Kopi Lampung, Jenis Kopi Robusta Dengan Cita Rasa Tinggi

Jika berbicara mengenai salah satu minuman yang sering dikonsumsi oleh kebanyakan orang, mungkin ada banyak jenis minuman yang bisa disebutkan. Setiap orang mempunyai kesukaan terhadap minuman sendiri-sendiri. Salah satu jenis sajian minuman yang disukai banyak orang ialah kopi. Yuph, kopi merupakan salah satu jenis minuman yang paling banyak dikonsumsi oleh orang di dunia termasuk di Indonesia. Jika berbicara mengenai konsumsi kopi di Indonesia, memang minuman pahit ini termasuk dalam jajaran jenis minuman yang sering di konsumsi baik oleh pria dan juga wanita. Kopi memang menjadi teman yang pas ketika diminum di pagi hari dan kopi juga dipercaya bisa menambah semangat dan keceriaan ketika anda meminumnya pada pagi hari. Dewasa ini banyak sekali jenis kopi yang bisa anda temukan di Indonesia dan salah satu jenis kopi yang bisa anda temukan ialah Kopi Lampung.

Yuph, Kopi Lampung merupakan salah satu dari sekian banyak varian kopi yang bisa anda temukan di Indonesia. Kopi ini juga termasuk dalam jenis kopi yang tumbuh pada dataran yang tinggi dan jenis kopi ini juga termasuk dalam jenis kopi robusta yang mana mempunyai aroma dan juga cita rasa tersendiri yang akan bisa membuat hari-hari anda lebih semangat. Jika berbicara mengenai konsumsi kopi, memang konsumsi kopi tersebut layaknya seperti dua sisi mata uang yang mana di satu sisi mengkonsumsi kopi bisa memberikan manfaat bagi tubuh dan disisi lain mengkonsumsi kopi yang terlalu banyak atau tanpa aturan juga bisa menyebabkan permasalahan pada badan anda. dalam kesempatan ini, saya hanya akan membahas mengenai manfaat atau keuntungan yang bisa anda peroleh ketika anda mengkonsumsi kopi robusta khususnya kopi khas lampung ini. apa saja manfaat yang bisa anda ambil ketika anda mengkonsumsi kopi ini? simak penjelasannya sebagai berikut.

Sisi Positf Mengkonsumsi Kopi Lampung

Seperti yang sudah disampaikan di atas, bahwa mengkonsumsi kopi bisa menimbulkan sisi positif dan juga sisi negative. Banyak sisi positif yang bisa anda dapatkan ketika anda ingin mengkonsumsi kopi jenis ini. berikut ialah manfaat yang bisa anda ambil ketika anda mengkonsumsi kopi jenis ini.

     Memperkuat Memori

Hal pertama atau keuntungan pertama yang bisa anda peroleh ketika anda mengkonsumsi kopi jenis ini ialah anda bisa meningkat ingatan atau memori anda ketika anda mengkonsumsi secara teratur. Salah satu kandungan besar yang ada dalam kopi ialah kandungan kafein. Yuph, menurut beberapa penelitian kafein sangat bermanfaat untuk beberapa hal dan salah satunya ialah dengan kafein tersebut bisa meningkatkan daya memori atau ingatan anda. Salah satu penyakit yang berhubungan dengan rendahnya ingatan ialah penyakit Alzheimer dan juga dementia. Menurut beberapa penelitian, dengan mengkonsumsi kopi secara teratur bisa menambah ingatan menjadi lebih lama. Dengan demikian, anda bisa membantu mengatasi kedua masalah tersebut.

     Mencegah kanker

Selain bisa memperkuat memori, mengkonsumsi kopi juga bisa mencegah kanker. Yuph, kanker merupakan salah satu jenis penyakit yang cukup membahayakan. Namun demikian, banyak hal yang bisa anda lakukan ketika anda ingin mencegah kanker dan salah satunya ialah dengan mengkonsumsi kopi. Salah satu kandungan kopi yang bisa anda ketahui ialah hormone estrogen dan juga insulin yang mana kedua kandungan tersebut sangat efektif untuk membantu anda mencegah kanker. Selain itu, kopi juga mengandung kandungan antioksidan yang mana kandungan ini juga sangat baik untuk membantu dalam menghambat sel kanker yang bisa tumbuh dalam tubuh anda. namun demikian, ketika anda mempunyai riwayat penyakit maag, anda memang harus membatasi mengkonsumsi kopi ini.

     Menghambat Penuaan Dini

Jika anda termasuk dalam orang yang ingin tetap tampil muda dan juga terhindar dari penuaan dini, maka mengkonsumsi kopi bisa menjadi satu dari sekian banyak solusi yang bisa anda lakukan. Yuph, dengan mengkonsumsi kopi secara rutin dan teratur bisa membantu anda untuk mencegah penuaan dini. Salah satu kandungan yang bisa anda temukan dalam kopi khususnya Kopi Lampung ialah kandungan antioksidan yang mana kandungan tersebut sangat bermanfaat dalam mencegah radikal bebas dan juga racun yang ada dalam tubuh anda. dengan hilangnya racun yang ada dalam tubuh anda, maka akan mempermudah anda dalam meregenerasi sel kulit anda. dengan demikian, anda akan terbebas dari keriput dan juga penuaan dini.

     Menjaga Metabolisme Tubuh

Sisi positif kopi robusta selanjutnya yang bisa anda ketahui ialah meningkatkan metabolisme tubuh. Yuph, dengan mengkonsumsi kopi secara teratur memang bisa membantu anda dalam menjaga metabolisme tubuh anda. jika anda ingin menurunkan berat badan anda, maka dengan mengkonsumsi kopi secara rutin dan teratur. Hal yang harus anda ketahui ialah bahwa ketika anda ingin menurunkan berat badan anda, maka anda juga harus memastikan bahwa metabolism tubuh anda harus berjalan lancar terlebih dulu. Kopi mengandung kafein yang baik dan kandungan kafein tersebut bisa membantu anda dalam memperlancar metabolisme tubuh. Hal tersebut akan membuat anda mudah dalam membakar lemak anda.

Jenis Lain Kopi Sumatra selain Kopi Lampung

Kopi Lampung termasuk dalam kopi Sumatra atau kopi yang berasal dari pulau Sumatra. Dalam kesempatan ini, saya akan membahas mengenai kopi-kopi Sumatra lainnya yang bisa anda ketahui. Selain kopi robusta dari Lampung tersebut, ada juga jenis-jenis kopi lainnya diantaranya ialah kopi lintong, kopi gayo, kopi sidakalang, kopi gayo, kopi minang solok dan juga kopi-kopi jenis lainnya.

Kopi Lontong – jenis kopi ini termasuk dalam salah satu jenis kopi yang masuk pertama kali di pulau Sumatra. Mengenai awal tanaman jenis kopi ini, kopi ini awalnya di tanam pada daerah bukit barisan yang terletak di danau Toba. Selain itu, kopi jenis ini juga ditanam di daerah linting nihuta dan mengapa itulah kopi jenis ini dinamakan dengan kopi lintong karena kopi ini berasal dari daerah linting nituha. Salah satu ciri khas dari kopi jenis ini ialah kopi jenis ini mempunyai cita rasa yang kuat dan juga aroma yang sangat khas.

Kopi Gayo – Selain kopi lintong, kopi Sumatra jenis lainnya yang bisa anda ketahui ialah kopi Gayo. Kopi jenis ini termasuk dalam jenis kopi yang terkenal yang berasal dari pulau Sumatra. Kopi jenis ini juga termasuk dalam jajaran kopi yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat di Indonesia.

Itulah beberapa hal yang bisa anda ketahui kaitannya dengan Kopi Lampung. Kopi ini memang termasuk dalam jenis kopi yang mempunyai cita rasa dan juga aroma yang sangat kuat. Selain itu, kopi ini juga berbeda dengan kopi-kopi pada umumnya. Kopi ini mengandung keasaman yang pas sehingga juga cukup aman untuk digunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *