Kopi Lampung, Kopi Terbaik Indonesia

Jika anda pecinta minuman kopi tentunya anda sudah tidak asing lagi dengan jenis kopi yang satu ini, yaitu kopi lampung. Kopi asal lampung ini memang pantas di berikan predikat sebagai kopi terbaik yang ada di indonesia. Hal tersebut dikarenakan kopi ini memiliki keistimewaan yang berbeda dari aroma serta cita rasanya yang sangat khas. Para petani kopi yang ada di kota lampung paling banyak membudidayakan jenis kopi robusta di lahannya. Diketahui bahwa sebagian besar lahan kebun kopi yang ada pada lahan dataran tinggi di lampung tersebut adalah kebun milik rakyat yang terpusat di daerah lampung tengah serta lampung barat dan begitu juga dengan daerah tanggamus. Bagi anda yang ingin tahu lebih banyak lagi mengenai kopi lampung ini maka langsung saja simak ulasannya dibawah ini.

Cita Rasa & Aroma Khas Kopi Lampung

Cita rasa & aroma khas kopi lampung ini memang benar benar tiada duanya. Oleh sebab itu jenis kopi ini memiliki banyak peminat. Kopi lampung ini memiliki tekstur yang sangat halus dan cita rasanya juga paling berat serta sangat kompleks jika dibanding dengan jenis kopi yang ada di dunia. Kopi ini memiliki rasa yang berat atau pahit serta memiliki kandungan kafein yang sangat tinggi. Namun meski begitu kopi asal lampung ini semakin meroket dan jika anda berkunjung ke lampung maka anda tidak perlu heran melihat banyaknya kedai kedai yang menawarkan kopi lampung ini. hal inilah yang paling banyak diminati oleh para pengunjung yang kebetulan sangat mencintai kopi. Biasanya kedai kedai yang ada di lampung ini juga di ramaikan oleh para pemuda yang gemar mengonsumsi kopi hitam tersebut.

Budidaya Kopi Lampung

Biasanya kopi lampung ini di proses dengan cara kering atau dengan menggunakan dry processed. Namun ada juga sebagian yang menggunakan tahap cuci ringan atau proses semi washed. Karena lampung merupakan lahan dataran tinggi maka jenis kopi yang paling banyak di budidayakan adalah jenis kopi robusta. Kopi robusta ini sendiri dapat di budidayakan pada ketinggian 600 meter dari permukaan laut. Jika kopi robusta ini di paksa di tanam pada dataran yang tingginya hanya sekitar 100 atau 200 meter saja maka hasil kopi yang diberikan akan memiliki rasa hambar saat di olah. Tanaman kopi ini merupakan spesies kopi yang ukuran tingginya bisa mencapai 12 meter pada tiap tiap pohonnya. Tanaman ini lebih tahan terhadap serangan hama atau penyakit serta dari perubahan cuaca sekalipun.

Kopi Lampung Adalah Warisan Budaya

Proses pemeliharaan tanaman kopi lampung ini dapat dilakukan dengan sangat mudah. dan hal tersebutlah yang membuat petani kopi di lampung mendapatkan keuntungan dari budidaya kopi tersebut. Hingga kini kopi lampung tetap menjadi yang terbaik sehingga membuat pemerintah menjadikan kopi lampung sebagai warisan budaya yang ada di indonesia. Upaya yang hendak di laksanakan oleh pemerintah ini yaitu meningkatkan potensi kopi lampung tersebut sehingga dapat di promosikan terhadap wisata kopi. Juga diharapkan agar dapat mengembalikan kejayaan terhadap budidaya kopi yang ada di lampung yang sudah kental dengan kebiasaan mengonsumsi kopi.

Kopi lampung ini juga di perkenalkan dengan cara meningkatkan proses penjualannya. Meski saat ini sudah banyak perusahaan kopi yang mengolah kopi sebaik mungkin serta memperdagangkan kopi tersebut secara nasional dan bahkan juga secara internasional namun hal tersebut tidak menjadikan para pedagang lokal untuk berhenti memperkenalkan kopi lampung tersebut secara tradisional. Pada nyatanya kopi lampung tradisional yang di olah dengan cara di giling tersebut juga masih di banjiri oleh para pecinta kopi. Dan tentu saja cita rasa yang ada dari kopi lampung tersebut juga tidak berkurang.

Kopi Lampung Rasa Buah

Pernahkah anda mencicipi minuman kopi dan kemudian anda menemukan adanya rasa buah di dalam kopi tersebut? Jika belum pernah maka anda wajib untuk mencicipi kopi asal lampung yang kini di olah dengan sangat kreatif. Saat ini kopi lampung semakin populer dengan hadirnya varian rasa baru yaitu ada kopi lampung rasa nangka, rasa anggur, rasa durian, rasa mocca dan lain sebagainya. Untuk anda yang ingin menikmati kopi dengan sensasi yang berbeda dari sebelumnya maka anda wajib untuk menjajal kenikmatan kopi unik yang hadir dengan berbagai macam varian aroma buah ini.

Manfaat Kopi Lampung

Sama halnya dengan jenis kopi pada umumnya, kopi lampung ini juga memiliki banyak manfaat yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh manusia. manfaat dari kopi lampung tersebut yaitu dapat mencegah terjadinya penyakit syaraf. Kandungan yang terdapat di dalam minuman ini dapat mencegah terjadinya kerusakan pada sel dan akan menghambat adanya peradangan pada otak. Kopi ini juga dapat menjaga kesehatan gigi. Hal tersebut dikarenakan kopi merupakan anti bakteri dan juga anti lengket sehingga dapat mencegah terjadinya lubang pada gigi.

Kopi juga dapat mencegah terjadinya penyakit kanker mulut. Hal tersebut di karenakan kopi ini dapat membatasi adanya pertumbuhan pada sel kanker serta DNA. Manfaat lain dari kopi lampung ini yaitu dapat mengurangi resiko terjadinya penyakit kanker payudara. Hal tersebut di karenakan kopi dapat melepaskan flavonoid serta phystoestrogen yang dapat menahan terjadinya pertumbuhan tumor.

Kopi lampung ini juga sangat bermanfaat untuk dapat mencegah terjadinya penyakit batu empedu. Hal tersebut dikarenakan kopi dapat mengurangi adanya lendir serta resiko penyimpanannya. Kopi lampung juga dapat dimanfaatkan untuk dapat menjaga kesehatan kulit sehingga terhindar dari terjadinya kanker kulit. Hal tersebut di karenakan kopi dapat membunuh banyaknya sel prakanker. Untuk dapat mencegahnya maka disarankan untuk mengonsumsi kopi lampung ini sebanyak 2 – 5 cangkir setiap harinya.

Manfaat berikutnya yang dimiliki oleh kopi lampung tersebut yaitu dapat mencegah terjadinya penyakit diabetes. Hal tersebut di karenakan kandungan asam klorogenik yang terdapat di dalam kopi dapat membantu untuk mencegah terjadinya resistensi insulin yang mana hal tersebut adalah tanda dari timbulnya penyakit diabetes. Untuk dapat mencegahnya maka anda disarankan untuk dapat mengonsumsi kopi lampung ini sebanyak 3 hingga 4 cangkir reguler dan tentu saja dengan takaran kadar kafein yang kurang.

Itulah beberapa informasi yang dapat anda ketahui dari kopi lampung. Kini bagi anda yang sangat gemar mengonsumsi kopi maka dengan adanya ulasan di atas anda dapat mengetahui bahwa kopi lampung memiliki kelebihan yang sangat menarik untuk dicoba yaitu dengan cita rasanya yang sangat khas dan begitu juga dengan aromanya yang sangat pekat dan mampu membuat anda dapat membedakan antara kopi lampung dengan jenis kopi lainnya. terlebih jika kopi ini memiliki banyak manfaat sehingga anda tidak perlu ragu untuk mengkonsumsinya. Untuk anda penggila minuman kopi maka jangan lewatkan kopi lampung dari lidah anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *