Kopi Lombok, Kopi Hitam Dengan Cita Rasa Istimewa

Ketika mendengar kata “kopi Lombok”, yang terbesit di pikiran kita pastinya adalah kopi hitam, pahit rasanya. Namun, buka hanya sekedar kopi hitam, tentu saja ada banyak keunikan yang ditawarkan, termasuk rasa dan aromanya. Lombok sendiri memiliki masyarakat yang memang dikenal sangat akrab dengan kopi. Berbeda dengan masyarakat di wilayah lain yang mana kopi merupakan minuman selingan yang hanya dinikmati 2 hingga 3 kali dalam seminggu, kopi sudah menjadi gaya hidup oleh masyarakat Lombok. Tentunya, Lombok juga memiliki kopi khas yang membuat banyak masyarakat dari luar Lombok tertarik mencobanya.

Hidup dari Kopi Lombok

Kebanyakan masyarakat Lombok memang hidup dari kopi. Bukan hanya sebagai penikmat kopi, mereka juga banyak yang berprofesi sebagai petani kopi. Bagi mereka yang memiliki lahan luas, mereka biasanya memilih menanam tanaman kopi. Memang tanaman kopi sangat tumbuh subur di sana. Misalnya saja masyarakat di wilayah Prabe, Lombok. Sebagian besar penduduknya adalah petani kopi. Itulah kenapa kopi Lombok Prabe menjadi sangat popular di kalangan pecinta kopi nusantara. Ketika bertamu ke rumah penduduk di Lombok, jangan kaget bila kita akan dijamu dengan minuman kopi, entah itu pagi, siang, sore, ataupun malam. Jadi, kopi memang sangat melekat pada masyarakat Lombok.

Rasa Kopi Lombok

Seperti kita tahu, kopi Lombok adalah kopi hitam. Ketika mendengar kata “kopi hitam”, tentu saja yang kita pikirkan adalah kopi yang sangat pahit dengan rasa yang menggigit. Memang kopi yang berasal dari daerah Lombok juga memiliki rasa yang pahit. Tetapi, berbeda dengan kopi hitam dari daerah lain yang rasanya berat, kopi dari Lombok ini terasa lebih ringan. Jadi, jangan takut untuk mencobanya, meskipun kalian bukan pecinta kopi. Selain itu, perpaduan manis & pahitnya juga sangat pas dilidah, apalagi kalau masih murni belu dicampur apa-apa. Ditambah lagi, tidak terlihat ampas kopi yang mengapung sehingga rasanya lebih top.

Proses Pembuatan Kopi Lombok

Kenapa kopi khas Lombok sangat nikmat? Ini tak lepas dari proses pembuatannya yang hati-hati. Biasanya, kopi dipanen di Lombok pada bulan Mei. Ini adalah waktu terbaik untuk memanennya. Setelah dipanen, kopi disortir berdasarkan warna buahnya. Setelah itu, buahnya dicuci hingga benar-benar bersih baru kemudian direndam dalam air bersih. Kopi yang nantinya mengapung akan segera dibuang karena rusak. Lalu, dimasukkanlah kopi dalam mesin pengupas kulit ari sebelum akhirnya dijemur di bawah sinar matahari langsung. Kopi akan dijemur dalam waktu sekitar 3 hari bila cuaca panas. Namun bila cuaca tidak panas, maka memerlukan waktu lebih lama.

Setelah benar-benar kering, bijinya dimasukkan ke dalam mesin pengupas kulit blender baru kemudian disortir lagi. Hanya biji kopi dengan kualitas terbaik yang disangrai & digiling hingga menjadi kopi bubuk. Memang ini butuh proses yang lama. Namun, rasa tidak bisa bohong. Terbukti kopi Lombok merupakan salah satu kopi paling nikmat di nusantara. Dulu, awalnya masyarakat Lombok hanya menjual kopi di pasar-pasar. Namun, akhirnya mereka memproduksi sendiri sehingga ini juga berdampak baik pada perekonomian masyarakat Lombok. Yang pasti, mereka akan terus memproduksi kopi-kopi mereka sehingga kita bisa terus menikmati enaknya kopi dari Lombok ini.

Kopi Lombok Paling Populer

Apakah kopi dari Lombok hanya ada satu macam? Tentu saja tidak. Ada banyak macam kopi yang terdapat dan berasal dari Lombok. Rasanya pun bervariasi. Meskipun sama-sama kopi hitam, namun jika kalian adalah pecinta kopi, tentu bisa merasakan perbedaannya. Untuk itu, mari kita bahas macam-macam kopi yang berasal dari Lombok yang paling popular di Indonesia. Ada 3 macam yang menjadi perhatian:

  1. Kopi Sembalun

Di antara kopi yang berasal dari Lombok, kopi Sembalun merupakan yang paling popular. Selain sudah lama terkenal, kopi ini juga memiliki ciri berbeda dibanding kopi Lombok yang lain. Tanaman kopi ini tumbuh di dekat gunung Rinjani dan mempunyai rasa Arabika. Kopi ini juga populer dengan kopi jahenya. Memang biasanya kopi ini dihidangkan dengan dicampur jahe sehingga menjadi kopi jahe yang bisa menghangatkan badan. Jika kalian berkunjung ke Lombok, kopi ini bisa kalian jumpai di beberapa kedai sekitar mataram. Yang pasti, rasanya sesuai dengan ketenaran namanya.

  1. Kopi Lombok Utara

Selain Sembalun, adalah lagi kopi Lombok Utara. Sesuai namanya, kopi ini terdapat di Lombok wilayah Utara meskipun di beberapa wilayah lain di Lombok juga terdapat kopi ini. Tanaman kopi ini banyak ditemukan di dekat tanaman lain seperti pisang, kakao, durian, cengkeh dan lainnya karena tumbuh di wilayah yang sejuk dan dingin. Rasanya pun begitu nikmat, tak kalah dengan kopi-kopi lainnya di Lombok. Daerah-daerah yang banyak menghasilkan kopi jenis ini adalah bayan, santong, gangga, dan masih ada banyak lagi. Kopi ini terkenal karena banyak dijual di luar daerah termasuk di kota-kota besar nusantara seperti Jakarta, Bali, Surabaya, dan lain-lain.

  1. Kopi Kopang

Selanjutnya adalah kopi Kopang. Kopi ini sangat terkenal di Lombok karena rasa pahitnya yang unik. Mungkin karena kopi ini ditanam di dekat tanaman lain seperti pisang, durian, nanas, kakao ataupun tanaman lainnya. Kopi Kopang ini sangat istimewa dan sering disajikan saat acara adat. Selain itu, kopi ini juga sering menjadi jamuan tamu yang datang. Jadi, tak heran jika kalian akan diberi sajian kopi Lombok ini saat berkunjung ke sana. Yang pasti, nikmatnya kopi ini sangat perlu untuk dicoba, bukan hanya di kalangan pecinta kopi saja.

Cara Menikmati Kopi Lombok

Ada banyak cara yang bisa yang bisa kalian lakukan agar menyeduh kopi lebih menyenangkan dan nikmat. Termasuk kopi-kopi dari Lombok ini. Penasaran dengan caranya? Simak beberapa tips berikut ini yang bisa kalian coba sendiri:

  1. Hot Coffee Latte

Ini adalah salah satu cara yang paling sering diminati. Dengan memadukan cita rasa kopi yang khas dari Lombok dengan susu yang tentunya kaya akan kalsium dan nutrisi lain, menjadikan kopi ini semakin nikmat.

  1. Ice Black Rock Latte

Selain itu, kalian juga bisa mencoba cara ini. Kopi dengan cita rasa khas Lombok akan semakin nikmat jika dipadukan dengan espresso ice cube dan susu vanilla. Kalian pun bisa merasakan sensasi yang unik saat minum kopi.

  1. Kopi Susu Coklat

Bisa juga dengan cara menggabungkan kopi local dari Lombok dengan susu segar. Kemudian, campur dengan coklat kualitas tinggi sehingga sangat menggoda selera.

Kalian juga bisa mencoba cara sendiri yang kalian suka saat menikmati kopi Lombok. Yang pasti, kopi-kopi ini memiliki daya tarik tersendiri khususnya di kalangan pecinta kopi. Jadi, jangan ragu untuk mencobanya karena saat ini banyak tersedia di toko-toko terutama di kota-kota besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *