Kopi Colombia, Kopi Untuk Pecinta Kopi Dengan Rasa Pahit Ditingkat Medium

Kopi Colombia adalah salah satu varietas kopi unggulan yang pertama kali diperkenalkan di Kolombia. Sesuai dengan namanya, kopi ini memang berasal dari daerah Colombia. Kopi ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 1800 dan sudah di ekspor ke berbagai negara di seluruh dunia. Tidak hanya itu saja, kopi ini juga termasuk dalam kualitas unggulan yang membutuhkan perawatan khusus yang berbeda dari tanaman kopi lainnya. Walaupun begitu, jenis kopi yang satu ini menjadi salah satu favorite semua orang karena termasuk dalam jenis kopi Arabica. Kopi jenis Arabica ini sudah banyak yang menyukai dari seluruh belahan dunia. Hampir semua orang pastinya menyukai citarasa yang diberikan dari setiap sesapan kopi jenis Arabica ini.

Pada umumnya, kopi jenis Arabica ini ditanam di daerah pegunungan yang memiliki tanah yang sedikit kering dan juga kaya akan kandungan vulkanik. Jenis tanah inilah yang sangat cocok dan ideal untuk pertumbuhan jenis kopi Arabica ini. Hal ini menyebabkan masa jenis dari kopi yang satu ini lebih padat dibanding dengan yang lainnya. Karena kandungan yang diberikan dari tanah pegunungan tersebut. Selain itu iklim dari daerah Colombia ini biasanya lebih kering dan juga ketinggiannya lebih tinggi dari kembarannya yaitu kopi Robusta. Walaupun demikian jenis kopi Colombia ini menjadi incaran bagi beberapa negara yang memang ingin membudidayakan jenis kopi tersebut.

Tekstur Kopi Colombia

Disetiap jenis kopi yang ada diseluruh belahan dunia pastinya memiliki karakternya maisng-masing dan juga memiliki citarasa yang berbeda-beda. Sama halnya dengan kopi jenis Arabica dari Colombia ini yang memiliki tekstur yang cukup padat dan juga memiliki komponen yang seimbang dibanding dengan yang lainnya. Kualitas tinggi dari setiap biji kopinya ini sudah terhitung mahal dan membuat para importer berbondong-bondong mendapatkan kopi jenis ini.  Kopi ini sendiri menurut sumber yang dilangsir ditana, pada wilayah utama yaitu daerah pusat di sekitar Medellin, Armenia dan juga Manizales. Ketiga daerah ini biasa disingkat dengan sebutan MAM bagi para pecinta kopi. Selain ketiga daerah tersebut, ada juga daerah disebelah timur pegunungan didekat Bogota dan juga Bucaramanga yang juga menanam tanaman kopi varietas unggulan ini.

Di daerah MAM ini memiliki tekstur yang berbeda dari wilayah bagian timur. Colombia kopi ini juga memiliki berat jenis yang lumayan berat serta rasanya sangat kuat. Sedangkan untuk rasanya sendiri sangatlah kuat dan kaya akan berbagai macam rasa. Selain itu juga memiliki tekstur yang sangat lembut serta keasaman yang seimbang daripada kopi di daerah timur. Colombia bagian timur seperti Bogota dan juga Bucaramanga sendiri memiliki tekstur yang lebih halus dan juga beret jenisnya lebih berat daripada di daerah MAM. Banyak orang menganggap bahwa jenis yang satu ini memang menjadi penghasil kopi terbaik dari seluruh daerah yang ada di Colombia.

Sejarah ditemukannya Kopi Colombia

Berdasarkan sejarah yang ada, Colombia kopi ini pertama kali mendarat pada daerah di Colombia yaitu bersamaan dengan datangnya Imam Yesui di negara Eropa ini. Hampir semua sejarawan mengatakan bahwa memang benar apabila jenis kopi yang satu ini memang mendarat pertama kali di daerah Colombia. Tidak hanya itu saja, pada pertengahan abad 16 yang bersamaan dengan datangnya tokoh Imam Yesui ini merupakan titik awal dari tanaman kopi jenis Arabica ini. Jenis yang satu ini memang dieskpor pertama kali dari Colombia ke America serikat pada tahun 1835. Pada saat ini ekspor yang dilakukan sekitar 2,500 tas yang memang tidak diketahui dengan jelas berapa berat setiap isi tas tersebut.

Tidak hanya itu saja, menurut beberapa sumber dari pembuat kopi di Indonesia mengatakan bahwa jenis kopi Colombia ini memiliki tingkat keasaman yang cukup rendah dibanding dengan kopi di Indonesia. Selain itu juga aroma yang terdapat pada biji kopi ini sendiri lebih memiliki aroma tembakau dan juga kadar rasa pahitnya masih pada tingkatan medium. Kopi yang satu ini sebenarnya cocok untuk dikonsumsi oleh para pemula yang memang tidak begitu suka dengan rasa pahit yang berlebihan yang terdapat pada biji kopi.

Perkembangan Kopi Colombia

Perkembangan yang semakin pesat pada ekspor kopi jenis yang Colombia ini sekitar tahun 1992 yang mana bisa mengeskpor sekitar 10 juta sampai 17 juta kantong. Hal ini membuktikan bahwa penanaman kopi jenis Arabica di daerah Colombia ini memang memberikan banyak keuntungan. Walaupun waktu yang cukup lama dalam mengembangkan jenis kopi Arabica ini tetapi tidak membuat kerja keras dari masyarakat Colombia dalam mempertahankan jenis kopi Arabica ini. Hal ini menjadikan Colombia sebagai produsen kedua yang terkemuka diseluruh dunia yang bisa mengekspor biji kopi ini keseluruh negara yang ada di belahan dunia ini.

Cara menikmati kopi Colombia

Bagi kalian para pecinta kopi pastinya memiliki cara yang berbeda-beda dan juga unik pastinya. Walaupun begitu, ada hal yang perlu diperhatikan apabila ingin menikmati rasa kopi yang sebenarnya. Hal ini agar anda mengetahui rasa kopi yang anda teguk dan mengenal jenis apakah yang anda minum. Bagi beberapa pecinta kopi lebih memilih untuk tidak mencampurkan gula kedalam kopi mereka. Hal ini dimaksudkan untuk mengetahui rasa asli dari kopi Colombia. Selain itu cara membuatnya pun juga bergantung dari proses roasted yang terjadi pada biji tersebut. Tingkat kematangan yang pas dalam proses roastingnya akan menambah kenikmatan bagi para penikmat kopi. Seduhan yang dilakukan pun juga tidak boleh menggunakan air yang panas ataupun dingin.

Biji kopi Colombia yang baik

Ada beberapa tingkatan yang baik untuk menentukan kualitas dari biji tersebut. Lama waktu yang dibutuhkan saat roasting biji kopi menjadi salah satu faktor yang bisa menentukan citarasa dari biji tersebut. Biasanya, biji kopi Colombia yang memiliki keasaman rendah sangat pas apabila melalui roasting selama 1 hingga 3 minggu. Waktu tersebut tidak akan membuat busuk biji kopi melainkan membuat rasa yang ada pada kopi bisa lebih keluar dan aroma yang didapat juga semakin baik.

Selain itu, apabila biji kopi yang diroasting sekitar 1 minggu maka akan menghasilkan minyak dan juga bagus untuk citarasa yang ditimbulkan. Kelebihan inilah yang menjadi salah satu faktor yang penting untuk membuat kopi menjadi lebih nikmat dari biasanya. Campuran dari kopi pun bisa berpengaruh terhadap rasa sehingga diperlukan ketelitian sendiri.

Itulah beberapa informasi tentang kopi Colombia yang menjadi salah satu kopi kualitas unggul. Selain unggulan, rasa yang diberikan pun tidak strong seperti kopi lainnya. Walaupun begitu, kopi jenis ini banyak diminati oleh para pecinta kopi yang tidak menyukai rasa pahit yang berlebihan. Apabila anda ingin mencoba kopi yang tidak pahit, maka kopi ini menjadi salah satu referensi untuk anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *