Kopi Manggar, Kopi Hitam Yang Unik Dengan Sebutan “KOPI O”

Meminum kopi memang menjadi salah satu budaya bagi beberapa orang di Indonesia yang mana tanpa secangkir kopi maka hari-hari mereka tidak akan terasa cerah. Bahkan beberapa daerah juga menikmati kopi untuk memberikan kehangatan sehingga mereka bisa melakukan aktifitas mereka sehari-hari. Indonesia yang kaya akan tanaman kopi ini memang menjadi salah satu penghasil kopi terbaik di dunia dan juga produknya sudah tersebar diseluruh belahan dunia. Salah satu kopi yang menjadi kopi paling nikmat yang pernah ada adalah kopi manggar. Kopi yang satu ini memang sangat khas dan sangat terkenal bagi sebagian orang di daerah Manggar.

Rasa kopi manggar

Sesuai dengan namanya, kopi dari daerah Manggar ini memang berasal dari salah satu kota yang berada di Belitung tepatnya Manggar. Kopi jenis ini memang menjadi kopi yang tidak afdol apabila tidak dicoba ketika mampir ke kota Belitung. Orang Belitung yang juga tidak lepas dari minuman kopi ini merasakan kenikmatan menyeruput kopi dipagi hari dengan suasana khas kota Belitung. Bahkan kopi ini sudah banyak disediakan di berbagai macam kafe yang ada di semua daerah di Indonesia. Tak ayal kopi ini menjadi sangat terkenal bagi penikmat kopi sejati. Keharuman kopi asli Manggar ini memang terasa nikmat apabila diserutup dengan camilan lainnya seperti pisang goreng, ketela goreng dan masih banyak lainnya. Hampir semua orang di Belitung tak melewatkan seteguk kopi dipagi hari.

Kopi manggar yang termasuk dalam jenis Robusta ini memiliki citarasa yang tidak jauh berbeda dengan kopi robusta lainnya. Rasa asam yang disajikan oleh kopi ini menambah kenikmatan tersendiri yang membuat para pecinta kopi semakin menikmati kopi khas Belitung. Proses yang dilalui untuk menjadikan kopi manggar ini memang menjadi penentu kenikmatan dari seteguk kopi. Kopi jenis robusta ini juga tidak memiliki cara khusus untuk membuatnya, namun beberapa barista memang memiliki tekhnik tersendiri dalam menciptakan cita rasa yang berbeda dari setiap jenis kopi dan juga setiap daerah. Baik kopi Aceh maupun kopi dari Manggar ini memang tidak akan sama dari setiap barista yang membuatnya. Hal ini memberikan kunikan tersendiri bagi penikmat kopi dengan berbagai rasa dan campuran pada kopi robusta ini.

Keunikan memesan kopi hitam Manggar

Tidak hanya rasanya saja yang unik, namun di kota Manggar ini juga memiliki keunikan tersendiri saat memesan kopi hitam pada beberapa warung maupun café yang ada. Disana sebutan untuk ko[I hitam ini adalah “Kopi O”. Kopi O ini merupakan kopi hitam asli Manggar yang dibuat tanpa campuran apapun. Kopi ini sangat nikmat bagi mereka yang suka kopi tanpa campuran. Akan tetapi, untuk kalian yang suka dengan kopi campuran susu maka bisa memesan dengan sebutan “Kopi”. Sebutan ini memang terbilang aneh karena kebanyakan orang menganggap bahwa kopi hitam adalah kopi. Sedangkan kopi campuran susu bisa memiliki berbagai macam sebutan misal saja kopi susu. Perbedaan kedua kopi ini memang sangat jelas terlihat dari komposisinya.

Bagi sebagian orang yang tidak kuat meminum kopi hitam murni, lebih baik mencampurnya dengan susu maupun cream. Cream dan susu ini akan memberikan rasa manis pada kopi tetapi tidak menghilangkan rasa pahit yang bercampur dengan rasa asam pada bubuk kopi itu sendiri. Kopi manggar ini juga memiliki bau yang tidak gosong akibat proses sangrai yang dilakukan. Walaupun dicampur dengan air mendidih, rasa kopi ini tidak terlalu masam dan sangat aman untuk lambung. Bagi kalian yang merasa punya penyakit magh, kopi ini masih sangat aman dikonsumsi karena kandungan yang terdapat pada bubuk kopi ini tidak terlalu tinggi. Proses pembuatan yang tepat juga bisa menghindarkan kita dari penyakit magh.

Cara membuat kopi manggar

Kopi robusta manggar ini dibuat secara khusus oleh warga kota Manggar. Pembuatan ini terbilang unik dan mungkin sebagian orang berpikiran bahwa cara pembuatannya tidak higienist yaitu dengan cara menyaring kopi dengan kaus kaki. Kaus kaki ini digunakan sebagai saringan seperti cara pembuatan kopi di Hainam, Tiongkok. Kaus kaki sebagai saringan ini ada di dalam ceret ini kemudian dituangkanlah air panas kedalamnya. Setelah itu saringan kopi akan diaduk. Kemudian air kopi didalam ceret selanjutnya dipindahkan ke ceret lainnya. Kopi ini mengalami 3 kali penyaringan sehingga menghasilkan air kopi yang tidak terlalu kental namun rasa kopi masih tertinggal.

Jangan salah artikan jika penggunaan kaus kaki ini adalah cara yang tidak higienis karena saringan dari kaus kaki ini berasal dari kaus kaki baru yang sudah melalui beberapa proses yang layak untuk digunakan sebagai saringan. Selain itu, dalam prosesnya yang cukup lama ini memang bertujuan untuk mendapatkan cita rasa yang berbeda dan tetap menjaga cita rasa ini agar tidak berubah saat tidak panas. Hal ini memberikan keunggulan tersendiri dari kopi manggar dibanding kopi lainnya. Bahkan para penikmat kopi ini memang tiada hentinya meng eluh-eluhkan kopi robusta ini karena kenikmatannya.

Bagi masyarakat manggar, kopi bukanlah sekedar minuman yang hanya diteguk dan juga dinikmati pada pagi hari saja. Melainkan juga bisa dinikmati kapanpun dan dimanapun dengan berbagai sejarah, adat istiadat, tradisi serta kebanggaan tersendiri dari segelas minuman kopi yang mereka teguk. Ini menandakan bahwa masyarakat manggar memang sangat dekat dengan kopi ini dan memang sudah bukan kebiasaan lagi bagi mereka meneguk secangkir kopi setiap harinya.

Kebiasaan inilah yang menimbulkan berbagai spekulasi yang mengatakan bahwa kopi manggar ini tidak hanya sekedar kopi saja dengan rasa yang berbeda-beda malainkan juga suatu kebanggaan tersendiri bagi mereka yang menikmatinya. Kenikmatan yang diberikan pun berbeda dari yang lainnya bahkan café modern pun tidak akan bisa membuat kopi manggar dengan rasa yang unik ini. Keunikan kopi yang dirasakan di Kota Manggar ini menambah deretan panjang bagi Indonesia untuk terus mempertahankan budaya mereka.

Mungkin perbedaan cara pembuatan setiap kopi juga menjadi pengaruh besar karena semua proses yang dijalani memberikan hasil yang sesuai dengan cara para pembuatnya. Baik di café maupun diwarung-warung, semua jenis kopi akan terasa nikmat apabila dibuat dengan cara yang tepat. Tidak hanya itu saja, kenikmatan ini juga bisa dirasakan ketika penikmatnya mengenal benar jenis kopi yang mereka minum.

Nah itulah beberapa informasi tentang kopi manggar yang bisa dijadikan salah satu minuman sehari-hari kalian. Menikmati kopi bukan sekedar mengetahui apa itu kopi dan rasa dari kopi tersebut melainkan juga sejarah kopi tersebut sehingga kita tahu benar bagaimana cara menikmatinya. Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa dijadikan salah satu referensi yang terbaik untuk para penikmat kopi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *