Kopi Manggar – Kopi Nikmat Khas Belitung

Apakah anda termasuk orang yang menggilai kopi? Yuph, jika anda orang yang suka minum kopi, saya yakin anda pasti tahu banyak hal mengenai kopi yang ada di Indonesia. Kopi merupakan salah satu minuman yang menjadi favorit oleh kebanyakan orang yang berada di dunia ini. Selain itu, kopi juga merupakan jenis minuman yang katanya bisa menambah dan semangat khususnya jika anda meminumnya pada pagi hari sebelum anda memulai aktivitas. Dengan demikian, kopi memang mempunyai sisi positif yang bisa anda peroleh, namun anda juga tidak boleh berlebihan atau terlalu sering mengkonsumsi kopi. Hal tersebut dikarenakan kandungan dalam kopi tersebut bisa berbahaya bagi tubuh anda ketika anda mengkonsumsinya terlalu banyak. Secara umum, kopi dibedakan menjadi dua yakni jenis kopi arabika dan kopi robusta. Kedua jenis kopi tersebut kemudian mempunyai banyak vearietas dan salah satu varietas kopi yang bisa anda temukan di Indonesia ialah kopi manggar.

Apakah anda pernah mendengar apa itu dan seperti apa itu kopi manggar? Kopi varietas ini memang dikenal sebagai salah satu kopi khas Indonesia yang mempunyai cita rasa yang tinggi. Kop ini memang merupakan kopi yang berasal dari Belitung dan sudah lama menjadi kebanggaan masyarakat Belitung. Kopi ini memang berasal dari Belitung dan tepatnya di daerah Manggar . Daerah tersebut juga dikenal sebagai daerah seribu saru warung kopi. Hal tersebut dikarenakan bahwa jenis kopi ini memang banyak ditemukan di banyak warung kopi yang tersebar di setiap sudut kota manggar. Apakah anda pernah mencoba kopi manggar ini? Seperti apakah rasa kopi manggar ini? Simak penjelasannya sebagai berikut.

Kopi Manggar – Kopi Khas Belitung

Jika anda pergi ke Belitung, rasanya kurang lengkap jika anda belum mencoba jenis kopi ini. Kopi ini memang aslinya berasal dari salah satu daerah di Belitung namun jenis kopi ini sudah menjadi ikon bagi provinsi Belitung. Jika anda pergi ke Belitung khususnya ke daerah Manggar, maka anda jangan heran jika akan banyak warung kopi yang menjajakan kopi khas Belitung ini. Banyaknya warung tersebut memang menjadi bagian dari Kopi Belitung ini. Hal tersebut dikarenakan bahwa warung kopi menjadi tempat bagi masyarakat pecinta kopi untuk tidak hanya sekedar menikmati kopi namun juga melakukan perbincangan dalam warung tersebut.

Jika anda pergi ke warung kopi di daerah Belitung ini, anda jangan membayangkan bahwa warung kopi yang tersebar di sana seperti layaknya kafe-kafe yang bisa ditemukan di perkotaan. Berbicara masalah tempat, memang warung kopi jenis ini tidak semegah dan sebagus warung-warung kopi yang ditemukan di perkotaan. Namun demikian, kopi yang dijajakan di warung sederhana tersebut menyajikan cita rasa dan juga aroma yang tiada duanya.

Sejarah Kopi Manggar

Segala sesuatu yang ada di dunia ini pasti ada asal-usulnya, begitu juga dengan jenis kopi manggar ini. Jika berbicara mengenai minum kopi atau kebudayaan ngopi, hal tersebut ternyata sudah ada sejak zaman dahulu kala. Dulu, terdapat para pekerja tambang atau penambang yang berasal dari China. Mereka datang ke Indonesia tidak hanya untuk bekerja saja, namun mereka juga membawa sedikit kebudayaan di daerah asalnya dan salah satu kebudayaan yang dibawa oleh para pekerja tambang tersebut ialah budaya ngopi. Hal tersebut kemudian mempengaruhi masyarakat asli manggar untuk mengikuti kebudayaan ngopi tersebut dan ternyata kebudayaan ngopi tersebut sudah berlangsung hingga saat ini.

Namun demikian, meskipun masyarakat asli Bangka Belitung sangat suka minum kopi, namun ternyata daerah tersebut tidak mendukung untuk bisa tumbuh tanaman kopi yang baik. Hal tersebut dikarenakan bahwa tanaman kopi baik arabika maupun robusta hanya akan tumbuh dengan baik dan juga menghasilkan biji kopi yang berkualitas ketika tanaman tersebut ditanam dalam ketinggian tertentu.

Oleh karena hal tersebut, masyarakat asli Bangka Belitung pun harus mengimpor biji kopi dari Lampung ketika merek

A ingin mengolah kopi sendiri. Dengan demikian, masyarakat manggar memang mempunyai keahlian dalam menggoreng dan membuat biji kopi menjadi bubuk kopi dan kemudian dijual atau di konsumsi, meskipun mereka tidak mempunyai lahan yang pas untuk menanam tanaman kopi tersebut. Namun demikian, meskipun mereka mengimpor biji kopi dari luar daerah, mereka juga membuatnya menjadi bubuk kopi yang mempunyai cita rasa yang khas dan tentunya mempunyai cita rasa yang tinggi.

Bagaimana rasa Kopi Manggar?

Mungkin banyak orang penasaran dengan rasa yang disajikan oleh kopi ini. Yuph, jika berbicara mengenai rasa jenis kopi ini, memang rasa kopi ini tidak terlalu beda jauh dengan kopi lainnya namun karena diolah dengan cara yang khas dan khusus, kopi ini menyajikan cita rasa yang tinggi. Selain itu, kopi jenis ini merupakan salah satu variets kopi robusta yang mempunyai cita rasa yang khas. Kopi ini cenderung lebih asam jika dibandingkan dengan kopi jenis lainnya. Selain cara mengolahnya yang khas sehingga membuat berbeda dengan kopi lain, kopi jenis ini juga mempunyai keunikan dalam menyajikan kopinya.

Jika kebanyakan kopi baik kopi arabika maupun kopi robusta menyajikannya dengan menambahkan air panas,maka tidak dengan kopi ini. Untuk menyajikan kopi ini, kebanyakan orang tidak langsung mencampurkan kopi dengan air panas secara langsung. Namun untuk menyajikan kopi ini, anda harus menyaringnya terlebih dulu. Bagaimana caranya? Simak penjelasannya sebagai berikut. Hal pertama yang bisa anda lakukan ialah dengan menambahkan kopi ke dalam saringan yang bisa anda letakkan dalam ceret atau wadah kopi lainnya. Untuk jenis saringan yang digunakan untuk membuat kopi ini juga bukan layaknya saringan umum yang biasa anda temukan di dapur anda. Saringan yang digunakan ialah saringan khusus untuk menyaring kopi.

Ketika anda sudah menyiapkan kopi dan juga saringannya, anda kemudian bisa menambahkan air panas ke dalam kopi yang sudah diletakkan dalam saringan tersebut. Setelah itu, kopi yang diperoleh dari hasil penyaringan tersebut kemudian anda bisa saring kembali dan tuang ke wadah yang berbeda. Jika anda sudah menyaring kopi tersebut sebanyak dua kali, maka anda bisa menuang kopi-kopi tersebut ke dalam gelas-gelas. Viola, kopi manggar special siap untuk di minum apalagi kalau dengan makan gorengan.

Mungkin sebagian anda bertanya-tanya mengapa harus disaring sebanyak dua kali? Sampai sekarang belum ada informasi yang menjelaskan mengenai hal tersebut. Namun beberapa orang mengatakan bahwa hal tersebut berguna untuk menjaga kesegaran kopi agar suhu kopi manggar tersebut tetap dalam panas yang pas untuk diminum.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *