Kopi Flat White Menjadi Salah Satu Jenis Minuman Yang Banyak Dicari Dan Memiliki Varian Yang Unik

Dalam dunia kopi, kopi memang menjadi salah satu minuman favorit dan banyak disukai para pria. Akan tetapi seiring berkembangnya zaman dengan berbagai macam varian yang dibuat untuk menikmati kopi, para wanita juga sekarang sudah mengkonsumsi minuman kopi sebagai penghilang stress. Hal ini membuktikan bahwa kopi memang menjadi salah satu minuman yang bermanfaat untuk tubuh dan juga pikiran. Dari beberapa jenis kopi, ada kopi yang memang memiliki memiliki rasa original dari kopi itu sendiri yaitu kopi Flat White. Kopi jenis ini memang saat ini sedang banyak diminati oleh pecinta kopi karena memang rasanya berbeda dari kopi lainnya. Untuk lebih jelasnya bisa disimak berikut ini.

Apa itu flat white?

Mungkin semua orang masih jarang mendengar kopi dengan jenis white flat. Kopi varian white flat ini merupakan minuman yang terbuat dari steamed mil yang dicampur dengan espresso. Microfoam yang terdapat pada minuman jenis ini memiliki volume yang tips dan juga dalam jumlah yang sedikit. Flat white sendiri memiliki takaran sekitar 140ml. Dalam pembuatan kopi jenis espresso ini memang memiliki rasa yang sedikit original yang terdapat pada kopi itu sendiri. Bahkan rasa susu yang dibuat untuk flat white ini hanya sedikit saja dan tidak mendominasi kopi flat white ini. Sesuai dengan namanya sudah terlihat bahwa white flat memang sengaja dibuat dengan susunan campuran susu diatas espresso.

Sejarah Kopi Flat White

Sejarah kopi espresso flat white ini memang tidak bisa dipastikan siapa yang pertama kali menemukannya. Akan tetapi hal ini diperdebatkan oleh Alan Prestone yang salah seorang barista berkebangsaan Australia dengan Frases McInnes yang juga salah seorang mantan barista New Zealand. Keduanya mengakui bahwa istilah dari Flat white ini dicetuskan oleh mereka berdua. Akan tetapi kedua buktinya masih belum bisa ditemukan karena semakin banyak orang yang mengenal istilah Kopi Flat White ini.

Perbedaan Kopi Flat White dengan Kopi Latte

Kopi Flat white ini memang banyak orang mengenalnya dengan kopi latte, tetapi keduanya sangatlah berbeda. Perbedaan yang sangat terlihat pada latte dan juga flat white ini terdapat pada foam susu yang dicampurkan. Foam susu yang terdapat pada latte memang terlihat lebih bervolume ketimbang flat white. Sekilas dilihat memang kedua varian kopi ini hampir mirip. Akan tetapi, untuk flat white sendiri memang memiliki busa kocokan susu yang lebih tipis daripada latte. Microfoam yang lebih tipis pada white flate ini juga masih memiliki rasa creamy yang berasal dari susu sehingga kelembuatannya masih terasa dan rasa susunya juga tidak mendominasi kopi jenis espresso ini.

Akan tetapi, untuk jenis white flat kopi ini memang penambahannya berbeda dari kopi latte. Untuk kopi Flat white memang menambahkan creamy milk diatas espresso. Espresso yang dicampurkan memiliki jumlah shot yang sama dengan kopi espresso jenis latte. Shot inilah yang akan mempengaruhi rasa dari Flat white maupun Latte. Selain itu, ketika disajikan perbedaan yang terlihat jelas pada kedua jenis kopi espresso ini adalah pada gelas yang digunakan. Untuk flat white lebih menggunakan cangkir keramik yang memang ukurannya lebih kecil daripada cangkir cappuccino. Sedangkan pada kopi latte lebih menggunakan gelas yang ukurannya sedikit lebih besar untuk menampung busa yang memang memiliki volume lebih besar daripada flat white.

Perbedaan dari kedua jenis espresso tersebut sangat cukup jelas apabila kalian memperhatikan dengan seksama. Kemiripan yang hampir sama dalam komponen yang digunakan memang membuat kita sedikit bingung untuk menentukan manakan Kopi jenis Flat white dan Kopi jenis Latte. Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa keduanya memiliki komponen yang sama pada espressonya tetapi tidak dalam microfoam yang diberikan. Walaupun begitu, jenis Flat white ini lebih terasa orisinil dan terasa lembut saat diminum. Rasa lembut yang ditimbulkan dari creamy milk ini memang tidak seperti latte yang memang lebih dominan daripada Flat white.

Varian Penyajian Kopi Flat white

Pastinya tidak banyak yang mengetahui juga bahwa penyajian dari kopi Flat white ini bisa disajikan dalam beberapa cara. Penyajian ini tergantung dari barista dan juga menu yang ada. Beberapa café hanya menyediakan satu jenis flat white yang dibuat secara umum. Variasi penyajian ini juga sangat berpengaruh pada citarasa yang akan ditimbulkan. Efek dari penyajian dan komponen ini memang perlu perhatian khusus karena tidak semua orang menyukai beberapa komponen yang terdapat pada beberapa jenis kopi. Untuk penjelasannnya bisa dilihat berikut ini.

–     Kopi Flat White Tanpa Foam

Kopi varian Flat White tanpa foam ini adalah jenis yang memang disajikan bagi orang yang tidak menyukai rasa creamy pada kocokan susu ini. Variasi ini juga paling sering digunakan di beberapa café yang mana espresso yang digunakan tidak melebihi standar. Dalam shot standar inilah yang sangat cocok dikombinasikan dengan susu yang sudah di steam. Rasa jenis kopi tanpa foam ini lebih original karena lembutnya microfoam tersebut tidak terasa pada kopi ini. Akan tetapi susu yang dicampurkan masih terasa saat meminumnya.

–     Kopi Flat White Dengan Foam

Jenis kopi flat white selanjutnya adalah kopi flat white dengan foam. Varian ini adalah varian yang cukup umum disajikan pada café-café khususnya oleh specialist coffee shop. Metode yang digunakan memang benar-benar menuntut keahlian khusus dari barista yang membuat. Hal ini dikarenakan pembuatannya memang melalui beberapa proses yang cukup rumit sehingga komponen yang disajikan haruslah pas. Pembuatan dari flat white tanpa foam ini terfokus pada tekstur susunya yang akan menghasilkan microfoam yang benar-benar halus. Microfoam ini harus benar-benar terasa walaupun teksturnya sangatlah halus.

Perlu diketahui bahwa kedua varian penyajian tersebut sangat bisa dirasakan perbedaannya. Kunci utama saat merasakan kedua jenis ini adalah saat meminumnya. Anda akan mendapatkan rasa yang berbeda dari keduanya. Perbedaan ini cenderung pada rasanya. Rasa yang kuat dan juga lembut akan menyertai rasa yang sangat unik di mulut anda. Apabila anda sudah pernah merasakannya pasti mengetahui rasa yang lembut tetapi tidak kuat dan rasa yang lembut tetapi sangat dominan dan unik.

Kopi flat white memang sangat unik yang mana bisa dinikmati kapanpun oleh kita. Kopi dengan dua jenis yang bisa dicoba ini menjadi salah satu kelebihan yang bisa dimanfaatkan untuk menikmati kopi dengan berbagai macam cara. Citarasa yang didapat juga bisa membantu untuk mendapatkan pengalaman untuk menikmati kopi dengan lebih baik. Walaupun kopi adalah salah satu jenis minuman yang berkafein tinggi, akan tetapi minuman ini bisa menghilangkan stress akibat kegiatan kita yang terlalu padat. Itulah beberapa informasi tentang kopi yang bisa menambah wawasan anda dalam dunia kopi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *