Kopi Lanang, Kopi Istimewa Dengan Rasa Yang Tak Biasa

Bagi anda yang termasuk pecinta kopi-kopi langka, kopi lanang dapat menjadi salah satu jenis kopi yang wajib anda coba. Bagi sebagian penggemar kopi, varian yang satu ini sering dianggap istimewa. Pasalnya, kopi ini mempunyai cita rasa yang unik, khas, dan tidak biasa. Dalam bahasa dagang internasional, varian lanang ini dikenal dengan istilah kopi Peaberry, yang merupakan biji kopi pasca panen yang telah mengalami kelainan atau anomali. Meskipun terlihat tidak normal, biji kopi tersebut tidak serta merta berarti tak layak konsumsi atau cacat. Sebaliknya, kelainan atau anomali yang terjadi pada kopi tersebut justru memiliki keistimewaan tersendiri untuk dinikmati.

Keistimewaan yang dimiliki oleh kopi lanang

Karena merupakan kopi yang telah mengalami anomali, sudah pasti terdapat beberapa karakter yang berbeda dengan biji kopi pada umumnya. Salah satu anomali yang ada di varian lanang tersebut dapat dilihat pada bentuk biji. Bentuk yang terkesan aneh tersebut sudah bisa diidentifikasi sejak proses pemetikan. Biasanya, biji kopi yang mengalami anomali akan mulai dipisahkan pada proses sortir. Jika kulit ceri kopi yang berasal dari pohon yang sama dikupas, maka terdapat dua kemungkinan isi biji yaitu satu biji kopi lanang atau monokotil atau dua biji kopi (dikotil) seperti pada biji kopi pada umumnya.

Untuk membedakan karakter atau ciri biji dari varian lanang dengan jenis biji kopi yang lainnya, anda harus mengetahui bagaimana bentuk kopi tersebut saat masih berupa biji. Untuk varian lanang, biji kopi mempunyai bentuk yang hampir bulat melonjong. Bentuk ini kurang lebih mirip dengan kacang dan cenderung utuh tanpa terbelah. Bentuk tersebut tentunya berbeda dengan bentuk biji kopi secara umum yang berbentuk pipih di satu bagian dan cembung dibagian yang lain, yakni seperti biji kacang yang terbelah.

Kopi lanang, hal-hal yang menyebabkannya disebut kopi anomali

Tentunya ada beberapa alasan mengapi varian kopi yang satu ini mengalami kelainan atau anomali. Berdasarkan Badan Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar atau Balittri Litbang Kementerian Pertanian, ada berbagai macam penyebab terbentuknya kopi lanang, diantaranya:

     Penyerbukan putik bunga yang tidak optimal. Biasanya akibat dari angin atau serangga.

     Usia pohon kopi yang lebih dari atau di atas 10 tahun yang dapat mengakibatkan penurunan kemampuan penyerbukan secara alami.

     kelainan genetika.

Hingga saat ini, telah diketahui bahwa produk kopi lanang adalah kopi yang dihasilkan dari proses alami serta tidak menggunakan rekayasa apapun. Jangan berpikir jika kopi ini berasal dari varietas atau spesies tanaman kopi tertentu. Apapun jenisnya, baik arabika, robusta, atau yang lainnya, semua jenis memungkinkan adanya kandungan dari biji kopi varian lanang ini. Hanya saja, jumlahnya yang biasa dihasilkan dalam satu kali panen umumnya lebih sedikit.

Dalam satu kali panen ceri kopi, jumlah dari biji kopi varian lanang hanya berkisar antara 5 hingga 10 persen saja. Dalam 1 kilogram, rata-rata hanya terdapat 0.5 ons. Jika anda menginginkan 1 kilogram kopi lanang ini, maka tinggal dikalikan saja. dari hasil tersebut menunjukkan jumlah biji kopi dalam kilogram yang dibutuhkan untuk bisa mendapatkan 1 kilogram varian lanang tersebut.

Meskipun namanya belum sama terkenalnya dengan single origin, varian lanang tersebut masih mampu bersaing di pasar. Biji kopi varian lanang yang sudah disangrai bisa mempunyai harga jual yang relatif lebih mahal, yaitu sekitar 250 ribu rupiah untuk tiap kilogram-nya. Harga dari kopi ini lumayan mahal karena disortir dengan lebih teliti dan juga lebih lama jika dibandingkan dengan biji kopi pada umumnya. Harga tersebut berada diatas varian kopi lain yang hanya berkisar 100 ribu rupiah saja. Namun, harganya biasanya menyesuaikan dengan jenis kopi. Harga untuk jenis robusta dan arabika bisa saja berbeda. Menariknya, harga dari kopi varian lanang tersebut bisa melambung naik hingga ke angka satu juta rupiah jika bijinya didapatkan melalui proses pencernaan luwak liar. Jika ingin mendapatkan harga yang agak murah, anda bisa mendapatkan biji kopi yang didapatkan dari hasil pencernaan luwak kandang.

Dari segi kualitas, mungkin sebagian dari anda bertanya-tanya apakah kopi yang satu ini mempunyai kualitas yang lebih baik jika dibandingkan dengan kopi biasa. Hal ini sebenarnya relatif karena persoalan rasa dan aroma kopi tentunya menurut selera masing-masing individu yang meminumnya. Namun, terdapat beberapa iklan yang menyebutkan bahwa kopi lanang mempunyai tekstur yang padat, rasa yang lebih lembut, dan aroma yang mirip dengan kopi luwak. Untuk kandungan kafein, kopi ini mempunyai kafein yang lebih tinggi sekitar 2,1% dengan kopi biasa. Menurut anggapan di beberapa daerah yang ada di Indonesia, kopi ini juga disebutkan mampu meningkatkan vitalitas kaum laki-laki.

Kopi lanang dengan berbagai khasiatnya

Dalam pasar internasional, kopi yang satu ini lebih familiar dikenal sebagai peaberry coffee yang merupakan jenis kopi spesial dengan bentuk biji yang berbeda. Dalam bahasa jawa, lanang mempunyai arti laki-laki. Disebut demikian karena biji kopi yang satu ini berbentuk bulat dan hanya tunggal, tidak terbelah seperti pada umumnya. Selain itu, kopi ini juga berbentuk lebih kecil. Kopi ini sebenarnya bukanlah varietas baru dan dapat dihasilkan oleh pohon kopi yang berjenis robusta ataupun arabika yang pada umumnya ditanam oleh para petani kopi yang ada di Indonesia.

Bagi para penggila kopi, anda harus mencoba kopi yang satu ini karena mempunyai cita rasa seduhan yang begitu halus dengan aroma serta taste tiga kali lebih kuat dibandingkan dengan biji kopi biasa. Kopi ini juga mempunyai kadar kafein yang sangat tinggi sehingga dapat menimbulkan efek tidak mudah mengantuk bagi siapa saja yang mengkonsumsinya. Selain itu, banyak orang yang meyakini bahwa kopi ini mempunyai khasiat untuk menambah tenaga ekstra serta vitalitas bagi kaum pria. Dengan kata lain, kopi ini dapat dijadikan stimulant untuk menambah keperkasaan laki-laki. Namun sayangnya, belum ada penelitian yang spesifik tentang hal tersebut.

Namun, menurut salah satu penelitian terpercaya, senyawa kafein bisa memicu kekuatan otot bagi mereka yang sudah memasuki usia tua. Hal ini berarti bahwa kafein dapat berperan sebagai stimulan untuk menghasilkan kekuatan yang lebih. Hasil dari penelitian tersebut mungkin bisa menunjang klaim tentang khasiat kopi varian lanang ini untuk obat kuat para lelaki karena mempunyai kandungan senyawa kafein yang lebih tinggi dibandingkan kopi biasa.

Menurut pendapat dari beberapa ahli, kopi varian lanang terbentuk karena adanya penyerbukan yang tidak sempurna. Hal ini menyebabkan satu dari dua bibit dalam buah kopi menjadi puso dan tersisa satu benih saja yang akan menempati ruangan pada buah kopi. Hal ini biasanya terjadi pada penyerbukan bunga yang ada di ujung cabang dimana putiknya mungkin sedikit rusak oleh gangguan serangga atau terpaan angin. Namun bisa juga disebabkan karena ketidakseimbangan pengiriman zat makanan ketika pembuahan karena pohon kopi mengalami stress dan membuat biji kopi tumbuh kurang sempurna. kopi lanang bisa juga terbentuk karena faktor kelainan genetika.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *