Kopi Long Black popular disemua kalngan pecinta kopi

Seiring berkembangnya zaman yang ada, banyak sekali berbagai macam jenis minuman yang dipadukan dengan bahan-bahan lainnya. Bahan-bahan ini yang bisa mengubah citarasa dari semua minuman sehingga beberapa orang sangat suka saat meminumnya. Salah satu minuman yang sudah banyak dan sejak lama dikonsumsi oleh kita adalah kopi. Hampir disetiap negara di seluruh dunia pastinya mengetahui benar tentang kopi dan pastinya memiliki jenis kopi mereka masing-masing. Minuman yang berasal dari biji kopi ini memang memiliki rasa yang pahit apabila tidak dikombinasikan dengan bahan dasar lainnya. Salah satu jenis kopi yang sangat popular adalah kopi long black.

Kopi long black ini merupakan salah satu jenis kopi yang terkenal di Australia. Jenis kopi ini juga terdapat pada beberapa daerah di dunia yang memang hanya disitulah tanah yang cocok digunakan untuk menanam biji kopi ini. Bijih kopi ini adalah bijih kopi ini hanya bisa ditemukan dai daerah Ethiopia dan juga tentunya di Indonesia yaitu Sumatra. Indonesia memang salah satu negara yang memiliki banyak sekali jenis kopi yang bisa dinikmati.

Beberapa daerah di Indonesia memiliki tanah yang sangat cocok untuk ditanami tanaman kopi. Walaupun begitu, tidak banyak bijih kopi yang di ekspor ke negara asing sehingga pemasukan negara juga tidak bertambah. Walaupun begitu, dengan adanya beragam jenis kopi yang ada di Indonesia pastinya bisa membuat kita menikmati berbagai macam kopi yang sangat unik dan beragam yang salah satunya adalah kopi long black.

Perbedaan Kopi Long Black, Americano, dan Kopi Tubruk

Dari berbagai jenis kopi yang ada, kopi dengan varian long black ini merupakan salah satu yang sangat popular dan disukai oleh peminum kopi yang sudah berumur. Akan tetapi masih banyak pula yang belum mengetahui bahwa jenis long black ini memiliki kemiripan dengan kopi jenis Americano. Hal ini dikarenakan penyajian kedua jenis kopi tersebut nyaris sama sehingga tidak banyak orang bisa membedakan rasa dari long black dan juga Americano. Bahkan bagi yang sudah terbiasa meminum keduanya pastinya masih samar-samar karena pengaruh dari proses pembuatannya yang bisa mengubah cita rasa dari kedua jenis kopi ini. Sebelum kita lebih lanjut membahas tentang perbedaan yang terlihat jelas, maka akan lebih baik apabila mengetahui jenis americaon dan juga long black ini.

Americano adalah jenis kopi hitam yang memang dibuat dari kopi espresso single shot. Jenis kopi Americano ini juga bisa dibuat dengan takaran double shot yang mana dicampur dengan campuran air hangat. Penggunaan air hangat ini lah yang membedakan kedua jenis kopi ini. Selain dari itu, Penyajian dari kopi Americano sendiri menggunakan cangkir 8 oz atau setara dengan 240 ml. Akan tetapi beberapa tempat atau coffee shop menyajikan kopi jenis Americano ini dengan cangkir yang lebih besar yang biasanya mencapai ukuran 15 oz atau setara dengan 450 ml. Cangkir inilah yang bisa membedakan kedua jenis ini.

Selanjutnya untuk kopi long black sendiri merupakan salah satu jenis minuman kopi yang tidak kalah popular dibanding dengan Americano. Jenis long black ini pembuatannya nyaris sama dengan proses pembuatan dari Americano. Akan tetapi yang perlu diperhatikan adalah proses pencampuran yang terjadi diantara keduanya ini sangatlah jauh berbeda. Dalam proses pembuatan Americano sudah terlihat jelas bahwa proses pencampuran espresso terjadi sebelum mencampurkan air. Sedangkan untuk long black sendiri lebih dominan untuk menuangkan air terlebih dahulu baru dicampur dengan espresso. Dari permukaan kopi akan terlihat jelas bahwa jenis kopi Long black ini memiliki cream atau minyak kopi diatas permukaannya. Sedangkan untuk jenis Americano jarang sekali terdapat sisa minyak pada lapisan permukaan kopi.

Berbicara tentang kopi hitam, tidak lengkap apabila tidak membahas tentang saingan lain dari kopi varian long black ini. Jenis kopi long black ini memiliki saingan selain Americano yaitu kopi tubruk. Bagi orang indonesia pastinya sudah mengetahui benar tentang kopi jenis tubruk ini. Kopi tubruk ini adalah salah satu jenis kopi hitam yang tidak kalah popular dibanding dengan kopi yang lainnya. Jenis kopi tubruk ini juga bisa dibuat sesuai dengan keinginan. Kopi ini dibuat dengan menyeduh bubuk kopi dan dicampuri air panas. Kopi tubruk ini adalah minuman yang diminum disertai dengan ampasnya sehingga rasanya pun sangat ketara sekali kopi yang digunakan.

Cara membuat kopi long black

Dari penjelasan untuk perbedaan kopi Americano dan juga Long black pastinya bisa dilihat dengan jelas bagaimana cara membuat kopi yang satu ini. Jenis kopi yang memang terasa pahit ini lebih memiliki cream yang lebih banyak daripada kopi jenis long black. Akan tetapi untuk lebih jelasnya akan dijelaskan dengan sangat rinci agar bisa menjadi salah satu pengetahuan untuk anda yang membacanya. Sesuai dengan namanya, long black ini memiliki warna hitam yang memang berasal dari kopi itu sendiri. Long black ini biasa disajikan berdasarkan cara dari negara yang dianutnya yaitu negara Australia dan juga New Zealand. Kedua negara ini memberikan contoh pembuatan kopi dengan varian long black dengan menyiapkan air panas terlebih dahulu baru diberikan espresso. Urutan ini dimaksudkan supaya tidak merusak cita rasa dari cream yang terdapat pada espresso itu sendiri.

Cream inilah yang akan memberikan rasa yang berbeda dari kopi lainnya. Kekentalan cream di setiap cairan pada kopi long black ini pun akan terlihat jelas apabila proses pembuatannya sesuai dengan langkah-langkah yang diberikan. Walaupun banyak sekali metode yang dilakukan untuk menyajikan espresso jenis long black ini, akan tetapi cara yang paling umum digunakan memang menjadi salah satu andalan bagi penikmat kopi. Kopi yang memiliki rasa pahit ini menjadi salah satu kelebihan yang dimiliki oleh long black.

Anda pastinya sudah paham dan mengerti apa perbedaan ketiga jenis kopi hitam tersebut. Walaupun berbeda, semua jenis kopi yang disajikan secara tradisional maupun modern saat ini tidak begitu berpengaruh terhadap bentuknya, melainkan sangat berpengaruh terhadap rasanya. Cita rasa dari ketiga jenis kopi tersebut sangatlah berbeda apabila anda benar-benar merasakannya dengan seksama. Hampir semua jenis kopi menjadi minuman favorit yang sangat bermanfaat untuk tubuh. Selain bisa mengurangi stress berlebih akibat kegiatan sehari-hari kita juga bisa menjadi salah satu relaksasi tubuh agar sel tubuh bisa lebih santai. Rileksasi inilah yang sangat bermanfaat sehingga banyak orang untuk minum kopi sembari melakukan bisnis dengan klien maupun rekan kerja.

Apabila anda memang pecinta kopi maka bisa dipastikan bahwa anda pastinya sudah mencicipi banyak kopi yang ada di dunia ini. Selain itu, yang sangat bisa dipastikan adalah anda bisa menikmati berbagai macam jenis kopi yang memang sangat beragam variannya. Semoga informasi tentang Kopi long black ini bisa menambah wawasan anda tentang kopi dan bisa menikmati kopi sesuai selera anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *