Kopi Rarobang Khas Ambon

Kopi merupakan minuman yang sangat familiar di semua kalangan dari berbagai penjuru dunia. Berkembangnya jaman yang semakin maju membuat keanekeragaman semakin banyak. Begitu juga dengan kopi yang kini semakin banyak beredar di pasaran dengan beragam jenis. Jenis kopi yang beragam ini pun menghasilkan berbagai macam aroma dan cita rasa dengan khas masing-masing dari jenis kopi tersebut. Bagi pecinta kopi, dapat mencicipi segala jenis kopi merupakan suatu kepuasan tersendiri. Apalagi kopi ini merupakan minuman yang dikenal pahit, namun bagi sebagian orang yang sangat menikmati kopi. Rasa pahit dari kopi bukanlah sesuatu yang berarti. Salah satu jenis kopi yang kini sudah sangat dikenal adalah kopi Rarobang.

Kopi rarobang merupakan kopi dari Ambon yang sudah sangat dikenal oleh hampir semua kalangan masyarakat, khususnya para pecinta kopi. Ambon bukanlah daerah penghasil kopi. Namun bagi masyarakat ambon, tradisi minum kopi merupakan salah satu bagian dari kegiatan masyarakat Ambon setiap harinya dan rarobang ini merupakan kopi yang dikenal sebagai kopi dari Ambon. Hal ini tentu dikarenakan ada daya tarik yang menjadikan kopi ini sangat unik dan juga khas. Sehingga ketika menyeduh kopi tersebut, ada kesan khas Ambon didalamnya. Kopi ini merupakan kopi yang sudah dibuat dengan racikan berbeda, sehingga kopi ini sangat dikenal sebagai kopi yang menjadi khas masyarakat Ambon provinsi Maluku.

Rarobang ini merupakan kopi Arabica yang memang terkenal banyak tumbuh di wilayah Indonesia. Kopi ini sudah dimodifikasi oleh penduduk Ambon dengan mencampurkan rempah-rempah yang menjadi khas Ambon dalam pembuatan kopi ini. Kopi umumnya memiliki rasa pahit, namun kopi khas Ambon ini memiliki rasa pahit dan aroma yang berbeda. Hal itu karena rarobang diracik dengan menggunakan rerempahan yang membuat rasa serta aroma kopi ini berbeda daripada kopi lainnya. Hal ini menjadi alasan kenapa para pendatang atau orang-orang yang berkunjung ke Ambon provinsi Maluku wajib mencoba kopi yang satu ini. Aroma dan rasa kopi ini mengundang rasa penasaran serta menjadi kopi yang sangat diminati bagi pecinta kopi yang sudah mencicipinya.

Cara Membuat Kopi Rarobang

Kopi yang dikenal sebagai kopi khas Ambon ini berbeda dengan kopi pada umumnya yang dibuat hanya dengan bubuk kopi dicampur dengan gula. Rarobang ini diracik dengan paduan jahe serta rempah-rempah khas Ambon, yang diantaranya adalah kenari sangrai, gula, daun pandan, cengkeh, kayu manis dan juga taburan jahe. Kemudian setelah itu diberi taburan kacang kenari yang sudah disangrai. Kopi rarobang ini dibuat menggunakan kopi jenis arabica yang banyak tumbuh di Indonesia. Kopi ini juga memiliki cita rasa yang sangat khas yang dihasilkan dari campuran rempah-rempah yang ada dalam kopi ini. Taburan kacang ini juga menambah cita rasa lebih gurih, dan juga pahit pada kopi ini.

Untuk membuat kopi ini sangatlah mudah dan juga tidak ribet. Bahan-bahan yang diperlukan adalah cengkeh, kayu manis, jahe, kopi bubuk, sereh, daun pandan dan gula pasir serta air panas untuk membuat kopi ini. Bahan-bahan ini kemudian dimasak dalam air mendidih sampai aroma rerempahannya tercium wangi. Setelah itu angkat dan kemudian saring air kopi. Air kopi yang sudah disaring kemudian disajikan ke dalam gelas tempurung atau gelas yang tahan terhadap panas. Setelah itu air kopi yang sudah disajikan ke dalam gelas tadi tinggal ditaburi dengan kacang kenari yang sudah disangrai. Dan rarobang sudah siap untuk dinikmati.

Kopi rarobang ini juga dapat dinikmati dengan makanan pendamping yang pas. Dalam khas Ambon pulut siram merupakan makanan yang biasanya dijadikan pendamping ketika minum kopi. Pulut siram ini adalah makanan yang terbuat dari ketan yang diberi parutan kelapa dengan siraman sirup gula aren diatasnya. Makanan ini sangat nikmat untuk dimakan bersama dengan menyeduh kopi rarobang khas Ambon ini. Selain itu anda pun bisa menambahkan susu kental manis dalam kopi, jika anda penyuka minuman kopi susu. Hal ini agar menambah kenikmatan dari kopi ini sekaligus bisa mengurangi rasa pahit dari kopi ini.

Khasiat Kopi Rarobang

Kopi yang dibuat oleh penduduk Ambon provinsi Maluku ini menggunakan bahan-bahan berupa rempah-rempah yang ada di daerah Ambon. Hal ini yang membuat kopi ini memiliki cita rasa serta aroma yang khas. Selain itu, rempah-rempah juga dikenal sebagai bahan yang memberi dampak baik bagi tubuh dan memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh. Kopi Ambon yang dibuat dari bahan rerempahan ini memiliki khasiat untuk menghangatkan tubuh. Sehingga kopi ini seringkali diseduh dan dikonsumsi untuk menghilangkan rasa lelah dan capek pada tubuh. Hal ini salah satu khasiat yang didapat dari bahan rerempahan yang ada dalam kopi ini

Kopi dikenal dengan minuman yang memiliki kandungan kafein. Kafein sendiri dipercaya memiliki khasiat untuk menurunkan resiko penyakit diabetes melitus. Selain itu rerempahan yang menjadi bahan racikan dalam kopi ini menambah manfaat yang berguna untuk kesehatan tubuh. Diantaranya dapat membantu melancarkan peredaran darah dan mengatasi maag. Apalagi bagi pecinta kopi, masalah asam lambung menjadi kendala besar untuk mengkonsumsi kopi. Kita tahu bahwa pada umumnya penderita maag disarankan untuk tidak terlalu sering mengkonsumsi kopi. Namun dengan rerempahan yang ada dalam kopi ini, dapat membantu masalah mengatasi penyakit maag.

Penelitian menunjukkan bahwa kopi dapat menurunkan resiko penyakit kanker, penyakit jantung dan juga masalah tekanan darah. Kandungan antioksidan dalam kopi merupakan salah satu kandungan yang dipercaya memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Ada sebuah studi kesehatan yang mengatakan bahwa dengan mengkonsumsi kopi rutin dapat membantu mengurangi resiko kanker hati dan juga rahim. Selain itu juga ada yang mengatakan bahwa mengkonsumsi kopi harus dalam keadaan dingin atau tidak terlalu panas, hal ini untuk mengurangi resiko esofagus atau kanker tenggorokan.

Masyarakat Ambon telah menjadikan minum kopi menjadi suatu kebiasaan atau bagian dari kehidupan keseharian mereka. Hal ini yang membuat masyarakat Ambon terdahulu berpikir untuk bisa mendapatkan manfaat yang baik bagi kesehatan dengan menyeduh kopi. Kemudian timbul ide untuk membuat racikan kopi ini menggunakan rempah-rempah sebagai bahan campurannya. Apalagi rempah-rempah ini adalah komoditi utama yang ada di daerah Maluku. Racikan membuat kopi dengan rempah-rempah ini bertujuan agar masyarakat memperoleh manfaat yang baik untuk kesehatan, tidak hanya dari kopi saja namun juga dari bahan rempah-rempah yang dijadikan campuran dalam pembuatan kopi ini.

Kopi rarobang ini merupakan kopi yang sudah dimodifikasi oleh penduduk Ambon, Maluku. Kopi ini dibuat dengan cara yang unik menggunakan bahan yang juga tidak seperti pembuatan kopi pada umumnya. Namun, keunikan dari kopi ini juga memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Bagi anda pecinta kopi, anda sangat wajib mencoba kopi khas yang satu ini. Selain anda mendapatkan sensasi rasa serta aroma kopi yang berbeda dari lainnya, anda juga dapat memperoleh manfaat dari rempah-rempah yang ada dalam kopi untuk untuk kesehatan tubuh anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *