Kopi Pacamara, Kopi Termahal Di Dunia

Di dunia ini ada banyak sekali jenis kopi. Bahkan setiap negara bisa memiliki lebih dari 5 varietas kopi. Di indonesia saja ada banyak sekali jenis kopi yang tumbuh. Ada kopi aceh, kopi sumatera, kopi, bali, kopi jawa dan lainnya. Setiap jenis kopi memiliki rasa, tesktur dan karakteristik yang berbeda-beda. Setiap varietas memiliki harga yang berbeda-beda. Harga kopi bisa dibedakan dari cara pengolahan, kualitas biji dan masih banyak lainnya. Salah satu kopi yang memiliki harga termahal adalah kopi pacamara. Untuk lebih jelasnya berikut ini daftar kopi termahal di dunia.

Hacienda La Esmeralda

Kopi hacienda la esmeralda berasal dari daerah boquete Panama. Hanya bisa tumbuh diatas ketinggian 1850 meter di atas permukaan laut (mdpl). Kopi ini termasuk kopi termahal di dunia memiliki rasa dan aroma yang unik. Ketika menikmati secangkir kopi hacienda la esmeralda, anda akan merasakan aroma jambu, jeruk yang sedikit bercampur dengan aroma bunga. Lalu ketika dirasakan, seperti ada campuran rasa kopi yang bercampur dengan rasa madu. Tak perlu ditambah dengan gula lagi, karena rasanya sudah manis. Perkebunan kopi ini dimiliki oleh keluarga peterson. Per 1 pon (453 gram) dihargai 4,6 juta. Untuk mendapatkannya juga sangat sulit, karena hanya dijual pada saat pelelangan.

Black Ivory Coffee

Kopi termahal di dunia ini berasal dari thailand. Black ivory coffe berasal dari pencernaan gajah. Jadi biji kopi dimakan oleh gajah, kemudian diambil untuk diolah menjadi kopi. Harga per 1 pon (453 gram) dibandrol dengan harga 6,6 juta rupiah. Seperti kopi luwak, proses pembuatannya hampir sama. Jadi biji kopi seperti di fermentasi didalam pencernaan gajah. Ini membuat kepahitan kopi sedikit berkurang. Memiliki aroma yang khas, karena termasuk jenis arabika jadi memiliki rasa manis asam yang beragam.

Jamaican Blue Mountain Coffee

Sebelum membahas tentang kopi pacamara, anda harus tahu kalau jamaican blue mountain coffee, juga termasuk kopi termahal di dunia. Jenis kopi ini memang memiliki rasa dan aroma yang sangat enak. Inilah yang membuat harga kopinya sangat mahal. Kopi blue mountains ini dibudidayakan di daerah pegunungan jamaika. Memiliki ketinggian 7402 mdpl. Jadi bisa anda bayangkan seperti apa dinginkan suasana disana. Jika dibudidayakan dibawah ketinggian tersebut akan manghasilkan rasa yang berbeda. Memiliki aroma wewangian rempah dan herbal. Tidak ada rasa pahit sama sekali. Tak hanya memiliki predikat kopi termahal, tetapi juga mendapatkan predikat kopi paling dicari para pecinta kopi. Harga per ponya dibandrol dengan harga RP 665.000.

Saint Helena Coffee

Di pulau Saint Helena Coffee terdapat sebuah kebun kopi yang menghasilkan kopi termahal di dunia. Pulau ini pernah dijadikan tempat diasingkannya Napoleon Bonaparte. Dalam sebuah buku, beliau pernah berkata kalau kopi dari saint helena merupakan kopi terenak di dunia. Banyak yang bilang rasa kopinya mirip dengan Hacienda La Esmeralda. Punya rasa manis caramel dan ada aroma jeruknya. Per 1 ponnya dibandrol dengan harga Rp 1,5 juta. Kopi ini juga sulit untuk dicari, karena tiap tahun hanya memproduksi beberapa ton kopi saja.

Los Planes Coffee

Kopi dengan merk Los Planes Coffe merupakan jenis kopi pacamara yang ada di dunia. Dibudidayakan di daerah perbatasan pacamara dan citala El savador. Berada di ketinggian 1600 meter dari permukaan laut. Di sebuah perkebunan kopi miliki Sergio Yeyes Ticas, produk kopi ini di produksi. Kopi ini sangat terkenal di dunia. Kemudian dibuat sebuah merk Los Planes yang dipadukan antara kopi jenis bourbon dan pacamara. Kopi ini memiliki rasa yang sangat enak. Ada rasa krim, karamel, mint dan ada aroma buahnya. Benar-benar sangat komplek ketika masuk ke dalam mulut. Per 1 ponnya dibandrol dengan harga Rp 532.000.

Fazenda Santa Inez

Kopi Fazenda Santa Inez berasal dari daerah brazil. Brazil merupakan salah satu negara penghasil kopi terbesar di dunia. Proses budidaya dan pengolahanya masih memakai cara tradisional. Inilah yang membuat rasa kopi semakin enak dan termasuk kopi termahal di dunia. Memiliki rasa yang benar-benar unik dan sempurna. Ada rasa manis karamel ditambah dengan manis buah yang segar. Jadi walaupun tidak ditambah gula, rasanya tetap enak dan manis. Kopi Fazenda Santa ines ini dibandrol dengan harga Rp 665.000 per 1 ponnya.

Starbucks Rwanda Blue Bourbon

Semua orang pasti sangat mengenal kedai kopi terkenal di dunia, starbucks. Ternyata kedai kopi ini juga menyediakan jenis kopi starbuck rwanda blue bourbon. Mencari kopi ini di kedainya memang cukup sulit, karena tidak dijual di semua kedai dan stoknya terbatas. Jenisnya kopi arabika. Memiliki rasa campuran kacang yang manis dan ada aroma mentega. Bisa dibilang memiliki rasa kopi yang unik. Harga 1 ponya sekitar Rp 319.000. Buat para pecinta kopi, wajib mencoba jenis kopi ini. anda bisa mencampurkan kopi ini dengan kopi pacamara, akan menghasilkan varian kopi yang lebih enak.

Kano Coffee

Kopi kano berasal dari amerika. Dibudidayakan di daerah mauna loa dan lereng hualalai kepulauan hawai. Jenis kopinya termasuk jenis kopi arabika. Tidak pahit dan memiliki rasa manis buah yang enak. Rasanya memang sedikit berbeda dengan rasa kopi arabika pada umumnya. Harga per 1 ponnya sekitar Rp 452.000.

Kopi Luwak

Siapa yang tidak kenal dengan kopi luwak. Kopi asli indonesia ini ternyata masuk ke kopi termahal di dunia. Dinamakan kopi luwak, karena kopinya berasal dari pencernaan luwak. Jadi biji kopi dimakan oleh luwak, lalu dibuang dalam bentuk kotoran. Didalam perut luwak, biji kopi tidak dapat dicerna. Sehingga hasilnya tetap utuh. Rasa kopi luwak memang sangat unik. Seperti ada bau harum yang khas. Berbeda dengan jenis kopi pada umumnya. Didalam perut luwak, biji kopi mengalami fermentasi. Sehingga rasa pahit akan berkurang. Harga kopi luwak saat ini antara 2 juta sampai 8 juta rupiah tergantung dengan kualitas produknya.

Dari kesembilan kopi termahal di dunia diatas, mana yang paling anda inginkan? Kopi pacamara menjadi kopi yang wajib dicoba. Di indonesia kopi jenis pacamara memang masih sedikit. Ada satu perkebunan pacamara di aceh. Itupun hanya ada beberapa pohon saja. sehingga setiap panen hanya menghasilkan sedikit produk kopi saja. inilah yang membuat harga kopi ini mahal.

Banyak yang bilang kalau pacamara merupakan persilangan antara kopi jenis maragogipe (typica) dengan pacas. Sehingga menghasilkan kopi dengan rasa yang lebih unik dan berbeda. Untuk jenisnya termasuk jenis arabika karena rasa pahitnya sedikit. Bagaimana apakah anda tertarik untuk budidaya kopi pacamara. Sekian artikel kali ini, semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat buat anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *