Kopi Priangan Yang Telah Merambah Internasional

Kopi Indonesia memiliki banyak jenis. Salah satu jenis yang juga menjadi komoditi pasar internasional adalah Kopi Priangan. Kopi telah menjadi budaya bagi masyarakat Indonesia. Hingga saat ini kopi semakin banyak di cinta oleh masyarakat. Saking banyknya jenis kopi, setiap kopi memiliki pecintanya sendiri namun kopi yang di budidayakan di periyangan memiliki jenis arabika. Kopi ini sangat populer karena memiliki rasa yang umum dengan aroma yang sangat khas. Banyak masyarakat yang menyukai jenis ini. Hingga saat ini, permintaan pasar mengenai kopi arabika dari bumi periyangan masih sangat baik bahkan cenderung meningkat.

Jenis kopi yang banyak di tanam di jawa barat memang jenis kopi arabika karena lebih mudah untuk di kembangkan. Namun hingga saat ini sudah ada jenis kopi robusta yang juga mulai untuk di tanam. Kopi arabika di jawa barat ini telah banyak di jual bukan hanya di wilayah Indonesia saja namun sudah banyak yang diekspor hingga ke Amerika serikat. Masyarakat Amerika juga banyak yang menjadi pecinta Kopi. Kehidupan yang adat dengan banyak kesibukan membuat kopi bisa menjadi teman yang sangat akrab untuk mengusir lelah dan penat. Kopi Priangan memiliki nama yang cukup baik di mata pecinta kopi.

Mengenali kopi priangan memang menjadi hal yang sangat baik agar pecinta kopi semakin mengerti mengenai kekayaan Indonesia dalam hal ini. Petani kopi di jawa barat telah berhasil menjadikan kopi Indonesia memiliki kualitas yang sangat baik. Perkembangan zaman saat ini juga membuat kopi dari jawa barat banyak dipesan untuk dijadikan sebagai kopi instan. Penggemar kopi yang ingin merasakan kopi dari jawa barat ini bisa datang dan langsung membelinya. Harga untuk Kopi ini juga tidak terlalu mahal karena kisaran harga untuk satu kilogram bijinya memiliki harga sekitar tujuh ribu rupiah. Harga untuk bubuk kopi tentu akan lebih tinggi karena sudah melalui proses yang lebih banyak.

Kopi Priangan telah terkenal hingga ke manca negara sehingga kopi ini juga memiliki nama internasional. Masyarakat luar mengenalnya dengan sebutan java preanger coffee. Saat seseorang menyebut nama kopi ini maka semakin mudah untuk mengidentifikasinya. Hal yang membuat kopi ini lebih mudah untuk dikenali adalah karena aromanya dan juga rasanya yang sangat khas dan spesifik. Setiap kopi memiliki rasa yang unik dengan tingkat kepekatan dan rasa asam yang berbeda-beda. Begitu juga dengan kopi ini yang memiliki rasa sangat istimewa. Aroma yang sangat khas membuat kopi ini begitu dicintai dikalangan masyarakat.

Sentra kopi priangan

Banyak dari masyarakat yang belum mengetahui lokasi sentra dari Kopi Priangan. Kopi ini berpusat di dataran tinggi jawa barat. Beberapa Sentra produksi kopi ini adalah di bandung, garut, sumedang, cianjur, suka bumi, tasik Malaya dan wilayah dengan dataran tinggi lainnya. Para petani semakin mudah untuk mengembangkan dan merawat kopi jika kopi ditanam di dataran tinggi yang sejuk dengan curah hujan yang pas. Selain itu, sinar matahari yang menyinari harus cukup. Jenis kopi ini termasuk yang sangat mudah untuk dibudidayakan sehingga hingga saat ini terus berkembang.

pemasaran kopi ini sudah sampai ke Amerika seikat bahkan disana sudah sangat sukses. Kopi Priangan menjadi komoditi yang telah banyak membantu perekonomian masyarakat Indonesia karena banyak di terima di negara barat. Masyarakat Amerika serikat menyambut baik kopi ini karena memang memiliki kualitas rasa dan aroma yang sangat baik. Promosi yang dilakukan oleh pengelola dan pengekspor kopi juga telah banyak dikembangkan untuk membuat kopi tetap bisa bersaing dengan kopi dari berbagai negara lainnya. Kopi yang sudah memiliki pamor yang baik akan lebih mudah untuk bertahan di pasar internasional.

Salah satu negara yang juga menjadi pecinta Kopi kota Priangan adalah Italia. Negara ini memiliki banyak sekali pecinta kopi. Kopi telah menjadi salah satu minuman yang sangat digemari dan bahkan meminum kopi sudah menjadi budaya di tengah masyarakat. Budaya minum kopi yang terjadi di Italia membawa keuntungan bagi Indonesia untuk bisa memasok kopi dalam jumlah yang banyak. Masyarakat akan dengan mudah menerima kopi dari Indonesia yang terkenal kualitas dan juga rasanya yang sangat baik. harga kopi Indonesia juga mampu bersaing dengan kopi lain. Di italia juga sudah banyak dipromosikan mengenai kopi Indonesia yang satu ini.

Rasa kopi priangan

Kopi Priangan memiliki rasa yang sangat unik dan khas. Masyarakat Indonesia akan lebih mudah untuk mengenali kopi ini dari aromanya. Bentuk dari kopi yang bulat dengan aroma yang sangat khas ini membuat siapa saja merasa begitu rilex setelah menikmatinya. Seperti jenis kopi arabika lainnya, kopi ini juga memiliki rasa pahit dan keasaman yang pas. Saat ini di jawa barat, kopi robusta juga banyak ditanam untuk menambah varietas baru. Kopi yang nikmat dengan aroma yang menggugah selera akan dengan mudah membangkitkan semangat di setiap pagi.

Cara menikmati kopi

Kopi sangat cocok untuk dinikmati dipagi hari sebagai teman santai atau sebagai teman cemilan. Kopi dari Priangan banyak dijual di pusat oleh oleh jawa barat. Hingga saat ini, kopi ini juga telah dijual ke berbagai daerah. Meskipun masih terbilang sulit untuk ditemukan di selain wilayah jawa barat, kopi ini tetap laris dipasaran. Banyak yang telah membandingkan rasanya dengan jenis kopi lain. Rasanya yang kental dan pekat bisa dikombinasikan dengan susu atau krimmer sehingga lebih kaya rasa. Jika ingin merasakan kopi ini, bisa datang ke priangan. Makanan yang cocok untuk di makan ketika sedang menikmati kopi adalah seperti gorengan, kue, atau makanan tradisional lain yang merupakan makanan khas Indonesia.

Banyak sekali jenis kopi yang ada di dunia. Hingga saat ini telah diketahui ada enam ribu spesies kopi. Meskipun ada begitu banyak jenis kopi namun hanya beberapa saja yang terkenang di kalangan masyarakat. Jenis kopi dengan harga yang relative murah menjadikan kopi sebagai minuman bagi berbagai kalangan mulai dari kalangan bawah hingga kalangan atas. Kemajuan zaman juga membuat para pebisnis membuat kopi dengan berbagai macam penyajian.

Kopi Priangan banyak juga dibuat menjadi minuman kopi modern. Bagi yang memiliki selera kafe, kopi ini bisa dibuat menjadi kopi susu, kopi frappe, dan masih banyak lagi yang lainnya. menikmati kopi dengan cara sendiri memang akan sangat baik. Kebanyakan dari masyarakat lebih menyukai kopi hitam apalagi bagi para pekerja karena kopi hitam bisa membantu untuk mengembalikan semangat. Kandungan kafein dalam kopi sangat baik untuk menguras stress, mengembalikan mood yang kurang baik, mengusir kantuk, dan masih banyak lagi yang lainnya. Kopi yang diminum sesuai dengan takaran akan memberi manfaat namun jika berlebihan bisa membahayakan kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *