Kopi Flores, Manggarai Dan Bajawa Dengan Aroma Khasnya Yang Berbeda Dari Kopi Lain

Saat ini sudah banyak sekali jenis kopi yang beredar di seluruh daerah Indonesia yang memiliki cita rasa yang juga berbeda-beda. Kopi yang menjadi salah satu sumber pendapatan masyarakat dan juga negara ini dikembangkan dengan baik sehingga banyak sekali jenis kopi yang di ekspor ke seluruh penjuru di dunia. Salah satu kopi terkenal yang saat ini sedang banyak dicari oleh para pecinta kopi adalah jenis kopi yang berasal dari daerah Flores. Kopi Flores ini memang memiliki aroma dan juga cita rasa yang berbeda dari yang lain. Kelebihan dan berbagai macam manfaat bisa didapatkan dari kopi daerah Flores ini. Semua kelebihan kopi yang satu ini tergantung dari ketinggian daerah yang digunakan untuk menanam tanaman kopi sehingga menghasilkan biji dengan kualitas terbaik yang pernah ada.

Selain dari itu, ketinggian yang bisa berpengaruh terhadap hasil biji yang akan didapatkan, proses panen ini akan berpengaruh pula terhadap biji kopi tersebut. Sehingga hal yang harus dan sangat diperhatikan sebelum mengkonsumsi, akan lebih baik untuk mengetahui berbagai macam informasi yang sangat berguna untuk anda dan tidak menghabiskan waktu meminum kopi yang tidak memiliki manfaat untuk tubuh kita.

Penanaman Kopi Flores

Kopi jenis Arabica yang ditanam di daerah Flores adalah kopi yang ditanam pada ketinggian sekitar 1000 sampai 1550 meter diatas permukaan air laut. Pada ketinggian ini maka bisa dipastikan bahwa hasil yang akan di dapatkan akan memiliki kualitas tinggi. Di daerah Flores, kopi jenis ini tepatnya ditanam di dataran tinggi Ngadha yang merupakan salah satu kawasan pertemuan dua lereng gunung berapi. Secara administrative, daerah tersebut terletak di kecamatan Bajawa dan kecamatan Golewa. Pada tanah yang subur ini memiliki suhu rata-rata 15 – 25 derajat celcius yang sangat cocok untuk ditanami tanaman kopi. Budidaya kopi Bajawa ini sudah turun temurun sehingga hampir semua penduduknya menanam kopi di sekitar rumah mereka. Perkebunan mereka juga masih sangat asri dan penanaman yang dilakukan untuk kopi bajawa ini masih dilakukan dengan sistem manual. Mulai dari penanaman, pemupukan sampai pada tahap pemanenan masih dilakukan dengan cara tradisional.

Kemudian untuk kopi dari Manggarai sendiri terletak di Kabupaten Manggarai. Salah satu dari jenis kopi dari Flores ini memiliki ciri khas masing-masing yang sangat baik untuk dikonsumsi oleh siapa saja. Kopi yang berasal dari daerah Manggarai di Flores ini ditanam pada area yang sama dengan ketinggian yang sama pula dengan penanaman kopi bajawa. Tidak hanya itu saja, Kopi yang terkenal dengan aromanya yang kuat ini sudah tersebar di seluruh daerah Flores yang hampir semua penduduknya memang bermata pencaharian dari hasil kebun kopi mereka. Kebun kopi untuk jenis Arabica dari manggarai ini memiliki persebaran yang lebih besar dibandingkan dengan Bajawa.

Selain dari itu, kedua kopi ini memang sudah di ekspor ke berbagai negara di seluruh dunia dan menjadi salah satu wilayah ekspor paling tinggi untuk kopi. Salah satu negara yang sudah bekerja sama dengan Indonesia adalah Negara America. Negara adidaya ini sudah menjalin kerjasama dalam bidang ekspor kopi Flores. Hal ini dikarenakan banyaknya permintaan yang memang lebih banyak menyukai jenis kopi dari Flores ini. Karakteristik yang dibawa oleh Kopi daerah Indonesia timur ini umumnya memiliki biji yang berukuran besar. Selain ukuran juga memiliki warna yang berkilauan sehingga menandakan bahwa kualitas dari kopi ini sudah termasuk kualitas tinggi. Selain itu juga aromanya yang tajam serta cita rasanya yang sangat kuat ini menjadikan para pecinta kopi lebih menikmati setiap sruputan kopi yang membuat lidah mereka sangat mengena.

Berbagai alasan memang memberikan kesan yang sangat baik untuk kedua jenis kopi ini. Walaupun memang memiliki harga yang sangat mahal dibanding dengan kopi lainnya, kopi yang berasal dari Indonesia bagian Timur yaitu Flores ini memang memiliki kualitas yang tidak bisa diragukan lagi. Bahkan kopi ini sudah menjadi salah satu kopi nusantara yang terbaik yang pernah ada. Biasanya harga dari kopi Manggarai dan juga Kopi Bajawa ini dipatok dengan harga sekitar 60ribu keatas setiap kilonya. Harga ini sebanding dengan rasa dan juga kenikmatan yang bisa di dapatkan oleh mereka yang menyukai kopi Flores.

Proses panen Kopi Flores

Kopi Bajawa dan Kopi Manggarai yang menjadi salah satu sumber pendapatan negara, kopi Flores ini juga diproses dengan sangat baik sehingga mutunya terjamin serta kualitas yang di dapatkan juga semakin baik. Dari beberapa penelitian didapatkan bahwa mutu fisik dari suatu biji kopi bisa ditentukan berdasarkan tingkatannya yaitu dari mutu baik sampai mutu jelek. Untuk mendapatkan mutu citarasa yang maksimal, maka perlu pengolahan kopi secara basah dan juga baku. basah adalah proses dimana buah tersebut masih merah yang artinya kondisi fisik dari biji ini terbilang sehat dan segar. Kemudian untuk panen yang baik yaitu dilakukan pada waktu pagi sampai siang hari.

Dalam pemetikannya sendiri dilakukan dengan cara petik manual yaitu memetik biji kopi yang sudah matang dengan tangan para pekerja langsung. Pemetikan ini juga dilakukan dengan cara selektif yang mana hanya mengambil biji kopi yang sudah layak panen saja sehingga kopi yang belum masak masih bisa bertahan. Buah yang sudah masak inilah yang akan menjadi calon kopi yang enak dan berkualitas tinggi. Selanjutnya, proses pemetikan ini harus ditampung dalam dua wadah yaitu untuk BMSS dan untuk buah yang kering dipohon, setengah kering dan lain-lainnya. Selain itu, sebelum dilakukan pemetikan, maka hal yang perlu diingat adalah untuk memberikan lembaran karung ditanah sehingga buah yang jatuh tidak kotor.

Setelah panen selesai maka langkah selanjutnya adalah penyortiran Kopi Flores yang dilakukan untuk memisahkan biji buah yang baik dan yang tidak baik. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan buah dengan kualitas yang tinggi. Pemisahan buahnya pun meliputi buah muda, buah kuning, buah setengah kering, dan buah kering di pohon. Apabila mendapati buah BMSS maka harus segera diolah karena cita rasa yang didapat akan berbeda apabila tidak segera dilakukan pengolahan.

Cara Mengolah Kopi Flores

Karena proses panen yang sangat selektif dan banyak sekali hal-hal yang harus diperhatikan agar mendapatkan hasil yang maksimal, maka cara mengolah kopi juga menjadi salah satu faktor yang berpengaruh terhadap cita rasa dari kopi itu sendiri. Proses mengolah kopi Flores ini memang tidak jauh berbeda dengan kopi lainnya. Kopi yang satu ini memang sedikit ada perhatian tersendiri sehingga aroma dan cita rasanya bisa sekuat kopi lainnya. Pengolahan yang pertama dilakukan dari proses pengeringan. Setelah pengeringan selesai maka hal yang harus dilakukan selanjutnya adalah dengan menyangrainya pada derajat medium atau biasa disebut dengan medium roast. Hal ini akan menunjukkan warna dan juga bau kopi bubuk yang bernuansa buah yang sudah dikeringkan. Proses selanjutnya adalah proses penggilingan. Proses yang biasa dilakukan harus menghasilkan tumbukan yang lembut sehingga tidak ada lagi butiran biji yang membuat cita rasanya jadi hilang.

Tips Memilih kopi Flores

Apabila anda salah satu pecinta kopi ataupun barista pastinya mengetahui bagaimana cara memilih kopi Flores yang baik dan tidak. Berdasarkan hasil analisis para peneliti kopi, banyak sekali cara untuk menentukan apakah kopi tersebut memang baik ataupun tidak. Untuk beberapa kasus bisa dilihat dari butiran biji kopi yang mana bisa menunjukkan kualitasnya. Untuk menentukan kualitas baik dari kopi bisa dilihat berikut ini.

      Bebas cacat fisik

      Cita rasanya kuat atau off flavor

      Aromanya bagus dengan intensitas yang kuat

      Rasa asam yang dimiliki harus sedang

      Kekentalan cukup

      Rasa pahit pada kopi memiliki intensitas medium

      Rasa setelah dicicipi bertahan cukup lama di dalam mulut

      Rasa manis kurang

      Dan keseimbangan komponen cita rasanya cukup

Itulah beberapa informasi tentang kopi Flores yang memiliki rasa yang khas dan aroma yang berbeda dari yang lainnya. Nah semoga informasi ini bermanfaat untuk anda dan bisa memilih kopi yang terbaik yang bisa anda nikmati dirumah bersama teman, keluarga dan juga pasangan anda. Selamat mencoba. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *