Kopi Mochaccino

Kopi Mochaccino. Kopi saat ini telah menjadi salah satu komoditi perdagangan yang mendunia. dimana tidak heran jika kopi telah menjadi komoditas dagang kedua yang paling banyak di perjual belikan di dunia. Pecinta kopi pun hadir dari berbagai kalangan. Setiap waktu kopi seakan menjadi kebutuhan untuk menghabiskan waktu di berbagai kegiatan.

Sejarah penemuan kopi

Pada awal mulanya kopi ditemukan oleh penggembala Arab bernama Khalid yang sedang menggembalakan kambingnya di Lereng pegunungan di daerah Ethiopia. Khalid kemudian menyadari ketika kambing-kambingnya menjadi lebih aktif setelah makan biji-bijian dari tanaman yang tumbuh di pegunungan tersebut. Setelah kejadian tersebut, banyak orang yang menyadari biji tanaman tersebut memiliki khasiat tertentu. Sehingga banyak orang yang mulai mengkonsumsinya, tidak hanya berupa biji yang mentah namun di olah dengan cara di rebus dan dijadikan minuman yang dinamai al-qahwa.

Minuman al-qahwa tersebut dimanfaatkan para sufi di Yaman untuk membantu konsentrasi berzikir di malam hari. Dengan banyaknya dikonsumsi oleh orang-orang sufi sehingga kopi ini menyebar ke beberapa wilayah islam melalui peranan para penggembara, pedagang dan juga peziarah. Dimana pada abad ke 15 Kopi telah dikenal oleh penduduk Mekkah dan Turki, selanjutnya pada abad ke 16 kopi telah mencapai wilayah Kairo dan juga memiliki banyak penggemar.

Selanjutnya pada tahun 1650 an, terdapat pedagang asal Turki yang bernama Pasqua Rosee yang membawa kopi ini kedaratan Inggris, dan kemudian menjualnya di sebuah warung kopi di George yard Lombard Street London. Selang 8 tahun kemudian, ia membuka cabang dari warung kopinya di Corhill dengan nama Sultaness Head. Perjalanan kopi kembali berlanjut pada tahun 1700 an, telah terdapat 500 warung kopi di London dan secara keseluruhan di Inggris terdapat 3000 warung kopi. Pada saat itu warung kopi tersebut mendapat julukan universitas recehan (penny unniversities), pasalnya ditempat tersebut para pengunjung bisa menikmati kopi sambil mendengarkan dan mengobrol dengan orang-orang yang berwawasan luas.

Perkembangan cara menikmati kopi

Dengan banyak diminatinya kopi oleh berbagai kalangan, tentunya banyak pihak yang ingin menjadi pelaku dalam komoditi pernjualan kopi. Sehingga tidak heran banyak perkebunan dan budidaya kopi semakin meluas di berbagai wilayah di dunia. Salah satunya banyak dilakukan oleh negara-negara Eropa yang memiliki wilayah jajahan. Hal tersebut tentunya dimanfaatkan untuk mengembangkan budidaya kopi. Selain itu, karena adanya pengembangan besar-besaran perkebunan kopi di wilayah jajahan, secara tidak langsung juga sebagai persebaran kopi menjadi semakin luas.

Dengan banyaknya pecinta minuman kopi tentunya semakin berkembang pula mengenai cara menikmati kelezatan dari cita rasa si biji kopi tersebut. Dimana selera orang tentunya berbeda-beda terdapat orang yang lebih suka menikmati kopi tanpa campuran bahan lainnya ataupun dengan tambahan bahan lainnya salah satunya adalah dengan cara memadukan jenis kopi dengan bahan lainnya. salah satunya adalah Kopi Mochaccino

Orang memiliki selera tersendiri, dimana single origin memang menjadi kegemaran banyak orang. Perlu diketahui bahwa single origin ini adalah kopi dari wilayah tertentu dan dinikmati tanpa campuran kopi jenis lain atau wilayah lainnya. namun mengingat masing-masing jenis kopi memiliki kelebihan dan kekurangannya, maka terdapat cara untuk mendapatkan citarasa yang nikmat dengan mengolahnya untuk dijadikan sebagai kopi blend. Kopi blend merupakan proses mengkombinasikan antara beberapa tipe biji kopi untuk menambah cita rasanya. Proses blending tersebut dimaksudkan untuk dapat menyajikan kopi dengan cara menyeimbangkan rasa antara dua jenis kopi ataupun lebih. Misalnya aroma kopi A memiliki aroma kuat namun terlalu pahit, sedangkan kopi jenis A dari wilayah tertentu memiliki rasa manis yang alami. Dengan demikian kedua kopi tersebut dapat dicampur atau dengan istilah di blend.

Kopi Mochaccino: Coffee Blend

Seiring perkembangan zaman, cara menikmati kopi tentu saja semakin banyak dan dapat dilakukan dengan banyak cara. Apalagi kalangan muda juga menjadi salah satu penggemar kopi dengan angka yang cukup tinggi. Dengan semakin banyak tuntutan, sehingga mendorong para barista untuk menciptakan kopi yang sajikan dengan perpaduan yang beraneka rasa. Dimana kopi blend menjadi salah satu cara tepat untuk menjadikan sebuah minuman kopi memiliki banyak citarasa. Perpaduan yang dilakukan oleh para barista tersebut tentunya menjadikan citarasa kopi menjadi lebih smooth, ringan, sweet, dan nikmat. Dimana citarasa tersebut didapatkan dengan memadukan kopi dengan bahan lain misalnya mix kopi dengan coklat, vanila, susu dan masih banyak lagi. Sehingga terciptalah frappuccino, caff latte, cappucinno, americano, affogato, espresso, dan Salah satu produk dari kopi blend ini yang cukup digemari adalah Kopi Mochaccino.

Pada awalnya kopi Mochaccino ini ditemukan oleh orang Amerika, yang terinspirasi dari minuman kopi asal Turin. Definisi Kopi Mochaccino sendiri adalah minuman yang dibuat dari campuran espresso atau kopi hitam ditambahkan susu dan coklat. Sedangkan coklat yang biasa digunakan adalah coklat dengan bentuk cair ataupun serbuk. Sedangkan rasa manis yang dirasakan dari kopo mochaccino ini biasanya berasal dari penggunaan sirup coklat. Disisi lain kopi mochaccino ini bisa di tambahkan coklat susu atau dark coklat. Oleh karena itu Kopi Mochaccino ini memang memiliki rasa dominan dari rasa coklat.

Untuk mendapatkan cita rasa yang nikmat, tentunya dibutuhkan cara membuat kopi mochaccino yang tepat. Dimana membuat kopi mochacciono ini dilakukan dengan mencampurkan ¼ espreso, ¼ coklat, ¼ susu dan ¼ whipped cream. Namun tentunya setiap barista memiliki cara penyajian yang berbeda-beda dan memiliki varian rasa yang lebih banyak. Kemudian dalam penyajiannya biasanya di tambahkan whipped cream. Disisi lain terdapat cara lain untuk menambahkan citarasa yang nikmat pada kopi mochaccino ini. Terdapat penambahan beberapa bahan yang bisa dijadikan topping seperti cinnamon, marshmellows ataupun coklat bubuk.Kandungan kafein kopi mochaccino sekitar 430 gram/ liter.

Variasi Kopi Mochaccino

Sebagai varian baru kopi yang di blend, kopi mochaccino ini memiliki beberapa variasi yang bisa dinikmati. Varian kopi mochaccino disebut juga sebagai white caffe mocha. Dimana bahan yang digunakan bukan berupa dark coklat namun menggunakan coklat putih. Dengan penggunaan coklat putih dalam white caffe mocha tersebut memiliki cita rasa yang berbeda di bandingkan original kopi mochaccino.

Jenis varian selanjutnya dari kopi mochaccino adalah white mocca, black mocca, marble mocca, tan mocca dan tuxedo mocca. Disisi lain masih terdapat varian lainnya yaitu merupakan yang menggunakan double espresso shot. Jenis ini menggunakan steamed milk dan coklat bubuk. Varian kopi selanjutnya dari kopi mochaccino ini adalah kopi mochaccino yang tidak menggunakan kopi espresso. Kombinasi yang digunakan adalah kopi, steamed milk, dan coklat. Dengan kata lain kopi ini sama halnya secangkir kopi di campur dengan coklat panas. Kandungan kopi dari varian kopi mochaccino yang satu ini sama dengan kopi yang digunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *