Kopi Minang Solok, Kopi Terbaik Di Dunia

Bagi anda penikmat kopi tentu saja anda sudah tahu bahwa kopi yang ada di Indonesia ini hadir dengan berbagai macam jenis dan cita rasanya pun juga berbeda beda. Untuk jenis kopi fenomenal yang kini banyak dinikmati oleh pecintanya adalah kopi minang solok. Kopi memang merupakan salah satu jenis minuman yang paling nikmat untuk dikonsumsi kapan saja. Biasanya para penikmat kopi ini kebanyakan adalah kaum adam. Dengan bersantai atau dalam kondisi tertentu, kopi dapat diseduh untuk menemani hari hari anda. Anda perlu tahu bahwa kopi nikmat ini rupanya sudah banyak di perdagangkan hingga ke mancanegara yaitu secara internasional oleh Gapoktan Surian Permai yang dipimpin oleh Edra Novid. Bagi anda yang ingin tahu lebih banyak lagi mengenai kopi nikmat minang solok ini maka langsung saja simak ulasannya dibawah ini.

 

Tumbuh Kembang Kopi Minang Solok

Tumbuh kembang kopi minang solok ini juga dikerjakan oleh Edra Novid yang saat ini merupakan ketua dalam perdagangan kopi minang solok secara internasional. Edra Novid yang saat ini berusia 39 tahun ini merupakan petani kopi yang sangat besar yaitu diawali pada tahun 1999 – 2000, dimana pada saat ini Gumawan fauzi adalah gubernur di provinsi Sumatra Barat yaitu tepatnya di daerah lolo, Surian dan juga sekitar area kecamatan pantai cermin, kabupaten solok, provinsi sumatra barat. Di tempat yang luasnya mencapai 650 hektar ini kopi minang mulai dikembangkan pada tahun 2007 yaitu pada luas 65 hektar dan pada tahun 2008 ditambah lagi dengan lahan seluas 18 hektar dan pada tahun 2009 ditambah lagi dengan lahan seluas 125 hektar.

Pantai cermin inilah yang merupakan cikal bakal dari pertumbuhan kopi minang solok. Hal ini diketahui berdasarkan informasi yang dicari pada saat masa belanda sudah ada. Bahkan diketahui bahwa belanda juga membangun gudang kopi yang berada di daerah Surian. Hal ini membuktikan bahwa kopi minang solok lahir dengan sangat original di area Surian. Kegiatan pembudidayaan kopi ini sudah dilakukan secara turun temurun yaitu oleh generasi yang berada di daerah tersebut. Pada saat penanaman dan pengolahan kopi arabicasolok digelar, Edra Novid tertarik untuk pulang ke kampungnya untuk dapat mengolah kopi arabica yang ditekuninya dari orang tua sehingga membuat dirinya lulus dalam FMIPA Unri.

Kini sudah banyak pelaku usaha yang mulai mengolah kopi minang solok ini dan bahkan Edra Novid sendiri juga membawa kopi ini menuju Seatle America untuk mewakili Indonesia juga beserta denganĀ  asosiasi kopi yang juga disebut dengan speciality Indonesia (SCAI) untuk ikut serta dalam sebuah festival. Rupanya dalam festival tersebut, kopi ini mendapatkan penghargaan sebagai kopi terbaik dari seluruh jenis kopi yang diikut sertakan. Saat ini kopi minang solok ini juga telah di ekspor hingga ke beberapa negara lainnya yaitu selain Amerika ada australia, jepang, korea, dan lain sebagainya. Kopi jenis minang solok ini telah mendapatkan banyak sertifikat resmi yaitu mulai dari sertifikasi badan pengawas mutu benih di sumatra utara, mendapatkan SK dari kementrian pertanian, juga PIRT, SITU, TDP, dan SIUP serta sertifikat Cupping SCAI, sertifikat roaster, sertifikat kontes kopi dari aeki, SCAI dan mentri industri, sertifikat organik kopi arabica dan masih banyak lagi.

 

Manfaat Kopi Minang Solok

Perlu anda ketahui juga bahwa manfaat kopi minang solok ini juga sangat banyak sekali. Beberapa manfaatnya yaitu untuk mengurangi kerusakan yang terjadi pada fungsi kognitif yang mana hal ini biasa terjadi pada lansia. Manfaat lainnya yaitu sebagai sumber antioksidan sehingga dapat memenuhi kebutuhan nutrisi dalam tubuh. Juga berfungsi untuk mengurangi potensi terjadinya diabetes dan mengurangi terjadinya resiko kanker. Kopi ini juga dapat membuat tubuh menjadi lebih fit atau bugar serta dapat juga mendukung kesehatan pada tulang. Kopi ini juga berfungsi untuk diet dan menjaga kesehatan organ jantung. Untuk manfaat lainnya yaitu dapat membuat pengonsumsinya menjadi tetap aktif dan juga dapat berinovatif serta dapat meningkatkan produktifitas pada otak untuk berimajinasi. Karena manfaat kopi ini sangat banyak sekali, maka anda dapat mengonsumsi kopi ini sesekali untuk dapat mencegah terjadinya beberapa penyakit yang telah disebutkan diatas.

Cara Mengolah Kopi Minang Solok

Cara mengolah kopi minang solok ini sangat mudah sekali yaitu pada umumnya sama seperti mengolah jenis kopi lainnya. Untuk menyajikannya, anda dapat menyeduh bubuk kopi minang solok ini dengan air panas atau hangat. Setelah itu dapat langsung di seduh sembari bersantai dengan ditemani oleh beberapa camilan lainnya. Jika dirasakan dari hasil seduhannya tersebut maka anda akan mencium aroma harum khas kopi minang solok yaitu aroma rempah dan juga ada aroma lemon di dalamnya. Untuk rasa kopi minang solok ini sendiri tergolong ringan dan tidak berat seperti rasa jenis kopi pada umumnya. Tidak hanya nikmat dan harum namun kopi yang satu ini memang sangat berbeda dari jenis kopi lainnya.

Kopi Minang Solok Bukan Sembarang Kopi

Perlu anda ketahui bahwa kopi minang solok ini bukanlah sembarang kopi. Kopi ini tidak dapat disamakan dengan jenis kopi pada umumnya sebab kopi minang solok memiliki kualitas cita rasa serta aroma yang lebih berkualitas tinggi dibanding dengan jenis kopi lainnya. Kopi ini juga tidak dapat di kelola atau di budidayakan pada sembarang tempat sebab kopi minang solok hanya dapat tumbuh di dataran tinggi saja yaitu seperti di kabupaten solok, sumatera barat yang tepatnya berada di pinggir danau kembar serta di area lereng gunung talang.

Di indonesia sendiri yang kaya akan tanaman kopi ini sebenarnya memiliki banyak jenis kopi arabica yaitu mulai dari kopi aceh, kopi lintong, kopi mandailing dan juga kopi sidikalang. Namun diantara beberapa jenis kopi arabica tersebut, hanya kopi minang solok yang memiliki rasa lebih ringan dibanding dengan kopi lainnya. Rasa kopi minang solok ini hampir menyerupai jenis kopi yang ada di Afrika yaitu kopi etiopia atau kopi kenya dan bahkan kopi amerika latin. Inilah yang membuat kopi minang solok mampu bersaing dengan jenis kopi lainnya yang secara internasional. Tidak seperti jenis kopi arabica lainnya, kopi kopi minang solok ini disajikan secara murni atau tanpa campuran sehingga menjadi sajian kopi single quality.

Budidaya Kopi Minang Solok

Adapun pada saat masih di budidayakan, tanaman kopi solok ini di intensifkan secara baik dan diperlakukan dengan sangat maksimal sehingga dapat menghasilkan biji kopi yang sangat baik pula yaitu memiliki kualitas yang tinggi. Proses proses budidaya yaitu mulai dari pemilihan bibit, pemangkasan, perawatan, hingga pada saat memanen biji kopi minang solok yang sudah tua akan dilakukan dengan sangat profesional. Itulah sebabnya tidak heran jika kopi ini menjadi juara dari semua jenis kopi yang ada.

Budidaya kopi minang solok ini tentu saja tidak lepas dari petani petani profesional yang sangat tekun untuk merawat tanaman kopi ini. Biasanya profesi budidaya kopi ini sudah dilakukan secara turun temurun dari anggota keluarga. Oleh karena itu untuk generasi muda petani kopi sudah memiliki ilmu yang cukup baik dari para sesepuhnya untuk dapat membudidayakan kopi minang solok dengan sangat baik. Oleh karena itu ilmu untuk dapat membudidayakan kopi terbaik ini juga sangat diperlukan agar kopi ini dapat terus ada hingga ke masa yang akan datang dan tidak akan menjadi tanaman kopi yang langka sebab peninggalan bangsa harus tetap dilestarikan.

Itulah beberapa informasi yang dapat anda ketahui dari kopi minang solok. Kini bagi anda yang sangat gemar mengonsumsi kopi maka tentu saja akan sangat disayangkan sekali jika anda tidak pernah mencoba kopi ternikmat yang satu ini. Untuk mengonsumsi kopi dengan sensasi rasa yang berbeda dan tidak akan pernah anda temukan pada jenis kopi lainnya maka anda tidak perlu ragu lagi untuk mencobanya. Terlebih jika kopi minang solok ini memiliki khasiat yang sangat banyak sekali sehingga ada keuntungan berlipat ketika anda mengonsumsi kopi jenis ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *