Kopi Frappuccino Yang Lezat Dan Mudah Dibuat Sendiri Di Rumah

Berbicara masalah kopi, jaman dahulu mungkin deskripsi kopi hanya kopi hitam yang diminum para orang tua. Namun seiring kemajuan teknologi dan pengetahuan, kopi tidaklah sesederhana itu. Kopi memiliki deskripsi yang amat luas dan memiliki beragam rasa yang nikmat di lidah. Hal ini membuat budaya ngopi bukan hanya milik orang tua saja, namun anak muda suka ngopi. Kini kopi ada bermacam macam, satu diantaranya kopi frappuccino. Kalau bertanya pada orang tua, sekarang giliran para orang tua yang kurang memahami jenis kopi ini, tapi para kaula muda tahu akan kopi tersebut. Bagi kalian yang masih awam akan kopi ini, berikut ini ulasan lebih lengkapnya.

Coffee Shop Starbucks

Budaya ngopi para kaula muda ini tak terlepas dari menjamurnya coffee shop diberbagai kawasan. Salah satu coffee shop yang telah mendunia adalah starbucks, hampir semua anak muda mengenal coffee shop ini. Brand coffee shop waralaba asal Amerika ini memang paling populer diseluruh penjuru dunia termasuk Indonesia. Di Indonesia sendiri, starbucks telah tersebar diberbagai kawasan kota besar dan mudah diterima oleh masyarakat. Selain sisi pelayanannya yang baik, kebersihan yang terjaga dan menyajikan minuman berkualitas, starbucks mempunyai ide ide menarik pada olahan kopi mereka. Dahulu kita hanya mengenal kopi hitam yang identik dengan panas, belum mengenal adanya es kopi.

Tapi siapa yang menyangka, ternyata kopi juga nikmat disajikan dalam keadaan dingin atau es kopi. Starbucks telah berhasil mengembangkan es kopi dengan rasa kopi yang amat pas dilidah masyarakat Indonesia. Inilah penyebab mengapa coffee shop waralaba asal Amerika ini sangat mudah diterima masyarakat Indonesia. Bahkan coffee shop starbuck menjadi salah satu tempat ngopi bergengsi dan sering dijadikan sebagai tempat berkumpul bersama teman teman ataupun orang tercinta. Ketika kita berkunjung kesana, kita akan disuguhi dengan berbagai menu kopi yang bervariasi. Kesemua menu tersebut memang dari kopi, tapi cita rasa setiap menu tersebut tentu berbeda dan memberikan kenikmatan tersendiri. Salah satu menu kopi yang kini tengah menjadi idola dan banyak dipesan adalah kopi frappuccino.

Sejarah Kopi Frappuccino

Kopi ini merupakan salah satu merk dagang yang hanya dijual oleh coffee shop starbucks. Frappuccino sendiri merupakan campuran dari frappe dan cappuccino, kopi espresso dengan susu buih. Frappe dikomponen ini sebenarnya masih belum jelas, apakah frappe yang diambil dari kopi es Yunani atau diambil dari Boston yang memiliki maksud susu kocok kental. Yang pasti keduanya berasal dari bahasa Perancis. Minuman Frappuccino awalnya dikembangkan dan dijadikan merek dagang oleh George Howell di The Coffee Connection.

Barulah pada tahun 1994 Starbucks membeli The Coffe Connection dan memperoleh hak pakai, membuat serta memasarkan frappuccino dan langsung menjualnya kesemua kedainya. Kesuksesan kopi frappuccino membuat para pesaing coffee shop lainnya mulai mencoba membuat minuman sejenis ini, kendati rasanya yang hampir sama, namun yang secara sah boleh memiliki dan menjual Frappuccino hanyalah starbucks. Frappuccino sendiri secara bebas dikreasikan menjadi resep kopi Frappuccino Blended Creme, justru menghasilkan kopi yang bercita rasa lebih nikmat. Seperti Green Tea Frappuccino, Strawberries and Cream Frappuccino dan lainnya.

Selain menjadi salah satu menu di starbucks ternyata Frappuccino juga ada yang hadir dalam versi botol. Frappuccino dalam versi botol ini dijual diberbagai toko eceran hingga mesin minuman. Di Amerika Frappuccino versi botol ini diproduksi oleh PepsiCo, sedangkan di eropa diproduksi oleh Arla Foods yang berada di Denmark. Kendati memiliki nama yang sama yakni Frappuccino namun resep dan rasanya tetap berbeda. Versi blended lebih terasa nikmat bila dibandingkan dengan versi botolnya.

Keunikan Rasa Kopi Frappuccino

Seperti yang telah kita ungkap sebelumnya Frappuccino blended dengan versi botol leih nikmat versi blended. Selain dapat dikreasikan dengan berbagai perpaduan lainnya, Frappuccino blended lebih fresh dan segar. Ketika anda menyeruput Frappuccino rasa kopi tetap akan terasa kuat disana, meskipun ini adalah jenis kopi campuran. Rasa kopi yang pas dengan manisnya susu bercampur dengan berbagai rasa pilihan seperti mocca, caramel, vanilla ataupun cokelat akan menambah sensasi kenikmatan Frappuccino.

Cara Membuat Frappuccino Di Rumah

Membeli Frappuccino di coffee shop memang membutuhkan biaya yang cukup mahal, terlebih lagi anda yang termasuk coffee addict. Memerlukan budget cukup banyak bila ingin meminum Frappuccino setiap hari di coffee shop. Ketika ingin membuat kopi Frappuccino sendiri di rumah, sudah pasti anda harus menyediakan coffee maker. Adapun bahan bahan yang diperlukan untuk membuat Frappuccino adalah sebagai berikut.

–        2 sendok makan biji kopi atau 125 ml kopi berkualitas yang memiliki rasa kuat

–        125 ml susu cair terbaik, boleh memilih susu low fat atau non fat.

–        2 sendok makan Gula pasir

–        2 sendok makan Sirup rasa apa saja, yang banyak dipilih seperti mocca, caramel, vanilla dan cokelat.

–        Es batu sesuai selera

Topping

–        Krim kocok

–        Sirup perasa

–        Chocochip berbagai rasa

–        Meses

Langkah pembuatan kopi Frappuccino

–        Bila anda menggunakan biji kopi, mulailah giling hingga terbentuk bubuk kopi yang halus. Kemudian seduh menggunakan air panas hingga tercipta kopi bercita rasa kuat. Bila anda memiliki mesin espresso dapat menggunakannya untuk menghasilkan kopi bercita rasa terbaik.

–        Diamkan hingga kopi dingin secara alami.

–        Campurkan gula, susu cair, sirup serta kopi yang telah dingin alami kedalam belnder. Blender dengan kuat dan dalam waktu singkat selama 20 detik hingga tercampur secara merata.

–        Barulah masukkan es batu sesuai selera anda dan kembali blender secara kuat dan cepat selama 20 detik saja.

–        Siapkan gelas atau cangkir kopi kramik dan tuangkan Frappuccino kedalamnya dan tinggal menghias.

–        Topping pertama yang harus diberikan adalah krim kocok, kemudian sirup perasa barulah chocochip dan meses. Frappuccino ala cafe siap disajikan.

Ternyata sangat mudah bukan membuat Frappuccino ala cafe sendiri di rumah? Kunci utama agar menghasilkan kopi nikmat seperti di coffee shop adalah pemilihan kopi. Kopi berkualitas terbaik dan memiliki cita rasa yang kuat sangatlah penting dalam pembuatan kopi dan juga sangat menentukan hasil akhir dari kopi itu sendiri. Pembuatan kopi yang dimulai dari biji kopi memang memberikan rasa yang berbeda daripada kita membuat kopi dari kopi instan. Biji kopi yang baru digiling akan menghasilkan kopi yang bercita rasa lebih kuat dan masih fresh. Bahan campuran seperti susu juga akan menentukan hasil akhir dari Frappuccino.

Itulah sedikit kupasan kita tentang kopi yang selalu menjadi idola para coffee addict. Selain menikmati Frappuccino di coffee shop seperti starbuck, kita juga dapat membuatnya sendiri di rumah. Agar menghasilkan kopi Frappuccino berkualitas, tentu kita harus memilih bahan bahan berkualitas dan terbaik. Frappuccino adalah jenis kopi campuran yang memiliki rasa nikmat dan pas untuk masyarakat Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *