Kopi Minang Solok, Kopi Dengan Aroma Buah-Buahan

Kopi memang menjadi salah satu minuman yang sangat diminati oleh banyak orang di dunia ini dan salah satu masyarakat yang suka mengkonsumsi kopi ialah masyarakat Indonesia. Jika berbicara mengenai kopi, kopi merupakan salah satu minuman yang digemari oleh masyarakat Indonesia. Minuman satu ini memang menjadi teman yang pas bagi anda yang ingin memulai hari anda di pagi hari. Saat ini banyak sekali jenis kopi yang bisa anda ketahui. Indonesia merupakan salah satu Negara dengan hasil kopi yang lumayan bagus sekali dan saat ini mungkin sudah ada ratusan varian kopi yang bisa anda ketahui dan salah satu jenis kopi yang anda ketahui ialah Kopi Minang Solok.

Kopi Arabika vs Kopi Robusta

Sebelum kita membahas lebih lanjut mengenai Kopi Minang Solok, saya akan memberikan penjelasan sedikit mengenai perbedaan antar kopi arabika dengan kopi robusta. kopi arabika dan kopi robusta merupakan dua jenis kopi yang umum dalam jenis kopi. Namun demikian, kedua jenis umum kopi tersebut juga bisa dibedakan menjadi berbagai bagian masing-masing berdasar pada asal dari tanaman kopi tersebut. Berikut ialah perbedaan antara kopi robusta dan juga kopi arabika.

Kopi Arabika

Jenis kopi ini merupakan salah satu jenis kopi yang akan tumbuh dengan baik dan menghasilkan biji kopi yang berkualitas ketika tanaman kopi ini ditanam pada ketinggian 700-1700 mdpl. Selain hal tersebut, tanaman kopi arabika ini bisa tumbuh dengan baik di suhu antara 16 sampai 20 derajat celcius. Jika kopi tumbuh dalam suhu tersebut, maka tanaman kopi tersebut akan menghasilkan biji kopi yang berkualitas dan sangat baik. Namun sebaliknya, jika tanaman kopi tersebut ditanam pada suhu yang lebih panas, maka pertumbuhan kopi tersebut akan terhambat dan tentunya akan menghasilkan biji kopi yang tidak baik. Selain biji kopi yang tidak berkualitas, tanaman kopi jika ditanam pada suhu yang lebih panas juga akan mudah terkena berbagai jenis penyakit, salah satunya ialah hemileia vasttrix. Dengan demikian, ketika anda ingin menanam kopi jenis arabika ini, maka anda harus memastikan bahwa tanaman tersebut tidak ditanam pada ketinggian kurang dari 700 mdpl.

Tanaman kopi arabika ini memang banyak ditanam di daerah etopia dan juga Brazil. Sementara itu, di Indonesia sendiri juga sudah banyak daerah yang menanam tanaman kopi jenis arabika ini meskipun jumlahnya tidak sebanyak Negara-negara tersebut. Jika berbicara mengenai presentase kopi pada zaman ini, kopi arabika masih memegang jumlah jika dibandingkan dengan kopi robusta. kopi jenis arabika ini memang sudah mencapai sekitar 70 persen pasar kopi di dunia. Ciri dari kopi jenis ini ialah bahwa kopi jenis ini mempunyai aroma yang lebih harum dan juga wangi jika dibandingkan dengan kopi robusta. selain itu, kopi jenis ini juga mempunyai rasa yang lebih pahit dan terasa sangat kental di mulut ketika anda meminumnya. Selain itu, tingkat keasaman kopi jenis ini juga tidak terlalu besar sehingga kopi jenis ini memang agak bersahabat ketika anda meminumnya. Harga kopi arabika ini juga lebih mahal jika dibandingkan dengan kopi robusta.

Kopi Robusta

Selain kopi arabika, jenis kopi selanjutnya yang bisa anda ketahui ialah kopi robusta. kopi jenis ini memang sangat banyak di tanam di Indonesia. Dengan demikian, sebagian besar kopi jenis robusta ini memang ditanam di Indonesia. Kopi jenis ini memang merupakan jenis kopi yang berasal dari berbagai campuran kopi sehingga membuahkan kopi jenis robusta ini. jika berbicara mengenai pasar dunia, kopi jenis ini memang mencapai sekitar 30 persen dari pasar kopi dunia yang mana 70 persen pasar di miliki oleh kopi arabika. Jika berbicara mengenai ciri khas dari kopi robusta ini, kopi jenis ini memang memiliki rasa yang khas. kopi jenis ini mempunyai rasa yang mirip dengan rasa coklat dan juga aromanya juga sangat harum dan wangi. Jika berbicara mengenai warna dan tekstur dari kopi robusta ini, memang warna yang dihasilkan lebih pekat dna juga teksturnya juga agak kasar. Selain itu, tanaman kopi robusta ini juga lebih rentan untuk terkena penyakit tanaman sehingga para petani kopi robusta ini memang harus lebih intens ketika mereka membudidayakan kopi jenis robusta ini. hasil kopi robusta ini juga lebih banyak dan budidaya kopi ini juga lebih lama jika dibandingkan dengan kopi arabika. Selain itu,harga kopi ini juga lebih terjangkau jika dibandingkan dengan harga kopi arabika.

Itulah perbedaan yang bisa anda ketahui antara kopi robusta dengan kopi arabika. Kedua jenis tersebut memang mempunyai ciri khas khususnya dalam tekstur, rasa dan juga tanaman masing-masing. Selain itu, penikmat kedua kopi tersebut juga banyak. Jika berbicara mengenai Kopi Minang Solok, kopi ini juga termasuk dalam kopi yang tumbuh d dataran Indonesia dan kopi jenis ini juga mempunyai cita rasa dan aroma yang khas yang tidak bisa anda temukan pada jenis kopi yang lain. Apa saja kekhasan yang bisa anda temukan dari kopi jenis ini? simak penjelasannya sebagai berikut.

Kekhasan Kopi Minang Solok

Kopi dari minang Solok ini merupakan jenis kopi yang berasal dari Indonesia dan pada awalnya jenis kopi ini memang tidak terlalu terkenal dan tidak banyak diminati oleh banyak orang. Memang saat itu, banyak orang yang belum tahu mengenai rasa dan aroma yang wangi dari kopi tersebut. Namun demikian, beberapa tahu terakhir, kopi jenis ini memang semakin digemari oleh para penikmat kopi dan semakin hari kian banyak peminatnya dan membuat jenis kopi ini menjadi popular. Untuk tanaman kopi ini, memang tanaman kopi ini banyak di tanam pada dataran tinggi di Gunung Salang yang mempunyai ketinggian antara 1200 sampai 1600.

Jika dibandingkan dengan kopi yang lain, kopi jenis ini memang mempunyai rasa yang lebih ringan. Selain itu, rasa yang dihasilkan oleh kopi ini juga seperti ada rasa buah-buahan sehingga tentunya anda akan mendapatkan rasa yang khas ketika anda menikmati jenis kopi ini. karena ada rasa-rasa buah-buahan yang ada pada jenis kopi ini, maka banyak orang yang menganggap bahwa kopi ini mempunyai kemiripan dengan kopi afrika. Selain itu, kopi ini juga mempunyai tingkat kepahitan yang cukup tinggi. Dengan demikian, ketika anda memang suka kopi yang pahit, anda wajib mencoba Kopi Minang Solok ini. sementara itu, cara pengolahan kopi ini juga diolah menjadi 3 cara yakni dengan cara natural, washed dan juga honey.

Itulah sedikit informasi yang bisa anda ketahui kaitannya dengan Kopi Minang Solok. Kopi yang mempunyai cita rasa yang tinggi dan mempunyai rasa yang khas yakni rasa buah-buahan. Jika anda merupakan pecinta kopi, maka tidak seharusnya anda melewatkan sensasi kopi ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *