Kopi Lanang, Kopi Berkhasiat Dan Juga Nikmat

Kopi adalah minuman yang memiliki kenikmatan tersendiri bagi para penikmatnya. Kopi memang bukan barang baru lagi, minuman ini telah dinikmati sebagai teman bersantai hingga saat ini. Dewasa ini kopi semakin mudah dijumpai dengan berbagai jenis dan cara pengolahannya. Bagi anda yang menginginkan kopi berbeda anda dapat menikmati kopi lanang. Pernahkah anda mendengar jenis kopi ini? Kopi ini ternyata tak berbeda dengan kopi lainnya, dia juga bukan salah satu jenis kopi terbaru. Lebih lengkapnya mari kita kupas lebih dalam mengenai kopi ini.

Apa Itu Kopi Lanang?

Kopi ini memang tergolong kopi yang unik dan langka, tak heran bila kopi ini memiliki penggemar tersendiri. Kopi ini masuk dalam golongan kopi-kopi langka yang diburu, jadi bila anda tengah mencari kopi jenis ini pilihan anda adalah tepat sekali. Coffee lanang atau dalam bahasa dagang internasionalnya dikenal dengan kopi peaberry memang belum sebegitu tenar seperti kopi luwak. Padahal kenyataannya rasa dari kopi ini tak kalah dengan kopi luwak. Sebenarnya kopi peaberry merupakan biji kopi pasca panen yang mengalami anomali atau kelainan. Walaupun mengalami anomali atau kelainan bukan berarti kopi ini cacat atau tidak layak dikonsumsi atau dibuang. Justru inilah keistimewaan dari kopi tersebut.

Ketidak normalan biji kopi dapat dilihat dari bentuk bijinya yang aneh. Bila ada bentuk biji kopi yang aneh baik itu dari jenis robusta, arabika atau jenis lainnya biji kopi ini yang dikenal dengan kopi paeberry. Biasanya petani kopi yang menemukan biji seperti ini akan langsung memisahkannya pada proses sortir. Ketika pada pohon yang sama kulit ceri kopi dikupas, akan ada dua kemungkinan isi biji. Yang pertama satu biji kopi atau monokotil yang disebut kopi lanang atau biji kopi dikotil atau dua biji seperti kopi pada umumnya. Perbedaan antara monokotil dan dikotil biji kopi sangat mudah terlihat, biji kopi monokotil atau lanang berbentuk hampir bulat melonjong seperti kacang dan cenderung utuh tanpa terbelah. Bentuk ini tentu berbeda dengan bentuk biji kopi pada umumnya.

Lalu mengapa biji kopi ini dapat mengalami anomali atau ketidak normalan? Ada berbagai hal yang membuat biji kopi ini menjadi tidak normal selain kelainan genetika. Penyebab pertama adalah tidak normalnya penyerbukan putik bunga akibat serangga atau angin. Umur pohon kopi yang sudah diatas 10 tahun juga menjadi penyebabnya, dikarenakan menurunnya kemampuan penyerbukan. Adanya mal nutrisi atau ketidakseimbangan zat makanan bagi pohon kopi ketika pembuahan terjadi. Nah dari beberapa hal yang menyebabkan biji kopi lanang menjadi tidak normal ini, anda pasti telah memahami bahwa kopi anomali tersebut memang asli tanpa rekayasa apapun.

Apa Manfaat Kopi Lanang?

Meskipun belum setenar kopi luwak, namun manfaat kopi lanang ini menjadi incaran orang dan tetap mampu bersaing dengan kopi lainnya. Ada beberapa alasan mengapa orang menyukai kopi ini. Selain memiliki kadar nikotin lebih tinggi 2,1 persen dibandingkan kopi luwak, banyak orang yang mengatakan bahwa kopi ini bermanfaat bagi para pria. Yakni dapat meningkatkan vitalitas kaum pria, sayangnya belum ada penelitian resmi akan hal tersebut. Namun resep bahwa kopi ini mampu meningkatkan stamina pria telah ada sejak zaman dahulu dan turun temurun hingga kini. Tapi telah banyak yang membuktikan khasiat dari kopi ini. Bila anda ingin mengetahui jawaban sebenarnya anda dapat mencobanya sendiri.

Berapa Harga Kopi Lanang?

Kopi lanang memang kopi istimewa dan juga langka, sehingga membuat kopi ini memiliki harga yang jauh lebih mahal dibandingkan kopi biasanya. Biji kopi yang telah disangrai memiliki harga yang relatif mahal dapat mencapai 250K per kilogram-nya sedangkan kopi biasa lainnya hanya berkisar 100K per kilo. Yang menjadi penyebab harga kopi menjadi mahal karena tingkat kesulitan memperolehnya, serta proses sortir yang lebih teliti dan lama daripada kopi lainnya. Dalam sekali panen ceri kopi, biasanya jumlah kopi ini hanya berkisar 5 hingga 10% saja.

Dalam satu kilogram terdapat 0,5 ons biji kopi anomali ini. Sulitnya memperoleh dan proses sortir yang lebih lama inilah yang membuat kopi anomali ini menjadi mahal. Kesulitan memperoleh kopi ini pula yang membuat kopi tersebut tidak setenar kopi luwak, hanya orang lokal saja yang menikmatinya. Jenis kopi juga menjadi penentu banderol harga kopi ini, baik itu arabika atau robusta. Bahkan ada beberapa penjual kopi jenis ini yang telah diproses melalui pencernaan luwak, harganya dapat mencapai 1 juta.

Apakah Ada Perbedaan Rasanya?

Bila ditanya apakah ada perbedaan rasa dari kopi lanang ini dengan kopi umumnya? Jelas ada perbedaan yang mencolok disini. Kopi paeberry memiliki kadar nikotin lebih tinggi dari kopi umumnya, bagi anda yang tidak begitu suka ngopi saja akan dapat merasakan kadar nikotin tinggi dari kopi ini. Rasanya tidak berbeda jauh dengan kopi luwak, bahkan aromanya juga hampir mirip dengan kopi luwak. Rasanya lembut berpadu aroma semerbak kopi serta tekstur padat membuat ampas kopi lebih sedikit namun tetap terasa begitu kental. Para coffee adict pasti akan menyukai kopi ini.

Bagaimana Cara Menyeduhnya?

Meskipun kopi ini tergolong langka dan berkhasiat, cara menyduh kopi lanang tidak berbeda dengan kopi lainnya. Anda dapat menyeduh dengan cara tradisional ataupun modern menggunakan coffe maker. Namun perlu anda perhatikan ketika akan menyeduh menggunakan cara tradisional. Agar lebih nikmat dan tak kalah sedap dengan kopi di cafe, anda harus memperhatikan takaran. 1:20, 1:14 atau 1:30, artinya adalah 1 gram kopi untuk 20/ 14/ 30 ml air. Setelah ukurannya pas, masaklah air bila telah muncul gelembung kecil segera angkat dan tuang setengah air yang mendidih tadi. Masak air kembali hingga benar benar mendidih lalu tuang sisa air tadi.

Tambahkan gula sesuai selera bila anda ingin memberikan rasa lebih manis pada kopi. Kopi pun siap dinikmati untuk menemani bersantai anda. Kopi ini tak akan kalah nikmati bila diolah menggunakan coffee maker, justru akan terasa lebih nikmat lagi. Anda dapat menggunakan berbagai alat seperti moka pot, espresso, vietnam drip, atau berbagai alat lainnya. karena kadar nikotinnya lebih tinggi, akan terasa lebih nikmat lagi bila anda mengolahnya menggunakan espresso.

Setelah mengetahui keistimewaan dari kopi lanang tersebut apakah anda tertarik untuk mencicipi lezatnya kopi langka ini? Untuk memperoleh kopi langka ini anda harus bersiap merogoh kocek lebih dalam, terlebih lagi untuk mendapatkan kopi paeberry berkualitas yang telah melalui proses pencernaan luwak. Mahalnya kopi ini juga disebabkan karena manfaatnya bagi vitalitas para pria, bila anda ingin membuktikannya anda dapat mencoba menikmati kopi ini. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda mengenai kopi, terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *