kopi Arabika Kalosi dalam kemasan seberat 200 gram. Harganya pun standar yakni sekitar 60 ribu rupiah. Dengan bibit Bourbon dan S-Lini serta wet proses, kopi Kalosi ini menawarkan rasa yang luar biasa nikmat. Jadi, apakah kalian berminat pada produk kopi Kalsoi ini?

  1. Kopi Arabika Kalosi Lorek Coffee

Selain itu, produk kopi Kalosi ini juga sangat bagus. Produk ini menawarkan 2 pilihan. Yang pertama adalah medium roast yang mana ada 200 berisi 200 gram dengan banderol harga berkisar 50 ribu. Yang kedua adalah Dark Roast. Dengan berat / isi yang sama, harganya sedikit lebih mahal, yaitu 60 ribu.

Kenapa harus produk ini? Ada beberapa alasan. Yang pertama, produk ini menawarkan 100% kopi Kalose. Jadi, rasa dan kualitasnya terjamin. Selain itu, harganya juga tidak mahal. Dengan harga standar,banyak pecinta kopi yang memilih produk ini. Yang paling penting, produk ini menawarkan 100% fresh roast. Artinya, roasting kopi baru dilakukan jika pembeli sudah melakukan pembayaran sehingga benar-benar fresh. Tentu saja, hal ini membuat rasanya semakin mantap.

Itulah beberapa hal yang perlu kalian ketahui tentang kopi Arabika Kalosi. Sekarang kita tahu bahwa kopi yang langka ini ternyata benar-benar nikmat. Sangat disayangkan jika kopi ini semakin langka bahkan bisa punah. Oleh karena itu, kita harus menjaga kelestariannya. Indonesia sebagai salah satu dari dua negara penghasil kopi Kalosi tentu saja tidak ingin kehilangan salah satu kopi yang paling enak ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *