Kopi Lahat Surganya Penikmat Kopi

Indonesia merupakan negara dengan iklim tropis yang mendukung untuk tumbuhnya tanaman-tanaman di tanah Indonesia ini dengan subur. Salah satunya adalah kopi. Indonesia merupakan negara penghasil kopi dan eksportir kopi terbesar di dunia. Banyak jenis kopi yang terdapat di negara Indonesia ini. Nikmatnya kopi-kopi Indonesia pun membuat jenis-jenis kopi di Indonesia mendunia. Banyak sekali peminat kopi Indonesia bahkan hingga ke mancanegara. Semakin kesini kopi-kopi Indonesia pun semakin beragam. Ada berbagai jenis kopi dengan rasa dan aroma khas yang berbeda-beda. Salah satu jenis kopi di Indonesia ini adalah kopi Lahat.

Kopi merupakan salah satu jenis minuman yang sudah lama dikenal oleh masyarakat di berbagai penjuru dunia. Kopi merupakan minuman yang memiliki rasa dan aroma khas, serta pahit. Kopi yang sangat familiar di jaman yang modern ini adalah kopi-kopi kemasan yang sudah banyak beredar di pasaran. Padahal kopi kemasan tersebut merupakan kopi yang sudah difermentasi dengan campuran lain yang membuat rasa kopi murninya berubah. Semakin majunya perkembangan jaman ini, memunculkan beragam jenis kemasan kopi dengan rasa dan aroma yang berbeda-beda. Namun kopi kemasan bukanlah kopi murni melainkan sudah diberi campuran sehingga rasa serta aromanya pun sudah tidak asli.

Kopi Lahat merupakan salah satu jenis kopi khas Sumatera. Jenis kopi Sumatera pun sangat bervariasi. Ada beberapa jenis kopi Sumatera yang cukup terkenal dan digandrungi oleh sebagian besar masyarakat, terutama masyarakat/penduduk Sumatera itu sendiri. Diantaranya kopi sidikalang, kopi mandailing natal, kopi besemah, kopi pagar alam dan masih banyak lagi. Lahat ini merupakan salah satu kopi yang banyak diminati oleh masyarakat Sumatera. Para pengunjung yang datang ke Sumatera ini juga tidak melewatkan untuk mencicipi kopi Sumatera yang satu ini. Meski kopi ini tidak cukup luas beredar di pasaran, dan lebih banyak ada di kawasannya sendiri. Namun tidak jarang orang-orang datang ke wilayah Sumatera ini untuk mencari dan mencicipi kopi ini.

Sejarah Kopi Lahat

Lahat merupakan kota tertua yang ada di Sumatera. Kota Lahat ini usianya sudah mencapai sekitar 130 tahun. Sehingga banyak sekali peninggalan-peninggalan bersejarah yang menunjukkan kebudayaan Lahat terdahulu. Pada sektor perkebunan di Lahat, kopi merupakan salah satu ladang penghasilan yang tertinggi. Sejak jaman dulu, minum kopi sudah merupakan budaya bagi penduduk kota Lahat ini dikarenakan perkebunan kopi yang sangat banyak. Hampir diseluruh kecamatan terdapat tanaman kopi. Sehingga hal ini juga menjadi salah satu sumber penghasilan yang sangat penting bagi penduduk Lahat.

Lahat ini adalah salah satu sentra kopi di Pulau Andalas. Produksi yang cukup besar dari kopi sayangnya tidak ditunjang dengan industri pengolahan kopi. Sehingga kopi ini dibawa ke luar Lahat, seperti Palembang, Lampung ataupun Jawa. Namun meski begitu, Lahat dikenal sebagai sentra kopi yang bermutu di Pulau Sumatera ini. Hal ini kemudian yang menjadi alasan munculnya kopi Lahat itu sendiri, dimana di daerah Lahat ini hampir penuh dengan tanaman kopi. Kopi-kopi ini lah yang menjadi khas Lahat atau disebut sebagai kopi Lahat. Selain itu pengolahan kopinya pun cukup rumit.

Perbedaan Kopi Lahat dengan Kopi Lainnya

Kopi Lahat merupakan kopi yang berasal dari Lahat, Sumatera. Kopi ini merupakan salah satu kopi terbaik di Sumatera dan cukup banyak diminati. Kopi jenis ini juga sudah banyak beredar di pasaran, meskipun lebih banyak dijumpai di daerah asalnya. Bagi para pendatang, ketika berkunjung ke Sumatera mencicipi kopi ini adalah hal yang wajib. Kopi ini memiliki rasa dan aroma yang sangat khas, yang membuat orang-orang tergoda untuk menikmati kopi dari Lahat ini. Kopi ini tentu memiliki cita rasa dan aroma yang berbeda dengan kopi lainnya, hal ini menjadi salah satu daya tarik kopi ini.

Kopi yang berasal dari Lahat, Sumatera ini memiliki aroma yang sedap. Selain itu juga air seduhannya kental dan kopi ini memiliki rasa yang gurih. Tidak hanya itu, kopi ini memiliki tekstur yang lembut sehingga sangat nyaman di tenggorokan. Meminum kopi biasanya menimbulkan efek seperti asam lambung naik, perih dan biasanya bagi penderita maag sangat tidak dianjurkan untuk meminum kopi. Namun kopi yang satu ini berbeda dengan kopi pada umumnya. Meminum kopi yang berasal dari Lahat ini tidak akan memberi efek sakit pada lambung. Sehingga bagi penderita maag, kopi ini sangat aman dan nyaman dikonsumsi terutama bagi anda yang memiliki masalah dengan lambung.

Perkembangan Kopi Lahat

Lahat merupakan salah satu daerah di Sumatera yang terkenal dengan julukan “kota surga penikmat kopi”. Hal ini karena di Lahat sendiri kebiasaan minum kopi sudah menjadi suatu budaya bagi masyarakatnya, dan juga di Lahat ini kita bisa menemui banyak sekali tanaman kopi disana serta warung-warung kopi. Sehingga akhirnya Lahat ini menjadi daerah yang terkenal dengan julukan tersebut. Namun ternyata pengelolaan kopi di daerah Lahat ini belum begitu optimal. Padahal kopi ini merupakan salah satu ladang penghasilan bagi masyarakat Lahat.

Kopi lahat ini dinilai sangat lamban perkembangannya di pasaran luar. Lambannya perkembangan kopi dari daerah Lahat ini juga dikarenakan terbatasnya ketersediaan alat serta teknologi untuk mengelola kopi itu, dari biji kopi hingga menjadi bubuk kopi yang siap di pasarkan. Hal ini menjadi salah satu hambatan bagi para petani Lahat sendiri. Padahal potensi kopi di daerah Lahat ini sangatlah besar, namun kemajuannya sangat lamban. Hal ini juga dipengaruhi oleh terbatasnya perindustrian pengolahan kopi di Lahat, sehingga mengharuskan kopi ini dibawa ke luar setelah di panen.

Sekarang ini kopi dari Lahat ini mengalami kenaikan harga. Namun ternyata kenaikan harga kopi ini tidak seimbang dengan hasil panen dari kopi itu sendiri. Harga kopi ini mencapai Rp. 21.000 hingga Rp 24.000. Sedangkan untuk hasil panen dari kopi ini mengalami penurunan. Hal ini dipengaruhi oleh faktor cuaca yang tidak menentu apalagi musim hujan yang membuat kopi ini kurang berkembang dengan baik dan juga tidak banyak berbuah. Hal ini juga menjadi salah satu faktor hasil panen kopi menjadi tidak cepat kering, sehingga penjualan kopi pun menurun.

Kopi Lahat merupakan salah satu kopi yang cukup diminati oleh sebagian besar masyarakat. Khususnya bagi pecinta kopi, kopi yang berasal dari Lahat ini memiliki rasa dan aroma yang nikmat. Lahat merupakan salah satu kota yang disebut sebagai surganya kopi. Namun keterbatasaan kemajuan di daerah Lahat ini juga menjadi salah satu faktor yang membuat perkembangan kopi ini cukup lamban. Selain itu juga kopi ini memang tidak terlalu banyak beredar di pasaran. Anda akan lebih mudah menjumpainya di daerah Sumatera atau Lahat itu sendiri. Walaupun begitu, kopi ini merupakan kopi yang sangat nyaman untuk dikonsumsi, khususnya bagi anda yang memiliki masalah dengan lambung anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *