Kopi Kerinci, Lima Rasa Arabica Dalam Satu Seruput

Bagi anda yang sangat suka mengonsumsi kopi maka tentu saja anda sudah tahu bahwa jenis kopi ternikmat yang ada diantara jenis kopi pada umumnya tersebut adalah kopi arabica. Adapun kopi arabica ini memiliki beberapa jenis yaitu mulai dari kopi arabica toraja, arabica  gayo, arabika mandailing, arabica sidikalang, arabica wamena dan lain sebagainya.  Tentu saja bagi anda penikmat kopi juga sudah tahu bahwa minuman yang satu ini memiliki rasa yang sangat khas dan antara jenis kopi yang satu dengan jenis kopi yang lain juga sangat berbeda beda. Namun pernahkah anda mengonsumsi kopi dengan lima rasa hanya dengan satu seruputan saja? Bagi anda yang sebelumnya belum tahu maka pada ulasan kali ini anda wajib untuk mencoba jenis kopi yang hadir dengan lima rasa kopi arabica yang dapat dikonsumsi hanya dalam satu seruput yaitu kopi kerinci. Bagi anda yang ingin tahu informasi lebih banyak lagi dari kopi ternikmat ini maka langsung saja simak ulasannya dibawah ini.

Rasa Unik Kopi Kerinci

Jika dikonsumsi maka kopi kerinci ini akan hadir dengan rasa asam, sepat, pahit, manis dan juga lembut di mulut. Rasa unik kopi kerinci inilah yang membuat jenis kopi ini berbeda dari kopi pada umumnya. Cara untuk menyajikan kopi ini tentu saja sama dengan penyajian kopi pada umumnya. Disini anda dapat menyeduh kopi dengan air hangat kemudian dapat diseduh sembari menikmati aktifitas lainnya atau sembari bersantai. Dengan hadirnya kopi arabica yang unik tentu saja membuat para pecinta kopi dapat menikmati minuman kopi dengan sensasi yang sangat berbeda.

Asal Mula Kopi Kerinci

Kopi nikmat ini di budidayakan oleh para petani kopi yang berada di desa sungai lintang yaitu tepatnya di kabupaten kerinci, provinsi jambi. Kopi ini memiliki kualitas premium dan disebut dengan nama singkatan KAK atau kopi arabica kerinci. Kopi kerinci di budidayakan oleh petani binaan yang berasal dari lembaga tumbuh alami atau LTA. Lembaga inilah yang sangat fokus terhadap pemberdayaan masyarakat yang ada di kabupaten kerinci. Kopi kerinci mulai dikembangkan pada tahun 2009 dengan nama produk green bean. Kemudian kopi ini berkembang hingga merambah pasar ekspor dan dikirim menuju beberapa negara lainnya seperti amerika, jerman, korea selatan, tiongkok, dan lain sebagainya.

Asal mula kopi kerinci ini berawal dari petani asal kerinci yaitu Yakub yang pada tahun 1999 telah mencoba untuk mempraktikkan menanam beberapa jenis kopi arabika dalam satu lahan. Jika pada umumnya petani hanya menanam satu jenis tanaman pada satu lahan saja maka berbeda dengan petani kopi kerinci ini yang menanam banyak jenis kopi dalam satu lahan. Tujuan penanaman banyaknya jenis kopi ini yaitu untuk dapat memilih jenis kopi arabica yang mempunyai cita rasa terbaik. Diketahui ada sebanyak 1000 tanaman kopi yang di budidayakan dalam satu lahan yaitu terbagi atas lima jenis kopi, ada kopi arabica varietas sigarar utang, arabica andung sari, arabica gayo, arabica s795 dan arabica p88.

Budidaya kopi kerinci ini membuat Yakub dapat mengenali adanya perbedaan dari setiap jenis kopi yang ditanamnya dan begitu juga dengan sifat sifat tanamannya. Untuk jenis kopi arabica andung sari, produksi buahnya sangat tinggi namun rasanya hambar. Kemudian kopi gayo berbuah sangat lama namun rasanya sangat enak jika dibanding dengan empat jenis kopi lainnya. Kemudian dari banyaknya tanaman kopi yang di budidayakan tersebut ternyata jumlah kopi sigarar utang lebih mendominasi. Setelah mengenali lima jenis kopi yang ditanamnya tersebut membuat Yakub mulai mengolah sendiri kelima kopi arabika tersebut dan hanya dikonsumsi oleh keluarganya saja. Jika lima jenis kopi digabung dalam satu seduhan maka rasanya akan menjadi sangat spesial.

Saat ini tanaman kopi kerinci yang di budidayakan oleh Yakub telah mencapai usia 17 tahun dan dalam sebulan dapat memproduksi kopi sebanyak 500 gram kemudian saat musim berbuah tiba maka dapat memproduksi 1,5 ton kopi. Pakar kopi yang berasal dari pusat penelitian kopi serta kakao atau yang sering disebut dengan Puslitkoka Jember mengatakan bahwa area kerinci berada 1000 meter dari permukaan laut sehingga membuat budidaya kopi sangat berkualitas. Hasil dari uji coba cita rasa kopi kerinci ini kemudian di lakukan pada laboratorium puslitkoka yaitu tepatnya pada bulan september 2016, hasilnya kopi tersebut masuk dalam ketegori dengan nilai 86,25.

Budidaya Kopi Kerinci

Keuntungan yang didapat dari membudidayakan lima jenis kopi dalam satu lahan ini pun sangat melimpah. Perawatannya pun juga sangat mudah yaitu pengendalian hama penyakit dapat dilakukan dengan sangat mudah dan jumlah produksi kopi juga dapat saling melengkapi. Awal pembudidayaan, tanaman kopi dengan cara budidaya yang dilakukan oleh Yakub ini hanya dikerjakan oleh 24 petani saja namun saat ini sudah mencapai 700 petani dari 34 desa yang ada di kabupaten kerinci. Kelima jenis kopi arabica ini di budidayakan secara organik dan dari 1000 batang tanaman kopi dapat menghasilkan Rp. 120 juta dalam setiap tahunnya.

Sistem budidaya kopi kerinci yang dilakukan oleh Yakub ini menjadi pusat perhatian dan sangat menarik sehingga mendapat dukungan dari direktur lembaga tumbuh alami atau LTA yang ada di daerah kerinci. Sebelum kopi kerinci ini di promosikan secara besar besaran, kopi kerinci ikut serta dalam beberapa lomba kopi spesial dan ternyata juga mampu atau berhasil dalam meraih juara. Kini berkat kegigihan Yakub, kopi kerinci telah dikenal dan menjadi kopi dengan rasa unik yang ada di Indonesia. Kelima rasa yang ada dalam kopi kerinci ini saling menetralkan sehingga menjadikan cita rasa kopi yang sangat floral dan juga terdapat rasa madu di dalam kopi tersebut.

Pengolahan kopi kerinci ini pun juga dilakukan dengan sangat baik demi menjaga kualitas dari kopi tersebut. Adapun proses pengolahannya yaitu mulai dari pemetikan buah saat buah berubah warna menjadi merah kemudian proses penggilingan lalu berlanjut dengan proses perendaman dan juga proses penjemuran. Setelah itu dilakukan proses penyimpanan dan pada tiap tiap prosesnya tersebut akan terus dikontrol dengan sangat baik sehingga kopi yang dihasilkan akan memiliki kualitas yang sangat tinggi. Saat ini dalam setiap bulannya, buah kopi kerinci yang dihasilkan bisa mencapai jumlah 36 ton dan pada saat musim buah tiba maka dapat mencapai 100 ton dalam satu bulan.

Program budidaya olahan kopi kerinci yang dilakukan oleh Yakub ini sangat membantu bagi para petani lainnya yaitu meningkatkan pendapatan serta menyelamatkan hutan dari kegundulan. Olahan kopi kerinci ini juga telah di dukung secara langsung oleh tropical forest conservation action sumatra atau TFCA- Sumatera.

Manfaat Kopi Kerinci

Perlu untuk anda ketahui bahwa kopi kerinci ini juga memiliki banyak manfaat. Manfaat kopi kerinci yaitu sebagai antioksidan serta asupan nutrisi yang sangat penting untuk kesehatan tubuh. Kopi ini dapat meningkatkan energi dan dapat membuat pengonsumsinya menjadi lebih cerdas. Kopi ini dapat membakar lemak dan dapat meningkatkan performa fisik. Kopi kerinci juga dapat mengurangi terjadinya penyakit diabetes serta dapat meningkatkan jumlah serat dalam tubuh. Kopi ini juga dapat melindungi pengonsumsiannya dari penyakit alzheimer dan juga dimensia serta dapat mencegah terjadinya penyakit parkinson.

Itulah beberapa informasi yang dapat anda ketahui dari kopi kerinci. Kini bagi anda yang sangat gemar untuk menikmati kopi maka anda dapat mencoba kopi kerinci sebagai kopi arabica ternikmat dan paling unik diantara jenis kopi lainnya. Untuk dapat menjajal lima jenis kopi arabica maka anda dapat langsung menikmati kopi kerinci yang apabila di seduh maka akan menciptakan cita rasa yang sangat nikmat. Cara pengonsumsian kopi yang paling nikmat di lidah hanya di sajikan dalam satu seduhan dan satu seruputan saja yaitu minuman kopi kerinci. Terlebih jika diketahui bahwa kopi kerinci ini memiliki banyak manfaat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh yaitu dapat mencegah beberapa penyakit berbahaya serta sebagai asupan nutrisi bagi tubuh sehingga pengonsumsian kopi ini tidak perlu diragukan lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *