Kopi Hijau Sebagai Obat Diet Yang Alami Dan Aman Untuk Dikonsumsi

Kopi adalah salah satu bijih yang bisa dibuat untuk bahan dasar suatu minuman. Yang paling unik dari bijih kopi adalah jenisnya yang sangat beragam serta rasa yang dimiliki dari kopi tersebut. Tak heran jika minuman yang berasal dari bijih kopi ini disukai oleh semua kalangan. Sepanjang abad ini, secangkir kopi yang belum bisa dipastikan awal munculnya dari suatu kopi ini menjadi semakin berkembang yang mana bisa dicampur dengan berbagai macam jenis bahan lainnya seperti susu. Selain rasanya yang sangat beragam, kelebihan lain dari minuman kopi ini adalah khasiat yang dimilikinya. Salah satu kopi yang paling terkenal dan sangat baik dikonsumsi untuk diet adalah kopi hijau.

Kopi hijau ini juga sering disebut dengan green coffee karena warna yang dimiliki sangat berbeda dari kopi pada umumnya. Warna kopi ini memang sedikit unik yang mana berwarna hijau muda seperti kacang kedelai. Orang beranggapan bahwa rasa kopi dengan warna hijau ini pasti memiliki rasa yang tidak jauh berbeda dengan rasa kacang hijau yang lembut dan juga seperti tumbuhan. Mungkin tidak banyak yang mengetahui bahwa kopi ini adalah biji kopi yang belum sampai mengalami proses pemanggangan. Hal ini sudah dibuktikan dan dilakukan oleh masyarakat yang ada di daerah kawasan Laut merah yang memang mengkonsumsi jenis kopi dengan warna hijau ini.

Apakah ada jenis green coffee yang tidak berwarna hijau?

Pada dasarnya sebutan untuk green coffee ini hanya istilah yang digunakan karena proses tersbeut tidak melalui proses pemanggangan sehingga warna dari kopi tersebut masih alami dan berwarna hijau. Sedangkan untuk beberapa kopi warna hijau yang sudah melalui proses pemanggangan maka bisa dipastikan bahwa kopi tersebut tidak berwarna hijau lagi. Hal ini sangat bisa dipastikan karena proses pemanggangan inilah yang akan mempengaruhi rasa, warna dan juga tekstur dari kopi tersebut. Perbedaan inilah yang terdapat pada jenis kopi hijau ini. Proses pemanggangan yang terjadi pun sangat singkat sehingga memudahkan proses penggilingan.

Untuk jenis kopi yang tidak melalui proses pemanggangan maka bisa dipastikan bahwa biji kopi tersebut masih basah dan lembek. Sehingga ada beberapa orang yang lebih memilih mengeringkannya langsung dibawah sinar matahari daripada dipanggang dengan mesin. Biasanya proses penggilingan yang terjadi yaitu sekitar 5 sampai 10 menit. Sehingga warna dari kopi ini berubah menjadi sedikit lebih coklat. Akan tetapi anda tidak perlu kawatir karena kandungan yang terdapat pada keduanya masih dalam keadaan yang tidak terlalu siginifikan. Sehingga bisa dipastikan bahwa kedua jenis kopi ini sangat aman untuk dikonsumsi oleh semua orang.

Kandungan yang terdapat dalam biji kopi hijau

Di dalam biji kopi hijau ini terdapat banyak sekali kandungan yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Green coffee ini menyimpan antioksidan yang sangat alami dan masih dalam kadar yang sangat tinggi. Zat antioksidan inilah yang menyimpan zat asam klorogenik atau disebut dengan CGA yang 100% masih murni. Zat inilah yang akan membantu tubuh kita menjadi semakin sehat. Kandungan yang terdapat dalam bijih kopi ini bisa membantu menormalkan kadar gula dalam tubuh dan juga menjaga kesehatan kulit kita. Pastinya dengan mengkonsumsi kopi jenis ini maka bisa dipastikan bahwa kulit akan tetap terjaga kesehatannya dan pastinya bisa membantu kinerja regenerasi sel kulit dalam tubuh kita.

Selain daripada itu, ada beberapa kandungan lain yang masih sama walaupun melalui proses pemanggangan ataupun tidak. Biasanya bagi sebagian kopi yang dilakukan proses pemanggangan maka akan menambah ataupun mengurangi beberapa zat yang terkandung didalamnya. Tetapi untuk jenis kopi yang satu ini sangat lah berbeda. Kopi varian hijau ini memiliki kandungan asam clorogenar yang masih tinggi walaupun melalui proses pemanggangan. Hal ini menjadi kelebihan tersendiri bagi kopi jenis ini. Jadi anda tidak perlu kawatir lagi apabila ingin melakukan proses pemanggangan kopi dengan biji hijau ataupun yang sudah berwarna kecoklatan.

Khasiat Kopi Hijau bagi tubuh

Hampir setiap kopi pastinya memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan tubuh. Baik sebagai penghilang stress maupun penetralisir beberapa sel yang ada dalam tubuh. Sama halnya deNgan jenis kopi yang satu ini yang memang bisa digunakan untuk minuman diet yang sangat berkhasiat. Akan tetapi kalian juga bisa mendapatkan banyak sekali manfaat dari kopi jenis ini. Untuk lebih jauhnya bisa dilihat berikut ini.

–        Manfaat pertama

Dari kandungan Asam clorogenat yang ada dalam bijinya ini bisa membakar lemak dan bisa menghambat penimbunan lemak yang berlebih. Manfaat yang pertama ini bisa sangat membantu kita yang ingin diet sehat dengan cara meminum kopi jenis yang satu ini. Tidak hanya itu saja, apabila sistem metabolisme dalam tubuh kita baik maka kopi ini juga akan bekerja dengan maksimal dalam membakar lemak dan juga kalori yang ada dalam tubuh.

–        Manfaat kedua

Selain bisa membakar lemak dan juga kalori, manfaat dari kopi hijau ini yaitu bisa membantu menjaga kadar nutrisi dalam tubuh. Biji kopi yang mengandung mineral dan juga vitamin ini bisa sangat membantu kita dalam menjaga tubuh untuk tetap sehat. Apabila nutrisi dari makanan yang kita makan tidak mencukupi tubuh kita maka hal ini bisa digantikan dengan vitamin dan juga mineral yang terdapat dalam biji green coffee.

–        Manfaat ketiga

Manfaat selanjutnya yang bisa kita ambil dari biji kopi jenis ini yaitu bisa menekan rasa lapar. Pasti hal ini bisa menambah nilai plus untuk orang yang melakukan diet karena dengan adanya kopi ini mereka bisa menekan rasa lapar mereka. Cara kerja dari kopi ini sebenarnya sangat efektif dan menekan dengan sangat maksimal agar nafsu makan anda terkendali. Anda bisa mengontrol pola makan anda agar tidak berlebihan. Dengan demikian maka tubuh akan mulai membakar lemak dan juga menyingkirkan berbagai macam faktor yang menyebabkan berat badan menjadi bertambah.

–        Manfaat yang keempat

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa kopi jenis ini mengandung zat antioksidan. Hal ini sangat berguna untuk mengurangi efek dari kerusakan sel karena radikal bebas yang terjadi salam tubuh kita. Dari penelitian yang sudah dilakukan menyatakan bahwa green coffee mentah dan yang masih belum diolah memiliki kandungan 100% asam klorogenik yang mempunyai sifat antioksidan yang sangat kuat. Sehingga kadar gula dalam darah bisa dikontrol dan tidak menyebabkan kerusakan dini.

Cara membuat Kopi Hijau

Setelah mengetahui tentang manfaat dan berbagai macam informasi tentang kopi hijau, maka akan sangat disayangkan apabila tidak mengetahui cara membuat kopi ini semakin enak dan bisa dinikmati kapanpun. Dalam beberapa kasus menunjukkan bahwa kopi ini sangat berguna bagi orang yang melakukan diet sehingga cara membuatnya pun harus teliti agar komponen dan juga kandungan dalam kopi bisa membantu kita dalam menurunkan berat badan. Cara membuatnya sebenarnya sangatlah mudah yaitu dengan menuangkan bubuk kopi ini kedalam cangkir konvensional selama 2 sampai 3 menit. Tutup rapat dan tunggu sampai waktu yang ditentukan.

Hal yang perlu diperhatikan adalah tidak memasukkan bahan berlebihan yang akan mengakibatkan overdosis. Overdosis ini disebabkan oleh kafein yang terkandung dalam kopi dan berakibat tekanan darah tinggi menjadi naik dan jantung berdebar-debar. Oleh karena itu perlu penyesuaian bagi anda yang baru mencicipi kopi atau pemula. Akan lebih baik bisa menuangkan bubuk kopi dalam porsi yang sedikit agar tidak berakibat fatal. Seberapa sering anda mengkonsumsi kopi dari biji hijau ini juga berakibat pada kesehatan tubuh anda. Jadi apabila anda merasa kurang nyaman saat mengkonsumsi kopi jenis ini maka kurangilah porsi yang biasa anda gunakan. Pengurangan ini akan membantu anda untuk tetap menikmati kopi tanpa kawatir efek sampingnya.

Itulah beberapa informasi tentang Kopi hijau yang bisa anda dapatkan. Semua jenis kopi memang memiliki resiko masing-masing dalam tubuh. Semuanya itu tergantung bagaimana respon tubuh saat kita mengkonsumsinya. Akan lebih baik untuk tidak mengkonsumsi kopi secara berlebih karena bisa berakibat fatal pada keadaan jantung apabila tidak kuat menahannya. Semoga informasi ini berguna untuk anda dan bisa menambah wawasan anda tentang dunia kopi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *