Kopi Pacamara, Si Kopi Mahal Yang Cocok Diseduh Di Pagi Hari

Kopi memang merupakan salah satu minuman yang paling diminati di dunia. Hal ini merupakan sebuah fakta yang tidak bisa dibantah oleh siapapun. Seperti kita tahu, acara istirahat dalam suatu agenda menggunakan istilah ‘coffee break’, yang menunjukkan betapa kopi sudah masuk dalam sendi aktivitas masyarakat. Membincang tentang kopi, kita hendak membahas kopi Pacamara. Pernahkah anda mendengar jenis kopi ini sebelumnya?

Ya, Pacamara adalah salah satu kopi yang dinobatkan sebagai salah satu kopi yang paling mahal di dunia. Harga kopi jenis ini begitu tinggi bukan hanya karena rasanya yang nikmat dan bisa membuat anda merasa segar serta bersemangat di pagi hari, tetapi juga karena varietas jenis ini merupakan salah satu varietas yang langka dan cukup sulit dikembangkan. Tidak jarang, petani kopi mengalami kegagalan saat hendak mengembangkan varietas ini karena beragam kendala, mulai dari hambatan hama hingga faktor suhu yang tidak tepat. Nah, simak beragam informasi menarik terkait kopi mahal yang satu ini. Selamat membaca.

Sejarah Pacamara yang panjang

Perlu anda ketahui, kopi mahal Pacamara memiliki sejarah kelahiran yang panjang. Varietas ini tidak muncul begitu saja di lahan perkebunan kopi dan tumbuh dengan subur tetapi ditemukan dengan beberapa kali percobaan. Menurut berbagai sumber, kopi ini adalah salah satu varietas kopi yang dihasilkan oleh ISIC atau sebuah institut yang membidangi masalah kopi yang berada di Salvador pada tahun 1958.

Institut ini melakukan beragam kali percobaan dengan beberapa varietas kopi sedang Pacamara sendiri merupakan hasil dari persilangan varietas Pacas dan Maragogipe. Pacas merupakan kopi dengan pohon yang pendek dan bisa bertahan terhadap perubahan musim yang tidak stabil. Sedangkan Maragogipe adalah varietas kopi dengan pohon yang menjulang dan menghasilkan biji kopi besar namun sedikit sulit untuk di panen karena ketahanannya yang tidak terlalu baik. Gagasan untuk melakukan persilangan ini di ilhami oleh keinginan untuk mendapatkan varietas kopi unggulan dengan beragam keunggulan dari masing-masing varietas tersebut.

Namun, para peneliti membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menemukan varietas kopi Pacamara yang mereka inginkan. Ya, butuh 30 tahun lamanya untuk merancang kopi ini. Sungguh waktu yang lama, bukan? Akhirnya, sekitar medio 1980an, Pacamara hadir di produsen kopi dengan menawarkan varietas unggulan yang disukai. Tentu, dari sini kita bisa menyimpulkan bahwa harga mahal dari kopi ini adalah wajar.

Pacamara, aroma yang begitu menggoda

Bagi anda seorang penikmat kopi sejati, menghirup aroma kopi yang diseduh di pagi hari tentu merupakan waktu yang menyenangkan. Aroma kopi yang harum dan begitu mempesona akan membuat mood menjadi lebih positif dan kita tentu saja akan lebih bersemangat dalam menjalani hari.

Pacamara adalah salah satu kopi yang memiliki keharuman yang ideal dan sangat menyegarkan. Menyeduh Pacamara pada pagi hari adalah suatu kemewahan yang tidak boleh ditinggalkan. Para peneliti mengatakan bahwa Pacamara memiliki aroma yang kompleks dan intens. Selain itu, ia juga memiliki tekstur yang halus yang tentu akan menyenangkan untuk diseduh. Rasa asam Pacamara tidak terlalu tinggi dengan keasaman elegan dan rasa yang sedikit bercampur dengan manis cokelat dan rasa berries. Tentu, rasa yang begitu kompleks akan mencampur jadi satu dan mencipta sebuah hidangan kopi yang begitu menggoda!

Cara menyeduh kopi Pacamara

Untuk mendapatkan cita rasa kopi yang mantap dan menggoda, tentu kita tidak hanya terpaku pada jenis kopi yang hendak kita pilih. Memang, kopi Pacamara bisa dibilang sebagai salah satu kopi dengan varietas unggulan dengan rasa yang sudah cukup menggoda. Namun, untuk mendapatkan rasa kopi yang khas, mengetahui cara menyeduh kopi juga merupakan hal yang cukup penting. Ada beberapa cara menyeduh kopi yang khas yang bisa anda terapkan untuk menyeduh kopi nikmat Pacamara ini. Simak beberapa teknik penyeduhan di bawah ini.

     Drip method

Cara pertama untuk menyeduh Pacamara yang khas adalah dengan menggunakan metode drip atau sering juga disebut Vietnamese drip. Teknik ini merupakan salah satu teknik yang paling banyak dipilih karena cukup sederhana dan sangat efisien. Anda hanya perlu menggunakan alat Vietnamese drip untuk menyaring ampas kopi. Kopi akan menetes perlahan dari alat dalam waktu yang tidak begitu lama. Meski dibutuhkan sedikit kesabaran, namun cita rasa yang tercipta dari sari kopi yang menetes akan sangat menggugah selera anda.

     French Press

Metode lain yang juga cukup banyak digunakan untuk menyeduh kopi Pacamara adalah French Press. Metode ini cukup mudah digunakan karena alat yang digunakan juga cukup mudah dengan bentuk mirip seperti teko. Metode French Press akan mengepress kopi hingga turun ke bawah sehingga ampas akan tertinggal namun dengan hasil saringan yang relative agak sedikit kasar dibandingkan dengan metode drip.

     Espresso

Tentu anda sudah sangat kenal dengan metode espresso bukan? Ya, menyajikan Pacamara dengan metode espresso adalah salah satu kemewahan yang sangat menggoda. Metode espresso adalah salah satu metode yang sangat digemari terutama bagi para pecinta kopi yang ingin merasakan nikmat sari kopi dengan kepekatan yang lebih. Hal ini disebabkan karena espresso hanya menggunakan sedikit air dalam pembuatan kopi sehingga kopi yang dihasilkan cenderung pekat dan rasa asam Pacamara akan lebih terasa.

     Cold brew

Pernahkah anda mendengar cara menikmati kopi dengan seduhan air dingin? Ya, ini adalah salah satu cara menyeduh kopi yang unik yang tentu bisa anda coba untuk menyeduh kopi Pacamara ini. Cara menyeduh kopi dengan air dingin ini juga seringkali disebut dengan metode cold brew. Metode ini, meskipun akan menghasilkan cita rasa kopi yang khas tetapi membutuhkan waktu yang cukup lama untuk membuatnya, sekitar 12 jam! Kopi dingin ini sangat cocok bagi anda yang menyukai kopi namun memiliki masalah asam lambung. Konon katanya, kopi dengan metode ini cenderung lebih ramah untuk perut yang sensitive.

     Neapolitan flip

Cara lain yang bisa anda pilih untuk menyeduh kopi Pacamara istimewa adalah Neapolitan drip. Sebenarnya, cara kerja dari teknik ini mirip dengan drip method. Namun, alat yang digunakan adalah sepasang cangkir dengan saringan di dalamnya. Satu cangkir digunakan untuk menempatkan kopi bubuk dan satunya air panas yang mendidih. Kemudian, cangkir dibalik dan kopi akan menetes perlahan. Cukup unik, bukan?

Beberapa informasi menarik terkait kopi Pacamara tentu dapat menggugah selera anda untuk mencoba beragam varietas kopi unggulan yang menarik. Selain itu, dengan mengetahui sejarah dari kopi, tentu saja anda tidak hanya sekedar menyukai kopi tetapi juga memahami karakter-karakter tiap kopi. Mari menyeduh kopi untuk semangat yang baru! Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *