Kopi Rarobang Sudah Terkenal ke Berbagai Pejuru Dunia

Kopi Rarobang adalah minuman kopi khas dari Ambon yang memang sudah banyak dikenal oleh penikmat kopi hingga ke mancanegara. Kopi rarobang pada dasarnya merupakan kopi Arabika yang banyak tumbuh di wilayah Indonesia. Kopi asal Maluku ini mungkin belum banyak yang mengetahuinya. Tiap daerah mempunyai keunikan tersendiri dari segi cita rasa maupun cara penyajiannya. Kopi ini merupakan hasil modifikasi penduduk setempat yaitu dengan mencampurkan rempah-rempah khas ambon ke dalam penyajian kopi tersebut.

Salah satu lokasi rekomendasi untuk mencoba kopi rarobang tersebut adalah warung kopi Sibu-sibu yang berada pada jalan Said Perintah Kota Ambon. Sangat mengherankan karena kopi rarobang yang sudah terkenal di internasional ini ternyata muncul di maluku yang tidak mempunyai perkebunan kopi. Meskipun wilayahnya bukan penghasil kopi, tetapi tradisi minum kopi ini sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat ambon.

Dalam bahasa Maluku Sibu-sibu berarti angin sepoi-sepoi yang dalam bahasa melayu Ambon disebut Hail buang lansyik yang artinya rumah tempat melepas penat. Beberapa menu yang terdapat dalam rumah sibu sibu ini antara lain Kopi rarobang, teh jahe, teh ginseng, kopi ginseng, suku goreng, kasbi goreng, nasi kelapa, talam sagu, nasi pulut siram, porportijs, bruder sageru, kasbi tone, sinoli, dan bubur ne. Menikmati dalam rumah kopi sibu-sibu akan membuat para pengunjung merasakan kentalnya suasana khas Ambon. Pertama saat anda memasuki bangunan, maka anda akan disambut oleh jojaro-jojaro atau disebut juga pelayan yang berbaju cele. Cela adalah baju khas Maluku. Untuk interior rumah sibu-sibu ini merupakan perpaduan etnik dan nostalgia tahun 80 an dan 90 an. Bangunan rumah ini kira kira seluas 7 meter kali 5 meter dengan adanya puluhan poster dan juga foto foto masyarakat Ambon dengan berbagai ekspresi, yaitu ada yang tertawa atau gembira.

Pemilik kedai tersebut adalah June Tahitu dan Victor Manuhutu. Mereka mengumpulkan foto dan poster tersebut selama beberapa puluh tahun. Adapun koleksi lainnya di kedai ini adalah beberapa ukiran dari daerah Haruku, Saparua, Nusa Laut, dan juga ada ratusan piringan hitam musik langka has Maluku. Di rumah kopi sibu-sibu ini anda akan mendengar suara Beng Leiwakabessy yaitu sang master musik Hawaian yang telah direkam tahun 1950 an dan koleksi grup Kapanya, dan juga Trio Aleyo yang direkam di Singapura tahun 1965.

Minuman kopi sangat dikenal dan sangat disukai oleh warga khususnya di Indonesia sendiri. Kopi juga merupakan suatu identitas bangsa, dan kopi yang berasal dari Indonesia sudah dikenal di dunia internasional. Berbagai macam kopi yang dimiliki Indonesia , dan hampir setiap daerah di Indonesia mempunyai kopi dengan ciri khas nya masing-masing. Hal tersebut membuat Indonesia menjadi terkenal dengan penghasil kopi terbesar dan juga terbaik di dunia.

Proses Pembuatan Kopi Rarobarang

Untuk proses pembuatan kopi rarobang tidak memerlukan resep khusus karena hanya menggunakan rempah yang pastinya mudah sekali didapatkan, antara lain adalah dengan menggunakan bahan utama seperti kopi Arabica, cengkih, kayu manis, gula pasir, sereh, dan juga kacang kenari. Semua bahan tersebut disiapkan terlebih dahulu, setelah itu kemudian semua bahan dicampur dijadikan satu dalam sebuah wada, dan dimasukkan pada rebusan air panas dan dimasak hingga mendidih kecuali kacang kenarinya. Setelah matang, maka air hasil rebusan tadi disaring sehingga mendapatkan campuran kopi yang berbeda dari biasanya. Untuk persiapan terakhirnya irisan kacang kenari tersebut ditaburkan di atas kopi yang siap tersaji dalam cangkir.

Apabila anda menyukai kopi susu maka bisa ditambahkan susu ke dalam sajian kopi rarobarang tersebut. Dan kalau anda kurang menyukai ketajaman rasa kafein yang ada dalam kopi maka bisa menambahkan madu agar rasanya lebih manis dibandingkan dengan kopi rarobang yang asli. Segera nikmatilah kopi tersebut selagi masih panas. Biasanya secangkir kopi rarobang dibanderol dengan harga Rp. 15.000,- sedangkan koi rarobang dengan campuran madu sekitar Rp. 19.000,-

Kelebihan kopi Rarobang

Kelebihan Kopi rarobang yaitu aromanya yang sangat khas dengan rempah seperti jahe, cengkih, sereh tersebut. Dengan aromanya kopi yang sudah kuat dan semakin diperkuat dengan paduan rempah tersebut. Fungsi rempah di sini adalah untuk menghangatkan tubuh. Kopi ini juga dapat memberikan ketenangan sekaligus juga dapat memulihkan kondisi tubuh yang telah lelah karena telah melakukan aktifitas seharian. Maka dari itu kopi rarobarang ini dapat anda nikmati sore hari ketika anda pulang dari bekerja. Kopi rarobang ini memiliki daya tarik tersendiri yaitu dapat menenangkan dan mempunyai kenikmatan tersendiri dibandingkan dengan meminum minuman hangat yang lainnya. Kopi jenis ini juga memberikan manfaat kesehatan bagi peminumnya hal tersebut karena adanya rempah rempah yang dicampurkan ke dalam kopi tersebut. Tidak hanya turis lokal saja yang menikmati kopi rarobang, tetapi juga turis mancanegara yang rela jauh-jauh untuk menuju ke daerah asal kopi ini dan menikmatinya langsung kopi rempah tersebut. Kafein yang ada dalam kopi tersebut dipercaya dapat membantu menurunkan resiko diabetes melitus. Dan penambahan rempah-rempah pada kopi juga menambah manfaat lain bagi tubuh yaitu menghangatkan tubuh, melancarkan peredaran darah, dan juga maag.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi kopi dapat membantu menurunkan resiko kanker, tekanan darah, dan juga menghindari penyakit jantung. Antioksidan yang terkandung dalam kopi menurut ilmuwan merupakan salah satu faktor yang memiliki manfaat bagi kesehatan. Seperti yang telah disebutkan dalam CNN, sebuah studi baru Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengungkapkan bahwa meminum kopi secara teratur dan tidak berlebihan yaitu dapat mengurangi risiko kanker hati dan juga kanker rahim. Untuk badan Penelitian Kanker Internasional WHO )IARC) menyebutkan untuk meminum kopi diusahakan menunggu dingin terlebih dahulu yaitu untuk mengurangi resiko kangker tenggorokan atau esofagus yang diakibatkan oleh suhu.

Untuk masyarakat Ambon yang dahulu, kopi rarobang ini bukan hanya sekedar kopi yang nikmat dan juga dapat menenangkan. Kopi yang telah tercampur dengan berbagai macam rempah akan memberikan aroma yang khas yang juga dapat memulihkan kondisi tubuh yang lelah dan juga dapat membangkitkan semangat anda setelah seharian bekerja. Untuk menikmati secangkir kopi lebih enak ditemani dengan keluarga dan dengan camilan ataupun kue yang akan menambah kenikmatan kopi tersebut. Makanan pendamping khas Ambon yaitu berupa pulut siram yaitu ketan yang diberi parutan kelapa dan disiram dengan sirup gula aren yang akan menambah nikmatnya minum kopi. menurut beberapa orang, kopi rarbang ini memiliki candu, yaitu apabila orang yang sudah mencoba meminumnya pasti ingin mencobanya lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *