Kopi Flores, Kopi Kualitas Ekspor

Berbanggalah kita semua hidup di negeri Indonesia yang subur dan terkenal dengan kekayaan alamnya yang melimpah. Berbagai tanaman dari hasil perkebunan dapat dengan mudah kita temui di negeri tercinta Indonesia ini. Bahkan Negara Kesatuan Republik Indonesia merupakan surga berbagai macam tumbuhan. Banyak tumbuhan yang mampu tumbuh subur di tanah air Indonesia ini. Salah satunya adalah tanaman kopi. Tanaman kopi merupakan sebuah tumbuhan yang menghasilkan biji kopi. Biji-biji kopi inilah yang diolah oleh manusia untuk menciptakan sebuah minuman yang nikmat. salah satu jenis biji kopi asal nusantara yang terkenal adalah kopi Flores.

Indonesia merupakan sebuah negara yang terkenal dengan surganya dunia. Di negara yang terletak di antara dua samudra dan dua benua ini memiliki keadaan tanah yang subur. Dengan tanah yang subur ini, maka berbagai macam tumbuhan dapat tumbuh dengan subur. Salah satu jenis tumbuhan yang hidup di negara ini adalah tanaman kopi. Tumbuhan kopi ini termasuk kedalam tanaman perdu. Dengan mudahnya tanaman jenis ini tumbuh di wilayah Negara Kesatuan republik Indonesia, maka banyak perkebunan kopi di negara yang beriklim tropis ini. Memang negeri Indonesia terkenal sebagai salah satu negara penghasil kopi terbesar di dunia.

Pada dasarnya jenis kopi di Negara Kesatuan Republik Indonesia ini terbagi menjadi 2 jenis yaitu kopi robusta dan kopi arabika. Kedua jenis kopi tersebut memiliki cita rasa masing-masing. Jenis kopi tersebut merupakan kopi yang memiliki kualitas yang nikmat. dengan kualitas rasa yang enak ini, maka banyak negara-negara di muka bumi ini yang mengimpor kopi dari negara yang berlambang burung garuda tersebut. Di Negara Kesatuan Republik Indonesia sendiri, 2 jenis kopi ini pun memiliki berbagai macam varietas yang terkenal unggul. Salah satu jenis kopi yang merupakan perpaduan antara keduanya adalah kopi flores. Sesuai dengan namanya, kopi ini memang berasal dari perkebunan kopi di daerah Flores.

Sejarah kopi flores

kopi flores merupakan salah satu jenis kopi yang terkenal. Varietas kopi yang satu ini berasal dari daerah flores Nusa Tenggara Timur. Kopi yang satu ini memiliki cita rasa yang unik, sehingga saat terkenal. Bahkan kopi asal Flores ini tidak hanya dinikmati oleh orang Indonesia saja, akan tetapi penduduk dari negara lain pun sangat menyukai jenis kopi yang satu ini. Dengan terkenalnya kopi ini, maka kopi flores ini menjadi salah satu komoditi ekspor dari Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Flores adalah sebuah nama daerah yang berada di Provinsi Nusa Tenggara Timur atau sering disingkat dengan sebutan NTB. Kata Floris tersebut berasal dari bahasa Portugis yang artinya bunga. Daerah bernama flores ini merupakan bagian dari gugusan kepulauan Sunda Kecil. Dahulunya, wilayah Flores merupakan jajahan Portugis, sehingga daerah tersebut masih terdapat sisa-sisa kebudayaan bangsa Portugis.

Jauh sebelum Indonesia merdeka, yaitu ketika Indonesia masih dalam jajahan bangsa asing, kopi mulai dikenal oleh bangsa Indonesia ini. Kopi di Indonesia yang dikenalkan oleh bangsa Eropa, khususnya Belanda pertama kali ditanam di wilayah pulau Jawa pada tahun 1696. Dan hasilnya, hampir semua tanaman kopi yang merupakan uji coba tersebut berhasil menghasilkan panen yang melimpah. Kualitas biji kopi dan rasa hasil penanaman di Pulau jawa pun termasuk jenis yang jempolan. Dengan melihat realita ini, maka setelah bangsa Indonesia merdeka, pemerintah Indonesia terus mengembangkan budidaya tanaman yang satu ini. Pemerintah Negara Kesatuan Republik Indonesia terus berjuang untuk menggalakan budidaya kopi. Bahkan para pemerintah pun melakukan penggalakan tanaman kopi diluar Pulau Jawa, misalnya Sumatra, sulawesi, Papua, Flores bahkan sampai Timor-Timor. Dengan program ini, maka di negara yang terletak pada garis khatulistiwa ini memiliki berbagai macam varietas kopi yang terkenal unggul. Bahkan penduduk dari negara lain juga mengakui akan kualitas rasa yang enak dari kopi asli Indonesia.

Penyebaran kopi sampai ke daerah Flores sendiri dimulai pada tahun 1977. Pada awalnya, daerah flores belum terdapat varietas kopi. Kemudian pemerintah Negara Kesatuan Republik Indonesia pun memperkenalkan tanaman kopi kepada penduduk setempat. Pemerintah melakukan berbagai kegiatan sosialisasi tenang tanaman perdu yang satu ini. Para aparat pemerintah dari negara yang terdiri dari beribu-ribu pulau ini meyakini, jika iklim dan ketinggian dataran di daerah Flores sangat cocok dengan tanaman kopi. Maka semenjak saat itulah, para penduduk Flores mulai menanam kopi. Bahkan sampai saat ini tanaman kopi di Flores masih dibudidayakan dengan sangat baik. Kopi yang merupakan asal dari Flores ini terkenal dengan nama Kopi Flores.

Ciri khas kopi Flores

Keadaan alam daerah Flores memang sangat cocok untuk tanaman kopi. Daerah Flores ini memiliki kenampakan alam yang salah satunya berupa dataran tinggi. Dataran tinggi tersebut sangat sesuai untuk tanaman kopi. Apalagi pegunungan tersebut mendapat pengaruhi oleh angin yang datang dari Australia. Dengan keadaan yang demikian, maka menjadikan kopi yang dihasilkan di daerah Flores ini memiliki cita rasa yang khas dan istimewa di banding dengan kopi asal daerah lainnya. Maka tak heran apabila banyak masyarakat asing ketika berkunjung ke daerah Flores ini akan berburu yang namanya kopi Flores. Seperti halnya jenis kopi yang di berada di Indonesia di bagian lainnya, kopi flores juga terdiri dari kopi arabika dan kopi robusta. Kopi Flores jenis arabika yang telah terkenal adalah kopi Bejewa, dan kopi Flores Robusta adalah kopi Manggarai.

Dua jenis kopi tersebut memiliki variasi rasa yang berbeda, namun cita rasanya sangat khas Flores yaitu memiliki aroma coklat yang sangat nikmat yang dipadu dengan aroma kayu-kayuan beserta umbi-umbian dan disertai dengan tingkat keasaman yang sangat pas di lidah. Dengan adanya cita rasa yang khas ini, maka banyak orang yang menggemari kopi asal Provinsi Nusa Tenggara Timur ini. Tentu cita rasa kopi yang seperti ini tidak akan pernah didapatkan kalau bukan pada kopi Flores.

Alasan Kopi Flores Wraga Mancanegara

Jenis kopi flores merupakan salah satu kopi asal Negara Indonesia yang banyak diminati oleh negara lain. Negara pengimpor kopi flores ini yaitu Belanda, Jerman, Amerika Serikat dan berbagai negara lainnya. Mereka menyukai kopi yang satu ini karena beberapa alasan. Berikut ini beberapa alasan yang mendasari kopi flores banyak diminati oleh negara lain.

  1. Cita rasa yang nikmat dan khas

Alasan pertama negara-negara di dunia ini menyukai kopi flores adalah karena memiliki cita rasa yang khas, kopi yang berasal dari flores ini memiliki rasa yang sangat nikmat. kenikmatan tersebut di tambah lagi dengan aroma rempah-rempah yang menggoda para penikmat kopi untuk meminumnya. Dengan ciri khas ini, maka negara-negara di dunia ini mengimpor salah satu kopi dari Indonesia ini.

  1. Selalu menggunakan pupuk alami

Selain alasan rasa yang enak dan khas, kopi flores banyak diimpor negara lain karena dalam perawatan tidak pernah memakai pupuk kimia. Para petani kopi di Flores ini selalu menggunakan pupuk yang alami. Dengan demikian, maka kualitas biji kopi yang dihasilkan sangat berkualitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *