Kopi Kelelawar

Kopi memiliki banyak jenis dan juga variasi. Cara pembuatan kopi sangatlah beragam. Saat ini ada banyak pecinta kopi yang rela untuk menghabiskan banyak uang untuk mendapatkan kopi yang sesuai dengan keinginannya. Salah satu kopi yang memiliki banyak penggemar dan memiliki harga yang sangat tinggi adalah kopi luwak. Selain itu ada juga yang sering disebut sebagai Kopi Kelelawar. Jika dianalisis dari namanya, banyak orang mengira bahwa kopi memiliki proses seperti kopi luwak. Mengetahui mengenai kopi ini akan membuat anda semakin mengetahui berbagai jenis kopi unik yang ada di dunia.

Kopi bekas Kelelawar adalah kopi yang sangat unik karena memang berasal dari sisa kelelawar. Kopi ini berasal dari sumatera selatan. pada awalnya kopi ini ditemukan oleh seorang petani tanpa sengaja. Ketika sedang berada di kebun, ditemukan banyak sekali kopi yang berserakan di tanah dan telah terkupas namun masih memiliki kulit dari sehingga terlihat berbeda. petani yang menemukannya bernama Mardoyo. Lokasi dari penemuan kopi ini pertama kali di dusun talang genteng, Kelurahan gunung dempo, kecamatan pagaralam utara. Banyaknya kopi yang berserakan membuat petani merasa sayang untuk disia-siakan.

Kopi yang ditemukan harus diambil satu persatu dan memang berbeda dengan kopi luwak. Banyak kopi yang berserakan membuat petani bisa mendapatkan hingga berkantong-kantong biji kopi yang siap diolah. Kopi yang berserakan tidak melalui proses pencernaan seperti pada kopi luwak. Meskipun demikian, Kopi Kelelawar tetap memiliki keistimewaan dibandingkan dengan jenis kopi yang lainnya. Kriteria dari kopi ini cukup istimewa sehingga tidak heran jika banyak juga yang membelinya sebagai oleh oleh dari sumatera selatan.

Bentuk kopi yang masih utuh ini membuat petani masih bisa memanfaatkannya untuk dijadikan sebagai minuman yang berkualitas. Kopi yang masih tertutup kulit ari ini memiliki kebersihan yang cukup baik. Kopi yang sudah jatuh dan menjadi bekas dari kelelawar adalah kopi yang sudah matang sehingga kualitasnya tetap bagus. Banyaknya kopi yang ditemukan banyak berhamburan membuat para petani tidak tega untuk membiarkannya. Dan saat ini Kopi hasil sisa Kelelawar sudah menjadi salah satu kopi yang banyak dijual di toko oleh oleh. Kopi yang unik ini bukan hanya enak namun juga memiliki manfaat yang baik bagi tubuh.

Mengetahui perbedaan kopi kelelawar dengan kopi luwak

Memiliki nama yang sama sama terdapat nama binatang bukan berarti prosesnya sama. Kopi Kelelawar dimakan oleh kelelawar namun yang dimakan bukan bijinya namun daging buah kopi sedangkan biji kopi tidak dimakan sama sekali. Saat kelelawar makan kopi, biji masih tertutup ari karena proses kelelawar memakan buah kopi tidak sampai menembus kulit ari. Petani akan sangat mudah untuk membedakan kopi bekas kelelawar dengan kopi yang berasal dari hasil pencernaan luwak. Kopi luwak memiliki proses yang lebih komplit karena dimakan semua buahnya dan keluar dalam bentuk biji utuh. Kandungan enzim pada pencernaan luwak meresap ke kopi sehingga rasa kopi menjadi sangat spesial.

Harga Kopi Kelelawar

Biji Kopi Kelelawar biasanya memiliki harga sekitar dua puluh lima ribu rupiah untuk harga bijinya. Sedangkan untuk Harga bubuknya mencapai seratus lima puluh ribu. Harga ini bisa terbilang terjangkau jika dibandingkan dengan kopi luwak. Harganya memang berbeda dengan kopi biasa yang lebih murah. Banyak penggemar kopi yang mengakui bawah kopi ini memiliki rasa yang unik karena terdapat kombinasi rasa pahit dan juga asam. Hal ni dikarenakan terdapat enzim dari liur kelelawar yang mengkontaminasi kopi. Meskipun telah menjadi kopi bekas kelelawar, justru kopi ini memiliki keunikan tersendiri. Rasanya yang unk dan manfaatnya bagi kesehatan banyak yang mengincarnya.

Aroma yang unik

Kelebihan yang bisa didapatkan dari Kopi Kelelawar adalah aromanya yang sangat unik. Aroma kopi adalah hal yang sangat menarik. Banyak penggemar kopi yang jatuh cinta dengan kopi karena aromanya. Kopi ini menawarkan sensasi rasa yang berbeda dengan aroma yang sangat berbeda dengan kopi yang lainnya. Meskipun tidak seperti kopi ada umumnya, aroma dari kopi ini tetap enak. Perbedaannya juga tidak terlalu mencolok sehingga masih tetap memiliki rasa kopi hanya saja memiliki ke khasan tersendiri. Perpaduan rasa asam san juga pahit memiliki sensasi berbeda. Rasa yang unik ini bisa membantu untuk merelaxsasi dan mengembalikan mood yang sedang kurang baik.

Mampu membantu mengobati asma

Kelebihan lain yang sangat menarik dari kopi ini adalah bisa menjadi obat asma. Banyak orang yang percaya bahwa kopi ini sangat baik bagi penderita asma. Hal ini dikarenakan adanya enzim yang berasal dari kelelawar yang sangat baik bagi para penderita asma. Banyak juga yang telah membuktikan bahwa ternyata Kopi Kelelawar memiliki khasiat yang sangat baik bagi yang mengalami masalah sesak nafas. Meskipun dipercaya memiliki khasiat untuk mengobati sesak nafas, hingga saat ini kopi ini masih belum diteliti secara medis mengenai manfaatnya. Kepercayaan masyarakat berkembang karena memang berdasarkan pengalaman dari masyarakat dan bukan dari penelitian yang dilakukan oleh dokter atau peneliti.

Kopi yang berasal dari sisa makan kelelawar ini sudah mulai banyak dikenal oleh masyarakat meskipun masih sebagian kecil saja yang mengenalinya. Belum banyak orang yang kenal dengan kopi ini karena memang belum ada produksi yang konsisten. Kopi ini dihasilkan dari kelelawar liar yang hinggap dan memakan kopi dikebun petani dan belum ada tempat produksi khusus yang menggunakan jasa kelelawar yang dikembangkan. Kelelawar hanya bisa hidup satu minggu di kandang sehingga tidak akan bisa memproduksi kopi secara konsisten. Petani juga hanya mengandalkan kopi yang dimakan secara liar oleh kelelawar saja bukan yang diberikan secara sengaja kepada kelelawar.

Kopi Kelelawar bias ditemukan di sumatera selatan karena belum tersebar dengan luas ke berbagai daerah. Salah satu tempat yang menyediakan kopi ini adalah PT PNM Jakarta lokasinya juga masih di sumatera selatan. Para petani menjual kopi ke sana dan di sana akan diolah hingga menjadi kopi kemasan yang siap untuk dikonsumsi. Saat ini. Kopi jenis ini masih hanya sebatas dijadikan sebagai oleh oleh dan tidak seperti jenis kopi lain yang sangat mudah di temukan di kafe.

Kopi dengan cita rasa yang unik ini bisa dinikmati dengan berbagai cara. Pecinta kopi bisa menyeduhnya dengan menggunakan air panas dan ditambah gula, tanpa gula, atau dengan tambahan susu dan krimmer. Selain itu, Kopi Kelelawar juga bisa dinikmati sebagai kopi modern dengan cara penyajian modern seperti di kafe. Cara untuk menikmatinya adalah sesuai dengan selera dari penikmatnya. Semakin bagus cara untuk membuatnya menjadi minuman maka akan semakin lezat juga rasa dari kopi. meskipun tidak seenak kopi luwak, kopi ini tetap memiliki keunikan rasa yang juga sangat istimewa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *