Kopi Granita, Es Kopi Serut Asal Italia

Granita atau yang diucapkan “Grah-nii-tah” (penekanan pada nii) merupakan salah satu minuman asal Italia, tepatnya berasal dari Sisilia. Tidak seperti espresso, cappuccino dan macchiato, nama granita memang kurang dikenal. Granita sendiri mempunyai arti es kristal yang terbuat dari berbagai macam cairan. Cairan yang digunakan untuk membuat granita dapat berupa kopi, sari buah, atau espresso. Yang paling terkenal adalah kopi granita. Kopi ini dibuat dengan cara kopi dibekukan, lalu dibentuk kristal es kecil-kecil. Inilah alasan granita disebut juga es serut dari Italia.

Sejarah Granita

Granita merupakan salah satu minuman bergaya Italia. Minuman ini dipopulerkan oleh Tortoni di Paris, pada abad ke-19. Minuman granita ini seringkali disamakan dengan es krim. Tetapi memiliki tekstur atau butiran yang lebih kasar. Seperti butiran kristal. Granita lebih populer dikenal dengan nama sorbeto. Namun sebenarnya granita dan sorbeto adalah minuman yang berbeda. Kandungan gula yang terdapat dalam granita lebih sedikit daripada kandungan gula dalam sorbet.

Awal mula minuman ini sebenarnya berasal dari Cina, diciptakan oleh bangsa Cina. Yaitu sebelum terciptanya es krim pada abad ke-18. Lalu granita ini mulai terkenal dan dibawa ke Italia melalui proses perdagangan. Perbedaan granita dengan es krim selain teksturnya yang lebih kasar, granita dibuat dari bahan-bahan sari buah, kopi, anggur, sirup, dan lain-lain. Sedangkan es krim terbuat dari susu. Selain bahannya, granita juga tidak mengalami proses pengocokan, tidak seperti pembuatan es krim.

Saat ini, di Italia sendiri, minuman kopi granita ini hampir disajikan di semua kafe dan gelateria. Terutama di kota Roma yang memang paling terkenal untuk kopi granite atau yang disebut juga sebagai Granita Di Caffe Con Panna dalam bahasa Italia. Karena memang minuman ini diminati banyak orang dari berbagai kalangan dan usia. Terutama di musim panas.

Penyajian Kopi Granita

Penyajian kopi granita memiliki ciri khasnya sendiri yang membedakan kopi granita dengan es kopi atau es serut biasa. Kopi dingin yang memang sudah dibekukan lalu dibentuk kristal es ini, kemudian ditambahkan whipped cream di bagian atasnya. Whipped cream yang manis dan kopi yang dingin akan menambah kesegaran di mulut.

Kopi granita paling cocok dihidangkan sebagai penutup atau minuman penyegar saat hari panas. Di Italia, negara asalnya, kopi granita dinikmati di hari yang panas. Karena perpaduan antara kristal kopi dan manisnya whipped akan memberi sensasi yang menyegarkan di mulut. Setiap daerah bahkan negara menyukai granita yang berbeda-beda. Di kota Sisilia, Italia, yang merupakan daerah asal kopi granita, mereka lebih menyukai granite dengan kopi. Selain granita dengan kopi, granita dengan pistachio (yang merupakan produk pertanian asli kota Sisilia) cukup diminati oleh warga disana. Granita dengan almond sangat disukai di Catalan, granita almond ini juga memiliki rasa yang kontras dengan whipped cream yang berada di bagian atasnya. Sedangkan warga negara Prancis, lebih menyukai granite dengan anggur sebagai pengganti minuman wine yang biasa mereka minum.

Untuk penyajian sendiri, granita biasanya disajikan semenarik mungkin. Karena memang menjadi minuman penutup dan harus dibuat menarik, agar menggugah selera. Granita akan semakin cantik jika dalam penyajiannya memperhatikan wadah penyajian. Misalnya menggunakan gelas berkaki tinggi, atau gelas berwarna bening agar perbedaan warna antara butiran kristal kopi dan whipped cream akan semakin menarik. Selain itu, penyajian granita sendiri juga bisa menggunakan garnis seperti irisan buah-buahan segar dan berwarna.

Bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan kopi granita

Kopi yang digunakan dalam pembuatan kopi granita adalah espresso atau bisa juga menggunakan bubuk kopi espresso instan. Namun bubuk kopi instan ini dirasa tidak terlalu memberikan rasa kopi yang kuat, sehingga tidak bisa menghasilkan rasa yang kontras dengan whipped cream. Jadi lebih disarankan memang menggunakan espresso.

Setelah menyeduh kopi dalam wadah menggunakan air panas, kopi lalu didinginkan dan dibekukan. Setelah menjadi beku, kopi itu lalu dibentuk kristal-kristal kecil menggunakan mesin khusus. Sehingga menghasilkan butiran kristal kasar seperti es serut.

Untuk gula yang digunakan dalam pembuatan kopi granita ini, beberapa orang menggunakan gula biasa bukan sirup gula. Namun keduanya tidak ada bedanya. Jadi baik menggunakan gula biasa maupun sirup gula tidak akan mengubah rasa dari kopi granita itu sendiri. Tetapi hal penting yang harus diperhatikan dalam pembuatan kopi granita ini adalah perbandingan antara kopi dengan gulanya. Karena berbeda dengan sorbet, kandungan gula yang terkandung dalam kopi granita maupun minuman granita dengan tambahan lain hanya mengandung lebih sedikit gula. Karena semakin tinggi kandungan gula, akan semakin lembut teksturnya. Sedangkan granita sendiri memiliki tekstur yang lebih kasar dan masih ada butiran-butiran kristal es, tidak halus seperti es krim.

Namun tekstur yang diinginkan ini bukanlah ukuran pasti atau ukuran wajib dari granita. Seperti di Sisilia yang lebih menyukai tekstur kopi granita yang lebih kasar daripada sorbet. Tekstur ini lebih kasar dan masih terdapat butiran-butiran es. Lain halnya dengan Palermo, tekstur yang diinginkan sama dengan sorbet, sama halusnya.

Tekstur yang bervariasi ini didapatkan dari berbagai teknik pengolahan. Seperti granita dengan tekstur yang halus di proses menggunakan mesin gelato, atau mesin yang sama digunakan untuk membuat eskrim. Sedangkan tekstur yang agak kasar, diolah menggunakan mesin khusus yang sama untuk mengolah es serut. Beragam tekstur yang berbeda ini membuat kopi granita menjadi salah satu minuman yang unik.

Resep Sederhana membuat Kopi Granita

Kopi granita ini bisa dibuat sendiri, dengan menggunakan berbagai bahan yang tersedia dan mudah didapatkan. Bahan-bahannya sebagai berikut :

      4 cangkir espresso yang baru diseduh atau bisa juga menggunakan kopi bubuk instan

      1 cangkir gula pasir atau bisa juga menggunakan sirup gula

      2 cangkir whipping cream

Langkah-langkah :

      Seduh kopi dengan air panas. Sementara kopi panas, aduk gula sampai larut;

      Tuangkan campuran kopi ke dalam loyang kue berukuran 13×9 inci. Tutup rapat dengan bungkus plastik dan bekukan sekitar 45 menit atau sampai dingin di pinggir panci.

      Setelah 45 menit, lagi kocok secara merata. Tutup dan kembali ke freezer dan bekukan sekitar 3 jam atau semalam sampai beku dan benar-benar padat.

      Saat siap menyajikan granita, keluarkan dari freezer. Lalu buat kristal es atau butiran es dengan menggunakan mesin khusus. Kembali ke freezer minimal 1 jam untuk didinginkan kembali. Saat disajikan, granita akan terlihat seperti tumpukan kristal merah kering yang lembut.

      Setelah itu, masukkan butiran es tersebut ke dalam wadah yang telah disiapkan. Serta tambahkan whipped cream pada bagian atasnya.

Itulah cara membuat kopi granita sederhana dengan menggunakan bahan-bahan yang bisa dengan mudah kita dapatkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *