Kopi Gajah Yang Sekelas Dengan Kopi Luwak

Kopi adalah minuman yang sangat dikenal oleh masyarakat di berbagai penjuru dunia. Ada banyak sekali jenis kopi yang tersebar di dunia ini. Indonesia adalah salah satu negara penghasil kopi yang sangat besar. Kopi dari indonesia sangat beragam mulai dari jenis arabika, robusta hingga jenis kopi lainnya. Kebanyakan jenis kopi yang di tanam di indonesia adalah kopi arabika dan robusta namun di setiap daerah, kedua jenis kopi ini sudah memiliki nama yang berbeda beda karena cita rasa dan aromanya juga memiliki karakter tersendiri. Negara lain selain indonesia yang menjadi salah satu penghasil kopi adalah thailand. Thailand menjadi negara penghasil kopi bahkan kopi yang di hasilkan adalah jenis kopi yang cukup unik yaitu kopi gajah.

Kuliner – 10 Fakta tak terduga tentang kopi gajah, harganya Rp 14,9 juta perkilogram

Anda mungkin belum pernah merasakan jenis kopi ini atau bahkan sudah pernah merasakannya. Dari namanya yang menggunakan nama binatang mungkin anda berfikir jika kopi ini memiliki ukuran yang besar. Nama gajah bukan menggambarkan jika kopi tersebut memiliki ukuran biji yang besar namun lebih kepada bagaimana cara kopi ini diproses. Kopi gajah adalah kopi yang memiliki proses seperti membuat kopi luwak. Jika membahas mengenai kedua jenis kopi ini maka anda akan semakin tertarik karena ke dua jenis kopi ini adalah kopi kelas atas dengan harga yang selangit.

Kopi luwak dan kopi gajah dengan proses yang hampir sama

Membahas mengenai kopi luwak dan kopi gajah memang sangat menyenangkan. Kedua jenis kopi ini adalah kopi yang di proses di dalam perut binatang sehingga saat di keluarkan bersama feses menjadi kopi dengan kualitas yang tiada tandingannya. Kopi luwak adalah kopi yang dihasilkan oleh proses pencernaan binatang bernama luwak. Kopi luwak atau kopi musang ini adalah kopi dengan rasa yang sangat mengagumkan. Seperti yang telah kita ketahui jika luwak adalah hewan yang senang untuk memakan biji kopi. Biji kopi yang matang dimakan dan nantinya yang dikeluarkan adalah biji kopi utuh namun sudah tidak ada kulitnya.

Biji kopi inilah yang menjadi bahan utama untuk membuat kopi luwak. Pencernaan dari luwak sangatlah unik. Buah kopi yang dimakan nantinya yang akan di cerna adalah kulit luarnya yang berwarna merah. Sedangkan biji kopi yang keras akan di keluarkan dalam keadaan untuk sehingga berapapun kopi yang di makan oleh luwak nantinya akan keluar dalam jumlah yang tidak jauh berbeda dengan jumlah yang dimasukkan. Banyak orang yang telah melakukan bisnis kopi luwak karena memang kopi yang dihasilkan memiliki nilai jual berkali-kali lipat dibandingkan dengan jenis kopi biasa.

Perbedaan kopi biasa dengan kopi gajah adalah pada binatang yang memakannya. Gajah adalah binatang pemakan tumbuhan. Kopi bukanlah makanan yang di sukai gajah sehingga ketika akan membuat kopi gajah tidak semudah membuat kopi luwak. Agar gajah mau makan kopi, buah kopi harus di samarkan bersama dengan makanan gajah . Dengan cara ini maka biji kopi akan termakan secara tidak sengaja. Pencernaan gajah juga jauh lebih kuat dibandingkan dengan pencernaan pada luwak sehingga saat kopi dikeluarkan bersama dengan feses banyak yang hancur.

Dari sekian banyak kopi yang dimakan oleh gajah nantinya yang keluar hanyalah satu per tiga puluh bagian saja. Jika anda memberikan kopi sebanyak tiga puluh kg nantinya yang keluar hanyalah 1 kg saja. Proses ini membuat hara dari kopi gajah sangatlah mahal. Jika anda tinggi membeli kopi gajah maka harus menyiapkan uang sekitar empat belas juta untuk 1 kg bubuk kopi. Harga yang sangat tinggi ini sepadan dengan proses yang begitu lama dan juga kualitas kopi yang didapatkan. Kopi ini mampu memberikan kenikmatan yang sangat luar biasa dan sepadan dengan kopi luwak yang sama sama mahal.

Kopi eksclusive dan masih langka

Para pecinta kopi kualitas atas harus mengetahui jika kopi ini masih sangat sulit untuk ditemukan. Selain harganya yang sangat mahal, belum banyak orang yang mampu mengembangkannya. Negara yang menghasilkan kopi ini masih berhenti di beberapa negara saja seperti thailand, abu dhabi dan negara lainnya. Jika anda tertarik untuk mencoba kopi ini maka sebaiknya anda datang langsung ke thailand. Di sana anda dapat menikmati kopi di kedai kopi ternama yang menyediakan kopi gajah. Harga untuk satu cangkir adalah sekitar enam ratus ribu rupiah.

Apabila kopi gajah masih sangat langka dan sangat sulit untuk ditemukan di Indonesia, berbeda dengan kopi luwak yang lebih mudah ditemukan. Kopi luwak sudah banyak di buat di Indonesia sehingga jika anda datang ke café besar nantinya akan menemukan jenis kopi yang satu ini. Harga dari kopi luwak dan kopi gajah tidak jauh berbeda karena sama sama memiliki kualitas yang sangat tinggi. Dari segi kualitas rasa, kedua kopi ini memiliki rasa pahit yang tidak terlalu pekat namun sangat terasa lembut saat menyentuh lidah. Aroma dari kedua jenis kopi ini juga sangat khas. Anda mampu membedakan kedua jenis kop ini dengan mudah dari aromanya saja.

Kopi yang berasal gajah dan juga kopi luwak mampu menjadi kelas atas karena proses fermentasi di dalam perut binatang berlangsung dengan sangat baik. Di dalam perut binatang, kopi yang tadinya biasa saja akan mengalami proses yang panjang. Di dalam perut binatang terdapat enzim yang nantinya akan mempengaruhi tekstur kopi dan juga aromanya. Kopi yang biasanya terasa keras dan menyengat lidah akan berbeda dengan kopi luwak dan kopi dari gajah yang lebih lembut dan merelaksasi.

Kopi yang sudah melalui proses pencernaan gajah akan sangat berbeda dengan kopi yang biasa. Kopi ini memiliki rasa yang sudah sangat jauh berbeda. Meskipun anda hanya menyeduhnya dengan air panas dan gula,kopi ini mampu memberikan sensasi rasa kopi yang tidak terlalu pahit dengan aroma rempah, susu dan bahkan ada sedikit rasa coklat. Hal ini mungkin terjadi karena gajah mengkonsumsi makanan yang berbau rempah. Anda yang semakin penasaran maka harus bersabar untuk dapat menikmati kopi ini. Di indonesia, kopi ini adalah kopi langka dan hanya di temukan di tempat tertentu.

Kedua jenis kopi yang berasal dari binatang ini adalah hasil dari kreatifitas manusia. Kopi yang berasal dari binatang apalagi dikeluarkan melalui feses ternyata memiliki rasa yang jauh lebih nikmat dibandingkan dengan kopi biasa. Sebenarnya ada jenis kopi lain yang juga melalui proses alami yang dilakukan oleh binatang yakni kopi kelelawar. Kopi jenis ini sudah sangat berbeda lagi prosesnya karena bukan melalui pencernaan namun karena dibuat dari kopi bekas makanan kelelawar yang sudah terkena enzim dari liur binatang tersebut. Rasa kopi dari binatang-binatang tersebut akan memberikan anda pengalaman minum kopi yang tidak terlupakan. Tidak salah jika kopi gajah memiliki harga yang tinggi karena memang proses pebuatannya yang rumit dan lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *