Kopi Bouborn – Kopi Cita Rasa Tinggi Dari Rwanda

Anda salah satu penikmat kopi? Yuph jika berbicara mengenai kopi, jenis minuman khas satu ini memang tiada habisnya untuk dibahas. Hal tersebut dikarenakan memang selalu ada yang baru untuk bisa dibicarakan kaitannya dengan kopi ini. Jika berbicara mengenai kopi, jenis minuman ini memang sangat digemari oleh banyak orang, hal tersebut tidak lain dan tidak bukan karena minuman jenis ini menyajikan cita rasa yang khas. Selain hal tersebut, kopi sendiri ternyata juga mempunyai beberapa jenis dan dua jenis kopi yang secara umum biasa anda dengar ialah kopi arabika dan kopi robusta. Kedua jenis kopi tersebut memang selama ini, kita dengar.

Namun demikian, di Negara Indonesia, kopi arabika lah yang mempunyai banyak penggemar. Hal tersebut dikarenakan bahwa jenis kopi ini memang digemari banyak orang karena memang cita rasa yang begitu nikmat jika dibandingkan dengan kopi jenis lainnya. Dalam kesempatan ini, saya akan membahas salah satu verietas kopi arabika yang juga banyak digemari oleh penikmat dan juga pecinta kopi di Indonesia dan seluruh dunia,yakni kopi Bouborn. Apakah anda pernah mendengar jenis kopi arabika ini? Jika belum, simak penjelasannya sebagai berikut.

Asal-Usul Kopi Bouborn

Mungkin bagi sebagian besar anda, masih cukup asing mendengar kata kopi Bouborn, yuph jenis kopi ini merupakan jenis kopi yang berasal dari varietas Bourbon dari biji kopi Arabika, yang telah tumbuh liar di Rwanda selama lebih dari satu abad. Kopi varietas Bourbon dikenal karena rasa coklatnya yang begitu nikmat dan mempunyai rasa mentega, serta rasa manis. Selain itu, jenis kopi ini juga sangat dikenal dengan nuansa buah yang sangat ringan. Kopi jenis ni memang cukup dikenal sebagai varietas kopi yang menghasilkan biji kopi dengan rasa yang pas dan seimbang. Selain itu, biji kopi ini juga dikenal sebagai biji kopi yang unik jika anda bandingkan dengan biji kopi arabika varietas lainnya.

Dengan kata lain, dari bijinya saja, varietas kopi bouborn ini sudah sangat menarik dan cukup unggul jika dibandingkan dengan varietas pada yang lain. Ada beberapa factor yang menyebabkan mengapa biji kopi pada varietas ini sangat unggul dan unik jika dibandingkan dengan yang lain. Salah satu factor tersebut ialah bahwa petani kopi di daerah Rwanda tersebut sudah menggunakan teknik ramah lingkungan yang mana teknik tersebut sudah berkelanjutan. Oleh karena hal tersebut, petani kopi di Rwanda ini memang sangat terampil dan juga berpengalaman dalam mengolah varietas kopi bouborn ini menjadi kopi yang unggul dan juga unik.

Selain hal tersebut, petani kopi di daerah Rwanda ini juga sangat terkenal dengan semangat kerja yang luar biasa dalam menghasilkan kopi yang luar biasa juga. Semua lokasi yang dikenal sebagai daerah penghasil kopi terbesar di Rwanda sudah melakukan direct trade, yang berasal dari 5 daerah di Rwanda. Namun demikian, kopi Bourborn ini atau juga sering disebut sebagai kopi asli Rwanda ini memang menawarkan selera dan juga cita rasa yang cukup kompleks. Selain itu, rasa yang ditawarkan dalam biji kopi ini juga tidak biasa, layaknya biji kopi pada umumnya. Kopi varietas ini menawarkan cita rasa yang khas dari daerah Rwanda. Memang jika ada ingin mengerti cita rasa yang tinggi yang dihasilkan dari kopi jenis ini, anda harus mencoba kopi ini sendiri dan anda bisa merasakan perbedaan rasa yang luar biasa.

Lima Daerah Tumbuh Kopi Bouborn di Rwanda

Jika berbicara mengenai daerah yang menghasilkan jenis kopi bouborn, ada cukup banyak daerah yang menghasilkan jenis kopi ini. Tanaman kopi dengan vearietas bouborn ini sudah banyak ditanam di berbagai wilayah di belahan dunia. Namun demikian, kopi dengan varietas bourborn ini memang dikenal sebagai jenis kopi yang berasal dari Negara Rwanda. Negara ini memang dikenal sebagai Negara yang banyak menghasilkan tanaman kopi dan salah satu tanaman kopi yang banyak ditanam di daerah tersebut ialah tanaman kopi Bouborn. Untuk dearahnya sendiri, tanaman kopi jenis ini bisa anda temukan di lima daerah di Rwanda. Simak penjelasannya sebagai berikut untuk penjelasannya.

Virunga

Daerah pertama yang dikenal sebagai penghasil kopi Bouborn pertama ialah daerah Virunga. Daerah ini memang dikenal sebagai daerah yang menghasilkan biji kopi yang sangat berkualitas. Untuk kontur daerahnya sendiri, daerah ini merupakan daerah pegunungan dengan ketinggian lahan antara 6200 sampai 7200 kaki. Biji kopi yang dihasilkan di daerah ini terkenal dengan biji kopi yang manis dan juga agak sedikit kompleks. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa factor dan salah satu factor yang menyebabkannya ialah karena sebagian besar lahan tersebut merupakan lahan pegununggan dengan tahan jenis vulkanik. Jenis biji kopi yang dihasilkan didaerah ini disebut dengan biji kopi Virunga dimana kopi ini terkenal dengan rasa espresso yang dihasilkan dari biji kopi berkualitas tinggi.

Kivu

Selain Virunga, daerah lain yang juga menghasilkan biji kopi Rwanda dengan kualitas tinggi ialah daerah Kivu. Daerah ini juga dikenal sebagai daerah yang menghasilkan biji kopi dengan kualitas yang tinggi. Daerah ini merupakan daerah perbukitan yang mempunyai panjang kurang lebih berkisar 1600 meter. Selain itu, daerah ini juga mempunyai ketinggian kurang lebih berkisar antara 5900 sampai 6500 kaki. Selain tanaman kopi yang bisa anda temukan di daerah ini, daerah ini juga ditanami dengan tanaman seperti kakao dan jeruk manis. Kopi yang dihasilkan dari daerah ini merupakan kopi yang mempunyai rasa yang halus dan juga sedikit kompleks. Selain itu, biji kopi ini menghasilkan kopi espresso dengan cita rasa yang tinggi.

Kizi Rift

Selain daerah Kivu, daerah penghasil kopi Bouborn di Negara Rwanda yang bisa anda ketahui ialah daerah Kizi Rift. Daerah ini lokasinya ialah di Rwanda tengah dan merupakan daerah perbukitan. Untuk ketinggian, daerah ini mempunyai ketinggian kurang lebih antara 6500 sampai 7200 kaki. Kopi yang dihasilkan dari daerah ini juga terkenal dengan kopi yang nutty dan juga mempunyai aroma melati. Kopi di daerah ini memang terkenal dengan kopi yang mempunyai cita rasa yang tinggi.

Muhazi

Daerah penghasil varietas kopi arabika ini ialah daerah Muhazi yang mana daerah ini terletak di Rwanda bagian timur. Selain hal itu, daerah ini juga mempunyai ketinggian antara 4600 kaki hingga 5200 kaki. Kopi ini juga merupakan jenis kopi yang menghasilkan cita rasa yang pas dan istimewa. Kopi ini seolah-olah ada perpaduan antara pahitnya coklat yang lezat dengan berasanya teh hitam.

Akagera

Daerah terakhir yang bisa anda ketahui sebagai penghasil tanaman kopi bouborn di daerah Rwanda ialah kopi Akagera. Daerah ini terletak di daerah Rwanda tenggara yang mana lokasinya berada di kawasan Margasatwa. Ketinggian daerah ini ialah berkisar antara 4200 kaki hingga 4900 kaki.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *