Kopi Joss Yang Unik Dan Melegenda Di Jogja

Kopi adalah tanaman yang banyak di temukan di Indonesia . Tanaman kopi mampu nenghasilkan biji yang nantinya dapat dikonsumsi sebagai bahan untuk membuat minuman yang sangat kaya akan rasa kopi hitam adalah kopi yang memang sudah sangat dikenal oleh masyarakat Indonesia sejak jaman dahulu hingga sekarang. Mengkonsumsi kopi, sudah menjadi tradisi dari masyarakat Indonesia. Tidak heran jika sangat mudah untuk menemukan kedai kopi di berbagai wilayah bahkan di daerah seperti dperkampungan. Kopi joss adalah produk yang merupakan hasil kreatifitas dari masyarakat Indonesia untuk menyajikan kopi dengan sensasi yang berbeda.

Anda yang berada di jogja biasanya sudah sangat kenal dengan istilah kopi joss. Kopi dapat di minum dengan cara yang sangatlah unik. Jika biasanya anda mengkonsumsi kopi dengan cara sederhana maka anda layak untuk mencoba kopi yang satu ini. Dari namanya anda yang belum pernah merasakan tentu akan merasa penasaran mengenai cara penyajian dan juga rasanya. Keistimewaan yang ada pada kopi ini memang terletak dari cara untuk membuat. Jika anda biasanya mengkonsumsi kopi dengan cara menyeduhnya lalu diberi tambahan gula, Kopi dengan nama yang unik ini dibuat dengan tambahan arang panas.

Di Jogjakarta, anda akan sangat mudah untuk menemukan kopi ini karena banyak sekali angkringan yang menjual minuman yang sang satu ini. Selain di angkringan, anda juga dapat menemukannya di kedai tradisional yang menjual kopi dan juga makanan makanan tradisional khas dari jogjakarta. Banyak sekali orang yang sangat menyukai kopi ini. Bukan hanya karena cara menyajikannya yang unik namun juga dikarenakan rasa dari kopi yang sangat istimewa. Anda yang semakin penasaran dengan kopi ini langsung saja mencari tahu mengenai detail dari penyajian kopi yang sangat populer di jogja.

Cara membuat kopi joss yang ada di angkringan

Mendengar kopi joss anda mungkin berfikir jika kopi ini memiliki rasa yang sangat mantap dan mampu memberikan stamina yang tinggi. Nama jozz pada kopi ternyata bukan karena kopi ini menjadi kopi penambah stamina namun karena cara pembuatannya yang mengeluarkan suara seperti suara joss. Kopi yang diseduh dengan air panas lalu di beri gula ini diaduk dan yang terakhir adalah di masukkan arang panas yang masih berwarna merah sehingga kopi mendidih seketika dan mengeluarkan bunyi seperti menggoreng sesuatu.

Bara api atau arang yang dimasukkan terdengar seperti adonan yang digoreng di dalam minyak panas. Air kopi yang mengenai arang panas memiliki reaksi yang kuat dan cepat sehingga anda dapat melihatnya dengan perasaan terkagum saat melihat proses pemasukan arang panas ke dalam cangkir yang sudah berisi kopi. Arang yang dimasukkan adalah arang yang terbuat dari pohon sambi dan tidak bisa menggunakan arang sembarangan untuk membuat kopi ini. Arang dari pohon sambi sudah terbukti aman dan juga mampu membuat kopi yang dibuat semakin beraroma dan memiliki cita rasa yang istimewa.

Apabila anda belum mengetahui pohon sambi, anda dapat bertanya langsung dengan penjual kopi joss. Batang pohon sambi tidak didapatkan dengan mudah karena harus memesan langsung dari Kalimantan. Hal inilah yang membuat kopi ini semakin unik. Jika anda melihat proses dari kopi joss mungkin akan ada banyak pertanyaan yang muncul. Arang yang berwarna merah kemudian di masukkan ke dalam kopi nantinya akan terlihat hitam. Pertanyaan yang sering muncul adalah mengenai tingkat keamanan mengkonsumsi kopi dan mengenai rasa yang ada pada kopi.

Kopi joss dibuat dari arang yang sudah di bakar dengan suhu yang sangat tinggi yakni lebih dari dua ratus derajat. Dari sini, arang menjadi karbon yang mampu menyerap racun. Jika arang dengan panas yang seperti ini dimasukkan ke dalam kopi maka arang sudah menjadi arang yang baik untuk dikonsumsi. Saat meminum kopi, anda dapat mengeluarkan arang dari gelas agar tidak tertelan. Arang yang bercampur dengan kopi sudah jelas aman dan bahkan mampu memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan. Anda tidak perlu merasa kawatir untuk mengkonsumsi kopi yang sangat khas ini.

Kopi ini sudah terbukti aman jadi tidak heran jika kedai kedai kopi yang menjual kopi arang ini sangat banyak dikunjungi oleh masyarakat jogja. Orang yang datang untuk menikmati kopi berasal dari berbagai kalangan. Bukan hanya orang tua saja yang menyukai kopi yang satu ini. Saat ini anak muda juga sangat senang untuk menikmati kopi yang disajikan dengan cara yang berbeda dengan kopi lainnya. Keunikan dari penyajian adalah salah satu daya tarik dari kopi jogja. Banyak orang yang datang awalnya karena penasaran dengan cara penyajiannya namun lama kelamaan datang karena memang kopi ini memiliki aroma dan rasa yang mantap.

Beberapa manfaat kopi joss yang bisa anda rasakan adalah rasa dan aroma yang sangat menenangkan. Arang yang dimasukkan ke dalam gelas kopi adalah arang panas yang membuat kopi mendapatkan suntikan suhu yang sangat tinggi. Rasadan aroma kopi akan semakin mantap ketika diseduh dengan suhu yang tinggi. Manfaat yang selanjutnya adalah manfaat untuk kesehatan pencernaan. Masyarakat jogja percaya jika kopi jozz sangat baik untuk pencernaan karena mampu membantu untuk mengatasi masalah perut kembung bahkan asam lambung.

Popularitas dari minuman yang satu ini hingga saat ini masih sangat baik. Kopi joss bahkan menjadi kopi yang sangat digemari oleh anak muda jogja. Angkringan yang menjual kopi ini selalu ramai pelanggan. Lokasi yang sangat cocok untuk mengkonsumsi kopi ini memang seperti di angkringan dan juga dilesehan. Anda yang masih berjiwa muda dapat mengajak teman untuk menikmati kopi ini bersama sama sambil ngobrol. Kopi adalah minuman yang tidak pernah membosankan dan selalu memberikan kenikmatan di setiap sruputannya.

Jika anda sedang berada di jogja, atau nantinya mampir di jogja sebagainya jangan sampai melewatkan kopi joss yang dijual di angrkingan. Harga untuk satu cangkir kopi sangatlah murah meriah. Hanya dengan uang sekitar empat ribu rupiah anda sudah dapat merasakan sensasi dari kopi yang sangat unik dan istimewa. Rasa dari kopi ini memang sangat unik karena ada aroma arang yang khas. Anda tidak perlu merasa kawatir mengenai keamanan dari kopi ini. Jenis kopi yang digunakan untuk membuat minuman ini adalah jenis kopi hitam biasa dari jenis kopi robusta atau arabika. Setelah di beri arang yang masih panas maka aroma kopi akan berubah dan menjadi lebih menggugah selera.

Untuk dapat menikmati kopi joss, anda bisa datang ke kedai kopi yang buka di sore hingga malam hari. kopi ini masih sangat jarang di temukan di siang hari. Mengkonsumsi kopi di malam hari memang akan semakin terasa begitu istimewa karena suasana malam di kota jogja begitu syahdu apalagi jika anda datang untuk menikmati kopi bersama dengan teman atau keluarga anda. Kota jogja memang salah satu kota yang bukan hanya istimewa budaya dan masyarakatnya saja namun juga ada banyak kuliner hingga minuman dengan keunikan yang akan membuat pengalaman anda selama di jogja semakin tak terlupakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *