Kopi Lintong, Kopi Unggulan Dari Sumatera

Buat orang awam, ketika ditanya masalah kopi tahunya hanya kopi yang memiliki satu jenis. Padahal kopi memiliki jenis yang banyak sekali. Setiap negara memiliki jenis kopi yang berbeda-beda. Bahkan di indonesia jenis kopi sangat banyak sekali. Salah satu kopi unggulan di indonesia adalah kopi lintong. Kopi ini masih termasuk jenis kopi sumatera yang memiliki aroma dan cita rasa yang unik. Dibudidayakan di daerah lintong sumatera utara. jenis ini sudah diekpor ke berbagai penjuru dunia dan memiliki penggemar yang banyak sekali. Untuk lebih jelasnya kita bahas semuanya dibawah ini,

Sejarah Dan Asal Daerah Kopi Lintong

Bagi pecinta kopi, kopi ini memiliki banyak penggemar. Seperti namanya jenis ini berasal dari daerah lintong nihuta, tapanuli utara. Sebagian besar jenis yang ditanam adalah jenis arabika. Produknya sudah di ekspor ke berbagai belahan dunia. Pertama kali masuk ke indonesia dibawa oleh kolonial belanda pada tahun 1988. Tetapi menurut sejarah sejak tahun 1750, sudah ada orang yang membawa tanaman ini ke indonesia.

Rasa kopinya memiliki tekstur rasa asam yang kental dan sangat popular di dunia. Semakin kesini semakin banyak perkebunan kopi di sumatera. Ini membuat ekspor kopi dari indonesia semakin meningkat. Bahkan indonesia termasuk pengekspor kopi terbesar di dunia. Kualitas kopi semakin meningkat dengan proses pengolahan dan penanaman yang lebih baik.

Tempat Yang Tepat Untuk Budidaya Kopi Lintong

Sebagain besar jenis kopi harus tumbuh di dataran tinggi. Begitu pula dengan kopi lintong. Jenis ini banyak tumbuh di daerah lintong nihuta dan dolok sanggul, yang memiliki ketinggian sekitar 410 – 1600 mdpl. Jika ditanam dibawah ketinggian tersebut akan membuat pertumbuhan tanaman terhambat. Untuk suhunya sekitar 17 derajat celcius sampai 25 derajat celcius. Setelah pertumbuhan di daerah lintong dan dolok berhasil. Proses budidaya kopi mulai menyebar di daerah onang anjang, pollung, dan paranginan. Bahkan dulu pernah ditemukan varietas yang sama dan sudah tumbuh sejak berpuluh tahun yang lalu.

Untuk jenisnya paling banyak jenis arabika. Tetapi ada tempat yang membudidayakan kopi robusta. Kopi arabika membutuhkan ketinggian yang lebih tinggi. Hasil kopi arabika yang paling berkualitas ada di kecamatan dolog sanggul dengan ketinggian 1450-1600 mdpl, kabupaten lintong nihuta dengan ketinggian 1400-1450 mdpl, kecamatan pollung dengan ketinggian 1000-1400 mdpl, kecamatan paranginan dengan ketinggian 1400 mdpl dan kecamatan onang anjang yang memiliki ketinggian 1000-1400 mdpl. Setiap tahunnya menghasilkan lebih dari 5 ton kopi, sehingga bisa menghasilkan devisa negara yang tinggi.

Manfaat Kopi Lintong

Manfaat kopi lintong tidak hanya untuk diminum saja. kandungan mineral di dalam kopi membuat kopi ini memiliki manfaat yang banyak sekali. Bahkan ampas kopinya juga bisa dimanfaatkan. Berikut ini manfaat yang harus anda ketahui.

      Membuat Rambut Lebih Sehat

Kandungan didalam kopi bisa membuat rambut lebih sehat dan halus, Ambilah ampas kopi dari sisa seduan air hangat. Oleskan pada rambut secara merata, sambil dipijat perlahan. Diamkan selama 15 menit lalu bilas sampai bersih. Perawatan secara rutin, dapat membuat sel rambut tumbuh lebih cepat dan sehat. Gunakan perawatan secara rutin setiap minggunya.

      Wajah Lebih Sehat Dan Bersih

Semua orang pasti ingin memiliki wajah yang sehat dan bersih. Tak perlu perawatan yang mahal, cukup perawatan rutin setiap harinya. Untuk membuat wajah lebih sehat dan bersih bisa memakai ampas kopi. Ampas kopi akan mengangkat sel kulit mati, sehingga akan membuat regenarasi kulit lebih cepat. Ampas kopi bisa dijadikan scrub alami. Bersihkan wajah terlebih dahulu, kemudian oleskan ampas kopi secara merata pada wajah. Lakukan pemijatan secara perlahan. Diamkan selama 15 menit lalu cuci bersih. Lakukan perawatan ini 3 kali dalam seminggu.

      Menghilangkan Kantung Mata

Manfaat kopi lintong selanjutnya adalah untuk menghilangkan kantung mata. Jika anda sering begadang, pasti kantung mata seperti panda. Selain menggunakan teh, menghilangkan kantung mata panda bisa dengan ampas kopi. Ampas kopi mengandung antioksidan yang tinggi, sehingga bisa membuat kantung mata panda menghilang. Setiap harinya, cukup oleskan sekitar mata ampas kopi yang masih hangat. Diamkan selama 15 menit lalu cuci bersih.

      Menetralkan Bau

Manfaat utama dari kopi memang untuk menetralkan bau. Ketika anda membeli parfum, pasti akan diberi aroma kopi untuk menetralkan aroma parfum. Jika ruangan anda bau pengap atau bau sepatu yang menyengat, netralkan bau tersebut dengan kopi. Cukup taburkan didalam sepatu, diamkan sebentar lalu buang. Untuk ruangan, letakkan kopi diwadah lalu letakkan di tempat yang berbau. Jadi kopi bisa menjadi pengharum ruangan alami.

      Menghilangkan Selulit

Selulit menjadi masalah yang sering dihadapi oleh para wanita. Terutama untuk wanita yang baru saja melahirkan. Selulit yang banyak di kulit pasti akan membuat percaya diri berkurang. Daripada memakai krim yang mahal, lebih baik menggunakan kopi saja. kandungan didalam kopi bisa membantu menghilangkan selulit yang membandel. Sebelum mandi, jadikan ampas kopi sebagai lulur badan alami. Oleskan pada bagian tubuh yang terdapat banyak selulit. Diamkan selama 20 menit lalu bilas sampai bersih. Lakukan perawatan secara rutin, setiap harinya.

      Meningkatkan Kecerdasan Otak

Ternyata menurut sebuah study, konsumsi kopi bisa meningkatkan kecerdasan otak. Kandungan didalam kopi akan membuat otak terangsang dan lebih aktif. Sehingga bisa membuat kecerdasan lebih meningkat dan mencegah kepikunan. Minum minimal 2 gelas kopi setiap harinya. Olahan kopi green, akan lebih efektif mencerdaskan otak. Didalam kopi terdapat magnesium, vitamin B2, vitamin B5 dan potassium. Kandungan tersebut dapat melindungi otak sel dari penyakit otak. Seperti dementia, parkinson atau alzheimer.

      Mengurangi Resiko Penyakit Jantung

Menurut sebuah penelitian di amerika serikat, seseorang yang mengkonsumsi kopi setiap harinya. Dapat mengurangi resiko terkena penyakit jantung sampai 20%. Terutama untuk wanita yang lebih beresiko. Kopi dapat meningkatkan sistem metabolisme sehingga pembakaran lemak lebih cepat. Jika lemak dibakar, maka resiko penyumbatan pembuluh darah ke jantung berkurang.

Sebenarnya masih banyak sekali manfaat dari kopi lingtong. Untuk pemilik penyakit maag, lebih baik hati-hati dalam konsumsi kopi. Sebelum minum kopi lebih baik makan terlebih dahulu. Jika minum kopi dalam keadaan perut kosong, akan membuat asam lambung meningkat dan membuat maag kambuh. Anda juga bisa mencampurkan kopi dengan susu atau cokelat, untuk mengurangi kadar kafeinnya. Sehingga tidak akan membuat perut perih.

Tekstur Kopi Lingtong

Kopi jenis ini termasuk jenis kopi arabika karena memiliki rasa yang agak asam. Untuk kopi robusta memiliki rasa agak manis, seperti ada rasa coklat. Bodynya full dan memiliki acidiy mild. Body disini merupakan rasa yang ditinggalkan kopi ketika diminum. Jadi ketika anda meminum kopi ini rasanya akan tertinggal lama di mulut. Rasa asamnya sangat terasa dimulut. Rasa dari kopi ini seperti ada rasa herbal, kacang dan agak spicy. Rasanya sangat komplek. Pahitnya tidak begitu terasa, karena hilang dengan campuran rasa yang lain. Proses pengolahan kopi dengan giling basah.

Untuk menghasilkan kopi yang berkualitas memang melalui proses yang panjang. Inilah yang membuat harga kopi mahal. Harus ditanam di tanah yang baik, proses perawatan yang panjang dan proses pemanenan yang baik. Tak hanya itu saja pada saat pengolahan harus tepat, sehingga menghasilkan olahan kopi yang enak. Body full dari kopi asal sumatera ini dihasilkan dari proses pemanggangan yang lama. Sehingga bodynya benar-benar full di mulut.

Saat ini penyebaran kopi lintong sudah ada di seluruh penjuru dunia. Banyak penikmat kopi yang suka dengan jenis kopi ini, karena rasanya yang enak, aroma yang harum dan tektur yang pas. Setiap jenis memang memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Inilah yang membuat kopi unik. Berbeda dengan teh yang hanya memiliki beberapa jenis saja. Kopi akan selalu memanjakan pecintanya. Sekian artikel kali ini, semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat buat anda. selamat berburu kopi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *